Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan – Manfaat air kelapa memang sangat banyak. Dari sekedar sebagai minuman yang menyegarkan sampai dimanfaatkan sebagai obat alergi, demam berdarah, diare, panas dalam, membersihkan kulit yang berjerawat, membantu mendapatkan kulit mulus, dan manfaat lainnya. Air kelapa juga banyak digunakan dalam berbagi ritual dalam tradisi-tradisi lama di berbagai daerah dan negara.

Manfaat air kelapa bisa didapatkan dari semua jenis buah kelapa yang ada. Mulai dari kelapa hijau, gading, merah, kuning atau coklat. Yang paling banyak digunakan adalah kelapa hijau. Sangat lumrah kita temui di pinggir jalan orang menjajakan es kelapa muda hijau. Bahkan saat ini juga tersedia minuman isotonik berbahan baku air kelapa hijau.

manfaat air kelapa hijau
manfaat air kelapa hijau manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh kita

Saat ini tanaman kelapa bisa ditemukan di seluruh pantai tropis dunia. Namun diperkirakan tanaman ini aslinya berasal dari kawasan samudera hindia, terutama kepulauan Indonesia. Dalam bahasa latin, tanaman ini dikenal dengan nama Cocos nucifera. Dalam bahasa inggris dikenal sebagai coconut.

Air kelapa mempunyai nilai kalori sebesar 17 kalori per 100 gram. Sementara kandungan airnya sekitar 95.5 gram per 100 gram. Air kelapa mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral seperti vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, zat besi, fosfor, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

Air buah ini juga memiliki kandungan berupa enzim yang mampu mengurai racun. Kelapa hijau diketahui memiliki kandungan anti racun yang paling tinggi di antara berbagai jenis lainnya. (Baca juga Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan)

Manfaat air kelapa untuk kesehatan sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa seakan seperti anugerah. Zat-zat ini sangat baik untuk tubuh kita karena dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain itu, sebagai negara tropis buah ini sangat melimpah di negara kita sehingga air kelapa sangat mudah dicari dan harganya juga relatif murah. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan :

Daftar Isi

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Menghilangkan Dehidrasi

Setelah melakukan aktivitas fisik, seringkali kita merasakan rasa haus yang sangat berat. Apalagi jika beraktivitas dalam suasana yang panas.  Hal ini terjadi karena saat beraktivitas, kita mengeluarkan banyak keringat. Keluarnya keringat tidak hanya membuat kita kekurangan cairan namun juga kekurangan elektrolit. Jika kita tidak mendapatkan asupan cairan dan elektrolit yang cukup, kita bisa menderita dehidrasi.

Air kelapa mengandung berbagai macam elektrolit alami. Elektrolit ini sangat bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang selama beraktivitas. Dalam berbagai penelitian keseimbangan elektrolit dan plasma dalam air kelapa hampir sama dengan darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi air kelapa setelah beraktivitas akan sangat bermanfaat untuk anda.

Dalam dunia militer, air kelapa sering dijadikan sebagai infus saat dalam kondisi terdesak. Hal ini sangat berguna memberikan pertolongan darurat bagi mereka saat melaksanakan tugas  di daerah-daerah terpencil.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Mencegah Penuaan Dini

Asam laurat dan sitokin adalah zat-zat yang penting peranannya dalam proses pertumbuhan sel. Keduanya berfungsi sebagai anti aging (penuaan dini), anti karsinogik dan anti trombotik. Adanya kedua zat ini dalam air kelapa tentu saja akan sangat bermanfaat untuk meminimalkan kerusakan sel-sel kulit, menyeimbangkan tingkat PH, dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti dijelaskan di atas, air kelapa megandung berbagai macam vitamin dan mineral. Zat-zat seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, Folat, vitamin C, Kalsium, Zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng sangat berguna membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia. Selain itu air kelapa juga memiliki khasiat sebagai anti virus dan anti bakteri. Pada gilirannya hal ini akan meningkatkan level kesehatan anda sehingga tidak gampang sakit.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa diketahui bisa melarutkan batu ginjal. Hal ini terjadi karena air kelapa mengandung kalium yang tinggi. Kalium adalah salah satu mineral yang berperan dalam proses akalinisasi urin dan mencegah terjadinya batu ginjal.

Manfaat Air kelapa hijau Sebagai Minuman Untuk Ibu Hamil

Air kelapa mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Meminum air kelapa juga terbukti bisa membersihkan air ketuban, kulit  bayi yang dilahirkan juga bersih, memiliki rambut yang lebat, dan matanya yang bening.

Baca Juga :  Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Buktikan !

Namun perlu diingat sebaiknya hal ini hanya dilakukan pada trimester akhir kehamilan atau pada usia kehamilan lebih dari 7 bulan. Minumnya juga jangan terlalu banyak dan sering. Cukup 3 hari sekali saja. Kenapa? Karena meminum air kelapa bisa meningkatkan asam lambung sehingga memperparah muntah-muntah pada ibu hamil (morning sickness ). Baca efek samping selengkapnya di bagian akhir artikel ini.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Kesehatan Kulit

Cara mengatasi jerawat dengan air kelapa sudah sejak lama diterapkan di desa-desa. Caranya adalah dengan mencuci muka menggunakan air buah ini secara rutin. Kalau bisa dilakukan setiap hari, hasilnya akan lebih bagus lagi. Bahkan, mencuci muka dengan air kelapa secara rutin juga bisa mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan membuat wajah kita tampak lebih berseri-seri.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Terbukti baik digunakan untuk mengatasi sembelit karena enzim-enzim yang banyak terdapat dalam air kelapa bisa memperbaiki proses pencernaan makanan. Kandungan asam laurat juga mampu mengurangi radang saluran pencernaan.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Air buah ini baik diminum untuk menurunkan berat badan yang berlebihan karena memiliki kandungan lemak yang rendah.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Memperlancar Aliran Darah

Minum air kelapa secara teratur sangat bermanfaat mencegah penyakit-penyakit yang terkait dengan kelancaran aliran darah. Aliran darah yang lancar akan sangat signifikan meningkatkan taraf kesehatan anda. Mulai dari mengurangi pusing-pusing, sampai mencegah aterosklerosis.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Kandungan kalium dalam air kelapa berguna untuk menurunkan tekanan darah. Khasiat air kelapa untuk memperlancar aliran darah mampu membersihkan flak-flak dalam pembuluh darah, mengurangi kekentalan darah, sampai mengatasi pengerasan pembuluh darah. Hal ini berperan sangat signifikan untuk mengurangi gangguan pada pasien hipertensi (tekanan darah tinggi).

Bagi orang-orang yang berisiko tinggi terserang sakit jantung, lancarnya aliran darah dan adanya kandungan kolesterol baik (HDL) bisa mengurangi risiko tersebut.

Manfaat Air kelapa hijau Baik Untuk Mengobati Demam Termasuk Demam Berdarah

Sudah sejak jaman dahulu, jika seorang anak demam orang tuanya akan memberinya minum air kelapa. Budaya ini biasanya ada di daerah-daerah pesisir dimana buah ini sangat mudah didapatkan.

Baca Juga :  Bromelain Obat Apa? Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Sekarang minuman ini juga digunakan untuk membantu proses penyembuhan penyakit demam berdarah. Air kelapa dapat meredakan demam dengan berbagai cara. Kandungan airnya menyegarkan sehingga mengurangi potensi dehidrasi. Hal ini juga sekaligus menurunkan tingkat kekentalan darah sehingga memperlancar aliran darah dan oksigen. Hal ini sangat penting untuk mencegah syok. Bahkan air ini dipercaya juga mampu meningkatkan kadar trombosit.

Manfaat Air kelapa hijau Bagi Penderita Diabetes

Meskipun air ini memiliki rasa yang manis, ternyata kandungan gulanya rendah. Gula yang dikandungnya pun beraneka ragam, tidak hanya glukosa namun juga sukrosa dan fruktosa. Kandungan gulanya yang rendah membuatnya bisa dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Membersihkan Racun Dari Tubuh

Minuman ini telah lama diketahui memiliki khasiat untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Hal ini karena air kelapa mengandung enzim yang mampu mengurai sifat racun. Dibandingkan dengan jenis lainnya, air kelapa hijau memiliki lebih banyak anti racun (tanin) dibandingkan yang lainnya.

Manfaat Air kelapa hijau Untuk Kesehatan Rambut

Di desa-desa banyak wanita mencuci rambutnya dengan santan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Khasiat ini sebenarnya juga dimiliki oleh air kelapa.

Efek Samping Air Kelapa

Minuman ini sangat aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang selama tidak berlebihan. Efek samping-efek samping yang terjadi kebanyakan ringan. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi :

  • Minum secara berlebihan bisa menyebabkan diare.
  • Air buah ini memang diketahui baik untuk penderita batu ginjal. Namun jika telah terjadi gangguan fungsi ginjal yang berat air kelapa justru akan memperparah kondisi ginjal. Kandungan kalium dalam air buah ini bisa menyebabkan terjadinya hyperkalemia. Hal ini terjadi karena jika ginjal rusak, fungsinya untuk proses sekresi zat-zat di dalam tubuh menjadi terganggu.
  • Kalsium yang berlebihan bisa menyebabkan kejang otot dan membuat anda merasa kelelahan. Oleh karena itu jangan minum air kelapa secara berlebihan sebelum melakukan perjalanan jauh atau aktivitas yang berat.
  • Pada masa awal kehamilan, minum air kelapa tidak dianjurkan karena bisa terjadi peningkatan asam lambung sehingga memperparah muntah-muntah pada ibu hamil (morning sickness). Namun pada bulan-bulan akhir kehamilan justru baik untuk ibu hamil.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, sangat nyata bahwa manfaat Air kelapa hijau untuk kesehatan sangat banyak. Namun, seperti semua tumbuhan berkhasiat obat lainnya, penggunaannya harus benar. Hal ini karena Air kelapa hijau juga memiliki beberapa efek samping.