Katamasa

Molexflu Kaplet & Sirup (Obat Flu) : Informasi Lengkap

Molexflu adalah obat flu yang mengandung kombinasi Paracetamol, phenylpropanolamine HCl, dan Chlorphenamine Maleate. Kegunaan Molexflu adalah untuk mengobati gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Di Apotik, obat flu ini tersedia berupa Molexflu kaplet, dan Molexflu sirup.

Obat flu ini diproduksi oleh Molex Ayus. Harga Molexflu kaplet di kisaran Rp. 5.000 per pepel, sedangkan harga Molexflu sirup di kisaran Rp. 8.000 per botol.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat flu ini. Molexflu obat apa, apa manfaat, efek samping, dan hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat flu ini.

Molexflu Obat Apa?

Molexflu adalah obat flu yang mengandung zat aktif kombinasi Paracetamol, phenylpropanolamine HCl, dan Chlorphenamine Maleate. Obat ini diproduksi oleh PT. Molex Ayus. Tersedia 2 jenis, yaitu Molexflu kaplet dan Molexflu sirup.

Zat Aktif

Paracetamol adalah obat yang mempunyai khasiat sebagai analgetic (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun panas). Sebenarnya, paracetamol juga memiliki efek anti inflamasi, namun tidak signifikan. Oleh karena itu tidak dimasukkan sebagai obat NSAID.

Phenylpropanolamine adalah obat yang termasuk nasal dekongestan, stimulan, dan sebagai agen anoretic. Phenylpropanolamine adalah stereoisomer dari norephedrine dan norpseudoephedrine, yang termasuk psikoaktif dari kelas phenethylamine dan amfetamin. Phenylpropanolamine biasanya digunakan dalam bentuk garamnya yaitu phenylpropanolamine HCl.

Chlorpheniramine maleate/chlorphenamine/chlortrimeton/CTM adalah antihistamin generasi pertama. Kegunaan obat ini adalah untuk mengobati gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria.

Produsen

Obat flu ini ini diproduksi oleh PT. Molex Ayus.

Kandungan

Komposisi Molexflu Kaplet adalah :

Per kaplet :

Komposisi Molexflu sirup adalah :

Per 5 ml :

Bentuk Sediaan

Obat flu ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat Molexflu secara singkat :

Informasi ObatMolexflu
GolonganW (Dengan atau tanpa resep)
KomposisiParacetamol, Phenylpropanolamine HCl, Chlorpheniramine maleate
IndikasiDemam, flu, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin
KontraindikasiSedang menggunakan obat-obat golongan monoamine oksidase (MAO) inhibitors
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan atau tanpa makanan
Sediaantablet dan sirup
ProdusenMolex Ayus

Indikasi dan Kegunaan Molexflu

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Molexflu adalah untuk mengobati kondisi-kondisi berikut :

Kontraindikasi

Obat flu ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Molexflu

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat flu ini :

Penggunaan Molexflu Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Amankah Molexflu untuk ibu hamil? FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan paracetamol dan phenylpropanolamine dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Terdapat banyak sekali merek obat flu yang dijual bebas/tanpa resep dokter. Namun, sebagian besar produk obat flu itu komposisinya sangat mirip, dengan beberapa mengandung hingga 5 bahan obat. Informasi berbasis bukti untuk semua bahan ini menunjukkan tidak ada peningkatan risiko pada kehamilan pada penggunaan jangka pendek. Namun, ibu hamil harus membaca label dengan hati-hati dan, jika perlu, berkonsultasi dengan apoteker untuk memastikan mereka tidak minum obat yang tidak mereka butuhkan.

Kesimpulannya, ibu hamil yang menderita flu bisa menggunakan obat-obat ini untuk jangka pendek. Namun, sebaiknya tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, penggunaannya hanya terbatas pada produk-produk yang sesuai dengan gejalanya. (sumber : Pengobatan flu selama kehamilan).

Paracetamol bisa memasuki ASI (dalam jumlah kecil). Konsultasikan dengan dokter jika ingin menggunakan Molexflu untuk ibu menyusui.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Molexflu

Berikut adalah dosis Molexflu yang lazim digunakan :

A. Dosis Molexflu Kaplet

B. Dosis Molexflu Sirup

Aturan Minum Molexflu

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Molexflu kaplet dan Molexflu sirup adalah obat yang bisa didapatkan dengan atau tanpa melalui resep dokter. Jangan menggunakan obat flu ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring