Perbandingan Laptop dengan Komputer, Pilih Mana?

Perbandingan Laptop Dengan Komputer Desktop – Saat ini komputer sudah bukan barang mewah lagi. Dengan banyaknya pekerjaan yang bisa dipermudah oleh adanya komputer membuat semakin banyak orang yang membutuhkannya. Terlebih saat ini, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat komputer hadir semakin canggih dan semakin banyak jenisnya. Kalau dulu hanya tersedia komputer Desktop (PC), saat ini sudah ada laptop dengan berbagai jenis dan ukuran. Anda bisa memilih Notebook atau Netbook sesuai kebutuhan. Lalu apakah benar laptop itu pengganti komputer Desktop? Bagaimana sih perbandingan laptop dan komputer Desktop?

Sebenarnya laptop bukanlah pengganti komputer Desktop. Keduanya diperlukan sesuai kebutuhan. Jadi jika anda bingung memilih antara keduanya sebaiknya ketahui dulu apa kelebihan dan kekurangan laptop dan komputer. Baca juga (Ini Perbedaan Laptop dengan Notebook dan Netbook)

Perbandingan Laptop dengan Komputer Desktop dari segi harga dan kemampuan

Sebelum anda menentukan pilihan, anda tentukan dulu apa kebutuhan anda. Karena kebutuhan anda akan sangat menentukan tinggi rendahnya spesifikasi komputer atau laptop yang anda perlukan. Jika kebutuhan anda hanya sekedar untuk mengetik, mendengarkan musik, menonton youtube atau browsing internet saja maka spesifikasi tinggi tidak diperlukan. Namun jika anda menjalankan program-program yang berat seperti misalnya desain grafis, video editor dan lain-lain, jelas anda membutuhkan spesifikasi tinggi.

Tentu saja semakin tinggi spesifikasinya semakin tinggi pula harganya. Jika budjet anda terbatas namun membutuhkan spesifikasi lebih, maka komputer dekstop adalah pilihan tepat. Mengapa? karena jika dilihat dari segi harga, laptop cenderung lebih mahal dibandingkan komputer yang memiliki spesifikasi setara. Hal ini terjadi karena biaya produksi laptop lebih besar daripada biaya produksi dekstop.

Baca Juga :  Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

Komputer vs laptop dari segi ergonomi

perbandingan laptop dengan komputer
Laptop bisa dikatakan kurang ergonomis dibandingkan Komputer dekstop

Desain laptop yang kompak membatasi pergerakan anda dalam menggunakannya. Anda tidak bisa menjauhkan atau mendekatkan keyboard atau mouse. Hal ini akan jauh lebih mudah anda lakukan saat menggunakan komputer dekstop, sehingga mendukung kenyamanan pemakaian.

Perbandingan Laptop dan Komputer Desktop dari segi Konsumsi Energi Listrik

Secara umum laptop menggunakan energi listrik jauh lebih sedikit daripada komputer dekstop. Laptop memiliki baterei sehingga bisa digunakan tanpa harus mencolokannya dengan listrik. Anda bisa mencharger kembali saat daya baterei habis. Sedangkan komputer dekstop, anda hanya bisa menggunakannya dengan dicolokkan langsung ke listrik rumah anda. Meskipun ada alat yang bernama UPS, penggunaanya bisa dibilang tidak begitu lama. Jadi dari segi penggunaan energi listrik laptop lebih unggul.

Perbandingan Laptop dan Komputer Dari segi flexibilitas pengembangan/Kustomisasi dan Upgrade

Jika suatu saat anda merasa membutuhkan kinerja yang lebih tinggi dan memutuskan untuk melakukan upgrade, maka memiliki komputer dekstop jauh lebih menguntungkan. CPU komputer dekstop bisa dikustomisasi atau upgrade sesuai kebutuhan anda. Mulai dari upgrade kapasitas hard disk, memori, ukuran layar monitor, sampai upgrade lebih jauh ke processor atau motherboard yang lebih tinggi bisa anda lakukan. Anda juga bisa menambahkan soundcard atau VGA card jika anda membutuhkan kemampuan multimedia yang lebih baik.

Meskipun begitu bukan berarti anda tidak bisa mengupgrade laptop. Namun pilihan untuk mengupgrade laptop sangat terbatas. Anda hanya bisa sebatas mengganti hard disk atau memori saja. Mengganti yang lain bisa namun dibutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Perbandingan Laptop dan Komputer Dari segi portabilitas/mobilitas

Ok, dari segi kemampuan dan kustomisasi, Komputer dekstop memang jauh lebih unggul dibandingkan laptop dengan budget yang sama. Namun kekurangannya adalah, komputer dekstop tidak bisa dibawa kemana-mana. Dahulu sebelum ada laptop, ketika anda ingin melakukan suatu kegiatan misalnya presentasi ke klien bisnis anda, setelah menyelesaikan bahan presentasi, anda harus menyimpannya ke dalam flashdisk. Setelah bertemu dengan klien, anda baru bisa melihat data itu di komputer lainnya di tempat itu. menyusahkan bukan?

Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

Sekarang dengan adanya laptop, anda tidak perlu melakukan itu lagi. Dengan bentuknya yang kecil, tipis, dan ringan, laptop mudah dibawa kemana-mana. Hal ini tentu saja menguntungkan untuk kelancaran bisnis anda.

Kesimpulan

Kesimpulan dari ulasan perbandingan laptop dengan komputer di atas hanya satu. Yaitu, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya tidak bisa saling menggantikan, namun bisa saling melengkapi. Mau pilih yang mana? sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda.