3 Tips Tampil Cantik Dengan Kulit Sehat

tips tampil cantik dengan menjaga kesehatan kulit wajah

tips tampil cantik dengan selalu menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami

Tips Tampil Cantik – Tampil cantik merupakan idaman wanita di seluruh dunia. Tapi bagaimana jika ditambah sehat. Apa pendapat Anda? Tentu makin sempurna bukan? Dan faktanya, semua itu bisa diperoleh dengan cara mudah, tidak perlu biaya tinggi alias mahal. Di artikel berikut kita akan bahas tentang cara tampil cantik namun tetap sehat. Caranya cukup mudah, yang bisa Anda pratikkan di rumah.

Tips Tampil Cantik Namun Tetap Sehat

Kecantikan fisik memang relatif. Bahkan banyak orang bilang kecantikan fisik bukanlah fokus utama. Kecantikan fisik harus disertai pula oleh kesantunan, kecerdasan, dan etika yang baik atau yang disebut inner beauty.

Namun bohong jika ada yang bilang kecantikan fisik tidak penting. Kecantikan fisik tetaplah penting karena sering kali merupakan pemberi kesan pertama yang mendorong ketertarikan pria.

Untuk mendapatkan kecantikan fisik sangat terkait dengan kesehatan tubuh. Itu termasuk, kesehatan kulit, kesehatan rambut, dan kesehatan tubuh lainnya secara umum.

Cara Memelihara Kesehatan Kulit

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan bila ingin mendapatkan kulit sehat dan terawat. Mulai dari cara murah dan alami sampai dengan menggunakan teknik perawatan yang mahal. (Baca juga Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan kutil di kulit).

Dan berikut adalah beberapa cara memelihara kesehatan kulit yang merupakan bagian dari tip tampil cantik yang pertama.

1. Rajin Membersihkan Kulit

Bersihkanlah kulit Anda minimal sehari dua kali. Tapi juga tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit kering. Namun bila jarang dibersihkan, juga tidak baik. Jerawat gampang menyerang pada kulit yang kotor, serta gangguan penyakit kulit lain.

2. Mengatur Pola Makan

Makanan yang Anda konsumsi juga mempunyai andil besar terhadap kesehatan kulit. Ada banyak makanan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit tetapi ada banyak pula makanan yang memicu kerusakan kulit.

Baca Juga :  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Murah, Dan Cepat

Makanan seperti : Junk food, kacang-kacangan, dan olahan kuliner instan yang lain, lebih baik dihindari. Sebab ditengarai memicu terjadinya radikal bebas dalam tubuh, sehingga imbasnya kulit menjadi makin kusam dan tak bercahaya. Akan lebih baik, memperbanyak makan buah dan sayur yang bergizi, sehingga kulit menjadi terlihat kenyal dan segar sepanjang hari.

3. Rajin Olahraga

Olahraga itu penting! Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan berolahraga secara rutin dan teratur, seperti :

  • Menetralisir racun dalam tubuh dari proses terjadinya radikal bebas
  • Merangsang produksi kolagen
  • Mencegah jerawat
  • Mengurangi selulit

4. Istirahat Cukup

Kurang istirahat mengakibatkan wajah terlihat lelah dan suram. Tubuh juga terasa berat ketika hendak beraktifitas dan mudah lelah. Ketahuilah, bahwa tubuh juga memerlukan waktu untuk rileks, mengembalikan kekuatannya di esok hari, begitu pula kulit.

Istirahat yang paling baik adalah tidur malam. Tidur malam yang cukup sangat baik bagi kesehatan kulit karena proses regenerasi kulit biasanya terjadi pada malam hari.

5. Penggunaan Kosmetik Yang Tepat

Pemakaian kosmetik yang kurang tepat berpengaruh besar pada kulit, terutama wajah. Wajah bisa menjadi tambah rusak dan tidak menarik lagi. Karenanya, selektiflah menerapkan skincare terhadap kulit sendiri. Jangan tergiur iming-iming harga murah dan khasiat cepat, ingin tampil putih dan cantik, tapi ujungnya masuk ke klinik dokter kecantikan, guna berobat memulihkan keadaan kulit.

Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Kulit wajah adalah bagian kulit yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Biasanya jika menilai cantiknya seseorang itu dimulai dari wajahnya.

Ada banyak cara menjaga kesehatan kulit wajah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, produk-produk skincare mahal, bahkan sampai operasi plastik. Di artikel ini secara khusus kita hanya akan membahas cara merawat kesehatan kulit wajah secara alami melalui metode tradisional serta natural, memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Baca Juga :  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Murah, Dan Cepat

Karena pada dasarnya setiap wanita memiliki jenis kulit dan permasalahan kulit yang berbeda, maka perawatan kulit yang diperlukan juga harus disesuaikan. Namun secara umum sangat aman menggunakan buah-buahan dan bahan natural lain yang sudah teruji.

Perawatan sebaiknya dilakukan secara rutin. Gunakanlah kala akan menjelang tidur, kemudian dibersihkan dengan air hangat dilanjutkan air dingin.

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami :

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Ada beberapa jenis buah yang bagus digunakan, antara lain : Tomat, alpukat, pisang, apel. Selain itu minyak zaitun, kuning telur, madu dan green tea juga baik. Semua bahan yang disebutkan, pada umumnya mengadung zat yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit wajah, misalnya vitamin C atau vitamin E.

Adapun caranya : Cukup dilumatkan dan ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun, lalu dioleskan ke wajah, ditunggu beberapa saat. Kemudian dibersihkan dengan air hangat dilanjutkan air dingin.

2. Mencerahkan Kulit

Untuk mencerahkan/memutihkan kulit, dapat digunakan masker yang terbuat dari daging bengkuang. Cara menggunakannya cukup simpel saja. Parut atau blender buah tersebut. Untuk hasil lebih maksimal, dapat dicampurkan dengan putih telur, agar kulit terasa kencang sesudahnya.

3. Mengencangkan Kulit

Telah populer digunakan orang sedari dulu. Dan sekadar tips, masker ini hanya membutuhkan sekitar 20 sampai 30 menit, ketika dibalurkan ke muka. Kemudian selama menggunakan, Anda dianjurkan untuk lebih banyak diam. Hal tersebut dimaksudkan, supaya tidak meninggalkan kerutan di wajah, setelah masker dibersihkan.

4. Mengobati Jerawat

Jerawat sangat menganggu sekali keberadaannya, terutama bila terletak di wajah. Oleh karenanya, harus cepat-cepat dibersihkan. Untuk itu pakailah masker yang berasal dari lemon atau jeruk nipis. Sebab buah-buahan itu banyak mengandung anti inflamasi, yang berguna membunuh bakteri dan kuman yang melekat di wajah. Rasanya, mungkin sedikit perih, terutama jika tepat mengenai bagian pada luka. Tapi Anda harus berusaha menahannya.

Caranya cukup diiris tipis lalu ditempelkan ke wajah, sembari digosok lembut.

5. Mencegah Jerawat

Untuk kulit berminyak dan tak ingin jerawat datang menyerang muka, dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari buah mentimun. Caranya tetap sama, ketika memakai lemon. Yakni cukup diiris tipis dan dioleskan ke wajah.

Baca Juga :  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Murah, Dan Cepat

Cara Merawat Rambut

Sama seperti wajah, rambutpun perlu dirawat. Sebab rambut yang kotor oleh keringat dan debu juga ikut memicu kulit wajah, sehingga kusam dan semakin menumbuhkan biji-biji jerawat, apalagi bila kulit sudah tergolong berminyak.

Berikut tips  merawat rambut kepala yang benar :

  • Keramas atau membersihkan rambut secara teratur
  • Memakai shampo yang cocok untuk setiap jenis kulit
  • Tidak mengeringkan rambut basah memakai hairdryer
  • Tidak membiasakan diri mengikat rambut dengan erat dan kencang

Cara Merawat Tubuh Yang Benar

Terakhir adalah tentang merawat tubuh. Tubuh/badan merupakan bagian terpenting dan tidak boleh diabaikan. Sebab percuma tampil cantik, tapi aroma badan mengeluarkan aroma tidak sedap. Kecantikan seseorang bisa hilang sia-sia, karena kecerobohannya sendiri, yang kurang memerhatikan kebersihan anggota tubuhnya.

Nah, supaya tidak mengalami hal buruk itu, berikut adalah tips mencegahnya!

1. Rajin membersihkan badan

Harus rutin dilakukan, terutama setelah beraktivitas berat dan berada di luar rumah, sehingga tubuh menjadi lengket oleh keringat dan debu.

2. Memakai baju yang menyerap keringat

Bahwa selain bagus dipandang secara penampilan, pakaian idealnya juga harus terasa nyaman saat dikenakan. Pilihlah yang menyerap keringat. Umumnya berasal dari katun bukan nilon, yang menyebabkan rasa gerah di tubuh.

3. Segera berganti baju bila kotor

Jangan pernah membiarkan terlalu lama melekat di badan. Karena di samping menimbulkan aroma yang kurang sedap, memicu timbulnya bakteri dan kuman penyebab penyakit kulit. Segera berganti pakaian bersih, begitu sudah terlihat kotor.

4. Gunakan parfum lembut

Memakai wewangian, juga tak masalah. Asal memilih yang beroma lembut sesuai kepribadian. Jangan asal memakai, sebab wangi sebuah parfum merupakan cerminan pribadi seseorang.

Kesimpulan :

Untuk tampil cantik secara fisik sangat erat kaitannya dengan kesehatan, utamanya kesehatan kulit, rambut dan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk mendapatkan hal itu bisa dilakukan dengan menerapkan tips-tips sederhana dan murah. Asalkann tips tampil cantik di atas dilakukan secara rutin, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!