4 Tips Aman Dari Bahaya Main Laptop Di Kasur

Apakah Anda senang main laptop di kamar sambil duduk santai di atas kasur? Ketahuilah, melakukan itu berbahaya. Bahaya main laptop di kasur tidak hanya untuk laptop itu sendiri tapi juga berbahaya untuk kesehatan.

Tentu enak sekali bisa selonjoran di atas kasur sambil main laptop. Namun, jika dilakukan terlalu sering, itu tidak baik.

Di artikel ini kita akan membahas apa saja bahaya main laptop di kasur dan bagaimana caranya supaya bisa main laptop di kasur namun tetap aman.

Apa saja bahaya main laptop di kasur?

bahaya main laptop di kasur

Sudah dijelaskan di atas, bahwa selain tidak baik bagi laptop itu sendiri, main laptop di kasur juga bisa mengganggu kesehatan.

Ah masa sih, ada bahaya main laptop di kasur untuk kesehatan? Main laptop di kasur akan membuat posisi leher Anda menunduk yang akan menyebabkan masalah punggung. Main laptop di kasur sambil dipangku juga berbahaya. Laptop yang panas di pangkuan juga tidak baik untuk kesehatan.

Lalu apa bahaya main laptop di kasur untuk laptop itu sendiri? Semua produsen laptop selalu menyarankan untuk menggunakan alas laptop dengan permukaan yang keras sehingga sirkulasi udara dapat mendinginkan hardware, dan memastikan bahwa ventilasi udara laptop tidak terganggu.

Sirkulasi udara sangat penting untuk pendinginan hardware internal. Laptop menghisap udara segar melalui key-pad dan ventilasi lainnya di sekitar sudut laptop, kemudian udara panas berhembus melalui ventilasi yang sebagian besar terletak di bagian bawah atau samping laptop.

Baca Juga :  Cara Mengatur Cahaya Laptop di Windows 7, 8, & 10

Baca juga : mengenal bagian-bagian komputer laptop

Jika laptop diletakkan di atas kasur, maka menghalangi keluarnya udara panas. Main laptop di kasur sekitar 10–15 menit bisa membuat suhu naik hingga 60 (atau lebih) derajat Celcius. Suhu setinggi ini dapat merusak hardware internal dan juga mengurangi masa pakai baterai secara permanen.

Baca juga : Cara menghemat masa pakai baterai laptop

Tidak cukup sampai di situ. Bahaya main laptop di kasur lainnya adalah kebakaran! Seperti kasus kebakaran yang disebabkan oleh panasnya suhu baterai laptop yang diletakkan di atas kasur yang diberitakan oleh bcwashington. (sumber)

Tips aman main laptop di kasur

Bahaya main laptop di kasur memang nyata. Bukan persoalan sepele. Anda bisa saja berkata “ahh, aku biasa main laptop di kasur. Ndak terjadi apa-apa tuh!”

Ketika belum terjadi, semua orang bisa bicara apa pun. Namun, jika banyak kasus telah terjadi, tidak ada salahnya untuk melakukan antisipasi.

Jika Anda ingin main laptop di kasur dan tetap aman, prinsipnya hanya satu. Gunakan alas laptop yang baik. Syarat alas laptop yang baik adalah rata dan kuat. Dan yang terpenting, memungkinkan sirkulasi udara laptop terjaga baik.

Anda bisa menggunakan berbagai benda sebagai alas laptop. Atau, jika Anda cukup sering main laptop di kasur, bisa membeli meja laptop khusus.

Sebagai tambahan, selain menggunakan alas laptop, Anda juga disarankan menggunakan kipas pendingin laptop.

Berikut tips menghindari bahaya main laptop di kasur yang bisa dilakukan di rumah :

1. Menggunakan alat-alat rumah tangga

Misalnya Anda sedang sakit, atau sekedar ingin main laptop sambil selonjoran di kasur. Anda bisa menggunakan alat-alat rumah tangga sebagai alas laptop sementara.

Baca Juga :  Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows 10 Paling Mudah

Pilih alat-alat rumah tangga yang cukup besar dengan permukaan rata dan kuat. Supaya laptop tidak bersentuhan langsung dengan alas laptop, di bagian pinggir laptop bisa dikasi bantalan tambahan.

Hal ini penting, karena sirkulasi laptop umumnya dari bagian bawah. Dengan membuat celah antara laptop dan alas laptop maka sirkulasi udara tetap terjaga.

2. Menggunakan meja belajar anak

Meja belajar anak yang berukuran kecil bisa digunakan saat main laptop di kasur.

Sama seperti saat menggunakan alat rumah tangga sebagai alas laptop, sebaiknya beri celah antara laptop dengan meja.

Tujuannya tetap sama. Yaitu, memberikan ruang sirkulasi udara melalui bagian bawah laptop.

3. Menggunakan Meja laptop khusus

Meja laptop adalah solusi yang paling bagus supaya tetap aman dari bahaya main laptop di kasur.

Meja laptop/cooling pad sudah dilengkapi kipas pendingin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir suhu laptop akan naik tinggi saat main laptop di kasur.

Namun, ada baiknya tetap menggunakan meja tambahan. Di atas meja, letakkan cooling pad sebagai alas laptop.

Tujuannya supaya posisi laptop tidak terlalu di bawah sehingga Anda harus menunduk untuk memainkannya.

Dengan adanya meja sebagai alas laptop tambahan, main laptop di kasur tetap aman untuk kesehatan punggung Anda.

4. Pilih laptop dengan teknologi SSD

Semua produsen laptop menyarankan untuk menggunakan laptop di alas laptop dengan permukaan rata dan kuat. Terpenting, alas laptop tersebut harus memungkinkan sirkulasi udara laptop berjalan baik.

Alas laptop yang rata dan kuat meminimalkan terjadinya guncangan pada laptop. Jika posisi laptop stabil maka hardware di dalamnya akan lebih awet.

Kasur bukanlah alas laptop yang baik. Permukaan kasur tidak rata. Selain itu, permukaan kasur, terutama kasur gabus membuat laptop cepat panas.

Baca Juga :  10 Penyebab Gagal Booting Pada Laptop dan Komputer Desktop

Permukaan kasur yang tidak rata membuat posisi laptop tidak stabil. Hal ini membuat hardware internal laptop cepat rusak, terutama harddisk.

Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya pilih laptop yang sudah tidak menggunakan hard disk drive biasa, namun sudah menggunakan teknologi SSD (Solid State Drive). SSD lebih kuat terhadap goncangan.

Demikian artikel ringan kami tentang tips menghindari bahaya main laptop di kasur. Semoga bermanfaat bagi pembaca.