Katamasa

Lodia 2 mg (Obat Diare Mengandung Loperamide HCl) : Info lengkap

Lodia adalah obat diare yang mengandung Loperamide HCl. Kegunaan Lodia adalah untuk mengobati diare akut non spesifik dan diare kronis. Obat diare ini diproduksi oleh Sanbe Farma. Di Apotik, obat ini tersedia berupa Lodia 2 mg Tablet. Obat diare ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Harga Lodia 2 mg tablet di kisaran Rp. 9.500 per pepel.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat diare ini. Lodia obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Lodia Obat Apa?

Lodia adalah obat yang mengandung zat aktif Loperamide HCl. Obat diare ini diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Sanbe Farma.

Zat Aktif

Loperamide adalah agen antispasmodik. Kegunaan Loperamide adalah untuk mengobati diare akut nonspesifik dan diare kronis. Pengobatan diare dengan loperamide hanya bersifat simptomatik sebagai pengobatan tambahan pada terapi rehidrasi.

Produsen

Lodia diproduksi oleh Sanbe Farma.

Kandungan

Kandungan Lodia adalah :

per tablet :

Bentuk Sediaan

Obat diare ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Loperamide secara singkat :

Informasi ObatLoperamide
GolonganDengan resep
IndikasiDiare akut dan kronis
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan makanan
KontraindikasiHipersensitivitas, kasus-kasus dimana sembelit harus dihindari, kolitis akut, kehamilan dan laktasi, bayi dan anak
Sediaantablet 2 mg
Merk yang tersediaAlphamid, Amerol, Antidia, Colidium, Diadium, Diaston, Gradilex, Imodan, Imodium, Imonut, Inamid, Ipramid, Lexadium, Licodium, Lopamid, Lopemas, Loperamid OGB, Loprium, Loremid, Medilop, Midix, Motilex, Normotil, Normudal, Novadium, Opox, Primodiar, Rhomuz, Trifadium, Vialop

Indikasi dan Kegunaan Lodia

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko Lodia. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien).

Kegunaan Lodia adalah untuk mengobati diare akut non spesifik dan diare kronis.

Kontraindikasi

Obat diare ini tidak boleh diberikan untuk :

Efek Samping Lodia

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi :

Penggunaan Lodia Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Loperamide dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

data penelitian keamanan loperamide untuk ibu hamil masih sangat terbatas. Sebuah penelitian Studi prospektif, terkontrol, multisenter loperamide pada kehamilan memberikan hasil bahwa penggunaan loperamide selama kehamilan tidak berhubungan dengan peningkatan risiko malformasi mayor. Meski demikian, sebagian besar produsen masih mencantumkan bahwa obat ini kontraindikasi untuk kehamilan.

Dengan demikian, Lodia dikontraindikasikan untuk wanita hamil atau menyusui untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Perhatian

Obat diare ini harus diberikan hanya dengan resep dokter. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan :

Interaksi Obat

Meskipun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan bersama, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin akan mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain yang mungkin diperlukan. Katakan kepada dokter jika Anda menggunakan obat-obatan yang diresepkan atau yang tidak diresepkan (over-the-counter [OTC]).

Berikut ini adalah beberapa daftar interaksi yang mungkin terjadi :

Dosis Lodia

Secara umum Lodia diberikan dengan dosis seperti berikut :

A. Dosis Untuk Diare akut non spesifik

B. Dosis Untuk Diare kronis

Aturan Pakai Lodia

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Lodia adalah obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat diare ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring