Katamasa

Trihexyphenidyl 2 mg Tablet : Info Lengkap

Trihexyphenidyl adalah obat golongan amim antimuscarinic tersier. Kegunaan Trihexyphenidyl adalah untuk tambahan pada pengobatan semua bentuk parkinsonisme. Obat ini digunakan juga untuk mengontrol gejala ekstrapiramidal karena terapi obat.

Di apotek, obat ini umumnya tersedia berupa Trihexyphenidyl 2 mg tablet. Tersedia Trihexyphenidyl Generik dari Indo Farma dan lainnya atau pun Trihexyphenidyl paten dari berbagai parik farmasi, misalnya Hexymer dari Mersifarma.

Harga Trihexyphenidyl generik cukup terjangkau. Sedangkan harga Trihexyphenidyl paten bervariasi. Misalnya harga Hexymer dari Mersi di kisaran Rp. 3.500 per pepel (isi 10 tablet).

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat parkinson ini. Trihexyphenidyl obat apa, apa manfaatnya, efek samping, formulasi sediaan, dan apa saja merk-merk paten yang tersedia di pasaran.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Trihexyphenidyl secara singkat :

Informasi ObatTrihexyphenidyl
GolonganDengan resep
Indikasiparkinson
DosisLihat bagian DOSIS
Aturan PakaiSesuai anjuran dokter
KontraindikasiMempunyai riwayat hipersensitif
SediaanTablet 2 mg
Merk obat yang mengandung Bromelainrkine, Hexymer, Parkinal.

Trihexyphenidyl Obat Apa?

Trihexyphenidyl HCl adalah amim antimuscarinic tersier yang digunakan sebagai obat parkinson dan mengontrol gejala ekstrapiramidal karena terapi obat.

Mekanisme aksi

Trihexyphenidyl HCl memberikan efek penghambatan langsung pada sistem saraf parasimpatis. Obat ini juga menunjukkan aksi spasmolitik langsung pada otot polos, mydriatic yang lemah, antisialagogue, dan efek penyumbatan kardiovagal.

Absorpsi

Obat ini diserap dengan cepat dari saluran pencernaan. Waktu untuk mencapai konsentrasi plasma puncak sekitar 1-3 jam.

Merk dagang

Trihexyphenidyl paten dipasarkan oleh berbagai pabrik farmasi. Diantaranya : Arkine, Hexymer, Parkinal.

Indikasi dan Kegunaan Trihexyphenidyl

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Trihexyphenidyl diindikasikan untuk kondisi-kondisi berikut :

Kontraindikasi

Obat ini kontraindikasi pada pasien berikut :

Efek Samping Trihexyphenidyl

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang telah dilaporkan :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat parkinson ini :

Penggunaan Trihexyphenidyl Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Trihexyphenidyl dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Trihexyphenidyl adalah salah satu obat yang paling efektif untuk pengobatan young-onset dystonia. Dengan demikian, anyak wanita hamil menggunakannya meskipun informasi yang tidak memadai tentang efek potensial pada kehamilan, persalinan, dan perkembangan janin.

Sebuah studi melaporkan 2 kehamilan tanpa komplikasi pada 1 wanita dengan onset dini, sporadik, distonia umum primer (DYT1 negatif) yang diobati dengan trihexyphenidyl dosis tinggi dan meninjau literatur tentang agen antidystonic dan kehamilan.

Kesimpulan dari studi itu adalah :

Meskipun data terbatas, studi menunjukkan bahwa pengobatan dengan trihexyphenidyl dosis tinggi tidak selalu merupakan kontraindikasi untuk kehamilan.

sumber : paparan trihexyphenidyl dosis tinggi pada kehamilan untuk terapi dystonia

Tidak diketahui apakah obat ini diekskresikan dalam ASI. Karena banyak obat diekskresikan dalam ASI dan karena potensi efek buruk pada bayi yang menyusu, harus dibuat keputusan apakah akan menghentikan menyusui atau menghentikan pengobatan, dengan mempertimbangkan pentingnya obat bagi ibu.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Trihexyphenidyl

Di bawah ini adalah aturan dosis yang umum digunakan :

A. Dosis Untuk Gejala ekstrapiramidal yang diinduksi obat

B. Dosis Untuk Parkinsonisme

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Trihexyphenidyl 2 mg tablet adalah obat yang hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Jangan menggunakan obat ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring