Ini Perbedaan Laptop dengan Notebook dan Netbook

Perbedaan Laptop dengan Notebook dan Netbook – Laptop, Notebook, dan Netbook adalah istilah-istilah yang sudah sangat familiar. Ketiga istilah ini digunakan untuk personal computer yang bisa digunakan di luar ruangan. Dalam penggunaan sehari-hari ketiga istilah ini sering dianggap sama, meskipun sebenarnya berbeda. Untuk tahu apa perbedaan Laptop dan Notebook serta Netbook, yuk kita bahas apa itu Laptop, Notebook, dan Netbook terlebih dahulu.

Hampir semua orang yang sudah mengenal dunia komputer dan internet tahu dan pernah mengucapkan kata Laptop. Kata ini seakan-akan sudah menyatu dalam perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia, meskipun sebenarnya kata Laptop berasal dari bahasa inggris. Sedangkan dalam bahasa indonesia padanan kata Laptop adalah komputer jinjing.

perbedaan laptop dengan notebook dan netbook
penggunaan laptop untuk membantu pekerjaan sudah sangat familiar

Pengertian Laptop dalam bahasa inggris adalah perangkat komputer pribadi yang bisa digunakan dengan cara diletakan di atas paha (dipangkuan). Kata “Laptop” merupakan gabungan dua kata yaitu “Lap” yang berarti pangkuan, dan “Top” yang berarti atas.

Notebook adalah portable computer yang awalnya ditujukan hanya sebatas untuk keperluan pencatatan dokumen. Jadi Notebook adalah Laptop yang kegunaanya lebih ditujukan untuk keperluan mempermudah pekerjaan di luar ruangan. Saat seseorang berada di luar kantor/rumah, dia masih bisa bekerja dengan bantuan perangkat ini. Seiring perkembangan teknologi, Notebook semakin canggih sehingga penggunaanya bisa mengimbangi komputer desktop (komputer rumah).

Netbook adalah portable computer yang fungsi utamanya adalah untuk keperluan internet. Komputer jenis ini diciptakan untuk memberi kemudahan pemiliknya dalam melakukan aktivitas dunia internet dan aktivitas-aktivitas ringan lain, seperti mengetik atau mendengarkan musik.

Daftar Isi

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook


Karena ketiga benda ini sama-sama bisa digunakan dengan cara dipangku di atas paha, maka dari pengertian Laptop di atas kita bisa simpulkan bahwa Laptop adalah istilah umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi bisa dikatakan Laptop ada 2 jenis yaitu Netbook dan Notebook.

Perbedaan Netbook dan Notebook dilihat dari segi ukuran maupun spesifikasinya. Perbedaan spesifikasi tentu akan membuat keduanya berbeda dalam hal kemampuan serta pada akhirnya berbeda dalam hal harga juga.

1. Perbedaan dari segi ukuran

Dibandingkan Netbook, ukuran Notebook lebih besar. Laptop yang memiliki ukuran layar di atas 12 inch bisa disebut Notebook. Sedangkan ukuran Netbook lebih kecil, berkisar antara 7-12 inch. Karena ukuran layarnya berbeda, otomatis beratnya juga berbeda. Berat notebook lebih besar daripada Netbook.

2. Perbedaan dari segi spesifikasi

Dari segi spesifikasi tentu saja tergantung merk, model, dan harga. Namun secara umum, karena memiliki ukuran lebih besar, Notebook memiliki spesifikasi yang lebih banyak daripada Netbook. Spesifikasi Notebook saat ini bahkan bisa disandingkan dengan komputer dekstop.

Meskipun tetap tergantung pada model, kebanyakan Notebook dilengkapi dengan CD/DVD room. Mereka dilengkapi dengan kapasitas HardDisk yang besar, Processor yang kuat, dan RAM yang besar. Perangkat ini juga sudah dilengkapi komponen-komponen untuk keperluan internet, transfer data, kamera dan keperluan multimedia.

Sebaliknya karena memiliki ukuran yang terbilang kecil, tentu saja Netbook dilengkapi dengan spesifikasi komponen yang terbatas. Seperti dijelaskan di atas, sesuai dengan namanya netbook awalnya diciptakan untuk tujuan internet di luar ruangan (sebelum era smartphone). Netbook tidak dilengkapi CD/DVD room. Kapasitas HardDisk, kekuatan Processor, dan kapasitas RAM relatif kecil.

Baca Juga :  Cara Mengatur Cahaya Laptop di Windows 7, 8, & 10

3. Perbedaan dari segi kemampuan

Sudah jelas, perbedaan spesifikasi keduanya membuat Notebook memiliki kemampuan lebih baik. Dengan spesifikasi yang lebih mumpuni, perangkat ini mampu membantu penggunanya untuk banyak keperluan. Mulai dari pengolahan data atau sekedar hiburan saja seperti bermain game, mendengarkan musik, menonton Film atau melakukan koneksi internet. Perangkat ini juga mempunyai kemampuan multimedia yang lebih baik sehingga mampu memberi kepuasan setara komputer dekstop.

Netbook hanya cocok untuk keperluan ringan, seperti menggunakan microsoft word, excel, power point, atau keperluan koneksi internet saja. Kapasitas Hardisknya yang kecil hanya mampu menyimpan beberapa file. Perangkat ini hanya digunakan sebagai penyimpanan sementara saat bekerja di luar rumah/kantor untuk selanjutnya dipindah ke perangkat lain.

KESIMPULAN


Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Laptop adalah sebutan umum untuk seluruh perangkat komputer jinjing. Kita bisa menyebut Netbook dan Notebook dengan istilah Laptop. Perbedaan keduanya ada pada ukuran dan spesifikasi, yang otomastis menyebabkan perbedaan kemampuan kedua perangkat ini. (baca juga Perbandingan Laptop dengan Komputer Desktop, Pilih Mana?)

Pilih Notebook atau Netbook? Dengan perbedaan spesifikasi seperti dijelaskan di atas, kedua perangkat ini ditujukan untuk keperluan berbeda. Notebook memiliki keungulan pada kemampuan sedangkan Netbook lebih unggul karena lebih ringan dan simple.

Jadi sudah jelas apa perbedaan laptop dengan notebook dan netbook. Pilih yang mana, semuanya tergantung keperluan anda. Mengenai harga, keduanya sangat tergantung model dan spesifikasi masing-masing. Jadi sesuaikan perangkat yang anda pilih dengan kebutuhan anda.