Katamasa

Losartan 50 mg Tablet : Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Losartan adalah obat golongan antagonis reseptor angiotensin II. Kegunaan Losartan adalah untuk mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi) baik tunggal atau dikombinasikan dengan antihipertensi lainnya. Losartan juga digunakan untuk mengontrol tekanan darah pada penderita nefropati diabetik pada diabetes mellitus tipe 2.

Di apotek, obat hipertensi ini umumnya tersedia berupa Losartan 50 mg tablet. Tersedia Losartan Generik atau pun Losartan paten dari berbagai parik farmasi, misalnya Cozaar dari Merck/Transfarma, Insaar dari Interbat, Santesar dari Sanbe Farma, dan lain-lain.

Harga Losartan generik cukup terjangkau. Sedangkan harga Losartan paten bervariasi. Misalnya harga Santesar dari Sanbe di kisaran Rp. 90.000 per pepel (isi 10 tablet).

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat hipertensi ini. Losartan obat apa, apa manfaatnya, efek samping, formulasi sediaan, dan apa saja merk-merk Losartan paten yang tersedia di pasaran.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Losartan secara singkat :

Informasi ObatLosartan
GolonganDengan resep
Indikasihipertensi
DosisLihat bagian DOSIS
Aturan PakaiSesuai anjuran dokter
KontraindikasiMempunyai riwayat hipersensitif; Penggunaan bersamaan dengan obat yang mengandung aliskiren; Penderita gangguan hati berat; Kehamilan (trimester 2 - 3).
SediaanTablet 50 mg
Merk obat yang mengandung BromelainAcetensa, Angioten, Cozaar, Fortzaar, Hyzaar, Insaar, Kaftensar, Koinsar, Lifezar, Lozel, Santesar, Sartaxal.

Losartan Obat Apa?

Losartan adalah obat golongan antagonis reseptor angiotensin II yang kompetitif. Umumnya digunakan dalam bentuk garamnya, yaitu Losartan K (kalium/potassium).

Mekanisme aksi

Obat ini secara selektif memblokir reseptor AT1 yang ada di banyak jaringan (misalnya. Otot polos pembuluh darah, kelenjar adrenal), sehingga mengurangi efek vasokonstrikting dan aldosteron yang mensekresi aliosteron dari angiotensin II.

Absorpsi

Obat ini diserap dengan baik dari saluran pencernaan. Namun, makanan mengurangi tingkat penyerapannya. Ketersediaan hayati mencapai sekitar 33%. Waktu untuk mencapai konsentrasi plasma puncak sekitar 1 jam.

Merk dagang

Losartan paten dipasarkan oleh berbagai pabrik farmasi. Diantaranya : Acetensa, Angioten, Cozaar, Fortzaar, Hyzaar, Insaar, Kaftensar, Koinsar, Lifezar, Lozel, Santesar, Sartaxal.

Indikasi dan Kegunaan Losartan

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien).

Losartan diindikasikan untuk kondisi-kondisi berikut :

Kontraindikasi

Losartan kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Losartan

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Losartan secara umum ditoleransi dengan baik. Efek samping biasanya bersifat ringan dan sementara dan tidak memerlukan penghentian terapi. Insiden keseluruhan efek samping yang dilaporkan sebanding dengan plasebo.

Berikut adalah beberapa efek samping yang telah dilaporkan :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat hipertensi ini :

Penggunaan Losartan Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Amankah Losartan untuk ibu hamil? FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Losartan dalam kategori D, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. Namun jika potensi keuntungan bisa dijamin  penggunaan obat pada ibu hamil bisa dilakukan meskipun potensi risiko sangat besar.

Jika digunakan selama kehamilan trimester ke-2 dan ke-3, obat yang bekerja langsung pada sistem renin-angiotensin dapat menyebabkan cedera dan bahkan kematian pada janin yang sedang berkembang. Ketika kehamilan terdeteksi, penggunaan Losartan harus dihentikan sesegera mungkin.

Pada manusia, perfusi ginjal janin, yang tergantung pada perkembangan sistem renin-angiotensin, dimulai pada trimester ke-2; dengan demikian, risiko terhadap janin meningkat jika obat ini diberikan selama trimester ke-2 atau ke-3 kehamilan.

Sebuah penelitian yang dipublikan oleh NCBI melaporkan :

Penelitian dilakukan terhadap ibu yang terpajan dengan losartan selama minggu 20-31 kehamilan. Terdapat efek toksik janin dari oligohidramnion (penurunan cairan ketuban), hipoplasia paru janin, tulang tengkorak hipoplastik janin, dan kematian janin. Pola kelainan ini mirip dengan yang terlihat pada paparan inhibitor angiotensin-converting-enzyme (ACE) selama kehamilan.

Sumber : Losartan dan fetal toksisk efek

Tidak diketahui apakah obat ini diekskresikan dalam ASI. Karena banyak obat diekskresikan dalam ASI dan karena potensi efek buruk pada bayi yang menyusu, harus dibuat keputusan apakah akan menghentikan menyusui atau menghentikan pengobatan, dengan mempertimbangkan pentingnya obat bagi ibu.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Losartan

Di bawah ini adalah aturan dosis Losartan yang umum digunakan :

A. Dosis Untuk Hipertensi

B. Dosis Untuk Nefropati diabetik pada diabetes mellitus tipe 2

C. Dosis Untuk Gagal jantung

Aturan Pakai

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Losartan 50 mg tablet adalah obat yang hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Jangan menggunakan obat hipertensi ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring