Katamasa

Merislon 6 mg & 12 mg Tablet (Betahistine Mesylate) : Info Lengkap

Merislon adalah obat vertigo yang mengandung Betahistine mesylate. Kegunaan Merislon adalah untuk mengobati vertigo perifer, pusing terkait dengan gangguan keseimbangan sirkulasi darah, dan penyakit Meniere. Tersedia Merislon 6 mg dan Merislon 12 mg Tablet.

Merislon diproduksi oleh Eisai. Obat vertigo ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Harga Merislon 6 mg tablet di kisaran Rp. 25.000 per pepel, sedangkan harga Merislon 12 mg tablet di kisaran Rp. 35.000 per pepel.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat vertigo ini. Merislon obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Merislon Obat Apa?

Merislon adalah obat yang mengandung zat aktif Betahistine mesylate. Obat vertigo ini diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Eisai. Terdapat 2 jenis, yaitu, Merislon 6 mg dan merislon 12 mg.

Zat Aktif

Betahistine adalah antagonis reseptor histamin H3 sekaligus agonis reseptor histamin H1. Mekanisme aksi Betahistine ada dua cara. Pertama, dengan merangsang reseptor histamin H1 pada pembuluh darah di telinga bagian dalam. Rangsangan ini mengakibatkan vasodilatasi lokal dan peningkatan permeabilitas, akibatnya tekanan endolimfatik berkurang. Kedua, sebagai antagonis reseptor histamin H3 yang sangat kuat. Betahistine meningkatkan kadar neurotransmiter histamin, asetilkolin, norepinefrin, serotonin, dan GABA yang dilepaskan dari ujung saraf. Peningkatan kadar histamin akan menyebabkan efek vasodilatasi di telinga bagian dalam.

Produsen

Merislon diproduksi oleh Eisai.

Kandungan

Isi Merislon adalah :

per tablet :

Bentuk Sediaan

Obat vertigo ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Betahistine secara singkat :

Informasi ObatBetahistine
GolonganDengan resep
Indikasivertigo, tinnitus, gangguan keseimbangan
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan makanan
KontraindikasiHipersensitif, pheochromocytoma
Sediaantablet 6 mg
Merk yang tersediaBetaserc, Betaver, Histigo, Kurtigo, Lexigo, Merislon, Meristin, Mertigo, Noverty, Rotaver, Sercol, Vastigo, vercure, vertex, versillon 6, versyl, vertex, vertigosan, vertikaf, vesitab

Indikasi dan Kegunaan Merislon

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien).

Berikut adalah beberapa kegunaan Merislon :

Kontraindikasi

Obat vertigo ini tidak boleh diberikan untuk :

Efek Samping Merislon

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi :

Penggunaan Merislon Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Keamanan penggunaan betahistine untuk ibu hamil belum dibuktikan. Oleh karena itu penggunaan obat ini selama kehamilan sebaiknya hanya jika keuntungan terapi diketahui lebih besar dari risiko yang mungkin terjadi.

Sebuah penelitian untuk menyelidiki dampak paparan betahistine selama kehamilan telah dilakukan- meski dengan data yang sangat sedikit. Mereka mengidentifikasi dan mengevaluasi hasil dari 27 wanita hamil yang dirujuk ke Terafar (Layanan Informasi Teratologi, Izmir, Turki) untuk menilai ada/tidak risiko teratologis. Dan hasilnya :

Dari 24 kehamilan, 21 menghasilkan kelahiran hidup (termasuk dua pasang kembar) sedangkan dua berakhir dengan keguguran dan tiga dengan terminasi elektif. Di antara 20 kelahiran hidup, ada 17 hasil normal, satu mengalami malformasi mayor dan dua malformasi kongenital minor.

sumber : Dampak paparan betahistine selama kehamilan

Perhatian

Obat Vertigo ini harus diberikan hanya dengan resep dokter. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan :

Interaksi Obat

Meskipun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan bersama, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin akan mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain yang mungkin diperlukan. Katakan kepada dokter jika Anda menggunakan obat-obatan yang diresepkan atau yang tidak diresepkan (over-the-counter [OTC]).

Berikut ini adalah beberapa daftar interaksi yang mungkin terjadi :

Dosis Merislon

Secara umum obat vertigo ini diberikan dengan dosis seperti berikut :

Note :

Aturan Pakai Merislon

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Merislon adalah obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat vertigo ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring