Katamasa

Sejarah Sepakbola Dunia Dari Awal Hingga Kini (lengkap)

Darimana kah asal usul permainan sepakbola? Dari Inggris atau dari China? Bagaimana kah sejarah sepakbola dunia dari awal sampai bentuknya di dunia modern saat ini?

Sejarah sepakbola dunia bisa diruntut jauh sampai lebih dari 100 tahun yang lalu. Sebagian besar orang sepakat bahwa permainan sepakbola berasal dari negara Inggris pada tahun 1863.

Namun sebenarnya, asal usul permainan sepakbola sampai menjadi bentuknya yang sekarang telah ada jauh sebelumnya di China, Yunani, dan Romawi.

Sepakbola adalah olahraga permainan paling populer di dunia. Olahraga ini bahkan kini tumbuh menjadi sebuah industri besar, jauh berkembang sejak awal permainan sepakbola tercipta.

Di artikel ini kita akan membahas sejarah sepakbola dunia dari awal sampai menjadi sepakbola modern yang kita kenal hari ini. Di bagian akhir artikel juga disertakan sejarah sepakbola Indonesia secara singkat.

Pengertian Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer. Jadi, sebenarnya tidak perlu lagi dijelaskan apa pengertian sepakbola.

Namun, untuk pengetahuan saja bahwa pengertian sepakbola adalah olahraga permainan yang menggunakan bola (umumnya terbuat dari bahan kulit), dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Gol adalah tujuan permainan sepakbola. Tim yang mencetak gol lebih banyak menjadi pemenang.

Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.

Lapangan sepakbola dipisahkan oleh garis tengah, dengan 1 gawang di masing-masing ujung lapangan tiap tim.

Permainan sepakbola dimainkan dengan menendang bola dengan kaki. Namun, selain kaki, pemain bisa juga menggunakan seluruh bagian tubuhnya (kecuali tangan).

Kiper atau penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan. Namun, hal itu terbatas pada area gawang saja (area kotak penalti).

Sementara pemain lain, boleh memegang bola saat melakukan lemparan ke dalam (saat bola keluar area permainan).

Sejarah Sepakbola Dunia

Secara umum, kebanyakan orang sepakat bahwa permainan sepakbola berasal dari negara Inggris. Namun, bentuk awal permainan ini sudah ada jauh sebelumnya di belahan dunia lainnya.

Sejarah permainan sepakbola – atau permainan yang menggunakan bola bisa ditemukan di banyak peradaban tua sejak era sebelum Masehi.

Sejarah Sepakbola Awal

Di Amerika tengah, sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu orang telah memainkan permaian menyerupai sepakbola. Pada permainan ini, bola terbuat dari batu.

Menurut legenda, batu yang berbentuk bola adalah lambang matahari. Dan, kapten tim yang kalah dalam permainan akan dikorbankan untuk dewa matahari.

Di China, permainan menggunakan bola dengan cara ditendang telah ada pada abad ke-3 dan ke-2 SM. Permainan yang menyerupai sepakbola ini disebut dengan nama Cuju.

Cuju dimainkan menggunakan bola di lapangan berbentuk persegi. Permainan ini kemudian menyebar ke Jepang dan dipraktikkan sebagai sebuah upacara ritual.

Di benua eropa asal usul permainan sepakbola dimulai di Yunani dan Romawi kuno.

Di Yunani kuno, berbagai variasi permainan menggunakan bola kulit yang di dalamnya diisi rambut telah dikenal.

Di Roma kuno, permainan menggunakan bola digunakan sebagai latihan militer.

Menurut apa yang diyakini para peneliti, dari Romawi lah permainan menggunakan bola ini menyebar ke Inggris.

Sejarah Sepakbola Modern

Seperti dijelaskan di atas, permainan yang menyerupai sepakbola banyak ditemukan di berbagai belahan dunia sejak sebelum masehi.

Namun, permainan itu tidak benar-benar mirip dengan permainan sepakbola. Sehingga, kebanyakan orang tidak mengakuinya sebagai asal-usul permainan sepakbola.

Kebanyakan orang masih kukuh berpendapat bahwa asal usul permainan sepakbola berasal dari negara Inggris. Kenapa?

Pada abad ke 12, di inggris telah berkembang permainan yang lebih mirip sepakbola modern.

Inilah yang kemudian dianggap sebagai tonggak awal sejarah sepakbola modern.

Pada saat itu, permainan yang menyerupai sepak bola ini dimainkan di padang rumput dan jalanan di Inggris.

Namun, sedikit berbeda dari sepakbola modern saat ini, selain menggunakan tendangan, bola juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

Selain di Inggris, di kota Florence Italia pada abad ke-16 telah ada permainan yang mirip. Permainan itu disebut Calcio.

Bentuk awal permainan sepakbola juga jauh lebih kasar dan keras dibandingkan sepakbola modern.

Ciri khas dari bentuk awal sepak bola adalah permainan itu dimainkan banyak orang dan berlangsung di area-area luas.

Karena melibatkan begitu banyak orang, sering terjadi permainan ini menimbulkan kerusuhan, bahkan kematian.

Kerusuhan yang brutal sampai menimbulkan korban jiwa mendorong pemimpin Inggris saat itu, Raja Edward III melarang permainan sepakbola. Hal ini terjadi pada tahun 1365.

Beberapa tahun kemudian Raja Edward III mengijinkan lagi permainan sepakbola dilakukan.

Namun, karena tidak ada perubahan dan justru semakin brutal, sepakbola kembali dilarang oleh pemimpin Inggris berikutnya, yaitu Ratu Elizabeth I, pada tahun 1572.

Akhirnya, pada tahun 1680 larangan untuk tidak melakukan permainan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II.

Pada tahun 1835, sepakbola dilarang dimainkan di jalanan, tetapi di lapangan.

Kelompok-kelompok sepakbola/cikal bakal klub sepakbola juga mulai terbentuk di sekolah-sekolah umum.

Sejarah Permainan Sepakbola

Sejarah sepakbola dunia sangat panjang. Sebelum mencapai bentuknya seperti sekarang, sepakbola mengalami berbagai perubahan.

Permainan sepakbola awal tidak jauh berbeda dengan rugby. Selain itu, ada banyak variasi ukuran bola, jumlah pemain, dan durasi permainan.

Terdapat 2 sekolah di Inggris yang sangat dominan dalam sejarah perkembangan sepakbola dunia. Dua sekolah itu adalah Rugby dan Eton.

Di Rugby, permainan sepakbola awal tidak hanya menggunakan tendangan, justru lebih sering menggunakan tangan sambil berlari. Inilah asal usul permainan rugby yang kita kenal hari ini.

Sementara itu, di Eton sepakbola sudah dimainkan secara khusus dengan kaki. Oleh karena itu, permainan di sekolah Eton inilah yang disebut sebagai asal usul permainan sepakbola modern.

Tonggak Penting Sejarah sepakbola dunia

Dari demikian panjangnya sejarah sepakbola dunia, kita bisa menunjuk beberapa peristiwa penting yang bisa disebut sebagai tonggak penting dari sejarah sepakbola dunia.

Berikut adalah beberapa peristiwa penting yang mewarnai sejarah sepakbola dunia hingga menjadi seperti hari ini :

A. Berdirinya Football Association (FA) Di Inggris

Karena pada awalnya sepakbola dimainkan dengan begitu banyak variasi, maka dibutuhkan sebuah aturan untuk menyeragamkan permainan ini.

Upaya untuk membuat aturan permainan dilakukan pada sebuah Sebuah pertemuan di Cambridge pada tahun 1848, berupaya untuk membuat sebuah aturan bersama bagi permainan sepakbola. Namun, pertemuan itu gagal merumuskan aturan resmi sepakbola.

Akhirnya, sebuah peristiwa sangat penting bagi sejarah sepakbola terjadi pada sebuah pertemuan pada tahun 1863 di London. Peristiwa itu adalah terbentuknya asosiasi sepakbola pertama di Inggris, yaitu Football Association (FA).

Pada pertemuan itu juga diputuskan bahwa membawa bola dengan tangan tidak diperbolehkan. Pertemuan itu juga menetapakan standar ukuran dan berat bola yang digunakan dalam permainan.

Paska pertemuan London, masih banyak fleksibilitas dalam permainan sepakbola. Misalnya, jumlah pemain setiap tim masih bervariasi. Masing-masing tim juga belum menggunakan seragam yang membedakan satu sama lain.

Pada tahun 1888, mulai digunakan wasit untuk menjadi pengadil permainan sepak bola

B. Sejarah sepakbola di luar Inggris

Sepakbola pada awalnya adalah hiburan untuk kelas pekerja Inggris. Namun, permainan ini cepat menyebar ke seluruh dunia oleh orang-orang Inggris yang melakukan perjalanan ke bagian lain dunia. Terutama di Amerika Selatan dan India.

Pertandingan pertama yang terjadi di luar Eropa terjadi di Argentina pada tahun 1867, tetapi permainan ini dilakukan oleh pekerja Inggris, bukan warga negara Argentina.

Pada tahun 1885, mulai muncul pertandingan Kanada melawan Amerika.

C. Terbentuknya Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Pada tahun1886, untuk pertama kalinya diadakan rapat pertemuan yang membahas tentang pembentukan asosiasi sepak bola dunia.

Akhirnya, Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) didirikan pada tahun 1904 di Prancis.

FIFA adalah badan internasional pengatur sepak bola. FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar kepada pemain sepak bola terbaik di dunia, dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberikan sebuah kode tiga huruf (Tigram FIFA) kepada negara anggota dan negara non-anggota FIFA.

Anggota-anggota awal FIFA adalah Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Inggris dan negara-negara Britania lainnya tidak bergabung dengan FIFA sejak awal. Mereka merasa sebagai penemu permainan dan tidak melihat alasan untuk tunduk kepada suatu asosiasi. Meski begitu, mereka bergabung di tahun berikutnya, tetapi tidak akan ikut serta dalam Piala Dunia sampai 1950.

Sampai saat ini terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA. Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) terletak di Zurich, Swiss.

Kompetisi terpenting yang diadakan oleh FIFA yaitu pertandingan sepak bola seluruh dunia atau yang sering kita sebut piala dunia (FIFA World Cup).

Sejarah sepakbola dunia : Piala Dunia FIFA adalah turnamen sepakbola terbesar olahraga sepakbola.

D. Pembentukan klub Sepakbola Pertama

Klub sepakbola sudah ada sejak abad ke-15, tetapi klub-klub itu tidak terorganisir dan tidak memiliki status resmi. Oleh karena itu sulit untuk memutuskan mana klub sepakbola pertama.

Beberapa sejarawan berpendapat bahwa klub tertua di dunia adalah Foot-Ball Club yang dibentuk tahun 1824 di Edinburgh.

Sejarawan lain, berpendapat bahwa klub paling awal dibentuk oleh mantan siswa sekolah di Sheffield pada tahun 1855.

Klub sepakbola profesional yang tertua adalah klub Inggris Notts County yang dibentuk pada tahun 1862. Klub ini masih ada sampai sekarang.

Kemunculan klub sepakbola sangat terkait dengan industrialisasi di Britania raya. Munculnya pabrik-pabrik memungkinkan interaksi kelompok orang yang lebih besar di tempat-tempat seperti pabrik, pub dan gereja.

Pada awalnya, klub sepak bola banyak dibentuk di sekolah umum, tetapi kemudian, klub-klub yang dibentuk kelas pekerja menjadi mayoritas.

Semakin banyaknya pertandingan antar klub, membuat setiap klub mulai menerapkan bayaran untuk mendapatkan pemain terbaik. Hal ini adalah cikal bakal terbentuknya klub sepakbola profesional.

Pada tahun 1880-an minat masyarakat untuk menonton pertandingan sepakbola semakin tinggi. Sehingga mulai diterapkan penjualan tiket pertandingan sepakbola.

Dan akhirnya, pada tahun 1885 sepakbola profesional dilegalkan dan tiga tahun kemudian Liga Sepak Bola diadakan.

Selama musim pertama, liga hanya diikuti oleh 12 klub, tetapi semakin lama semakin banyak sehingga membuat liga harus dibagi menjadi beberapa divisi.

Pada awal sejarah sepakbola dunia, tim-tim Inggris sangat dominan. Setelah beberapa dekade, klub-klub dari Praha, Budapest dan Sienna mulai muncul menjadi pesaing utama dominasi Inggris.

E. Kompetisi sepakbola pertama

Tonggak penting sejarah sepakbola dunia lainnya adalah munculnya kompetisi. Sejarawan sepakat bahwa Football Association Challenge Cup (FA Cup) pada tahun 1871 adalah kompetisi sepakbola pertama di dunia.

Tahun berikutnya pertandingan dua tim nasional diadakan untuk pertama kalinya. Yaitu, pertandingan antara tim nasional Inggris melawan Skotlandia. Pertandingan ini berakhir 0-0 dan ditonton oleh 4.000 orang di Hamilton Crescent.

Dua belas tahun kemudian, pada tahun 1883, turnamen internasional pertama diadakan yang diikuti oleh empat tim nasional, yaitu : Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales.

Saat ini Liga domestik telah diadakan di banyak negara. Liga sepakbola pertama adalah Liga Sepak Bola Inggris yang didirikan pada tahun 1888.

Pada tahun 1908, sepak bola untuk pertama kalinya masuk sebagai olahraga resmi di Olimpiade. Sebelum Piala Dunia FIFA pertama dimainkan pada tahun 1930, turnamen sepakbola Olimpiade adalah turnamen paling bergengsi di tingkat internasional.

Edisi pertama Piala Dunia FIFA dimainkan pada tahun 1930 di Uruguay dan sejak itu rutin diadakan setiap 4 tahun sekali (dengan dua pengecualian karena Perang Dunia Kedua).

Pada 1991 Piala Dunia pertama untuk wanita diadakan di Cina dan sejak itu juga kembali diadakan setiap 4 tahun sekali.

Turnamen internasional terbesar untuk tingkat klub adalah Liga Champions Eropa (dimainkan sejak 1992). Awalnya, turnamen ini bernama Piala Champion Eropa (1955–1991).

F. Sepakbola menyebar keseluruh dunia

Pada akhir abad ke-19, hanya ada beberapa tim sepakbola nasiona. Saat ini ada 211 asosiasi nasional yang tergabung dalam Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Peserta Piala Dunia FIFA juga meningkat (mulai kualifikasi) : dari 32 pada 1934 menjadi lebih dari 200 pada 2014.

FIFA memperlebar sayapnya dengan mendirikan beberapa badan asosiasi regional yang terdiri atas beberapa negara, yaitu :

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia sangat terkait dengan orang-orang Tionghoa. Sejak tahun 1915 sudah ada banyak club sepak bola yang didirikan oleh orang-orang Tiong Hoa di Indonesia.

Pada tahun 1920-an Klub sepak bola seperti UMS Jakarta dan Surabaya adalah klub sepakbola terhebat di Hindia Belanda.

Peristiwa paling penting dalam sejarah sepak bola indonesia adalah terbentuknya PSSI pada tanggal 19 April 1930.

Tokoh yang sangat penting dalam sejarah sepak bola Indonesia adalah Soeratin Sosrosoegondo. Beliau adalah anak seorang pribumi yang yang bersekolah di sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman.

Menurut Soeratin, sepak bola adalah salah satu alat untuk meningkatkan rasa nasionalisme untuk melawan penjajahan Belanda.

Kedatangan Jepang, membuat sepakbola sempat vakum.

Demikian artikel kami tentang sejarah sepakbola dunia dan sedikit sejarah sepakbola Indonesia. Semoga bermanfaat.

Sharing is caring