Apa itu Sistem PABX? Apa Saja Tipe Yang Ada? Baca di Sini

Banyak perusahaan menggunakan sistem PABX. Ada yang menggunakan PABX digital ada juga yang masih menggunakan sistem analog.

Apakah Anda mengetahui apa itu PABX? Kalau iya, apakah Anda tahu apa kegunaan PABX?

PABX adalah singkatan dari Private Automated Branch Exchange. Singkatnya, PABX adalah sistem jaringan telepon pribadi yang digunakan dalam perusahaan atau organisasi.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu sistem telepon PABX. Apa saja tipe-tipenya, dan membahas sedikit apa perbedaan di antara berbagai tipe itu.

Pengertian PABX

Kepanjangan PABX adalah Private Automated Branch eXchange. PABX adalah sistem switching telepon otomatis dalam perusahaan swasta.

Fungsi PABX adalah sebagai perangkat yang menghubungkan telepon di suatu tempat, sehingga telepon-telepon tersebut akan membentuk sebuah sistem jaringan telepon mandiri yang mampu bekerja secara berkesinambungan.

Awalnya, sistem jaringan telepon ini disebut PBX, yaitu singkatan dari private branch exchange. PBX membutuhkan operator secara langsung dalam pengoperasiannya.

Karena saat ini sistem jaringan telepon ini bekerja secara otomatis, maka perangkat ini dinamakan PABX. Huruf A adalah singkatan dari “Automated” atau otomatis.

Para pengguna sistem telepon PABX dapat berkomunikasi secara internal (di dalam perusahaan sendiri) dan secara eksternal (dengan dunia luar), menggunakan saluran komunikasi yang berbeda seperti Voice over IP (VOIP), ISDN atau analog.

Umumnya, PABX dipakai di perkantoran, hotel, rumah sakit, dan lain-lain.

PABX dapat diprogram untuk memunculkan ucapan selamat datang otomatis bila menerima telepon masuk sebelum panggilan tersebut diarahkan ke tujuan yang dituju.

Perangkat ini juga bisa digunakan untuk tujuan faksimili. Anda bisa melakukan program sambungan melalui control station ini menuju ke mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.

Mengoperasikan Sistem PABX

Pernahkan Anda menelpon sebuah perusahaan untuk berbicara dengan bagian tertentu (misalnya bagian akunting), Anda diminta menunggu oleh operator?

Baca Juga :  10 Fungsi Google & Cara Membuat Sebagai Default Search Engine

Sambil menunggu/hold, Anda disajikan sebuah musik latar di gagang telepon. Dan, beberapa saat kemudian bagian akunting – orang yang Anda telepon – menjawab panggilan Anda.

Artinya, telepon Anda dialihkan oleh sistem jaringan otomatis. Inilah salah satu kegunaan PABX.

Dahulu, operator yang mengoperasikan sistem jaringan telepon itu adalah operator manusia. Namun saat ini, sistem otomatis lah yang mengoperasikannya.

Semua perusahaan yang memiliki beberapa ekstensi memerlukan PABX.

Fungsi PABX adalah menghubungkan beberapa panggilan masuk ke divisi perusahaan yang tepat, dan menghubungkan panggilan kantor internal satu sama lain.

Dengan PABX, panggilan masuk pertama kali ke suatu sistem otomatis yang membantu mengarahkan panggilan ke divisi yang tepat dan jalur ekstensi antar karyawan. Panggilan keluar dialihkan melalui PABX terlebih dahulu sebelum terhubung ke luar.

PABX memiliki kemampuan untuk menjangkau ekstensi spesifik, interkom, memulai panggilan konferensi, meminta pelanggan untuk menunggu, dan menyediakan musik latar.

Ada banyak merk PABX seperti Panasonic KX-TS505MXB Black, Panasonic Expansion Master Card NS5130X, NEC, VITAPHONE, VOTEL, SAHITEL, GENEX, dll.

Tipe-tipe PABX

Jika Anda ingin membeli sistem telepon PABX, sangat penting untuk mengetahui jenis sistem PABX mana yang tepat untuk perusahaan Anda.

Masing-masing tipe sistem PABX memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, tiap perusahaan akan membutuhkan sistem PBX yang berbeda, tergantung pada ukurannya, jumlah rata-rata penelepon, dan dana yang tersedia untuk membelinya.

Di bawah ini kami akan jelaskan berbagai opsi sistem telepon PABX yang bisa Anda pilih :

1. Sistem PABX Analog/Tradisional

gambar sistem pabx analog

Sistem telepon PABX tradisional memiliki “kotak switchboard” yang menghubungkan banyak saluran telepon ke beberapa ekstensi. “Kotak switchboard” juga dapat menghubungkan panggilan ke saluran telepon fisik penyedia layanan telepon, seperti Telkom, yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan eksternal.

Sistem tradisional ini juga disebut PABX dengan analog sistem. PABX Analog menggunakan kabel tembaga dan POTS (Plain Old Telephone Service).

Sebenarnya, kemampuan PABX analog cukup bisa andalkan. Sistem tradisional ini menghasilkan suara yang juga cukup baik.

PABX analog memiliki fitur dasar seperti menerima telepon, mematikan suara telepon, redial dan speed dial.

PABX analog juga mampu melakukan transfer panggilan atau memindahkan panggilan antar ekstensi.

Baca Juga :  5 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

Kelebihan sistem PABX analog adalah kemudahan dalam pengoperasian dan fitur-fiturnya yang tidak begitu kompoleks. Hal ini membuat harga sistem telepon PABX analog termasuk paling murah di antara sistem yang lain.

Kelebihan PABX analog lainnya adalah sistem ini tidak memerlukan banyak hardware tambahan untuk konfigurasi, dukungan dan upgrade.

Namun, PABX analog juga mempunyai kelemahan, terutama jika Anda membuthkan sistem yang lebihkompleks ke depannya.

Misalnya, jika Anda ingin mengintegrasikan sistem sistem seperti VoIP dan CRM (Customer Relationship Management), maka Anda akan kesulitan. Solusinya hanyalah membeli perangkat lain yang mendukung kebutuhan tersebut.

2. Sistem PABX Digital

gambar pabx digital NEC SL1000
pabx digital NEC SL1000 (image : www.datacomindo.com)

Saat ini banyak perusahaan lebih memilih menggunakan PABX digital.

Alasannya, karena PABX digital memiliki fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih dibandingkan dengan PABX analog.

PABX digital adalah suatu sistem telepon berbasis website. Pengoperasiannya diatur oleh komputer dengan tampilan antar muka digital.

Artinya, PABX digital tidak membutuhkan hardware apapun untuk membentuk sebuah sistem jaringan telepon perusahaan Anda.

Sistem PBX digital dirancang sedemikian rupa sehingga fitur-fiturnya dapat diperluas. Hal ini bagus jika perusahaan Anda berkembang dan membutuhkan sistem jaringan telepon yang lebih kompleks.

PABX digital dapat mengakomodasi baik itu sistem PABX analog tradisional atau telepon IP (Internet Protocol).

Anda juga bisa meng-upgrade sistem PABX digital dengan menambahkan musik latar untuk penelpon yang sedang di-hold.

PABX digital juga bisa diintegrasikan dengan sistem VoIP.

Dibandingkan dengan sistem analog – yang biasanya cocok untuk bisnis berbasis rumahan – sistem PABX digital memberikan kualitas suara yang lebih baik.

Selain memiliki fungsi standar seperti ekstensi dan transfer, sistem PABX digital juga menawarkan asisten penjawab digital, pesan suara, dan fitur penerusan panggilan.

Selain itu, perbedaan yang cukup kentara antara sistem PABX digital dengan sistem PABX analog adalah proses transfer transmisi suara yang sebelumnya analog menjadi digital.

Baca Juga :  5 Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

3. Sistem IP PABX / VoIP PABX

gambar IP PABX Yeastar S100 – VoIP PBX
IP PABX Yeastar S100 – VoIP PBX (image : www.datacomindo.com)

Dalam sistem PABX berbasis IP atau VoIP, panggilan telepon dilakukan melalui internet.

Pengaturan sistem PABX IP menggunakan VoIP (Voice over Internet Protocol).

Dengan menggunakan VoIP, Anda tidak perlu menggunakan penyedia layanan telepon untuk melakukan panggilan.

Dengan menggunakan VoIP, Sistem PABX IP lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan sistem PABX analog tradisional.

Dalam sistem IP PABX, pengguna bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan dengan sesama pengguna VoIP dan telepon biasa.

Bahkan, jika perusahaan memiliki telepon biasa, pengguna tetap sama-sama bisa melakukan hal tersebut.

4. Sistem PABX Virtual/hosted PABX

Sistem PABX virtual adalah varian dari PABX VoIP.

Kelebihan sistem ini adalah memungkinkan pengguna untuk bekerja dari jarak jauh. Misalnya, dari rumah atau di ponsel sambil tetap terhubung ke sistem telepon perusahaan.

Sistem jaringan ini hemat anggaran dan paling cocok untuk bisnis kecil yang memiliki volume panggilan rendah dan sedikit karyawan.

Sistem PBX virtual, juga dikenal dengan nama Cloud PABX atau Hosted PABX.

Sistem ini menyediakan semua fitur sistem PABX, aplikasi, dan layanan panggilan di cloud.

5. Sistem PABX Hybrid

gambar Panasonic PABX KX-TES 824 Advanced Hybrid Telephone System
Panasonic PABX KX-TES 824 Advanced Hybrid Telephone System (image : www.datacomindo.com)

Sistem PABX Hybrid adalah sistem jaringan telepon yang menggabungkan 2 teknologi yaitu Analog dan Digital.

Ini adalah sistem jaringan generasi terbaru. Sistem PABX Hybrid memiliki lebih banyak fitur dibandingkan tipe sebelum-sebelumnya.

Sistem PABX Hybrid mendukung teknologi VoIP dengan menggunakan infrastruktur komputer. Sambungan PABX Hybrid sudah menggunakan kabel UTP, sehingga bisa tersambung secara langsung ke sistem internet.

Di samping itu, sistem PABX Hybrid juga mendukung koneksi antara 2 telepon tanpa memerlukan kabel dalam jumlan yang banyak.

Kelebihan lainnya adalah PABX Hybrid dapat diintegrasikan ke dalam Layanan Cloud, yang menawarkan banyak keunggulan dengan harga yang kompetitif.

Sistem PABX Hybrid disarankan untuk perusahaan yang saluran teleponnya harus selalu menyala.

Misalnya, jika penyedia layanan telepon Anda tidak berfungsi, Anda dapat menggunakan sistem berbasis IP dan sebaliknya.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, sistem ini adalah yang termahal saat ini.