12 Merk Laptop Terbaik dan Terpopuler Dunia Tahun Ini

Merk Laptop Terbaik dan terpopulerLaptop saat ini sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi mahasiswa dan profesional. Keberadaannya sangat membantu dalam memperlancar pekerjaan atau kuliah para mahasiswa.

Selain untuk membantu pekerjaan para profesional atau membuat tugas kuliah bagi mahasiswa, laptop juga bisa menunjang gaya hidup. Di era digital ini, selain menggunakan smartphone, aktivitas browsing juga bisa dilakukan menggunakan laptop. Bahkan, dalam beberapa segi, laptop lebih unggul dibandingkan smartphone, terutama ukuran layar yang lebih lebar.

Dibandingkan komputer desktop (PC), laptop lebih unggul dari segi mobilitas dan fleksibilitasnya. Laptop bisa digunakan di mana saja, baik indoor atau outdoor. Dengan demikian, para penggunanya bisa mengerjakan sesuatu di mana saja dan kapan saja. (Baca juga : Perbandingan Laptop dan Komputer, Pilih mana?).

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan laptop, semakin banyak pula vendor atau produsen laptop yang bermunculan. Mulai dari vendor-vendor yang sudah sejak lama spesialisasi di laptop semacam Acer, sampai produsen laptop “baru” seperti Microsoft. Saat ini produsen laptop banyak sekali, seperti, Asus, HP, Dell, Lenovo, Sony, Toshiba, Samsung, Apple, dll.

Dengan banyaknya pilihan, tentu semakin bagus bagi konsumen. Namun juga membuat bingung. Mana sih merk laptop terbaik? Atau mana sih merk laptop paling awet? Atau mana sih merk laptop paling bagus? (Baca juga : Tips Membeli Laptop Bagi Mahasiswa).

Untuk membandingkan laptop, tentu saja kita harus memperhatikan banyak hal. Supaya perbandingan laptop menjadi adil, kita harus membandingkan laptop yang setara.

Untuk laptop dengan spesifikasi yang setara Anda bisa membandingkan harga, maupun layanan purna jualnya (misalnya garansi). Untuk laptop dengan harga yang setara, Anda harus membandingkan spesifikasinya mulai dari processor, RAM, Hardisk, VGA, dan spesifikasi lainnya. Soal desain, murni selera sehingga sulit diperbandingkan. (Baca juga : Perbandingan Merk Laptop berbagai Merk).

Nah, di artikel ini kami akan membuat daftar merk laptop terbaik dan terpopuler yang bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli.

Merk Laptop Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Di bawah ini adalah urutan merk laptop terbaik dan terpopuler dunia saat ini :

1. Apple

Merk laptop Apple Macbook

Apple adalah merk laptop terbaik dunia saat ini. Selain berkualitas, laptop Apple memberi prestise lebih bagi pemakainya.

Merk laptop Apple memiliki kelebihan seperti :

  • Dari segi Brand Apple memiliki nilai plus tersendiri. Disamping itu laptop Apple memiliki desain yang bagus.
  • Track pad laptop Apple berukuran lebih besar dibandingkan laptop merk lain. Hal ini akan memberi kenyamanan lebih saat digunakan.
  • Seluruh komponen laptop Apple dibuat dari material yang dapat didaur ulang. Hal ini memberi nilai plus sebagai produk yang ramah lingkungan.
  • Layar LCD laptop Apple memberi kenyamanan tersendiri. Komponen ini memiliki sistem penerangan otomatis dan juga memiliki resolusi tinggi, sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar runganan.
  • Keyboard memiliki jarak antar tombol yang lebar sehingga lebih nyaman digunakan.
  • Pihak Apple mengklaim sistem operasi laptop produk mereka, yaitu Mac OS lebih simple, lebih mudah digunakan, dan user friendly dibanding dengan OS lain, yaitu windows buatan Microsoft.
  • RAM yang tinggi, minimal 8 GB.
Baca Juga :  3 Perbedaan Laptop dan Notebook serta Netbook

Apple menaminya produk laptopnya MacBook. Terdapat versi Macbook Pro dan Macbook Air. Penjualan MacBook di Indonesia dan di dunia sangat laris.

2. Microsoft

merk laptop microsoft surface

Merk laptop Microsoft mungkin terdengar asing di telinga orang Indonesia. tentu saja. Karena laptop Microsoft belum banyak di pasarkan di negara ini. Di negara kita, nama Microsoft lebih dikenal sebagai pembuat sistem operasi Windows dan sofware seperti Microsoft Word, Exell, dll.

Meskipun sebagai produsen laptop Microsoft terbilang baru, tetapi penetrasinya cukup membuat pesaingnya was-was. Saat ini, di dunia Microsoft adalah salah satu merk laptop terbaik dan terpopuler.

3. Lenovo

merk laptop lenovo

Mungkin Anda akan terkejut jika mengetahui bahwa Lenovo adalah salah satu merk laptop terbaik dan terpopuler dunia saat ini. Tetapi hal ini tidaklah mengherankan karena Lenovo adalah representasi dari IBM yang sudah malang melintang di dunia teknologi komputer sejak lama.

Kelebihan merk laptop Lenovo adalah :

  • Laptop Lenovo dibanderol dengan harga relatif murah untuk seri idea-pad.
  • Laptop Lenovo seri thinkpad sangat tahan banting dan tahan air.
  • Lenovo adalah representatif dari IBM, sebuah perusahaan komputer yang sangat berpengalaman di bidang teknologi komputer selama puluhan tahun.

4. Asus

merk laptop asus

Asus adalah salah satu produsen komponen komputer terbesar di dunia. Bagi orang yang bergelut di dunia komputer, tentu tidak asing dengan nama Asus, terutama produk Motherboard – salah satu komponen komputer paling esensial.

Untuk produk laptop, Asus juga tidak kalah. Merk laptop Asus adalah salah satu merk laptop terbaik yang paling digemari.

Di bawah ini adalah kelebihan merk laptop Asus :

  • ASUS adalah sebuah brand yang sudah tidak diragukan lagi. Perusahaan ini memiliki pengalaman yang panjang di bidang teknologi komputer. Untuk segemen PC (Portable Computer), ASUS dikenal sebagai produsen MotherBoard. Sedangkan untuk Jenis komputer jinjing (laptop), ASUS sangat dikenal untuk laptop kelas menengah.
  • Laptop ASUS dibenamkan dengan teknologi VGA seperti ATI Radeon dan Nvidia G Force. VGA jenis ini dikenal handal untuk kebutuhan bermain game, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.
  • Untuk spesifikasi laptop yang setara, ASUS membandrol harga yang masih sangat terjangkau. Untuk produsen yang sudah sangat berpengalaman, harga ASUS terbilang sangat murah tetapi didukung dengan berbagai fitur yang mumpuni.
  • Motherboard laptop adalah inti dari sebuah laptop. Dengan pengalaman ASUS sebagai produsen Motherboard, ketahanan Motherboard ASUS tidak diragukan lagi.
  • Layanan purna jual berupa garansi yang diberikan cukup panjang, bahkan bisa dibilang lebih panjang dibandingkan vendor lainnya, yaitu sekitar 2 tahun.
Baca Juga :  Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard di Windows 7, 8, 10

5. Dell

merk laptop dell terbaik

Dell adalah produsen laptop yang fokus pada laptop saja. Tidak seperti produsen laptop lain yang juga memproduksi berbagai barang elektronik, seperti Smartphone, Komputer Desktop, bahkan merangkap produysen kulkas dan televisi.

Mungkin karena fokus, laptop merk Dell dikenal mempunyai kualitas mumpuni. Meskipun untuk pasar Indonesia, merk laptop Dell belum cukup dikenal umum.

Salah satu produk laptop dari Dell adalah Dell Inspiron XPS Vostro i7.

6. MSI

merk laptop msi

Merk laptop MSI lebih dikenal oleh para gamer. Wajar saja, karena merk laptop MSI selalu dibesut dengan spesifikasi tinggi yang cocok untuk bermain game.

Dengan keunggulan spesifikasi yang kelas tinggi, merk laptop MSI sudah pasti masuk ke dalam daftar merk laptop terbaik dunia. Namun, ada harga dibalik kualitas. dengan kualitas spesifikasi laptop yang tinggi, tentu saja harga juga tinggi.

7. HP

merk laptop hp

HP atau Hewlett-Packard adalah produsen laptop yang juga memproduksi produk-produk elektrnik lainnya seperti printer, proyektor, monitor, dll.

Merk laptop HP dimasukan ke dalam daftar merk laptop terbaik karena harganya yang terjangkau tetapi spesifikasinya juga cukup mumpuni. Cocok untuk mahasiswa.

Di bawah ini adalah kelebihan merk laptop HP :

  • Saat membeli Laptop HP, konsumen mendapatkan kelengkapan yang lebih dibandingkan merk lain. Biasanya konsumen memperoleh kabel charger 2 buah, CD/DVD, HDD recovery, dan buku petunjuk yang jelas dan lengkap.
  • Chasing Laptop HP paling kuat dibanding laptop merk lainnya.
  • HP adalah produsen yang sangat berpengalaman di bidang teknologi komputer. Mungkin ini yang menyebabkan rata-rata laptop HP memiliki performa sistem paling stabil dan kinerja bagus.
  • Laptop HP dibanderol dengan harga yang masih terjangkau dibandingkan merk lain untuk varian yang setara.

8. Acer

Sudah lama Acer terkenal sebagai produsen laptop. Laptop merk Acer dibanderol dengan harga yang terjangkau maka populer untuk konsumen budget terbatas.

Selain itu, karena sudah lama malang melintang di dunia laptop Indonesia, layanan purna jualnya termasuk salah satu yang terbaik.

Berikut kelebihan merk laptop Acer :

  • Harga Laptop Acer dibandrol dengan harga relatif paling murah dibanding dengan merek laptop lainnya.
  • Laptop ACER rata-rata memiliki desain bagus. Pilihan warna dalam berbagai produknya juga sangat beragam.
  • Layanan purna jual ACER terkenal bagus. Sepanjang masih dalam masa garansi, laptop yang rusak akan diperbaiki dengan tuntas dalam waktu yang cepat.
Baca Juga :  Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Laptop (Windows 7, 8, 10)

9. Toshiba

Jepang adalah jaminan untuk kualitas teknologi, terutama di Asia. Mirip Jerman sebagai jaminan kualitas untuk pasar eropa. Maka, nama Toshiba sebagai merk laptop asal Jepang tidak bisa dikesampingkan sebagai salah satu merk laptop terbaik di dunia.

Namun, merk laptop Toshiba rata-rata lebih mahal dibandingkan merk laptop lainnya. Ini adalah salah satu kelemahannya. Bahkan, untuk pasar Indonesia, banyak produk di pasaran diduga merupakan produk PI/BM. Produk ini tentu saja tidak memiliki garansi resmi. Untuk itu, pastikan Anda membeli laptop yang resmi dari Toshiba.

Berikut adalah kelebihan merk laptop Toshiba :

  • Toshiba adalah brand yang sangat terkenal, sehingga harga jual kembalinya stabil.
  • Servis dan spare part lebih gampang karena sudah tersebar merata
  • Kualitas LCD sangat baik.
  • Chasing kokok. Pada beberapa seri dilengkapi dengan pelindung HDD, sehingga tidak mudah rusak saat jatuh.
  • Bonus software banyak dan kebanyakan berguna dan memang dibutuhkan.

10. Samsung

Samsung adalah produsen berbagai produk elektronik dari Korea. Meskipun cenderung baru sebagai produsen laptop, merk laptop Samsung sudah mulai diakui sebagai salah satu merk laptop terbaik dunia saat ini.

11. Sony

Sony adalah produsen barang elektronik yang sangat terkenal dari Jepang. Sebagaimana produk Jepang lainnya, Sony sudah dikenal kualitas produk-produknya. Tidak terkecuali dalam bidang laptop. Merk laptop Sony adalah salah satu merk laptop terbaik dan juga cukup populer.

Di bawah ini adalah kelebihan merk laptop Sony :

  • Memiliki model yang unik, lain dari yang lain, terkesan lebih gaya.
  • Kualitas LCD sangat-sangat bagus.
  • Bonus software lumayan banyak.
  • Setiap seri/varian memiliki nama yang tidak membingungkan. Dan di setiap laptop juga tertulis (dicetak dari pabrik) nama dan jenis seri-nya. Hal ini akan mengurangi kebingungan bahkan penipuan saat membeli.

12. Axioo

Laptop Axioo bisa dibilang berada di kelas di bawah merk-merk laptop lainnya. Namun, untuk budget rendah, laptop Axioo tidak bisa dikesampingkan. Toh, tidak semua orang butuh laptop dengan spesifikasi tinggi.

Berikut adalah keunggulan laptop Axioo :

  • Laptop Axioo dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan laptop merek lain yang memiliki spesifikasi setara.
  • Untuk pasaran Indonesia, Axioo adalah merk laptop nomor satu dan terbaik.
  • Axioo memiliki desain bagus, tipis, dengan kualitas warna cat tahan lama.

Demikian artikel tentang merk-merk laptop terbaik dan terpopuler di dunia saat ini. Namun dunia teknologi adalah dunia yang dinamis. Persaingan antar produsen laptop sangat ketat. Setiap harinya masing-masing produsen akan terus meningkatkan keunggulannya masing-masing untuk merajai pasaran. Silahkan memilih yang sesuai budget dan kebutuhan.