Katamasa

Proterine Tablet & Injection (Isoxsuprine HCl) : Informasi Lengkap

Proterine adalah obat yang mengandung Isoxsuprine HCl. Kegunaan Proterine adalah untuk mencegah persalinan prematur dan mengobati penyakit pembuluh darah perifer misalnya, arteriosclerosis obliterans dan tromboangiitis obliterans. Di apotek, tersedia 2 jenis sediaan, yaitu Proterine Tablet dan Proterine Injection.

Proterine Isoxsuprine diproduksi oleh Novell Pharma. Harga Proterine Tablet di kisaran Rp. 20.000 per pepel , sedangkan harga Proterine Injection di kisaran Rp. 13.000.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Proterine obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung Isoxsuprine lainnya.

Proterine Obat Apa?

Proterine adalah obat yang digunakan dalam persalinan prematur dan mengobati penyakit pembuluh darah perifer.

Obat ini mengandung zat aktif Isoxsuprine HCl. Obat ini di produksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Novell Pharma. Ada 2 jenis, yaitu Proterine Tablet dan Proterine injection.

Zat aktif

Isoxsuprine adalah obat yang digunakan untuk ibu hamil dengan risiko kelahiran prematur. Isoxsuprine juga digunakan sebagai vasodilator untuk mengobati insufisiensi vaskular serebral, fenomena Raynaud, dan kondisi lainnya.

Isoxsuprine adalah obat golongan antagonis α-reseptor yang mempunyai aksi agonis reseptor β. Mekanisme aksi Isoxsuprine adalah memicu vasodilatasi perifer dan serebral yang bekerja pada otot polos vaskular. Isoxsuprine juga memicu terjadinya relaksasi otot polos jantung dan rahim. Obat ini umumnya digunakan dalam bentuk garamnya, yaitu Isoxsuprine HCl.

Produsen

Proterine diproduksi oleh Novell Pharma.

Kandungan

Kandungan Proterine tablet adalah :

Per tablet :

Kandungan Proterine injection adalah :

Per mL :

Bentuk Sediaan

Proterine dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat yang mengandung Isoxsuprine secara singkat :

Informasi ObatIsoxsuprine
GolonganDengan resep
IndikasiRelaksasi uterus. Gangguan pembuluh darah perifer, arteriosclerosis obliterans, tromboangiitis obliterans, penyakit Raynaud.
DosisLihat bagian DOSIS
Aturan PakaiSesuai anjuran dokter
KontraindikasiPerdarahan arteri, perdarahan post partum.
SediaanTablet 20 mg; injection 5 mg/mL
Merk dagang yang tersediaDuvadilan, Hystolan, Proterine, Tonotan

Indikasi dan Kegunaan Proterine

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko Yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Proterine :

Sebuah penelitian menguji efektivitas Isoxsuprine HCl untuk mencegah persalinan prematur memberi hasil sebagai berikut :

Tujuan dari tinjauan sistematis ini adalah untuk mengevaluasi kemanjuran isoxsuprine yang digunakan untuk mencegah persalinan prematur dan risiko aborsi.

Dua analisis dilakukan pada data yang melaporkan penggunaan isoxsuprine dalam pencegahan kelahiran prematur.

Analisis pertama meneliti dua studi double-blind untuk menentukan efek isoxsuprine dibandingkan dengan plasebo.

Analisis kedua meninjau data dari 25 publikasi yang berisi data pasien individu dan umum.

Analisis penelitian double-blind menunjukkan hasil positif dengan isoxsuprine pada 92% kasus dibandingkan dengan kontrol plasebo (44,4%, p <0,001).

Efek menguntungkan ini dipertahankan ketika risiko aborsi (92,5% pada isoxsuprine dibandingkan dengan 46,4% pada plasebo, p <0,001) atau risiko kelahiran prematur (89,5% pada isoxsuprine dibandingkan dengan 29,4% pada plasebo, p <0,001).

Analisis sekunder dari data masing-masing pasien juga mengungkapkan efek menguntungkan dari isoxsuprine dalam memperpanjang kehamilan pada 54,5% wanita berisiko aborsi dan 82,3% wanita berisiko melahirkan prematur.

Kombinasi data individu dan umum mengungkapkan efek menguntungkan isoxsuprine pada 77,3% kasus berisiko aborsi dan 89% risiko melahirkan prematur.

Temuan ini memberikan bukti awal yang mendukung efektivitas isoxsuprine dalam memperpanjang kehamilan pada wanita yang berisiko aborsi atau persalinan prematur.

sumber : penggunaan Isoxsuprine untuk mencegah persalinan prematur

Kontraindikasi

Obat ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Proterine

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat ini :

Penggunaan Proterine Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Isoxsuprine dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penggunaan untuk ibu menyusui tidak direkomendasikan.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Proterine

Di bawah adalah aturan dosis untuk masing-masing sediaan :

A. Dosis Proterine Tablet

B. Dosis Proterine injection

Dosis untuk persalinan prematur : 0,2-0,3 mg / menit secara Intravena bisa ditingkatkan hingga 0,5 mg / menit. Lanjutkan infus hingga 24 jam kemudian diikuti dengan 10 mg secara intramuskular setiap 3 jam.

Dosis untuk gangguan sirkulasi : 10 mg Intravena 3 x sehari.

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Proterine tablet dan Proterine injection adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring