Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

Tips membeli laptop untuk mahasiswa
Tips membeli laptop akan mencakup segi harga, spesifikasi, dan layanan purna jual. Di samping itu, kesesuaian kebutuhan pemakainya juga menjadi bahan pertimbangan

Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa – Keberadaan sebuah laptop bagi seorang mahasiswa semakin lama semakin penting. Laptop saat ini menjadi barang wajib yang harus selalu dibawa. Pasalnya dalam keseharian, dunia kuliahnya tidak bisa terlepas dari gadget satu itu. Oleh sebab itu, guna menunjang akfititasnya, sangat penting kiranya memilih laptop bagus dan tahan lama saat dipakai hingga lulus kuliah, dan bahkan hingga mendapatkan pekerjaannya, sehingga jika bisa laptop tersebut jangan sampai rusak.

Tapi pada kenyataannya, untuk memperoleh kenyamanan seperti itu, bukan hal yang mudah. Setidaknya Anda sebagai orang yang dalam hal ini akan menggunakan, harus paham benar mengenai laptop yang hendak dibeli. Cari tahu mengenai kekurangan dan kelebihan laptop, jangan sampai tergoda merek yang terlihat bagus, namun jeroannya perlu juga diperhatikan.

Setiap jenis laptop dari vendornya sendiri, pasti sudah memperhitungkan spesifikasinya kepada siapa akan dipakai kelak. Apakah seorang pelajar seperti mahasiswa atau seorang pekerja, untuk pekerjaan ringan atau berat. Semua telah jadi bahan pertimbangan developer. (Baca juga : Pilih laptop atau komputer desktop, mana yang lebih bagus?).

Tips Membeli Laptop, Apa Saja Yang Dipertimbangkan?

Saat membeli sebuah laptop jangan terlalu terburu-buru. Diperlukan beberapa pertimbangan yang matang untuk menilai perbandingan laptop berbagai merk dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian sebelum membeli komputer jinjing ini :

1. Memperhatikan Budget

Budget, menjadi faktor utama. Anda boleh saja menginginkan laptop bagus dengan fasilitas sempurna, tapi bila dana tidak mendukung juga percuma. Idealnya bukankah disesuaikan isi dompet?

Baca Juga :  Cara Mengatur Cahaya Laptop di Windows 7, 8, & 10

Sebagai tahap awal, tidak ada salahnya membeli laptop dengan harga tidak terlalu mahal terlebih dahulu. Laptop dengan kisaran harga kurang dari 5 juta, telah layak dipakai belajar, asal dirawat dengan baik. Nanti bila telah terkumpul uang, bisa dijual dan ditukar dengan laptop yang lebih bagus.

2. Menyesuaikan Kebutuhan

Setiap jurusan kuliah, membutuhkan spesifikasi tipe laptop yang berbeda-beda. Misalnya jurusan multimedia, memerlukan laptop lebih canggih, sebab digunakan menyimpan data dan file dalam jumlah besar. Mahasiswa ini mungkin memerlukan Laptop dengan fasilitas processor Intel ditunjang kekuatan RAM minimal 4 GB dan VGA NVIDIA minimal 2 GB.

Sedang bagi mereka yang mengambil kuliah Ekonomi, laptop spesifikasi standar processor Intel dan RAM 2 GB, sudah cukup bagus digunakan. Jadi harus diperhatikan. Agar kelak tidak mengganggu proses belajar karena laptop tak sesuai keperluan. (Baca juga : Apa sih beda laptop, netbook dan notebook?).

3. Melihat Desain

Anak muda identik dengan sesuatu yang up to date, menarik dan bagus. Laptop yang dipilih pun, secara tak sadar mencerminkan kepribadian mereka. Karena, penggunaan gadget tersebut tidak selalu berada di ruangan pribadi seperti kamar. Laptop bisa dibawa ke kampus atau ke kafe-kafe, di mana banyak orang berkumpul. Karena saat ini, Laptop sudah menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa itu sendiri.

Oleh sebab itu, perlu kiranya memilih desain yang betul-betul mewakili jiwa Anda, dan tentu saja mengenai fungsinya, harusnya tetap menjadi bahan pertimbangan. Beberapa merk seperti : ASUS Zenbook, Microsoft Surface, Macbook Pro sampai Xiaomi Notebook Air, telah menyediakan desain yang menarik sesuai dengan kebutuhan anak muda.

4. Pilih Laptop Yang Bisa Untuk Multitasking

Multitasking yaitu : Dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Anda sebagai mahasiswa sering melakukannya bukan? Mengerjakan tugas kuliah, misalnya mengerjakan laporan pada microsoft word, tapi di sisi lain ingin juga mendengarkan musik dalam satu laptop. Supaya pekerjaan cepat selesai dan tidak terkesan jenuh, maksudnya mencari hiburan.

Baca Juga :  Perbandingan Laptop ASUS dan Hp (Spek, Desain, Harga Dll)

Saat ini semua merk laptop dari berbagai tipe sudah mendukung layanan tersebut. Namun tentu saja Anda harus memastikan, karena untuk menjalankan aplikasi program tertentu hanya laptop yang mempunyai spesifikasi cukup tinggi saja yang bisa melakukannya. Misalnya kala membuka Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan Adobe After Effect secara bersamaan.

5. Pilih Laptop Yang Sudah Pre-Installed Windows

Terkadang ada begitu banyak merk dan tipe laptop yang belum dilengkapi aplikasi-aplikasi program yang terinstall dengan baik. Bahkan banyak yang tidak dilengkapi sistem operasinya, seperti Windows. Dan hal tersebut tentu sedikit merepotkan, sebab Anda harus meng-instal-nya terlebih dahulu, sebelum digunakan. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mencari laptop yang sudah include sistem Windows.

6. Pilih Yang Bergaransi

Laptop yang dijual resmi, semua sudah memberikan jaminan masa garansi kepada masing-masing penggunanya. Jadi Anda tidak perlu merasa cemas dan takut. Bila rusak, tidak usah berkeliling mencari tempat service, langsung bawa saja ke toko tempat Anda membeli laptop.

Tapi meskipun begitu, pahami pula aturan yang ditetapkan oleh perusahaan gadget yang bersangkutan. Jangan sampai lewat dari masa kartu garansinya. Selain itu, pastikan kerusakan tidak berasal dari kelalaian Anda, misalnya membongkar dalaman laptop lalu salah memasangnya kembali sehingga menimbulkan kerusakan.

7. Kumpulkan Testimoni Para Pengguna Laptop

Mengumpulkan testimoni dari para pengguna laptop, juga penting dan jangan diabaikan. Sebab dengan melihat bukti nyata tersebut, Anda menjadi punya keyakinan kuat, bahwa laptop kelak yang dipilih pasti bagus. Walaupun membeli gadget juga tergantung faktor orangnya, rajin merawat atau cuek.

Jika cara merawat serta menggunakannya baik dan rajin dibersihkan, pasti laptop akan awet dan tahan lama. Begitupun sebaliknya, semahal dan sebagus apapun merk dan tipenya, bila ceroboh dan jarang dibersihkan, lama-lama cepat rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

8. Membeli di Toko Terpercaya

Menyambangi toko yang bisa dipercaya juga sebuah keharusan. Jangan sampai begitu Anda usai membeli laptop, toko sudah tidak ada alias berpindah tempat. Anda pasti kesulitan, saat mencarinya nanti ketika membutuhkan sesuatu. Misalnya ketika tiba-tiba laptop ngadat, masih dalam masa garansi. Ingin pergi ke toko untuk memperbaiki, namun tokonya sudah pindah tempat. Karena itu pilihlah toko yang berdiri di atas bangunan tokonya sendiri, bukan menyewa tempat, supaya kejadian tersebut tidak pernah Anda alami. Malah kalau bisa akan sangat bagus membeli laptop di agen resmi merk laptop yang bersangkutan.

Baca Juga :  10 Penyebab Gagal Booting Pada Laptop dan Komputer Desktop

Rekomendasi Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Setelah membaca beberapa tips membeli laptop yang bisa dijadikan pertimbangan bagi mahasiswa saat membeli, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi jenis laptop untuk mahasiswa yang layak jadi bahan pertimbangan saat membeli.

Rekomendasi laptop ini dirangkum dari berbagai sumber. Mengenai harga semua tergantung toko yang menjual, ini hanya perhitungan kasarnya (per 2018).

1. ASUS A407UB

Spesifikasi : CPU : Intel Core i3-6006U, RAM : 4 GB, Hard disk : 1 TB, VGA : NVIDIA Gefore MX 110 2GB GDDR 5. Layar : 14 inchi, Periferal : Wifi, Bluetooth 4.1, OS Windows 10. Harga berkisar antara 6,5 sampai 7 juta.

2. HP BS503/04Tx

Spesifikasi : CPU : Intel Core i3-6006U, RAM : 4 GB, Hard disk : 1 TB, VGA : AMD 14- Radeon R5. Layar : 14 inchi, Periferal : Wifi, Bluetooth, OS Windows 10. Harga sekitar 6 jutaan.

3. Acer E5-476

Spesifikasi : CPU : Intel Core i3-7020U, RAM : 4 GB, Hard disk : 1 TB, VGA : NVIDIA Geforce MX150 2GB GDDRS. Layar : 14 inchi, Perferal : Wifi, Bluetooth 4.1, Windows 10. Harga kurang lebih 6 juta.

4. HP CM005/6/BAU

Spesifikasi : CPU : AMD Ryzen 3 2200U, RAM : 4 GB, Hard disk : 1 TB, VGA : AMD 14-Redeon Vega 3. Layar : 14 inchi, Periferal : Wifi, Bluetooth 4.2, OS Windows 10. Harga sekitar 6 juta.

5. Acer SWIFT 3

Spesifikasi : CPU Intel Core i3-7020U, RAM : 4 GB, Hard disk : 500 GB, VGA : NVIDIA Geforce MX150 2 GB GDDRS. Layar : 14 inchi, Periferal : Wifi, Bluetooth : 4.2, OS Windows 10. Harga sekitar 7 juta.