Katamasa

Scabimite (Permethrin 5 %) Obat Scabies / Kudis / Gudik : Info Lengkap

Scabimite adalah obat penyakit kulit yang mengandung Permethrin. Kegunaan Scabimite adalah untuk mengobati dan mengatasi scabies / gudik / kudis. Di Apotik, obat scabies / gudik /kudis ini tersedia berupa Scabimite cream 5 % dengan kemasan tube 10 gram dan 30 gram.

Scabimite diproduksi oleh Galenium. Harga Scabimite cream 5 % kemasan 10 gram di kisaran Rp. 20.000, sedangkan harga Scabimite cream 5 % kemasan 30 gram di kisaran Rp. 60.000.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat kudis. Scabimite obat apa, apa manfaat, efek samping, dan mengenal mer-merk obat yang mengandung Permethrin lainnya.

Scabimite Obat Apa?

Scabimite adalah obat scabies / gudik / kudis yang mengandung zat aktif permethrin. Obat kudis ini diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu Galenium. Obat kudis ini tersedia dalam 2 kemasan yaitu, Scabimite cream 5 % kemasan 10 gram dan 30 gram.

Zat aktif

Permethrin adalah obat yang termasuk skabisida. Permethrin digunakan secara luas sebagai insektisida, acaricide, dan obat nyamuk.

Permethrin Cream 5% atau lotion 1% adalah obat yang digunakan secara topikal (obat luar) untuk mengobati scabies / gudik / kudis. Scabies (kudis) adalah penyakit kulit dengan gejala gatal yang disebabkan oleh tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Serangan tungau / kutu ini mengakibatkan rasa gatal di daerah yang terkena terutama pada malam hari. Penyakit ini sangat menular melalui kontak fisik terutama pada orang-orang yang tinggal di tempat-tempat padat penduduk.

Mekanisme aksi permethrin adalah dengan cara mengganggu masuknya ion Na melalui saluran membran sel saraf, menunda repolarisasi sehingga menyebabkan kelumpuhan dan kematian parasit.

Produsen

Scabimite diproduksi oleh Galenium.

Komposisi

Kandungan Scabimite cream adalah :

Bentuk Sediaan

Scabimite 5 % cream dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat yang mengandung Permethrin secara singkat :

Indikasi dan Kegunaan Scabimite

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Scabimite adalah untuk mengobati dan mengatasi scabies / gudik / kudis yang disebabkan oleh tungau / kutu. Obat ini digunakan secara topikal di area kulit yang terinfeksi.

Kontraindikasi

Obat kudis ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Scabimite

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Scabimite yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat kudis ini :

Penggunaan Scabimite Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Permethrin dalam kategori B, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan tidak  menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Penggunaan obat-obatan pada ibu hamil harus dilakukan secara hati-hati. Obat yang digunakan secara topikal memiliki sedikit penyerapan sistemik. Oleh karena itu, obat-obat topikal dianggap lebih aman daripada obat oral atau parenteral dan kecil kemungkinannya embriotoksik atau fetotoksik. Namun, profil keamanan obat harus dinilai dengan hati-hati karena data yang tersedia terbatas.

Sebuah penelitan memberikan data sebagai berikut :

Sekitar 2% dari dosis yang dioleskan diserap secara sistemik. Penelitian pada hewan belum menunjukkan bahaya pada janin. Dalam sebuah penelitian prospektif terhadap 113 wanita hamil yang menggunakan shampo permethrin (31 pada trimester pertama mereka) tidak menunjukan indikasi embriotoksisitas. Dalam studi lain, 196 wanita hamil yang menggunakan permethrin 4% tidak menunjukan efek buruk pada janin. Permethrin ering dianggap sebagai obat lini pertama untuk pengobatan topikal infeksi parasit. Obat ini aman digunakan selama kehamilan

sumber : Keamanan obat scabies topikal untuk ibu hamil

Absorpsi Permethrin melalui kulit sangat minimal. oleh karena itu, efek yang buruk jika digunakan oleh ibu hamil atau menyusui kemungkinan sangat kecil terjadi. Namun, penggunaan Scabimite untuk ibu hamil atau ibu menyusui tetap harus dilakukan secara hati-hati. Jangan berlebihan. Ikuti dosis dan durasi pengobatan yang direkomendasikan dokter.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi : (Belum ada data interaksi pada penggunaan Permethrin topikal).

Dosis Scabimite

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

Aturan Pakai Scabimite

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Scabimite (permethrin 5 %) adalah obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring