Tetracycline Salep Kulit : Informasi Lengkap

Tetracycline salep kulit adalah obat topikal antibiotik. Kegunaan Tetracycline salep kulit adalah untuk mengobati infeksi kulit, misalnya untuk mengobati jerawat.

Di Apotik, obat antibiotik ini tersedia baik berupa Tetracycline salep kulit generik atau Tetracycline salep kulit paten/branded (misalnya, Ikacycline, Trifacyclin, Tetrarco, dll).

Biasanya mengandung tetracycline HCl 3%.

Harga Tetracycline salep kulit generik relatif terjangkau, sediaan obat-obat Tetracycline salep kulit paten juga beragam.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat antibiotik ini. Tetracycline salep kulit obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan merk-merk obat paten yang tersedia.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat tetracycline secara singkat :

Informasi ObatTetracycline
GolonganDengan resep
IndikasiSebagai antibiotik untuk mengobati infeksi rentan terhadap tetracycline
DosisLihat bagian dosis
Aturan Pakai1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan
KontraindikasiHipersensitif; gangguan ginjal berat; ibu menyusui; ibu hamil; Anak usia <12 tahun.
Sediaancapsul 250 mg; capsul 500 mg
Merk yang tersediaCamicyclin, Conmycin, Decyclin, Dumocycline, Farsyclin Forte, Ikacyclin, Katitra, Kokotra, Licoklin, Midicycline, Novabiotic, Ramatetra, Ricacyclin, Sanlin, Selesiklin, Soltralin, Super Tetra, Talsutin, Tetracyclin OGB, Tetrasanbe, Tetrin, Trifacyclin

Tetracycline Salep Kulit Obat Apa?

Tetracycline adalah obat yang termasuk antibiotik golongan polyketide. Obat ini termasuk antibiotik yang mempunyai spektrum luas, yaitu, aktif terhadap bakteri gram negatif mapun gram positif. Aktif terhadap Chlamydiaceae, Mycoplasma spp., Rickettsia spp., Spirochaetes, banyak bakteri patogen aerob dan anaerob gm + ve dan gm-ve, dan beberapa protozoa.

Mekanisme Aksi

Mekanisme aksi antibiotik ini adalah dengan cara menghambat sintesis protein dengan mekanisme mengikat sub unit 30s ribosom bakteri sehingga introduksi asam amino pada rantai peptida yang baru terbentuk tidak terjadi.

Baca Juga :  Cordarone Tablet & Cordarone Injeksi (Amiodarone) : Info Lengkap

Merk Tetracycline Salep Kulit Paten

Merk-merk salep kulit yang mengandung tetracycline : Ikacycline, Trifacyclin, Tetrarco.

tetracycline salep ikacycline

Indikasi dan Kegunaan Tetracycline Salep Kulit

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Salep Kulit ini adalah untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Tetracyclie, misalnya :

  • Infeksi kulit yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes, Staphylococcus aureus. Misalnya : bisul, jerawat, eksim.
  • Penggunaan Tetracycline Salep Kulit untuk jerawat parah, sering digunakan sebagai terapi tambahan, di samping menjaga kebersihan kulit.

Kontraindikasi

Obat antibiotik ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

  • Memiliki riwayat hipersensitif.

Efek Samping Tetracycline salep kulit

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi :

  • Efek samping dermatologis, misalnya sensasi menyengat dan terbakar yang berlangsung tidak lebih dari beberapa menit.
  • Obat ini dapat menyebabkan kulit menguning, terutama di sekitar akar rambut. Warna dapat dihilangkan dengan membersihkannya dengan air. Namun, obat harus dibiarkan di kulit selama mungkin. Jangan segera cuci setelah menggunakan obat. Jika warna kuning mengganggu pada siang hari, obat dapat digunakan setelah sekolah atau bekerja dan lagi pada waktu tidur, kecuali jika diarahkan oleh dokter Anda.

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan tetracycline salep kulit :

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki riwayat hipersensitif terhadapnya; atau terhadap salah satu antibiotik golongan Tetracycline lainnya (misalnya, Doxycycline, Minocycline), atau jika Anda memiliki alergi lainnya.
  • Sebelum menggunakan obat Tetracyclin, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama : penyakit ginjal, penyakit hati, masalah menelan, masalah kerongkongan (misalnya., Hernia hiatus, penyakit refluks-GERD).
  • Obat tetracycline HCl (sistemik) tidak boleh digunakan untuk anak-anak usia lebih muda dari 8 tahun karena dapat menyebabkan perubahan warna gigi permanen dan masalah lainnya. Perubahan warna gigi juga bisa terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan remaja. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. (sumber : Vennila V, Madhu V, Rajesh R, Ealla KKR, Velidandla SR, Santoshi S. Tetracycline induced discoloration of deciduous teeth: Case series. J Int Oral Health 2014;6(3):115-9). Namun, untuk sediaan topikal/obat luar, efek seperti itu tidak akan terjadi sepanjang digunakan secara wajar.
Baca Juga :  Kalticol 500 mg Kapsul & Dry Syrup (Thiamphenicol) : Info Lengkap

Penggunaan Tetracycline salep kulit Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Tetracycline (sistemik) dalam kategori D, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. Namun jika potensi keuntungan bisa dijamin  penggunaan obat pada ibu hamil bisa dilakukan meskipun potensi risiko sangat besar.

Penggunaan obat Tetracyclin untuk ibu hamil tidak dianjurkan karena antibiotik ini bisa membahayakan janin, terutama perkembangan tulang dan gigi.

Namun, untuk sediaan topikal, belum terbukti menyebabkan cacat lahir atau masalah lain. Dengan demikian, Tetracycline salep kulit untuk ibu hamil bisa diberikan sepanjang sesuai anjuran dokter.

Jika digunakan dalam dosis yang dianjurkan, Tetracycline salep kulit tidak mungkin akan masuk secara sistemik. Oleh karena itu penggunaan oleh ibu menyusui dianggap aman, sepanjang tidak di area p4yudara.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat (sistemik) yang mungkin terjadi :

  • Penyerapan antibiotik ini terganggu jika digunakan dengan antacid yang mengandung kation divalen dan trivalen (misalnya. Al, Ca, Mg), Fe, Zn dan Na bikarbonat, kaolin-pectin, bismuth subsalicylate, sucralfate, strontium ranelate, colestipol dan colestyramine.
  • Dapat mengganggu aksi bakterisida antibiotik golongan penicillin.
  • Dapat mempotensiasi efek antikoagulan.
  • Dapat menurunkan kemanjuran kontrasepsi oral.
  • Efek nefrotoksik dapat diperburuk oleh diuretik atau obat nefrotoksik lainnya.
  • Dapat meningkatkan efek hipoglikemik insulin dan sulfonilurea pada pasien diabetes mellitus.
  • Dapat meningkatkan efek toksik dari alkaloid ergot dan methotrexate.
  • Susu, yogurt, dan produk susu lainnya menyebabkan obat menjadi tidak aktif.
  • Makanan mengurangi penyerapan antibiotik ini.
  • Interaksi yang berpotensi fatal : dengan methoxyflurane dapat menyebabkan toksisitas ginjal yang fatal; Peningkatan risiko hipertensi intrakranial jinak dengan vitamin A atau senyawa kelompok retinoid (misalnya. Acitretin, isotretinoin, tretinoin).
Baca Juga :  Witranal (Mefenamic Acid 500 mg) : Info Lengkap

Untuk sediaan topikal, belum ada data yang tersedia.

Dosis Tetracycline salep kulit

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

  • Oleskan salep pada daerah yang terinfeksi 1 hingga 3 kali sehari.

Aturan Pakai

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau menggunakan obat antibiotik ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Gunakan obat secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan menghentikan pengunaan obat sebelum durasi waktu yang disarankan. Penggunaan antibiotik tidak sesuai dengan durasi yang dianjurkan bisa memicu resistensi.
  • Salep kulit ini hanya untuk pemakaian luar; jangan gunakan pada mata atau pada area tubuh yang luas.
  • Bersihkan area yang terkena sebelum digunakan; dapat ditutup dengan perban steril.
  • Produk ini mungkin berbahaya jika tertelan.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Tetracycline salep kulit adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan antibiotik topikal ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.