Perbandingan Laptop ASUS dan Hp (Spek, Desain, Harga Dll)

Perbandingan Laptop ASUS dan Hp
Perbandingan laptop ASUS dan Hp bisa dilakukan dengan 2 cara. Jika spesifikasi setara perbandingkan harga, jika harga sama perbandingkan spesifikasi

Perbandingan Laptop ASUS dan Hp – Di antara berbagai merk laptop, ASUS dan HP menjadi 2 pilihan yang digemari konsumen. Banyak konsumen kemudian bertanya ” Bagus mana laptop Hp atau ASUS ?” atau sebaliknya. Tentu pertanyaan semacam ini susah dijawab karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi keterjangkauan harga maupun spesifikasi yang ditawarkan. Di artikel ini kami mencoba memaparkan apa kelebihan laptop Hp dibanding ASUS dan sebaliknya apa kelebihan laptop ASUS dibanding Hp.

Di pasaran terdapat begitu banyak jenis dan type laptop yang diproduksi oleh berbagai vendor. Sebut saja laptop besutan ASUS, Hp, ACER, LENOVO, TOSHIBA, AXIOO, SONY, DELL, dan masih banyak lagi. Dengan begitu banyaknya merk laptop yang tersedia, konsumen memiliki banyak kesempatan untuk membandingkan berbagai macam laptop. Untuk memilih harus mempertimbangkan untuk apa sebenarnya Anda membeli gadget ini. Apakah untuk bekerja atau hanya sekedar untuk browsing internet saja. Karena masing-masing laptop memiliki spesifikasi tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pada akhirnya harganya pun akan menyesuaikan spesifikasi laptop tersebut. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli laptop memang sangat baik untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan laptop besutan masing-masing vendor. (Baca Kelebihan dan kekurangan masing-masing merk laptop).

Di samping membandingkan keunggulan laptop masing-masing jenis dan type dari berbagai vendor, ada baiknya Anda juga memikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan sebuah laptop dibandingkan komputer desktop. Kenapa? Karena dari berbagai segi, sangat banyak kelebihan komputer desktop (PC) dibandingkan laptop. Kekurangan utama komputer desktop dibandingkan laptop hanya pada masalah mobilitas semata. Sedangkan dalam banyak hal lainnya, komputer desktop justru jauh lebih unggul dibandingkan laptop. (Baca juga pilih laptop atau PC? Mana yang lebih sesuai kebutuhan?).

Baca Juga :  Perbandingan Laptop dengan Komputer, Pilih Mana?

Perbandingan Laptop ASUS dan Hp

Jika Anda sudah pasti lebih membutuhkan laptop dibandingkan PC, dan sudah memutuskan untuk memilih satu di antara 2 merk yaitu ASUS dan Hp, saatnya kita fokuskan pembahasan pada 2 merk ini saja.

ASUS dan Hp adalah 2 vendor yang sama-sama sudah punya nama besar di bidang komputer. ASUS sangat terkenal dengan produk motherboard-nya, sedangkan Hp awalnya sangat terkenal di bidang teknologi printer. Jadi soal kredibiltas vendor mungkin keduanya mempunyai skor yang tidak begitu berbeda.

Lalu bagaimana untuk produk laptop? Kedua vendor ini pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Namun untuk membandingkan kita harus adil. Perbandingan laptop hp dan asus harus dilakukan terhadap laptop pada kelas yang sama, karena masing-masing memiliki varian laptop yang beragam jenis, ukuran, spesifikasi maupun harga.

Untuk laptop dengan spesifikasi yang setara Anda bisa membandingkan harga, maupun layanan purna jualnya (misalnya garansi). Untuk laptop dengan harga yang setara, Anda harus membandingkan spesifikasinya mulai dari processor, RAM, Hardisk, VGA, dan spesifikasi lainnya. Soal desain, murni selera sehingga sulit diperbandingkan. Perbedaan laptop asus dan hp harus benar-benar ditinjau dari berbagai segi supaya penilaiannya benar-benar membantu Anda dalam memilih.

Berikut adalah perbandingan laptop ASUS dan Hp yang bisa dipakai sebagai referensi sebelum membeli :

ASUS

Kelebihan laptop ASUS dibanding Hp :

  • ASUS adalah sebuah vendor teknologi komputer yang sudah ternama. ASUS adalah sebuah perusahaan teknologi yang memiliki pengalaman yang panjang di bidang teknologi komputer. Untuk segmen PC (Portable Computer), ASUS dikenal sebagai produsen MotherBoard yang kehandalannya diakui. Sedangkan untuk produk laptop, ASUS bisa dibilang merajai laptop kelas menengah.
  • Untuk kebutuhan bermain game, Laptop ASUS cukup mumpuni dibandingkan laptop merk lain yang setara. Hal ini karena Laptop ASUS dibenamkan dengan teknologi VGA seperti ATI Radeon dan Nvidia G Force. VGA jenis ini dikenal handal karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.
  • Dari segi harga, ASUS membanderol produk-produk besutannya pada harga yang masih sangat terjangkau. Bahkan jika ditilik dari spesifikasi produk yang cukup tinggi dan nama besarnya sebagai vendor yang sudah berpengalaman, harga ASUS terbilang sangat murah dibandingkan laptop merk lain dengan type setara.
  • Motherboard adalah inti dari sebuah laptop. Dengan pengalaman ASUS sebagai produsen Motherboard, ketahanan Motherboard ASUS tidak diragukan lagi.
  • ASUS memberikan layanan purna jual berupa garansi yang cukup panjang, bahkan bisa dibilang lebih panjang dibandingkan vendor lainnya, yaitu sekitar 2 tahun.
Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

Kekurangan Laptop ASUS dibandingkan Hp :

  • Beberapa seri laptop ASUS sering mengalami masalah. Misalnya ASUS seri 12 inchi sering mengalami masalah pada touchpad. Sedangkan Asus seri K43u AMD E350 sering mengalami masalah pada harddisk.
  • Service center ASUS belum merata di semua daerah. Sehingga untuk daerah tertentu, perbaikan laptop lebih lama dibanding merek lainnya, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.
  • ASUS memiliki varian laptop yang sangat banyak untuk kelas yang bisa dibilang setara. Hal ini terjadi karena ASUS sering terlalu cepat mengeluarkan seri-seri laptop terbarunya. Bahkan sering terjadi seri-seri laptop itu memiliki spesifikasi yang lebih tinggi namun dengan harga yang lebih murah. Akibatnya banyak konsumen yang kadang merasa kecewa karena merasa membeli laptop dengan harga lebih mahal tetapi spesifikasinya lebih rendah.
  • Produk Netbook ASUS tidak dilengkapi dengan Softcase. (Baca juga perbedaan Laptop, Netbook, dan Notebook).

HP

Kelebihan laptop Hp dibanding ASUS :

  • Hp adalah vendor yang dikenal royal terhadap konsumen. Saat membeli Laptop HP, konsumen mendapatkan kelengkapan yang lebih banyak dibandingkan merk lain. Biasanya konsumen memperoleh kabel charger 2 buah, CD/DVD, HDD recovery, dan buku petunjuk yang jelas dan lengkap. Hal ini tentunya menjadi nilai plus tersendiri.
  • Chasing Laptop HP sangat kokoh. Bisa dibilang termasuk yang paling kuat dibanding laptop besutan vendor lainnya.
  • Laptop HP secara rata-rata memiliki performa sistem paling stabil dan kinerja bagus. Mungkin ini disebabkan karena vendor ini adalah produsen yang sangat berpengalaman di bidang teknologi komputer.
  • Dari segi harga, Laptop HP dibanderol dengan harga yang masih terjangkau.

Kekurangan laptop HP dibandingkan ASUS :

  • Desainnya monoton. Tidak ada perubahan yang signifikan dari type ke type lainnya.
  • Hp sering menamai laptop besutannya dengan nama varian/seri yang kurang jelas. Sering terjadi dari segi fisik sama namun berbeda spesifikasinya. Hal ini sering membuat bingung konsumen saat memilih.
  • Kualitas layar LCD-nya sepertinya lebih rendah dibandingkan dengan laptop besutan vendor lain. Kualitas gambarnya kurang, bahkan kadang-kadang muncul dot pixel.
  • HP sering memberi bonus software. Namun software-software ini sering kurang berguna bagi konsumen, karena kebanyakan hanya untuk tujuan komersil saja.
Baca Juga :  Mudah, INI Cara Menampilkan Isi Flashdisk Tidak Terbaca

Demikian perbandingan laptop ASUS dan Hp dari segi spesifikasi, desain, harga, dan layanan purna jualnya. Namun dunia teknologi adalah dunia yang dinamis. Kedua vendor ini tentu saja akan semakin berkembang untuk memantapkan posisinya di jajaran elit produsen teknologi komputer. Kekurangan-kekurangan pada produknya saat ini tentu akan ditutupi pada produk-produk mutakhir mereka. Oleh karena itu, tetaplah up to date terhadap perkembangan teknologi. Namun, tetap yang paling utama adalah selalu perbandingkan setiap produk sebelum membeli dan sesuaikan produk yang akan dibeli dengan kebutuhan Anda.