Refaquin 15 Gram (Skin Bleaching Cream) : Informasi Lengkap

Refaquin adalah cream pemutih produksi Surya Dermato Medica. Kegunaan Refaquin adalah untuk mengobati melasma pada wajah, sedang sampai parah. Obat ini hanya digunakan untuk jangka waktu pendek.

Cream ini tersedia berupa Refaquin 15 gram. Harga Refaquin cream di kisaran Rp. 61.000 – Rp. 78.000 per tube.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Refaquin obat untuk apa, apa manfaat, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan selama menggunakan Refaquin.

Refaquin Obat Apa?

Refaquin adalah cream pemutih dengan kandungan zat aktif kombinasi Hydroquinone (agen depigmentasi), tretinoin (agen retinoid), dan fluocinolone acetonide (obat kortikosteroid). Obat ini di produksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Surya Dermato Medica.

Zat aktif

Hydroquinone adalah obat untuk pengobatan jangka pendek kondisi hiperpigmentasi seperti chloasma, melasma, bintik-bintik, dan area hiperpigmentasi melanin lainnya. penggunaan topikal Hydroquinone menghasilkan depigmentasi reversibel pada kulit. Mekanisme aksi Hydroquinone adalah dengan cara menghambat oksidasi enzimatik tirosin menjadi 3,4-dihidroksifenilalanin (dopa) dan menekan proses metabolisme melanosit lainnya.

Tretinoin adalah obat yang digolongkan secara terapeutik sebagai agen keratolitik. Umumnya, Tretinoin digunakan sebagai obat jerawat. Tretinoin juga digunakan secara off-label untuk mengobati dan mengurangi munculnya stretch mark dengan cara meningkatkan produksi kolagen kulit.

Fluocinolone acetonide adalah obat golongan kortikosteroid sintetis derivat hidrokortison. Fluocinolone acetonide sering dipakai untuk mengurangi radang dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Produsen

Refaquin cream diproduksi oleh Surya Dermato Medica.

Kandungan

Kandungan Cream pemutih ini adalah :

Per 1 gram:

  • Hydroquinone 40 mg
  • Tretinoin 0.5 mg
  • Fluocinolone acetonide 0.1 mg

Bentuk Sediaan

Cream pemutih ini dijual dengan kemasan :

  • Tube 15 gram
refaquin

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Refaquin secara singkat :

Informasi ObatRefaquin
GolonganG (dengan resep)
KomposisiHydroquinone, tretinoin, dan fluocinolone acetonide
IndikasiHiperpigmentasi, seperti melasma sedang sampai parah
KontraindikasiHipersensitif; anak usia < 12 tahun, Ibu hamil dan menyusui,
Dosis1 x sehari
Aturan Pakaioleskan tipis pada malam hari
Sediaantube cream 15 gram
ProdusenSurya Dermato Medica

Indikasi dan Kegunaan Refaquin

Sebelum menggunakan cream pemutih ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Baca Juga :  Melanox Forte Cream (Hydroquinone 4%) : Review Lengkap

Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Refaquin :

  • Pengobatan jangka pendek pada melasma wajah sedang sampai parah.
  • Note : selama menggunakan cream ini, sebaiknya pasien menghindari paparan sinar matahari langsung. Pasien juga dianjurkan untuk menggunakan tabir surya selama pengobatan.

Kontraindikasi

Cream pemutih ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

  • Hipersensitivitas.
  • Sebaiknya tidak menggunakan cream ini untuk ibu hamil atau untuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah belum diketahui. Karena keamanan dan kemanjurannya belum diketahui secara pasti.
  • Cream ini mengandung obat kortikosteroid. Oleh karena itu sebaiknya tidak digunakan untuk penderita herpes simplex, varicella, TB kulit, dan dermatitis yang disebabkan oleh sifilis.

Efek Samping Refaquin

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Refaquin yang bisa terjadi :

  • Iritasi dan sensitisasi (seperti, kulit memerah, mengelupas, kulit terbakar, dermatitis alergi, atau sensasi seperti tersengat).
  • Efek samping yang lebih jarang, misalnya eritema transien, dan kulit kering.
  • Jika digunakan secara berlebihan dan jangka panjang bisa menyebabkan ochronosis dan koloid milium.

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan cream pemutih ini :

  • Sebelum menggunakan Refaquin, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki riwayat hipersensitif terhadapnya. Jika Anda belum mengetahui apakah Anda alergi atau tidak, lakukan pengetesan singkat. Oleskan Refaquin tipis-tipis, kemudian perhatikan efeknya selama 24 jam. Jika terjadi reaksi hipersensitivitas, misalnya gatal, pembentukan vesikel, dan reaksi radang, hentikan pengobatan.
  • Cream pemutih ini tidak diindikasikan untuk penggunaan secara jangka panjang, dan tidak digunakan untuk terapai pemeliharaan melasma. Jika, setelah pengobatan sudah memberikan hasil yang diinginkan, segera hentikan. Untuk terapi pemeliharaan, gunakan obat lain yang lebih aman.
  • Melasma adalah penyakit yang umumnya berulang ketika pengobatan dihentikan. Oleh karena itu, selama pengobatan pasien harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih, gunakan pakaian pelindung dan ganti produk kontrasepsi dengan produk non-hormonal.
  • Hindari penggunaan cream di dekat area mata, mulut atau membran mukosa lain, atau luka terbuka.
  • Sebaiknya tidak digunakan untuk anak usia kurang dari 12 tahun.
  • Tidak diindikasikan untuk mencegah kulit terbakar oleh sinar matahari.
  • Oleskan Refaquin hanya pada area hiperpigmentasi. Jangan berlebihan. Penggunaan pada area yang luas bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping.
  • Keamanan dan kemanjuran cream ini untuk mengobati hiperpigmentasi, selain melasma pada wajah belum diketahui.
  • Refaquin cream bisa menyebabkan kulit kering. Pakai pelembab kulit pada pagi hari setelah kulit dibersihkan terlebih dahulu dari sisa obat.
Baca Juga :  3 Tips Tampil Cantik Dengan Kulit Sehat

Penggunaan Refaquin Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Cream ini mengandung tretinoin. Tretinoin telah dikategorikan sebagai agen teratogenik. Agen teratogenik adalah obat yang memiliki risiko tinggi sebagai penyebab kematian embrio-janin, mengganggu pertumbuhan janin, malformasi kongenital, dan defisit neurologis.

Tretinoin topikal biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Potensi teratogeniknya menjadi perhatian karena kemiripannya dengan isotretinoin (teratogen pada manusia yang telah diketahui).

Melalui Layanan Informasi Teratogen California dan Program Penelitian Klinis, antara tahun 1983 dan 2003, 106 wanita hamil dengan paparan tretinoin topikal trimester pertama secara prospektif diteliti. Hasil kelahiran, termasuk keguguran, cacat struktural utama, dan pertumbuhan sebelum dan sesudah kelahiran dibandingkan dengan 389 wanita yang dipastikan sama dan prospektif tanpa paparan tretinoin topikal selama kehamilan.

Karena pola malformasi yang berbeda telah dideskripsikan untuk isotretinoin, penelitian juga membandingkan bayi yang terpapar (n = 62) dan tidak terpapar (n = 191) pada prevalensi subset spesifik malformasi minor yang dipilih untuk mewakili spektrum cacat yang terdiri dari asam retinoic embyopathy.

Hailnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam proporsi kehamilan yang berakhir dengan aborsi spontan (6,6% pada yang terpajan vs 8,5% pada yang tidak terpajan; P = 0,53), atau bayi dengan cacat struktural utama (2,2% pada yang terpajan vs 1,2% pada yang tidak terpajan). ; P = 0,62).

Selain itu, kelompok-kelompok itu serupa dalam berat lahir, panjang dan lingkar kepala, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam panjang kehamilan.

Selain itu, prevalensi satu atau lebih malformasi spesifik asam retinoat tidak berbeda secara signifikan antara kelompok (12,9% pada paparan vs 9,9% pada yang tidak terpajan; P = 0,51).

Paparan tretinoin topikal pada trimester pertama dalam penelitian ini tidak terkait dengan peningkatan risiko hasil kehamilan yang merugikan. Secara khusus, tidak ada indikasi bahwa tretinoin topikal terkait dengan peningkatan risiko malformasi minor yang konsisten dengan embriopati asam retinoat.

Namun, tidak mungkin untuk mengecualikan kemungkinan bahwa beberapa wanita / bayi mungkin secara unik rentan terhadap paparan tretinoin topikal. Penelitian ini memberikan jaminan lebih lanjut untuk wanita yang secara tidak sengaja terpapar pada awal kehamilan

sumber : Tretinoin topikal dan kehamilan

Lalu, Amankah refaquin untuk ibu hamil? Keamanan dan kemanjuran cream ini pada ibu hamil dan atau ibu menyusui belum diketahui. Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, tidak disarankan untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

Baca Juga :  9 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Murah, Dan Cepat

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

  • Pemakaian bersamaan dengan produk-produk obat yang mengandung peroksida bisa menimbulkan noda hitam di kulit. Namun biasanya hilang setelah penggunaan obat dihentikan.
  • Produk-produk sabun/cleanser yang bersifat abrasive, krim atau lotion dengan efek pengeringan yang kuat, mengandung alkohol, astringen, rempah-rempah, jeruk nipis, sulfur, resorsinol, atau aspirin, bisa berinteraksi dengan tretinoin. Pada kasus tertentu bisa meningkatkan risiko efek samping.
  • Penggunaan bersama dengan produk-produk yang memiliki efek fotosensitisasi (membuat kulit lebih peka terhadap paparan cahaya), harus dilakukan secara hati-hati.

Dosis Refaquin

Berikut adalah dosis Refaquin yang lazim digunakan :

  • Oleskan pada area terkena 1 x sehari. Pengobatan dilakukan pada malam hari (setidaknya 30 menit sebelum tidur).

Aturan Pakai Refaquin

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan cream pemutih ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis Refaquin didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Sebelum menggunakan Refaquin, bersihkan area kulit yang akan diobati.
  • Oleskan Refaquin tipis-tipis, secukupnya saja. Jangan berlebihan.
  • Setekah kulit diolesi Refaquin, jangan ditutup rapat untuk menghindari penetrasi obat ke dalam kulit secara berlebihan.
  • Biasanya, hasil pengobatan bisa diamati setelah 4 minggu. Jika setelah 2 bulan pengobatan tidak memberikan hasil yang sesuai, segera hentikan pengobatan.
  • Gunakan Refaquin secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Refaquin cream adalah obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan cream pemutih ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.