Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Buktikan !

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan – Manfaat bawang putih sangat banyak. Umumnya bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun sebenarnya sejak dahulu kala sudah digunakan untuk berbagai keperluan. Selain sebagai bumbu, manfaat bawang putih diantaranya untuk kesehatan dan untuk kecantikan.

Bawang putih bisa ditemukan di seluruh dunia. Dalam bahasa latin dikenal dengan nama Allium sativum. Dalam bahasa inggris dikenal sebagai garlic. Tanaman ini dikatakan berasal dari wilayah Asia Tengah, kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. (Baca juga Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan)

manfaat bawang putih
manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat banyak

Allicin adalah zat kimia yang terkandung dalam bawang putih. Allicin adalah senyawa organosulfur yang secara alami merupakan bagian dari mekanisme pertahanan terhadap serangan hama. Ketika bawang putih segar dicincang atau dihancurkan, enzim alliinase mengkonversi alliin menjadi allicin. Zat inilah yang membuat bawang putih memiliki aroma yang menyengat sehingga membuat hama seperti serangga menjadi tidak nyaman. Allicin adalah senyawa yang tidak stabil dan cepat berubah menjadi serangkaian senyawa yang mengandung sulfur lainnya seperti diallyl disulfide.

Selain allicin, bawang putih juga mengandung kalori, karbohidrat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, Folat, vitamin C, Kalsium, Zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Berbagai kebudayaan tua seperti China, India, Romawi, Mesir, dan Yunani diketahui sudah menggunakan bawang putih untuk kesehatan. Kandungan allicin dalam bawang putih seakan seperti anugerah. Zat ini mempunyai banyak sekali khasiat, Mulai dari membantu menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, sebagai zat anti kanker, antioksidan, dan sebagai anti bakteri, virus, dan jamur. Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan :

Daftar Isi

Manfaat Bawang Putih Sebagai obat sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang bisa menyebabkan terjadinya radang. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri umumnya lebih parah daripada yang disebabkan oleh virus. Gejala penyakit ini bisa berupa rasa gatal di pangkal tenggorokan, kesulitan menelan, bahkan demam.

Khasiat bawang putih sebagai antioksidan, anti bakteri dan anti virus sangat baik untuk meredakan gejala-gejala yang disebabkan oleh penyakit radang tenggorokan. Kandungan vitamin dan mineralnya juga akan membantu cepatnya proses penyembuhan.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan sakit tenggorkan : Kalau anda nyaman dengan aroma menyengatnya, anda bisa mengunyah bawang putih segar secara langsung. Cukup sepotong kecil saja, kunyah pelan-pelan sampai halus kemudian telan. Jangan menelan terlalu cepat. Usahakan ramuan ini melewati tenggorokan anda selama mungkin.

Jika anda merasa bau menyengatnya terlalu mengganggu, anda bisa mencampurkannya dengan buah-buahan. Jadikan jus, kemudian minum pelan-pelan. Jangan memilih buah yang memiliki sifat asam seperti jeruk karena bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan saat meminumnya. Anda bisa memilih mencampurnya dengan jus apel.

Manfaat Bawang Putih Sebagai pencegah kanker

Zat allicin adalah senyawa yang tidak stabil. Dalam udara terbuka zat ini cepat berubah menjadi serangkaian senyawa yang mengandung sulfur lainnya seperti diallyl disulfide. Senyawa diallyl disulfide inilah yang memiliki khasiat sebagai anti kanker.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, zat diallyl disulfide mampu menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara. PhIP adalah salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara.

Penelitian menunjukkan bahwa makan bawang putih segar dapat mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar atau kanker rektum. Penelitian juga menghasilkan data bahwa mengkonsumsi ekstrak bawang putih yang cukup tua setiap hari selama 12 bulan mengurangi risiko pengembangan tumor baru.

Penelitian klinis awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen ekstrak bawang putih dapat mengurangi risiko kanker prostat atau mengurangi gejala yang berhubungan dengan kanker prostat. Sebuah penelitian di China menemukan bahwa pria yang makan sekitar satu siung bawang putih setiap hari memiliki risiko 50% lebih rendah terkena kanker prostat.

Manfaat Bawang Putih Untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi tekanan darah.  Sebuah penelitian yang menggunakan bawang putih serbuk menunjukan, konsumsi secara rutin mampu menurunkan tekanan darah sebesar 7% atau 8% pada penderita tekanan darah tinggi.

Manfaat Bawang Putih Untuk mengobati aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah arteri)

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah akan semakin kehilangan fleksibelitasnya. mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa mengurangi hal ini.

Manfaat Bawang Putih Sebagai anti trombotik (mencegah pembekuan darah)

Khasiat bawang putih sebagai anti trombotik sangat berguna untuk mengobati penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah. Penyakit-penyakit ini misalnya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, kolesterol tinggi, penyakit jantung koroner, serangan jantung, penyempitan arteri, dan pengerasan arteri (aterosklerosis).

Manfaat Bawang Putih Untuk mengobati penyakit-penyakit infeksi

Allicin mampu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh. Sebuah penelitian di Canada University of ottawa menunjukkan bahwa allicin efektif menghambat bahkan membunuh berbagai jenis bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

Baca Juga :  Bromelain Obat Apa? Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Mengoleskan gel yang mengandung 0,6% ajoene, salah satu zat kimia dalam bawang putih, dua kali sehari selama satu minggu memiliki efektivitas setara dengan obat antijamur untuk mengobati kadas dan kurap.

Manfaat Bawang Putih Sebagai obat diabetes (penurun kadar gula darah tinggi)

Mengenai manfaat bawang putih sebagai antidiabetes masih diperlukan penelitian lebih lanjut, karena berbagai penelitian ternyata memberikan hasil yang berbeda-beda.

Manfaat Bawang Putih Untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Bawang putih mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai penelitian mengkonfirmasi telah terjadi penurunan LDL sebanyak 10-15% setelah konsumsi rutin bahan alami ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk mengobati sakit gigi

Khasiat bawang putih sebagai anti virus serta anti bakteri membuatnya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Hal ini karena kebanyakan sakit gigi disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Selain itu bahan alami ini juga memiliki khasiat sebagai pereda nyeri (analgesik) yang bisa mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi anda.

Manfaat Bawang Putih Untuk menghilangkan kutil

Jika anda membutuhkan obat kutil alami, bawang putih adalah pilihan yang tepat. Begini caranya : keprek bawang putih, tidak perlu terlalu halus. Kemudian tempelkan ramuan itu pada kutil dan ikat kuat-kuat dengan menggunakan kain atau plester.  Biasanya setelah 30-45 menit anda akan merasakan panas dan kutil akan menghitam. Lakukan 3 x sehari paling sedikit selama 1 minggu atau sampai kutil mengering. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, anda bisa memakan bawang putih segar sehingga allicin bisa masuk ke aliran darah dan membunuh virus penyebab kutil dari dalam.

Manfaat Bawang Putih Untuk mencegah demensia dan penyakit alzheimer

Bawang putih adalah antioksidan yang baik. Antioksidan adalah zat-zat yang memiliki kemampuan untuk mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Kerusakan saraf atau oksidatif disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini.

Baca Juga :  Bromelain Obat Apa? Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dengan dihambatnya kerusakan saraf, maka penyakit-penyakit yang terkait dengan kerusakan saraf otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia dapat dicegah atau dikurangi.

Efek samping bawang putih sebagai obat


Bawang putih sangat aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang selama tidak berlebihan. Efek samping-efek samping yang terjadi kebanyakan ringan. Efek samping yang umum misalnya, bau mulut, sensasi terbakar di mulut atau perut, mulas, mual, muntah, bau badan, dan diare. Bawang putih mentah/segar menyebabkan efek samping yang lebih buruk dibandingkan serbuk.

Khasiat bawang putih sebagai anti trombotik (mencegah pembekuan darah) membuatnya dapat meningkatkan risiko perdarahan. Ada laporan terjadinya pendarahan setelah operasi pada orang yang telah mengkonsumsi bawang putih sebelumnya. Asma dan beberapa reaksi alergi juga telah dilaporkan, terutama pada orang yang sangat peka.

Bawang putih mentah dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan kulit yang mirip dengan luka bakar.

Informasi keamanan untuk anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui belum tersedia. Sepanjang penggunaan hanya sebatas sebagai bumbu yang jumlahnya tidak seberapa, bisa dikatakan aman. Namun, jika untuk pengobatan sebaiknya dihindari. Hal ini karena untuk tujuan pengobatan, diperlukan penggunaan secara rutin dan jumlah yang lebih banyak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, sangat nyata bahwa manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat banyak. Namun, seperti semua tumbuhan berkhasiat obat lainnya, penggunaannya harus benar. Hal ini karena bawang putih juga memiliki beberapa efek samping.