Mau Bisnis Online Sukses? Terapkan Content Marketing !

content marketing di bisnis online
Teknik content marketing yang efektif akan membantu perkembangan bisnis online secara signifikan

Pentingnya Content Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Online – Di era digital sekarang ini semakin banyak konsumen yang lebih memilih berbelanja di toko online daripada di gerai-gerai seperti mall, ataupun toko-toko offline lainnya. Selain lebih praktis, dari segi efisiensi juga sangat membantu terutama bagi kaum pekerja yang tinggal pencet tombol saja untuk berbelanja sambil tetap bisa bekerja. Peluang ini pun ditangkap oleh banyak pebisnis baik pemula apalagi pebisnis besar. Mereka berlomba membuat toko online untuk memenuhi kebutuhan pasar. Untuk bisa bersaing, salah satu yang dibutuhkan adalah penguasaan terhadap internet marketing. Di antara sekian banyak ilmu internet marketing, content marketing adalah salah satu yang terpenting.

Bisnis online bisa menggunakan banyak platform. Anda bisa menggunakan website, blog, social media, aplikasi android, atau memanfaatkan marketplace-marketplace yang sudah banyak tersedia. Dalam sebagian besar platform yang bisa digunakan, penguasaan terhadap content marketing menjadi salah satu hal wajib. Content marketing mempermudah toko online untuk menyampaikan promosi, terlihat lebih komunikatif dengan konsumen, tidak membosankan, tidak terkesan memaksa, dan yang lebih penting adalah toko online akan terlihat lebih update sehingga meningkatkan kredibiliasnya. (Baca juga Tips Memaksimalkan Website Bisnis Online)

Berikut ini 3 alasan pentingnya content marketing untuk kesuksesan bisnis online.

1. Content Yang Menarik Dan Di-Share Banyak Orang Memperbesar peluang Pasar Bisnis Online

Content marketing yang dilakukan dengan serius akan sangat membantu perkembangan bisnis online. Konten yang menarik dan mampu memberikan informasi pada pembaca tertarget akan membuatnya menjadi sarana promosi gratis yang sangat efektif. Ketika seorang pembaca merasa informasi yang Anda tulis sangat bermanfaat, mereka akan dengan senang hati membagikan/share tulisan anda melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan sosial media lainnya. Semakin banyak yang membagikan, apalagi jika sampai menjadi viral akan sangat menguntungkan bisnis online Anda. Minimal peluang pasar akan semakin besar.

Baca Juga :  8 Panduan Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Namun untuk membuat konten berkualitas yang layak untuk dibagikan bukanlah urusan mudah. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk membuat konten yang selain cukup kuat untuk “merayu” pembaca melakukan konversi (misalnya membeli produk) tetapi juga tetap informatif dan enak dibaca. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami teknik-teknik pembuatan konten supaya menghasilkan manfaat signifikan terhadap bisnis online Anda.

Hal yang harus anda ingat sebelum membuat konten adalah konten itu haruslah menjawab kebutuhan pelanggan dengan baik, membuat pelanggan tertarik, dan akhirnya men-share-nya. Dengan begitu, banyak visitor baru berdatangan dan melihat produk Anda sehingga tujuan akhirnya adalah meningkatkan angka penjualan toko online Anda.

2. Update Content Secara Rutin Membuat Website Terlihat Fresh dan Dinamis

Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh semua pelaku bisnis online agar terus bisa bersaing adalah menjaga kredibilitas. Dan memanfaatkan Content marketing adalah salah satu cara menjaga kredibilias itu. Lho bagaimana bisa?

Tanyakanlah pada diri sendiri, apakah Anda akan berbelanja di sebuah toko online yang terakhir update 5 tahun yang lalu? Sebagian besar orang tentu akan menjawab tidak. Ingatlah bahwa konsumen akan lebih memilih belanja online pada toko yang up to date, karena setidaknya hal ini menjamin bahwa si penjual serius dengan bisnis online-nya.

Jadi fungsi sebuah konten bukanlah sekedar memberikan informasi produk semata tetapi juga sekaligus menjaga website terlihat selalu fresh dan update. Oleh karena itu sangat penting untuk terus memproduksi content yang baru di website toko online. Selalu perbarui content dan buatlah konten yang informatif dan komunikatif sehingga visitor tidak akan kecewa ketika datang dan menemukan content yang sama terus menerus.

Baca Juga :  5 Tips Memaksimalkan Website Bisnis Online

3. Content Marketing Adalah Cara Efektif Branding Produk

Ada banyak cara untuk mempopulerkan Brand perusahaan termasuk juga untuk menjual banyak produk yang Anda jual di toko online. Anda bisa menggunakan Google Adword, Facebook ads, dan lain sebagainya. Namun semua itu membutuhkan biaya besar yang mungkin tidak terjangkau bagi pelaku bisnis online pemula. Oleh sebab itu, penguasaan content marketing yang baik menjadi sangat-sangat penting. Karena content marketing yang baik akan memberikan Anda promosi gratis dengan hasil yang maksimal.

Setiap 1 buah konten menarik yang mendapatkan share yang banyak akan memberikan peluang besar untuk mendapatkan penjualan. Mungkin saja pengunjung website Anda saat itu belum memutuskan untuk membeli, namun setidaknya mereka sudah mengetahui keberadaan toko online Anda. Ini adalah modal dasar yang sangat bagus kedepannya.

Untuk melakukan teknik content marketing yang baik dibutuhkan konsistensi. Postinglah konten yang menarik secara rutin dan terjadwal. Konsistensi akan membuat Branding toko online menjadi efektif. Buatlah supaya Brand yang anda miliki melekat di benak konsumen. Tetapi jangan juga memposting tulisan bertubi-tubi, karena hal ini justru akan mengganggu dan bisa-bisa dianggap spam. Buatlah posting terjadwal misalnya, 1 hari sekali atau 1 minggu sekali.

Lakukan Content Marketing Secara Efektif Dan Efisien

Dunia bisnis online memang lebih gampang dibicarakan tetapi sulit untuk dilakukan. Terlebih jika Anda menerapkan teknik content marketing sebagai salah satu metode internet marketing yang Anda pilih. Teknik ini membutuhkan keseriusan dan konsistensi. Hasilnya tidak instan, sehingga banyak yang menyerah di tengah jalan. Namun tidak ada yang tidak mungkin. Sepanjang Anda melakukannya dengan cara yang tepat maka hasilnya juga pasti ada. Selamat mencoba.