Katamasa

Medixon 4, 8, 16 mg Tablet, & Injeksi (Methylprednisolone)

Medixon adalah obat glukokortikoid yang mengandung Methylprednisolone. Kegunaan Medixon adalah untuk mengobati kondisi peradangan (misal, radang tenggorokan) dan alergi, gangguan rematik, penyakit gangguan pernafasan, dermatologis, gangguan endokrin, berbagai penyakit autoimun, gangguan hematologis, dan sindrom nefrotik. Di Apotik, obat ini tersedia berupa Medixon 4, Medixon 8, dan Medixon 16 mg tablet. Selain itu tersedia juga Medixon 125 mg dan 500 mg injeksi.

Medixon Methylprednisolone diproduksi oleh Ferron Pharmaceuticals. Harga Medixon 4 di kisaran Rp. 3.000 per tablet, harga Medixon 8 di kisaran Rp. 5.000 per tablet, sedangkan harga Medixon 16 di kisaran Rp. 8.000 per tablet.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat glukokortikoid ini. Medixon obat apa, apa manfaat, efek samping, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung Methylprednisolone lainnya.

Medixon Obat Apa?

Medixon adalah obat untuk mengobati kondisi peradangan (misal, radang tenggorokan, radang sendi), alergi, gangguan rematik, asma, gangguan endokrin, berbagai penyakit autoimun, gangguan hematologis, dan sindrom nefrotik.

Medixon mengandung zat aktif methylprednisolone succinate. Obat ini di produksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Ferron Pharmaceuticals. Terdapat 3 jenis sediaan tablet, yaitu, Medixon 4, Medixon 8, dan Medixon 16. Selain itu terdapat 2 jenis sediaan injeksi, yaitu Medixon 125 mg dan Medixon 500 mg.

Zat aktif

Methylprednisolone adalah obat steroid jenis glukokortikoid sintetis. Methylprednisolone merupakan derivat prednisolone. Kegunaan Methylprednisolone adalah sebagai obat alergi, imunosupresan, dan antiinflamasi.

Mekanisme aksi Methylprednisolone adalah dengan cara berikatan dengan dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler. Reseptor glukokortikoid yang telah teraktivasi akan terikat pada situs promotor DNA (yang dapat mengaktifkan atau menekan transkripsi) dan mengaktifkan faktor transkripsi. Hal ini akan mengakibatkan inaktivasi gen melalui deasetilasi histones.

Produsen

Medixon diproduksi oleh Ferron Pharmaceuticals.

Kandungan

Kandungan Medixon tablet adalah :

Kandungan Medixon injeksi adalah :

Bentuk Sediaan

Obat ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat yang mengandung methylprednisolone secara singkat :

Informasi ObatMethylprednisolone
GolonganDengan resep
Indikasiobat alergi, asma, imunosupresan, antiinflamasi
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan makanan
Kontraindikasihipersensitif; Infeksi jamur sistemik; Penggunaan bersamaan dengan vaksin
Sediaantablet 4 mg, 8 mg, 16 mg
Merk yang tersediaAdixon, Carmeson, Comedrol, Cortesa, Depo Medrol, Dipasolon, Ersolon, Flameson, Flason, Fumethyl, Gamesolone, Glomeson, Grason, Hexilon, Iflaz, Intidrol, Inxilon, Lameson, Lexcomet, Mecosolon, Medixon, Medrol, Meprilon, Meproson, Mequalon, Mesol, Metasolon, Metcor, Methylon, Metidrol, Metisol, Metrison, Nichomedson, Novestrol, Ometilson, Phadilon, Prednicort, Prednox, Pretilon, Prolon, Rhemafar, Sanexon, Simdrol, Solfion, Solu Medrol, Somerol, Sonicor, Stenirol, Thimelon, Tisolon, Tison, Toras, Tropidrol, Urbason, Vadrol, Xilon, Yalone

Indikasi dan Kegunaan Medixon

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Medixon :

Kontraindikasi

Medixon kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Medixon

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Medixon yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat Medixon :

Penggunaan Medixon Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Methylprednisolone dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Pada kehamilan, farmakokinetik kortikosteroid berubah. Kortikosteroid sistemik tidak bersifat teratogenik. Wanita hamil yang menerima terapi kortikosteroid menderita efek samping dan manfaat yang sama seperti wanita yang dirawat yang tidak hamil. Pengalaman klinis menunjukkan tidak ada kelainan anak-anak dari ibu yang diobati dengan prednisone dan Methylprednisolone dosis biasa selama kehamilan, tetapi pecah ketuban dini dan bayi berat lahir rendah dapat terjadi.

Terapi kortikosteroid pada kehamilan digunakan untuk mengendalikan penyakit ibu yang aktif secara klinis; untuk mengobati bayi dalam kandungan yang menderita karditis terkait lupus neonatal; dalam stes dosis (pada pasien yang diobati dengan kortikosteroid) untuk persalinan, dan untuk menginduksi pematangan paru janin sebelum persalinan. (sumber : penggunaan kortikosteroid untuk ibu hamil).

Penggunaan Medixon untuk ibu hamil hanya ketika jelas dibutuhkan. Obat ini mungkin jarang membahayakan bayi yang belum lahir. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda. Bayi yang lahir dari ibu yang telah menggunakan obat ini sejak lama mungkin mengalami masalah hormon. Beri tahu dokter Anda segera jika Anda melihat gejala seperti mual / muntah terus-menerus, diare parah, atau kelemahan pada bayi baru lahir.

Obat Methylprednisolone masuk ke dalam ASI, tetapi kecil kemungkinan membahayakan bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan Medixon untuk ibu menyusui.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Medixon

Berikut adalah dosis Medixon yang lazim digunakan untuk masing-masing sediaan :

Dosis umum

Secara umum obat diberikan dengan dosis seperti di bawah ini :

Dosis Kondisi alergi

Dosis untuk Antiinflamasi atau imunosupresif

Aturan Pakai Medixon

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Medixon adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat steroid ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring