Katamasa

Vermic Sirup (Albendazole 200 mg/5 mL) : Info Lengkap

Vermic sirup adalah obat cacing yang mengandung Albendazole. Kegunaan Vermic sirup adalah untuk mengobati infeksi cacing pita tertentu.

Di Apotik, obat cacing ini tersedia berupa Vermic sirup 200 mg/5 mL dalam kemasan botol 10 mL.

Vermic sirup diproduksi oleh Indo Farma.

Harga Vermic sirup 200 mg/5 mL di kisaran Rp. 10.000 per botol.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat cacing ini. Vermic sirup obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan mengetahui merk-merk obat yang mengandung Albendazole lainnya.

Vermic sirup Obat Apa?

Vermic sirup adalah obat cacing yang mengandung zat aktif Albendazole. Obat ini digunakan untuk membasmi cacing parasit di dalam usus yang hidup sebagai parasit tunggal atau mejemuk.

Obat cacing ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Vermic sirup diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Indo Farma.

Zat aktif

Albendazole adalah obat turunan benzimidazole. Di dalam tubuh, obat ini diubah menjadi metabolit aktif yaitu, Albendazole sulfoxide.

Mekanisme aksi obat Albendazole adalah dengan cara memicu terjadinya degenerasi selektif mikrotubulus sitoplasma pada usus dan tegmental cacing usus dan larva.

Akibatnya glikogen berkurang, serapan glukosa dan sekresi kolinesterase terganggu dan zat-zat yang tidak terkumpul berakumulasi intraseluler.

Produksi ATP menurun, menyebabkan penipisan energi, imobilisasi dan pada akhirnya menyebabkan kematian cacing.

Produsen

Vermic sirup diproduksi oleh Indo Farma.

Kandungan

Vermic sirup mengandung zat aktif, yaitu :

per 5 mL :

Bentuk Sediaan

Vermic sirup dipasarkan dengan kemasan berupa :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Albendazole secara singkat :

Informasi ObatAlbendazole
GolonganDengan resep
IndikasiInfeksi Cacing
DosisLihat bagian DOSIS
Aturan PakaiSebaiknya diminum bersama makanan
KontraindikasiHipersensitif
SediaanTablet 200 mg, 400 mg
Suspensi 200 mg/5 mL
Merk dagang yang tersediaHelben, Vermic

Indikasi dan Kegunaan Vermic Sirup

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Vermic Sirup adalah untuk mengobati infeksi cacing tertentu, seperti :

Kontraindikasi

Kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek samping Vermic Sirup

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Vermic Sirup yang mungkin bisa terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat Vermic sirup :

Penggunaan Vermic sirup Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Selama kehamilan, obat cacing Vermic sirup harus digunakan hanya ketika benar-benar diperlukan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Wanita usia subur harus memiliki tes kehamilan negatif sebelum memulai pengobatan ini.

Penting bahwa wanita yang menggunakan obat ini menggunakan alat kontrasepsi yang dapat diandalkan (seperti kondom, pil KB), baik selama meminum obat ini dan selama 1 bulan setelah pengobatan selesai.

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Albendazole dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Albendazole adalah salah satu obat cacing yang direkomendasikan oleh WHO.

Pengobatan preventif (cacing), menggunakan albendazole dosis tunggal (400 mg) atau mebendazole (500 mg), direkomendasikan sebagai intervensi kesehatan masyarakat untuk wanita hamil, setelah trimester pertama, yang tinggal di daerah dengan ciri-ciri :

(i) prevalensi dasar cacing tambang dan / atau infeksi T. trichiura adalah 20% atau lebih di antara wanita hamil.

(ii) di mana anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang parah, dengan prevalensi 40% atau lebih tinggi di antara wanita hamil, untuk mengurangi beban cacing infeksi cacing tambang dan T. trichiura.

sumber : menghadapi cacingan pada ibu hamil

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa obat cacing yang mengandung Albendazole relatif aman digunakan oleh ibu hamil. Namun, penggunaannya harus atas rekomendasi dokter.

Obat ini masuk ke dalam ASI. Sebaiknya tidak diberikan kepada ibu menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum menyusui.

Interaksi Obat

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Vermic Sirup

Dosis didasarkan pada kondisi medis dan respons terhadap pengobatan. Dokter dapat menyesuaikan dosis secara bertahap. Ikuti instruksi dokter dengan hati-hati.

Berikut kisaran dosis Vermic sirup yang umum diberikan :

Pada kasus dimana diduga atau terbukti adanya penyakit cacing pita atau Strongyloides :

Aturan Pakai Vermic Sirup

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Vermic sirup harus digunakan dengan tepat sesuai yang dianjurkan. Jangan menggunakan obat ini secara tidak wajar. Penggunaan obat yang berlebihan atau tidak sesuai aturan tidak akan meningkatkan khasiatnya namun justru meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring