Katamasa

Tramadol Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Tramadol adalah obat golongan analgetikopioid. Kegunaan Tramadol adalah untuk meredakan nyeri sedang sampai berat. Tramadol sering dikombinasikan dengan paracetamol untuk meningkatkan efek analgetiknya.

Obat pereda nyeri ini tersedia dalam sediaan Tramadol 50 mg kapsul, Tramadol 100 mg suppository, dan Tramadol injection 50 mg/mL.

Obat analgetik ini tersedia dalam berbagai sediaan, baik generik maupun paten/merk, misalnya Tramal, Dolgesik, Tradosik, dll. Harga Tramadol generik relatif terjangkau, sediaan paten juga beraneka ragam.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat pereda nyeri ini. Tramadol obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan apa saja merk-merk obat yang mengandung zat aktif Tramadol yang ada di pasaran.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat Tramadol secara singkat :

Informasi ObatTramadol
GolonganG (Dengan resep)
IndikasiPereda nyeri sedang-berat; nyeri paska operasi
DosisLihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan atau tanpa makanan
KontraindikasiIntoksikasi akut dengan / alkohol, hipnotik, analgesik, atau psikotropika; Perawatan penarikan narkotika.
Sediaankapsul 50 mg, suppo 100 mg, injeksi 50 mg/mL
Merk yang tersediaAndalpha, Bellatram, Centrasic, Contram, Corsadol, Dolana, Dolgesic, Dolika, Dolocap, Dolsic, Forgesic, Intradol, Kamadol, Miradol, Nonalges, Nufapotram, Olasik, Orasic, Patral, Pinorec, Radol, Seminac, Simatral, Storingal, Thramed, Tidol, Tlusic, Tradosic, Tradyl, Tragesic, Tramal, Tranagan, Trasidan, Trasik, Trunal Dx, Tugesal, Ultracet, Vastadol, Zephanal, Zephanal Plus, Zumatram

Tramadol Obat Apa?

Tramadol termasuk obat golongan analgetik opioid.

Mekanisme aksi

Mekanisme aksi Tramadol ada dua. Pertama, tramadol mengikat secara stereospesifik reseptor µ-opioid yang terletak di sistem saraf pusat untuk mengeblok sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. Kedua, tramadol menghambat pelepasan neurotransmitter, serotonin dan norepinephrine dari sistem saraf aferen yang sensitif terhadap rangsang yang berakibat terhambatnya impuls nyeri.

Absorbsi

Obat ini mudah diserap dari saluran gastrointestinal. Ketersediaan hayati sekitar 70-75% (oral); 100% (IM).

Distribusi

Didistribusikan secara luas. Mampu melintasi plasenta dan memasuki ASI.

Merk-merk obat yang mengandung Tramadol

Berikut adalah daftar merk-merk obat yang mengandung zat aktif tramadol, baik tunggal atau dalam kombinasi dengan obat lain : Andalpha, Bellatram, Centrasic, Contram, Corsadol, Dolana, Dolgesic, Dolika, Dolocap, Dolsic, Forgesic, Intradol, Kamadol, Miradol, Nonalges, Nufapotram, Olasik, Orasic, Patral, Pinorec, Radol, Seminac, Simatral, Storingal, Thramed, Tidol, Tlusic, Tradosic, Tradyl, Tragesic, Tramal, Tranagan, Trasidan, Trasik, Trunal Dx, Tugesal, Ultracet, Vastadol, Zephanal, Zephanal Plus, Zumatram

Indikasi dan Kegunaan Tramadol

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Berikut adalah beberapa kegunaan Tramadol :

Kontraindikasi

Tramadol kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Tramadol

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Tramadol yang pernah dilaporkan terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan Tramadol :

Penggunaan Tramadol Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Tramadol (sediaan oral) dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Hanya sedikit penelitian yang ada mengenai risiko efek teratogenik obat ini ketika digunakan pada awal kehamilan. Menggunakan Daftar Kelahiran Medis Swedia, wanita (pada tahun 1997-2013) yang telah melaporkan penggunaan obat pada awal kehamilan hasilnya sebagai berikut :

Di antara 1.682.846 perempuan (1.797.678 bayi), 1751 (1776 bayi) menggunakan tramadol, 96 bayi memiliki kelainan bawaan dan 70 di antaranya relatif parah. Odds rasio yang disesuaikan untuk malformasi yang relatif parah adalah 1,33 (95% CI 1,05-1,70). Odds rasio untuk cacat kardiovaskular (1,56, 95% CI 1,04-2,29) dan untuk pes equinovarus (3,63, 95% CI 1,61-6,89) meningkat secara signifikan. Studi ini menunjukkan Tramadol memiliki efek teratogenik tetapi peningkatan risikonya moderat.

sumber : penggunaan tramadol untuk ibu hamil muda

Tramadol mampu memasuki air susu ibu. Konsultasikan dengan dokter tentang penggunaannya selama menyusui dengan mempertimbangkan pentingnya obat untuk ibu dan risiko yang mungkin terjadi pada bayi menyusui.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Tramadol

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan untuk setiap sediaan dan beberapa penyakit yang umum diobati dengan obat ini :

A. Dosis sediaan oral (kapsul/tablet dll)

Untuk nyeri sedang sampai berat

B. Dosis untuk sediaan parenteral

Untuk nyeri pasca operasi

Untuk nyeri sedang sampai berat

C. Dosis untuk sediaan suppository

Untuk nyeri sedang sampai berat

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Tramadol adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat pereda nyeri ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring