31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli (Unsur, Wujud, dan Komponen)

pengertian budaya menurut para ahli
Pengertian budaya menurut para ahli adalah suatu cara hidup yang merupakan hasil dari akal budi manusia, yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya

Budaya adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Sanskerta, buddhayah, yang berarti segala hal yang merupakan hasil dari akal budi manusia. Dalam bahasa inggris budaya adalah culture, yaitu, perilaku dan norma sosial yang ditemukan dalam masyarakat. Budaya diekspresikan melalui seni, musik, tari, ritual, pakaian, bahasa, arsitektur, dan teknologi yang berkembang di dalam masyarakat. Di artikel ini kita akan membahas apa definisi budaya atau pengertian budaya menurut para ahli yang mencakup unsur-unsur kebudayaan, komponen serta wujud kebudayaan.

Pengertian Budaya

Seperti dijelaskan di atas, kata budaya dalam bahasa Indonesia adalah kata serapan dari bahasa Sanskerta, buddhayah. Buddhayah adalah bentuk jamak dari budhi yang berarti segala hal yang terkait dengan akal budi manusia.

Sedangkan jika dilihat dari kata bahasa Inggris-nya, yaitu, culture, budaya adalah perilaku dan norma sosial yang dikembangkan melalui pembelajaran sosial secara turun temurun dalam masyarakat.

Jadi secara harfiah, arti budaya adalah suatu cara hidup (norma sosial) yang merupakan hasil dari akal budi manusia, yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya adalah suatu cara hidup masyarakat tertentu secara menyeluruh. Apa yang dimaksud sebagai budaya adalah sesuatu yang sangat kompleks, abstrak, dan luas.

Unsur-unsur Budaya

Budaya yang berkembang di dalam suatu masyarakat terbentuk dari banyak unsur. Budaya masyarakat sangat dipengaruhi oleh agama, adat istiadat, bahasa, cara berpakaian, arsitektur, dan karya seni. Masing-masing unsur-unsur budaya ini saling terkait membentuk sebuah kebudayaan yang sangat rumit dan komplek.

Banyak ahli antropologi memberikan pendapatnya tentang pengertian budaya beserta unsur-unsur pembentuknya, antara lain :

Melville J. Herskovits

Pengertian budaya menurut herskovits adalah bagian-bagian dari lingkungan yang merupakan buatan manusia. Menurutnya unsur-unsur budaya terdiri atas :

  • Alat-alat teknologi
  • Sistem ekonomi
  • Keluarga
  • Kekuasaan politik

Bronislaw Malinowski

Pengertian budaya menurut ahli antropologi ini adalah keseluruhan yang utuh dari alat dan barang konsumen, dari karakter konstitusional untuk berbagai pengelompokan sosial, gagasan dan kerajinan manusia, keyakinan dan penyesuaian. Dia mengatakan unsur-unsur budaya yang pokok ada empat :

  • Sistem norma sosial yang memberi peluang kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya
  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat, dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan yang paling utama)
  • Organisasi kekuasaan/ organisasi politik

Kroeber and Kluckhohn 1952; Baldwin et al. 2006

Kroeber dan Kluckhohn mengamati, bahwa, meskipun pengertian budaya menurut para ahli antropologi banyak terdapat perbedaan, para ahli ini pada umumnya sepakat pada empat hal, yaitu :

  • Budaya diperoleh melalui proses belajar
  • Budaya sangat bervariasi
  • Budaya terkait dengan institusi, pola pikir
  • Dan segala benda-benda adalah manifestasi budaya.

Menurut Kluckhon dalam bukunya Universal Categories of Culture, kebudayaan yang ada pada semua bangsa di dunia bisa dibedakan menjadi sistem kebudayaan yang sederhana pada masyarakat pedesaan sampai sistem kebudayaan yang kompleks pada masyarakat perkotaan. Kluckhohn berpendapat bahwa unsur-unsur budaya ada 7 yang disebut kultural universal. Ketujuh unsur kebudayaan, yaitu :

  • Bahasa. Bahasa adalah sarana manusia dalam memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berinteraksi dengan sesamanya.
  • Sistem pengetahuan. Sistem pengetahuan bersifat abstrak dan berupa hasil dari ide-ide manusia. Hal ini terkait dengan sistem peralatan hidup dan teknologi hasil karya manusia. Misalnya, masyarakat pertanian menciptakan kalender pertanian. Sedangkan masyarakat nelayan, memiliki pengetahuan tentang kondisi laut dan sistem navigasi dengan memanfaatkan rasi bintang.
  • Sistem kekerabatan, dan organisasi sosial. Yang terkait dengan hal ini, misalnya sistem perkawinan. Selain itu, adalah terciptanya pranata-pranata sosial seperti hukum adat, tradisi, dan lain-lain yang mengikat kehidupan sosial masyarakat penganutnya.
  • Sistem teknologi dan peralatan. Manusia selalu berupaya untuk membuat kehidupannya berhasil. Oleh karena itu, untuk membantunya melakukan pekerjaan, manusia mencipatakan berbagai macam peralatan dan teknologi. Teknologi dan peralatan termasuk dalam bahasan kebudayaan fisik.
  • Sistem kesenian. Kesenian adalah ekspresi kebudayaan, mencakup seni tari, seni lukis, seni ukir dan lain sebagainya.
  • Sistem mata pencarian hidup. Dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia memerlukan mata pencaharian. Dalam kelompok masyarakat, hal ini kemudian membentuk suatu sistem ekonomi. Sistem ekonomi dalam masyarakat berkembang terus seiring waktu dari sistem ekonomi tradisional sampai sistem ekonomi modern, misalnya kapitalis atau sosialis. (Baca juga Macam-macam sistem ekonomi yang ada di dunia).
  • Sistem religi. Dalam hubungannya dengan alam lingkungannya, manusia memahami bahwa ada kekuatan supranatural yang tidak terjangkau alam pikiran. Hal ini adalah awal mula terbentuknya sistem religi di masyarakat.

Wujud Budaya

Budaya diekspresikan oleh masyarakat pengusungnya melalui tampilan luar yang beraneka ragam, seperti tari-tarian, seni musik, seni lukis, seni bangunan, cara berpakaian, makanan, tata pernikahan, sistem ekonomi dan politik, dan lain sebagainya.

Berikut adalah wujud budaya menurut para ahli antropologi :

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, wujud kebudayaan ada empat, yaitu, berupa nilai budaya, sistem budaya, sistem sosial, dan kebudayaan fisik.

  • Nilai-nilai Budaya

Nilai-nilai budaya adalah unsur kebudayaan yang merupakan pusat dari unsur budaya lainnya. Yang dimaksud dengan nilai budaya adalah gagasan-gagasan yang sudah dipelajari oleh manusia sejak usia dini, sehingga sulit diubah. Melalui adanya gagasan/ ide, maka manusia mampu menciptakan berbagai benda-benda budaya.

  • Sistem Budaya

Kebudayaan bersifat abstrak, hanya dapat diketahui dan dipahami. Kebudayaan membentuk suatu pola dan sistem tertentu yang disebut sistem budaya. Masing-masing masyarakat memiliki sistem budayanya sendiri yang berbeda satu sama lain.

  • Sistem Sosial

Selain bersifat abstrak, budaya juga bersifat konkrit. Kebudayaan adalah wujud sosial dari interaksi manusia satu dengan lainnya dalam komunitas tertentu.

  • Kebudayaan Fisik

Wujud kebudayaan yang paling nyata dan konkrit adalah kebudayaan fisik. Manusia membuat peralatan yang membantu aktivitasnya, manusia membangun monumen keagamaan, tempat tinggal dan lain sebagainya.

J.J. Hoenigman

Menurut ahli ini, terdapat tiga wujud budaya, yaitu, berupa gagasan (ide), aktivitas, dan artefak.

  • Berupa gagasan/ide

Kebudayaan berupa kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma, aturan, dan lain-lain. Wujud kebudayaan ide bersifat abstrak, tidak dapat disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam pemikiran warga masyarakat. Ketika mereka menuangkan ide-ide ini dalam bentuk tulisan atau rupa/bentuk tertentu, maka wujud kebudayaan itu menjadi karya-karya yang konkrit.

  • Aktivitas

Kebudayaan diwujudkan dalam bentuk aktivitas masyarakat. Hal ini sering juga disebut sebagai wujud sosial. Disebut wujud sosial karena aktivitas ini terkait dengan aktivitas-manusia yang saling berinteraksi, berkomunikasi, dengan manusia lainnya berdasarkan tata prilaku yang sudah terbentuk turun-temurun. Wujud aktivitas bersifat konkrit, terlihat dalam kehidupan manusia sehari-hari, bisa dilihat dan didokumentasikan.

  • Artefak

Artefak adalah wujud kebudayaan yang berupa wujud fisik. Artefak adalah hasil dari aktivitas manusia. Wujudnya konkrit, bisa dilihat dan disentuh. Wujud kebudayaan ini adalah yang paling konkrit dibandingkan wujud budaya yang lain. Misalnya, candi, keris, komputer, televisi, dan lain-lainya.

Komponen Budaya

Komponen budaya menurut ahli antropologi Cateora, terdiri dari 6 komponen, yaitu :

  • Kebudayaan material. Komponen kebudayaan yang nyata dan konkrit, ada bentuknya. Misalnya, peralatan memasak, peralatan pertanian, elektronika, pesawat terbang, mobil, bangunan-bangunan, dan lain-lain.
  • Kebudayaan nonmaterial. Karena budaya juga bersifat abstrak, kebudayaan juga ada yang non material. Misalnya, dongeng, cerita rakyat, lagu-lagu, tarian tradisional, dan lain-lain.
  • Lembaga sosial. Masyarakat teroganisasi dalam suatu lembaga sosial. Yang terkecil adalah keluarga. Lembaga sosial juga mencakup lembaga pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi.
  • Sistem kepercayaan. Sistem kepercayaan yang berkembang dalam suatu masyarakat tertentu akan mempengaruhi kebiasaan, pandangan hidup, tradisi, cara berkomunikasi, dan lain-lain.
  • Estetika. Nilai estetika suatu masyarakat bisa berbeda-beda. Hal ini terkait dengan kesenian yang berkembang di sana.
  • Bahasa. Bahasa adalah alat manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya. Budaya tiap masyarakat berbeda-beda dengan yang lain karena terbentuk mengikuti kondisi alam sekitarnya. Bahasa adalah komponen budaya yang sangat penting.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, definisi budaya diserap dari kata dalam bahasa Sanskerta Buddhayah, yang berarti terkait dengan cara berpikir manusia.

Dalam artikel Wikipedia, pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Pengertian kebudayaan menurut para ahli antropologi beraneka ragam, namun semuanya sepakat bahwa budaya adalah sesuatu yang terkait dengan cara hidup manusia.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Luar Negeri

Banya ahli-ahli antropologi luar negeri memberikan definisi budaya. Bahkan di masa lau, filsuf besar Yunani, Aristolteles juga menyumbangkan banyak pemikirannya terkait kebudayaan.

Berikut adalah daftar pendapat para ahli tentang pengertian budaya :

1. Kluckhohn dan Kelly

Menurut pendapatnya, budaya adalah segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.

2. Edwards.B. Taylor

Pengertian budaya menurut pendapat E.B. Tylor dalam bukunya Primitif Culture adalah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, tradisi adat istiadat, serta beberapa kemampuan lain yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki kesamaan pengalaman historis.

3. Linton

Pengertian budaya menurut Linton adalah keseluruhan dari sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

4. Edward T. Hall

Menurut Edward T. Hall, pengertian budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya.

5. Geert Hofstede

Pengertian budaya menurut pendapat Geert Hofstede adalah pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota satu kelompok orang dengan kelompok lainnya.

6. Jensen dan Trenholm

Menurut pendapat Jensen dan Trenholm, pengertian budaya adalah seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode dalam masyarakat.

7. Fizee

Fizee memberikan beberapa pendapatnya mengenai pengertian kebudayaan, yaitu :

  • Kebudayaan adalah tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu waktu sejarah bangsa di puncak perkembangannya.
  • Kebudayaan adalah hasil yang dicapai suatu bangsa dalam bidang kesusastraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  • Kebudayaan adalah way of life suatu bangsa, terutama terkait dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

8. Francis Merill

Pengertian budaya menurut pendapat Francis Merill adalah semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Kebudayaan berarti pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.

9. Al. Kroeber

Definsis budaya menurut pendapat Al. Kroeber adalah suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep. Wujud kebudayaan adalah sebagai rangkaian tindakan berpola dari suatu aktivitas manusia.

10. Croydon

Croydon berpendapat bahwa pengertian budaya adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, yang mengatur perilaku manusia dalam semua aktivitas tindakannya.

11. Dr. K. Kupper

Menurut pendapat Dr. K. Kupper pengertian budaya adalah sistem gagasan yang menjadi panduan dan petunjuk bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu ataupun berkelompok

12. Dawson

Pengertian budaya menurut Dawson dalam bukunya Age of the Gods adalah cara hidup bersama.

13. Edward Spranger

Pengertian budaya menurut pendapat Edward Spranger adalah segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat.

14. Herskovits

Pengertian budaya menurut herskovits adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

15. Larson dan Smalley

Larson dan Smalley berpandangan bahwa kebudayaan adalah “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Kebudayaan mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui bahwa tanggung jawab kita adalah untuk grup. Kebudayaan yang berbeda struktur yang mendasari akan membuat perbedaan budaya masyarakat satu dengan lainnya.

16. Mitchell

Menurut Mitchel dalam buku Dictionary of Soriblogy, budaya adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.

17. Nostrand

Menurut Nostrand definisi budaya adalah sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

18. Robert H Lowie

Robert H Lowie berpendapat bahwa definisi kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

19. Raymond Williams

Raymond Williams berpendapat bahwa budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

20. William H. Haviland

Menurut pendapat William H. Haviland pengertian budaya adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.

21. Andreas Eppink

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mempunyai kandungan bentuk dari seluruh pengertian nilai sosial, etika sosial, ilmu dan pengetahuan dan keseluruhnya beberapa susunan sosial, religius, dan sebagainya, dan juga semua pernyataan intelektual serta artistik sebagai ciri khas orang-orang.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Indonesia

Para ahli dari negeri kita sendiri, Indonesia juga memberikan definisi atau pengertian kebudayaan. Sebagian besar dari mereka adalah ahli antropologi dan budayawan.

1. Soelaiman Soemardi dan Selo Soemardjan

Keduanya memberikan penjelasan bahwa budaya adalah buah atau hasil karya cipta dan rasa masyarakat. Suatu kebudayaan terkait erat dengan perkembangan yang ada di masyarakat.

2. R. Seokmono

Menurut ahli arkeologi ini budaya adalah hasil kerja atau usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

3. Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah sebuah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia di dalam kehidupannya yang bermasyarakat, yang dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

4. Djojodigno

Menurutnya pengertian budaya adalah daya dari budi, yang berupa cipta, rasa dan karsa.

5. Drs. Mohammad Hatta

Drs. Mohammad Hatta berpendapat bahwa pengertian budaya adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

6. Drs. Sidi Gazalba

Definisi budaya menurut pendapat Drs. Sidi Gazalba adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

7. Mangunsarkoro

Menurut budayawan Mangunsarkoro pengertian kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

8. Sutan Takdir Alisyahbana

Menurutnya, kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.

9. Parsudi Suparian

Beliau berpendapat bahwa budaya akan melandasi segala perilaku dalam masyarakat, karena budaya adalah pengetahuan manusia yang seluruhnya digunakan untuk mengerti dan memahami lingkungan dan pengalaman yang terjadi kepadanya.

10. Ki Hajar Dewantara

Bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara menjelaskan kepada kita bahwa budaya adalah hasil perjuangan masyarakat terhadap alam dan zaman yang membuktikan kemakmuran dan kejayaan hidup masyarakat dalam menyikapi atau menghadapi kesulitan dan rintangan untuk mencapai kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan di hidupnya.

Demikian artikel singkat mengenai definisi budaya atau pengertian budaya menurut para ahli terutama ahli antropologi baik luar negeri atau dari indonesia, yang mencakup unsur-unsur kebudayaan, komponen serta wujud kebudayaan. Semoga bermanfaat.