Tips Membeli Laptop Second/Bekas dan Cara Mengecek yang Benar

cara mengecek laptop second atau bekas
Untuk mendapatkan laptop second berkualitas dengan harga yang terjangkau, sangat mutlak dilakukan pengecekan sebelum membeli. Bagaimana cara mengecek laptop second atau bekas yang benar?

Tips Membeli Laptop Second/Bekas – Tidak semua orang bisa membeli laptop baru. Terkadang, karena alasan budget yang tipis, membeli laptop second/bekas layak pakai adalah pilihan yang sangat realistis.

Membeli laptop second/bekas bisa menjadi cara cerdas untuk menghemat uang. Terutama bagi para mahasiswa yang harus membagi kebutuhan uangnya untuk kebutuhan lain. Namun, pastikan bahwa selain menghemat uang, laptop second yang dibeli masih memiliki kualitas layak pakai.

Selama Anda tahu apa yang harus dilakukan, Anda dapat dengan mudah menemukan laptop second/bekas berkualitas bagus. Apa pun merk laptop bekas yang Anda incar, entah Asus, Acer, Hp, Dell, Apple, Microsoft, MSI, dll., tetap lakukan cek sebelum membeli laptop bekas.

Tips Membeli Laptop Second

Untuk mengurangi risiko membeli laptop second/bekas berkualitas buruk, berikut adalah beberapa tips membeli laptop second/bekas dan bagaimana cara mengecek laptop second yang benar.

Pastikan Kebutuhan Anda

Sebelum membeli apa pun, Anda perlu mengetahui untuk apa Anda membelinya. Termasuk saat membeli laptop second.

Pastikan Anda membeli laptop second yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa saja jenis aplikasi yang Anda perlukan, seberapa portabel laptop yang Anda inginkan, masa pakai baterai, RAM, kelas prosesor, dan kapasitas penyimpanan.

Saat Anda menemukan laptop second yang sepertinya sesuai dengan kebutuhan Anda, cek laptop tersebut secara online.

Periksa merk laptop dan modelnya, catat spesifikasinya untuk memverifikasi apakah cocok dengan laptop second yang akan Anda beli.

Baca juga : Merk laptop terbaik dan paling populer di dunia tahun ini

Sebelum Anda membeli, periksa review secara online dan lihat apa yang dikatakan orang tentang merk laptop tersebut. Terutama tentang kinerjanya dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :  Apa Saja Kelengkapan Laptop Baru Beli? Cek Di sini

Beli dari sumber yang memiliki reputasi baik

Selalu ada risiko saat Anda membeli laptop bekas, tetapi jika Anda membeli dengan teliti, Anda dapat mengurangi risiko itu.

Misalnya, jika Anda membeli secara online, pastikan situs-situs penjualan online itu terpercaya.

Jika Anda membeli di market place yang terdiri dari ribuan penjual, pastikan untuk memeriksa review terhadap penjual tersebut. Beli lah di penjual yang telah menjual banyak barang dengan review yang bagus dari pembeli.

Membeli secara langsung ke pemilik laptop terkadang adalah pilihan yang lebih baik. Apalagi jika Anda mengenal pemiliknya.

Tetapi, membeli ke pemilik langsung membuat pilihan spesifikasi laptop akan terbatas. Pastikan laptop second itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan karena yang menjual adalah teman, Anda membelinya padahal tidak sesuai kebutuhan.

Pilihan membeli offline yang lebih memungkinkan adalah ke toko-toko laptop second. Di sini Anda mempunyai banyak pilihan jenis dan merk laptop yang bisa Anda pilih.

Selalu transaksi tatap muka jika memungkinkan

Meskipun Anda membeli laptop second/bekas secara online, jika memungkinkan lakukan transaksi secara tatap muka.

Pilihlah tempat netral, yaitu tempat umum yang ramai. Jangan pernah bertransaksi di tempat yang ditentukan penjual, apalagi jika tempat itu jauh dari keramaian. Demi keselamatan Anda.

Kalau membeli di toko laptop second, maka transaksi secara otomatis secara tatap muka. Namun, ada baiknya tidak langsung deal. Sempatkan untuk berfikir jernih.

Bandingkan harga dengan laptop baru

Tentu saja harga laptop second/bekas lebih rendah dibandingkan laptop baru.

Coba browsing di google untuk mengetahui harga-harga laptop baru dengan merk dan type yang sama dengan laptop second yang akan Anda beli.

Jika harganya terpaut sedikit, tidak ada salahnya untuk membeli laptop baru saja.

Baca juga : Apa yang harus Anda cek saat membeli laptop baru

Membeli laptop baru memberi banyak keuntungan dibandingkan membeli laptop second/bekas. Selain hardware yang tentu saja masih gress, Anda juga mendapatkan garansi pabrik dan beberapa bentuk dukungan purna jual lainnya.

Membeli laptop bekas biasanya tidak akan memberi Anda banyak dukungan setelah Anda membelinya.

Baca Juga :  6 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop/PC Windows

Pastikan barang dan harga sesuai

Tips membeli laptop second dalam artikel ini bertujuan supaya Anda mendapatkan harga yang pantas. Tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Terlalu mahal sudah pasti buruk. Tetapi, terlalu murah juga perlu diwaspadai.

Jika Anda merasa laptop bekas yang ditawarkan terlalu murah, maka itu bisa jadi too good to be true. Terlalu bagus untuk menjadi nyata. Waspadalah terhadap penipuan.

Periksa hardware dan sofware laptop

Ya! Selalu cek kondisi laptop second yang ingin Anda beli. Pastikan sesuai dengan uang yang harus Anda bayarkan. Dan juga sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Cara mengecek laptop bekas yang baik adalah pemeriksaan menyeluruh. Meliputi kondisi fisik laptop yang kasat mata, bagian dalamnya, yaitu hardware, termasuk sofware yang terinstal.

Di bawah ini adalah cara mengecek laptop second/bekas yang bisa Anda lakukan :

1. Cek body laptop

Mengecek body laptop secara menyeluruh adalah hal yang sangat penting. Anda perlu memastikan body laptop tidak memiliki cacat yang signifikan atau tanda-tanda bekas benturan. Juga, periksa apakah ada sekrup yang hilang, engsel longgar, dan segala cacat lainnya.

2. Periksa Kesehatan Baterai

Memang sulit untuk melakukan pemeriksaan baterai secara menyeluruh. Namun, Anda dapat memperoleh gambaran kasar tentang berapa lama baterai bertahan dengan cara masuk ke pengaturan manajemen daya OS yang diinstal untuk melihat berapa banyak daya baterai yang dapat disimpan dan status kesehatan baterai.

Coba lakukan charging, pastikan baterai terisi dengan benar dan tidak terkuras terlalu cepat. Jika tidak, mintalah diskon sehingga Anda bisa mendapatkan penggantinya.

Baca juga : Cara meningkatkan masa pakai baterai laptop

3. Periksa tampilan layar

Tips membeli laptop second yang penting berikutnya adalah memastikan layar dalam kondisi yang baik. Cek apakah ada kerlipan, perubahan warna, gangguan kecerahan, dan pixel mati.

Buka video dan cek apakah sudut pandangnya cukup lebar. Bandingkan dengan laptop lain sebelum melakukan pembelian.

4. Cek semua port dan drive optik

Cek semua port USB, jack headphone, port ethernet, HDMI, slot kartu SD, drive CD / DVD dan input lain yang tersedia. Port-port ini terhubung langsung ke motherboard. Jika rusak, sangat mahal untuk diganti.

Baca Juga :  4 Cara Mengecek Laptop Asli, Laptop Rakitan Atau Refurbished

5. Cek keyboard dan trackpad/touchpad

Keyboard dan trackpad/touchpad adalah bagian komputer yang paling sering digunakan, jadi penting untuk memastikan kedua perangkat ini bekerja secara benar.

Baca juga : Nama-nama bagian-bagian komputer atau laptop

Cek apakah ada tombol-tombol yang rusak. Cobalah mengetik, gunakan semua tombol. Jika ada terlalu banyak kesalahan, mungkin yang terbaik untuk mencoba laptop second lain.

Cek trackpad/touchpad. Cobalah gerakan seperti pinch to zoom, scroll dua jari, swipe tiga jari, dll. Jika ada tombol mouse, pastikan mudah ditekan.

6. Cek webcam

Jalankan webcam, pastikan bekerja. Webcam biasanya bekerja menggunakan aplikasi Windows Camera.

7. Cek Audio

Cobalah mainkan lagu atau putar film. Cek seberapa keras suara yang dihasilkan dan apakah audio laptop mudah teredam atau terdistorsi.

8. Cek koneksi wireless

Pastikan Wi-Fi dan Ethernet berfungsi.

Di jaman serba online seperti sekarang, tidak ada yang menginginkan laptop dengan wifi rusak. Coba online, periksa apakah wifi bisa terhubung dengan baik.

Cek juga bagaimana kinerja Bluetooth. Coba berkirim file dari Perangkat lain.

9. Cek Software

Sangat beruntung jika Anda membeli laptop second dengan sistem operasi windows yang asli. Oleh karena itu coba periksa lisensi OS yang terinstal di laptop second tersebut.

Selain OS windows, laptop juga berisi banyak program aplikasi. Coba periksa apakah program-program itu terlisensi resmi. Jika iya, Anda sangat beruntung. Jika tidak, dan itu tidak menjadi masalah buat Anda, pastikan program itu bekerja normal.

10. Minta driver asli

Sangat penting untuk memiliki driver asli laptop tersebut. Jika laptop mengalami masalah di kemudian hari, Anda dengan mudah melakukan pemulihan.

Mintalah CD driver asli, atau kalau ada CD pemulihan.

Kesimpulan

Membeli laptop bekas tidak terlalu sulit. Dengan melakukan cara mengecek laptop bekas dalam artikel ini, mudah-mudahan bisa membantu.

Harap perhatikan bahwa cek ini tidak menjamin bahwa tidak akan ada masalah di masa mendatang, jadi berhati-hatilah saat membeli laptop second.