Katamasa

Omegavit (Multi Vitamin dan Mineral) : Info Lengkap

Omegavit adalah produk multi vitamin dan mineral produksi Mutifa Industri Farmasi. Kegunaan Omegavit adalah untuk mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, mencukupi kebutuhan asam folat untuk menjaga pertumbuhan janin pada ibu hamil.

Di Apotik, multivitamin ini tersedia berupa Omegavit kapsul dalam kemasan box 10 strip @ 10 kapsul. Harga Omegavit kapsul di kisaran Rp. 20.000 per strip (10 kapsul).

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai suplemen kesehatan ini. Omegavit obat apa, apa manfaat, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Omegavit secara singkat :

Informasi ObatOmegavit
GolonganB (obat bebas)
KomposisiFero fumarat 89.5 mg, Mn-sulfat 0.2 mg, Cu-sulfat 0.2 mg, Vit C 50 mg, Folic acid 1 mg, Vitamin B12 7.5 mcg
Indikasianemia; mencukupi asupan asam folat untuk ibu hamil
KontraindikasiHipersensitif;
Dosis1 x sehari 1 kapsul
Aturan PakaiDengan makanan
Sediaankapsul
ProdusenMutifa Industri Farmasi

Produsen

Omegavit diproduksi oleh Mutifa Industri Farmasi.

Kandungan

Komposisi Omegavit kapsul adalah :

Per kapsul :

Bentuk Sediaan

Omegavit kapsul dijual dengan kemasan :

Omegavit Obat Untuk Apa?

Omegavit adalah produk multi vitamin dan mineral yang mengandung asam folat, fero fumarat, berbagai mineral, serta Vitamin B12 dan vitamin C. Suplemen ini baik digunakan untuk mengobati anemia dan mencukupi asupan asam folat untuk ibu hamil serta menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Zat aktif

Berikut adalah informasi zat aktif yang terkandung dalam suplemen Omegavit :

Folic acid

Vitamin B9 lebih dikenal sebagai folic acid/asam folat. Asam folat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Asam folat tidak bisa diproduksi dalam sistem metabolisme alami tubuh manusia. Oleh karena itu, nutrisi ini harus disuplai dari luar tubuh, yaitu melalui makanan atau suplemen tambahan.

Asam folat sangat penting dalam proses sintesis DNA, perbaikan DNA, serta bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi biologis tertentu.

Asam folat baik untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel yang cepat misalnya pada bayi dan ibu hamil. 

Folat juga penting untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat sehingga bisa mencegah kondisi anemia.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau Cyanocobalamin adalah vitamin yang digunakan untuk salah satunya mengobati anemia pernisiosa, defisiensi vitamin B12 akibat kurangnya asupan dari makanan, tirotoksikosis, perdarahan, penyakit hati, dan ginjal. Sediaan Vitamin B12 bisa berupa sediaan oral (tablet,kapsul dll) maupun injeksi.

Ferrous Fumarate

Ferrous Fumarate adalah senyawa zat besi yang digunakan untuk mengobati anemia, misalnya anemia selama masa kehamilan.

Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat/asam L-askorbat adalah nutrisi penting yang terlibat dalam perbaikan jaringan. Vitamin C alami banyak ditemukan dalam makanan/buah. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling banyak dijual dalam berbagai merk sediaan.

Indikasi dan Kegunaan Omegavit

Sebelum menggunakan suplemen ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Omegavit adalah untuk mengobati anemia. Sediaan multivitamin dan mineral ini baik digunakan selama masa kehamilan dan menjaga kesehatan secara umum.

Di bawah ini adalah daftar beberapa kegunaan Omegavit :

Kontraindikasi

Suplemen ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Omegavit

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Suplemen ini relatif bisa ditoleransi dengan baik oleh berbagai usia, sepanjang digunakan pada rentang dosis yang dianjurkan. Jika digunakan secara berlebihan, berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan suplemen ini :

Penggunaan Omegavit Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Penggunaan obat-obatan apa pun selama kehamilan harus atas rekomendasi dokter, termasuk suplemen kesehatan.

Omegavit sering digunakan untuk mencukupi asupan asam folat untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan zat besi di dalamya juga baik untuk mencegah anemia selama kehamilan.

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada masa reproduksi untuk persiapan kehamilan. Penambahan Asam folat dengan multivitamin dapat menurunkan atau meminimalkan kelahiran bayi dengan kecacatan termasuk NTD, kelainan jantung, kelainan saluran kemih, bibir sumbing sampai dengan palatumnya,dan hidrocepalus serta kanker pada anak, inisiative yang telah dilakukan tersebut sangat menguntungkan untuk pencegahan kelahiran dengan kecacatan.

Analisa Canada secara komprehensif baru – baru ini melaporkan setelah pemebrian asam folat, terjadi penurunan 46 % kerusakan tabung syaraf, 53% pada kasus spina bifida, 38% kasus anencephali dan 31% kasus encephalocele.

Penurunan lebih lanjut kejadian cacat bawaan sangat tergantung pada sensitivitas asam folat dan multivitamin yang diberikan dan partisipasi dari pengguna yaitu ibu hamil.

sumber : dampak defisiensi asam folat pada janin

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Omegavit

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Omegavit adalah suplemen kesehatan yang baik digunakan untuk mencegah anemia atau mencukupi asupan asam folat selama kehamilan. Jangan menggunakan suplemen ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat suplemen ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring