11 Tanda Ini Adalah Sinyal Pasangan Anda Bisa Dipercaya Sepenuhnya

rasa saling percaya

rasa saling percaya adalah fondasi hubungan yang harmonis

Saling Percaya Dengan Pasangan – Sebuah hubungan, entah itu hubungan rumah tangga atau baru sekedar pacaran mutlak membutuhkan rasa saling percaya. Rasa saling percaya adalah fondasi bagi sebuah hubungan yang langgeng dan harmonis sepanjang waktu.

Sebagian orang mungkin bisa percaya begitu saja pada apapun yang dikatakan pasangannya. Namun, kejadian-kejadian kecil bisa saja memicu seseorang memiliki kecurigaan tertentu bahwa pasangannya sedang berbohong. Lalu, bagaimanakah caranya kita mencari tahu bahwa pasangan kita senantiasa jujur? Di Bawah ini adalah 11 tanda yang bisa anda gunakan sebagai indikator pasangan anda bisa dipercaya sepenuhnya.

11 Tanda Ini Adalah Sinyal Pasangan Anda Bisa Dipercaya

Mulai saat ini, perhatikanlah pasangan Anda. Bagaimana cara dia berbicara, cara dia mendengarkan Anda, atau cara dia menyentuh Anda. Cepat atau lambat Anda akan mengenali sinyal-sinyal tertentu yang bisa meyakinkan Anda apakah si Dia bisa dipercaya atau tidak. Langsung saja di bawah ini adalah 11 tanda pasangan Anda bisa dipercaya sepenuhnya :

1. Dia Mengutarakan Perasaannya Pada Anda

Jika pasangan anda mau mengutarakan semua pikiran dan perasaannya pada anda, itu adalah salah satu tanda terbesar bahwa dia adalah pasangan yang bisa dipercaya. Saling terbuka dan kesediaan untuk membuka hati dan berbagi apa yang sebenarnya dia pikirkan, bahkan jika hal itu membuatnya ditertawakan dan dikritik adalah sesuatu yang luar biasa. Namun setiap individu memiliki keunikan tersendiri. Ada yang bisa dengan mudahnya mengutarakan perasaanya pada pasangannya, ada pula yang membutuhkan sedikit waktu untuk sendiri sebelum berbagi emosi dengan orang lain. Setelah dia memutuskan untuk membuka diri dan berani mengutarakan emosinya, itu adalah sebuah tingkat kepercayaan yang sangat dalam pada sebuah hubungan. Itu artinya dia merasa nyaman dengan anda bahkan untuk hal-hal yang sangat emosional bagi dirinya.

2. Dia Mengakui Saat Dia Melakukan Kesalahan

Mengakui kesalahan kadangkala sangat sulit bagi sebagian orang. Meskipun itu hanya kesalahan kecil, seseorang lebih memilih untuk menyembunyikannya atau bahkan membela diri jika kesalahannya diketahui. Padahal, dengan menutupi atau bahkan tidak mengakui kesalahan sekecil apapun itu, menunjukkan bahwa dia adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Jika dia tidak dapat bertanggung jawab atas hal-hal kecil, bagaimana mungkin dia bisa bertanggung jawab atas hal-hal besar? Ketika dia menyembunyikan hal-hal kecil dan berbohong atau bersikap defensif, artinya ada ketakutan pada dirinya. Di sisi lain, bersedia meminta maaf menunjukkan keinginan untuk membangun kepercayaan.

3. Dia Bisa Bercerita Bahkan Sampai Hal-hal detail

Pasangan yang tidak sedang menyembunyikan sesuatu dari anda, tidak akan memiliki beban apapun. Dia bisa dengan enteng berbicara tentang segala hal, sampai hal-hal yang sangat detail. Ceritanya akan konsisten dari waktu ke waktu karena dia tidak harus menutupi sebuah kebohongan. Dia tidak merasa khawatir atau terancam dengan mengungkapkan semuanya, karena dia percaya dan nyaman pada anda. Ini adalah tanda bahwa anda pun harus percaya pada dirinya.

4. Dia Mencari-cari Alasan Untuk menyentuhmu

Banyak orang berfikir bahwa s3x adalah satu-satunya tanda keintiman fisik dalam suatu hubungan. Padahal sentuhan-sentuhan kecil seperti memegang tangan dan memberi ciuman di pagi hari menunjukkan bahwa Anda memiliki hubungan yang dalam. Sentuhan-sentuhan kecil seperti itu menunjukkan tentang adanya rasa saling percaya pada tingkat yang lebih dalam. Apalagi jika dia melakukan hal ini dengan kejutan-kejutan misalnya dia tiba-tiba memeluk Anda saat Anda sedang memasak.

5. Anda berbagi rekening bank

Saat ini ada tren seseorang bersiap-siap akan terjadinya hal yang buruk dengan hubungannya. Sah-sah saja misalnya anda membuat perjanjian pra nikah untuk berjaga-jaga bila terjadi perceraian. Namun, tindakan ini jika berlebihan malah bisa berisiko buruk terhadap hubungan anda. Seakan-akan anda tidak cukup memiliki keyakinan dan kepercayaan terhadap pasangan anda.

Dalam hal keuangan juga demikian. Tanda kepercayaan adalah jika anda benar-benar menempatkan diri anda ‘berisiko’ dan bersikap sangat terbuka tentang keuangan. Tindakan menyembunyikan uang dari pasangan Anda menunjukkan bahwa, pada tingkat tertentu, Anda mengharapkan hal terburuk dari hubungan Anda. Bahkan jika Anda memiliki rekening bank yang terpisah, bersikap terbuka tentang keuangan menunjukkan bahwa Anda bergantung dan saling percaya satu sama lain. (Baca Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga untuk Jangka Panjang)

6. Dia Selalu Berusaha untuk membuat Anda merasa nyaman

Bayangkan jika anda memiliki pasangan yang menarik secara fisik dan selalu menjadi perhatian di kantornya. Kadang anda memiliki perasaan terancam apakah pasangan anda akan tergoda salah satu rekan kantornya atau rekan bisnisnya.

Jika dia menunjukan tanda bahwa dia selalu memprioritaskan anda itu menunjukkan dia bisa dipercaya. Misalnya dia selalu terbuka soal siapa-siapa teman kantor atau bisnisnya. Bahkan jika dia bisa membaca kekhawatiran anda dan kemudian memilih mengenalkan anda pada rekannya yang anda curigai, itu adalah sesuatu yang luar biasa. Intinya dia selalu bisa membaca ketidaknyamanan anda, dan selalu berusaha mengatasinya.

7. Dia Selalu Antusias untuk berbicara dengan Anda

Jika anda memiliki pasangan yang selalu bersedia mendengarkan anda, itu adalah pertanda bagus bagi hubungan anda. Dia akan selalu menunjukan bahasa tubuh yang menunjukkan antusiasme. Jika dia bahkan menghentikan kesibukannya hanya untuk mendengarkan anda, itu merupakan indikator bagus bahwa dia peduli dengan apa yang Anda katakan.

8. Dia Membiarkan Anda Membuka Pembicaraan

Kadang-kadang kita butuh duduk dalam keheningan saat menghadapi hari yang buruk. Pasangan yang baik akan membiarkan anda sendiri untuk sekedar menunjukkan bahwa dia menghargai perasaan Anda. Banyak orang berpikir bahwa jika pasangan kita sedang mengalami masalah, maka kita harus secara otomatis dan sukarela memberinya masukan-masukan. Namun sebenarnya hal ini tidak membantu, malah kadang menambah runyam.

Kebanyakan orang lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Jika pasangan anda bersedia menunggu anda siap untuk berbicara dan mau mendengarkan tanpa menggurui, itu adalah tanda hubungan anda sangat bagus. Inilah kebiasaan mengejutkan yang mendorong empati.

9. Pertanyaannya tidak terasa seperti interogasi

Ketika pasangan mencurigai kita, tentu secara manusiawi kita akan bertindak defensif. Jika dia mampu mengendalikan emosinya dengan tetap berkomunikasi normal tanpa menginterogasi menunjukkan bahwa dia mempercayai anda. Penerimaan sepenuh hati atas apa yang anda katakan atau dia menunjukan antusiame terhadap jawaban-jawaban anda menunjukkan dia percaya pada anda. Pasangan seperti ini pasti juga adalah pasangan yang bisa dipercaya. Orang yang selalu positive thinking terhadap orang lain cenderung lebih bisa dipercaya daripada orang yang selalu berpikiran negative terhadap orang lain.

10. Dia Tidak “Menyembunyikan” Smartphone Miliknya

Meskipun sudah menikah, anda tetap harus menghormati privasi pasangan anda. Jangan sesekali mengintip pesan sms, facebook, whatsapp atau email pribadinya tanpa ijin darinya. Tapi jika dia memberikan smartphone kepada Anda tanpa diminta, Anda akan tahu dia tidak menyembunyikan apa-apa.

11. Percakapan terasa alami

Banyak orang mengatakan bahwa kita bisa membaca kebohongan orang lain dengan menatap matanya. Namun, seorang pembicara yang baik tidak akan menatap lawan bicaranya terlalu frontal ke mata, itu akan nampak lebih sebagai sebuah intimidasi. Pembohong yang hebat pasti sudah tahu hal ini. Oleh karena itu, seorang pembohong justru akan lebih banyak menatap mata anda saat berbicara untuk menunjukkan dia sedang berbicara jujur. Dan percayalah dia akan sangat fasih melakukannya. Pasangan yang jujur justru akan berbicara normal, biasa dan alamiah. Dia tidak perlu berbicara terlalu dramatis untuk menunjukkan kejujurannya.

Sebuah hubungan perlu rasa saling percaya karena kepercayaan adalah fondasi sebuah hubungan yang langgeng dan harmonis. Kita tidak bisa meminta pasangan kita mempercayai kita tanpa kita juga berusaha mempercayainya.