Katamasa

Suprabiotic (Tetracycline 500 mg) : Info Lengkap

Suprabiotic adalah obat antibiotik yang mengandung Tetracycline HCl. Kegunaan Suprabiotic adalah untuk mengobati infeksi kulit (misalnya, bisul, jerawat, eksim), infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran kemih dan kelamin, serta infeksi saluran pencernaan.

Antibiotik ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Di Apotik, obat ini tersedia berupa Suprabiotic Tetracycline 500 mg kapsul.

Suprabiotic Tetracycline HCl diproduksi oleh Zenith Pharmaceuticals.

Harga Suprabiotic 500 mg di kisaran Rp. 7.000 per pepel (10 kapsul).

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat antibiotik ini. Suprabiotic obat untuk apa, apa kegunaannya, efek sampingnya, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung tetracycline lainnya.

Suprabiotic Obat Apa?

Suprabiotic adalah obat yang mengandung antibiotik Tetracycline. Tetracycline umumnya digunakan dalam bentuk garamnya, yaitu, Tetracycline HCl.

Tetracycline adalah obat yang termasuk antibiotik golongan polyketide. Tetracycline termasuk antibiotik yang mempunyai spektrum luas, yaitu, aktif terhadap bakteri gram negatif mapun gram positif.

Produsen

Suprabiotic tetracycline HCl diproduksi oleh Zenith Pharmaceuticals.

Kandungan

Kandungan Suprabiotic 500 adalah :

Bentuk Sediaan

Antibiotik Suprabiotic dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat yang mengandung tetracycline secara singkat :

Informasi ObatTetracycline
GolonganDengan resep
IndikasiSebagai antibiotik untuk mengobati infeksi rentan terhadap tetracycline
DosisLihat bagian dosis
Aturan Pakai1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan
KontraindikasiHipersensitif; gangguan ginjal berat; ibu menyusui; ibu hamil; Anak usia
Sediaancapsul 250 mg; capsul 500 mg
Merk yang tersediaCamicyclin, Conmycin, Decyclin, Dumocycline, Farsyclin Forte, Ikacyclin, Katitra, Kokotra, Licoklin, Midicycline, Novabiotic, Ramatetra, Ricacyclin, Sanlin, Selesiklin, Soltralin, Super Tetra, Talsutin, Tetracyclin OGB, Tetrasanbe, Tetrin, Trifacyclin

Indikasi dan Kegunaan Suprabiotic

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Suprabiotic adalah untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Tetracyclie, misalnya :

Antibiotik yang mengandung Tetracycline, sering digunakan sebagai antibiotik alternatif saat antibiotik golongan Penicillin tidak bisa digunakan (misalnya, karena alergi dll). Misalnya :

Kontraindikasi

Obat antibiotik ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Suprabiotic

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Suprabiotic yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan Suprabiotic tetracycline HCl :

Penggunaan Suprabiotic Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Tetracycline dalam kategori D, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. Namun jika potensi keuntungan bisa dijamin  penggunaan obat pada ibu hamil bisa dilakukan meskipun potensi risiko sangat besar.

Penggunaan obat Suprabiotic untuk ibu hamil tidak dianjurkan karena antibiotik ini bisa membahayakan janin, terutama perkembangan tulang dan gigi.

Obat ini masuk ke ASI dalam jumlah yang sangat kecil. Meskipun tidak ada laporan bahaya pada bayi yang menyusui, penggunaan obat Suprabiotic untuk ibu menyusui tidak dianjurkan karena antibiotik ini bisa membahayakan perkembangan bayi.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Suprabiotic

Berikut adalah dosis Suprabiotic yang lazim digunakan :

Untuk setiap indikasi, berikut adalah dosis yang dianjurkan :

Dosis untuk kerentanan infeksi

Dosis Suprabiotic untuk jerawat

Dosis Suprabiotic untuk sipilis

Dosis untuk brucellosis

Dosis untuk Gonorea

Aturan Pakai Suprabiotic

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Suprabiotic Tetracycline HCl 500 mg adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan antibiotik yang mengandung Tetracycline ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring