8 Panduan Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis Yang Efektif
Menggunakan Facebook untuk promosi bisnis, bisa memberikan hasil maksimal jika dilakukan secara efktif dan efisien

Menggunakan Facebook untuk Promosi BisnisFacebook adalah jejaring media sosial yang paling populer saat ini. Diprediksi penggunanya saat ini sudah menyentuh angka 2 milyar orang dan terus berkembang. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Facebook kemudian memiliki potensi pasar yang sangat besar untuk dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Di artikel ini kita akan membahas segala yang perlu Anda ketahui tentang menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis, baik secara gratis maupun berbayar menggunakan fitur iklan Facebook.

Nyaris semua orang memiliki akun Facebook. Semakin banyak pula pebisnis-pebisnis baik pemula maupun ekpert yang sudah memanfaatkan Facebook sebagai media promosi untuk pengembangan bisnisnya. Panduan ini akan membantu Anda tentang bagaimana menggunakan Facebook untuk sebagai media promosi yang efektif dan efisien.

Cara Menggunakan Facebook untuk Promosi Bisnis

Dalam promosi, kata kuncinya adalah bagaimana usaha minimal menghasilkan hasil maksimal. Oleh karena itu sangat diperlukan pengetahuan yang rinci tentang seluk beluk media promosi yang akan digunakan. dengan demikian, akan mudah diketahui apa yang harus pertama dilakukan, apa selanjutnya, dan apa hasil yang direncanakan.

Berikut adalah panduan dasar tentang cara menggunakan Facebook sebagai media promosi :

1. Mengenal Perbedaan Antara Profil, Halaman, dan Grup Facebook

Sering ada banyak kebingungan di antara pengguna baru Facebook tentang perbedaan antara profil, halaman, dan grup Facebook. Hal terpenting yang perlu diingat adalah bahwa profil hanya ditujukan untuk individu saja, bukan bisnis. Sedangkan halaman Facebook dibuat oleh pemilik akun Facebook untuk tujuan tertentu, baik itu komersial maupun non komersial. Grup dibuat oleh pemilik akun Facebook untuk mengorganisir orang-orang dengan minat tertentu.

Baca Juga :  6 Cara Mempromosikan Bisnis Kecil di Facebook Secara Efektif

Pemilik bisnis kecil sangat disarankan untuk membuat halaman Facebook sebagai media promosi bisnis mereka. Pebisnis juga dianjurkan untuk bergabung dengan grup-grup bisnis yang dapat memfasilitasi diskusi di antara anggota dan secara longgar dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis mereka, tetapi membuat halaman harus selalu menjadi langkah pertama untuk mengembangkan bisnis.

2. Pentingnya Membuat Halaman Facebook Untuk Mengembangkan Bisnis

Sangat banyak alasan kenapa Anda harus membuat halaman Facebook untuk mengembangkan bisnis. Misalnya, Anda akan memiliki kesempatan untuk membangun komunitas terkait bisnis Anda, menemukan lebih banyak potensi konsumen yang tertarget dengan baik, media untuk memperkenalkan produk-produk Anda secara luas ke calon konsumen, dan masih banyak lagi. Kesimpulannya, jika Anda ingin memasarkan produk/jasa Anda secara online, tidak bisa tidak Anda HARUS memiliki halaman Facebook untuk bisnis Anda.

3. Cara Membuat Halaman Facebook

Kini Anda sudah mengetahui bahwa bisnis Anda membutuhkan halaman, bukan profil Facebook. Tetapi untuk membuat halaman, Anda harus memiliki profil. Setiap halaman Facebook dilampirkan ke akun pribadi, jadi untuk memiliki halaman bisnis di Facebook, Anda harus mendaftar dan membuat akun pribadi di Facebook terlebih dahulu.

Proses pembuatan halaman Facebook untuk bisnis Anda tidak terlalu sulit atau memakan waktu, tetapi akan lebih mudah jika Anda memiliki daftar langkah-langkah yang mudah diikuti yang memandu Anda melalui proses tersebut.

Berikut adalah cara membuat halaman Facebook yang bisa Anda ikuti secara mudah :

  1. Buka facebook.com/pages/create.
  2. Klik untuk memilih jenis Halaman.
  3. Isi informasi yang dibutuhkan
  4. Klik “Memulai” dan ikuti petunjuk di layar.

4. Cara Membuat Tab Selamat Datang Khusus di Halaman Facebook

Setelah halaman Facebook Anda jadi, sangat dianjurkan untuk melakukan kustomisasi yang diperlukan. Anda harus menambahkan logo bisnis Anda sebagai foto profil, menambahkan alamat bisnis, no telp, jam buka, dan hal-hal lain yang terkait bisnis Anda. Semakin detail informasi yang tersedia di sana akan semakin mudah bagi pengunjung untuk mengenali bisnis Anda dan semakin cepat halaman Facebook Anda akan berkembang.

Baca Juga :  Cara Memasang Iklan Facebook (Panduan Lengkap)

Salah satu langkah pertama dalam mengembangkan halaman Facebook yang aktif dan menarik untuk bisnis Anda adalah membuat tab selamat datang khusus. Ini akan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung baru ketika mereka mengunjungi halaman Anda, dan ini merupakan peluang bagus untuk berbicara langsung dengan calon konsumen Anda, berinteraksi dengan mereka dan memandu tindakan mereka di halaman Anda.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas atau tidak memiliki keahlian yang cukup, Anda bisa membuat tab selamat datang dengan memanfaatkan sebuah App yang sudah disediakan Facebook. Namun App dari pihak ketiga memiliki beberapa kelemahan seperti : Anda tidak memiliki kontrol atas ikon, dan karena Anda tidak menghosting konten, Anda tidak mendapatkan trafick untuk situs Anda.

Salah satu App yang bisa dicoba adalah Static HTML: iframe tabs. Membuat tab Selamat Datang dengan aplikasi ini sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian IT yang khusus.

5. Aplikasi Bisnis Yang harus dimiliki untuk Halaman Facebook

Setelah halaman Anda dibuat dan tab selamat datang telah disesuaikan, Anda dapat melakukan lebih banyak lagi untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk follower Anda. Menambahkan aplikasi tidak hanya memudahkan Anda untuk mengelola halaman Anda tetapi juga membuat halaman Anda menjadi tempat yang interaktif dan menyenangkan bagi follower Anda.

Terdapat sangat banyak aplikasi Facebook yang memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti membuat jajak pendapat, menambahkan e-commerce, menyiapkan umpan blog dan bahkan menggunakan Facebook untuk telekonferensi dan rapat. Anda bisa mencari aplikasi-aplikasi yang sesuai untuk halaman bisnis Anda dengan mengetik di kotak pencarian Facebook, kemudian klik App.

6. Cara Menumbuhkan Komunitas Anda di Facebook

Banyak hal yang berubah di media sosial setiap hari, tapi ada satu hal yang pasti. Dibutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk membuat halaman Facebook dan mengembangkannya menjadi sebuah komunitas. Semuanya dimulai dengan membuat halaman yang dikustomisasi dan berguna, tetapi kemudian harus dilanjutkan dengan interaksi sehari-hari yang intens. Interaksi inilah yang membuat perbedaan.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Follower Halaman Facebook Untuk Bisnis

Tips dan trik yang berguna dalam menggunakan halaman Facebook untuk mengembangkan bisnis sangat tergantung jenis bisnis Anda, pelanggan atau klien Anda, dan jenis industri Anda, namun ada beberapa hal umum yang dapat Anda lakukan untuk membuat halaman bisnis Anda mudah diingat, relevan, dan tempat favorit bagi para penggemar Anda.

7. Cara menggunakan Iklan Facebook

Beriklan di Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk menyebarkan informasi tentang produk dan halaman bisnis Anda. Teknologi iklan Facebook memungkinkan Anda untuk mempromosikan halaman Anda secara tepat di Facebook, dan Facebook menyediakan sejumlah alat untuk membantu Anda melakukan ini secara efektif.

Anda tidak perlu bingung mencari panduan untuk iIklan Facebook, karena Facebook sendiri memandu Anda melalui seluruh proses periklanan, termasuk perencanaan, pembuatan iklan, pengujian, dan pemahaman statistik wawasan. Hal ini adalah awal yang bagus untuk pemilik usaha kecil yang tertarik untuk mencoba periklanan Facebook.

8. Cara Menggunakan Facebook untuk Membangun Jaringan Profesional

Menggunakan Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda tidak hanya dapat dilakukan menggunakan halaman Facebook Anda. Anda juga dapat menggunakan akun pribadi Anda untuk membuat koneksi dengan rekan kerja dan calon konsumen, memulai percakapan bahkan membangun jaringan online dengan kalangan profesional di bisnis Anda.

Tantangan terbesar di sini adalah mengelola akun pribadi supaya tidak mengganggu bisnis. anda harus berhati-hati untuk memastikan semua interaksi Anda tetap profesional. Dengan tujuan dan rencana yang jelas untuk mengelola koneksi Anda, Anda dapat menggunakan Facebook untuk membangun jaringan dan mengembangkan relasi bisnis yang hebat.

Kesimpulan

Menggunakan Facebook untuk mengembangkan bisnis bisa dengan berbagai cara. Bisa digunakan untuk berjualan langsung atau sebagai media promosi. Menggunakan Facebook untuk promosi bisnis bisa memberikan hasil yang sangat baik asalkan dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien. (Baca juga Cara Yang Efektif Mempromosikan Bisnis Kecil di Facebook).