11 Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Tidak Bisa Shutdown/Mati

komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 10
komputer atau laptop tidak bisa shutdown atau dimatikan adalah masalah yang umum dan bisa diperbaiki dengan mudah

Komputer / Laptop Tidak Bisa Shutdown/Mati – Menghadapi situasi komputer/laptop yang tidak bisa mati seperti memiliki bayi yang tidak mau untuk tidur. Anda pantas khawatir komputer/laptop Anda akan rusak jika membiarkannya tetap hidup terus menerus. Oleh karena itu Anda harus segera mengambil tindakan.

Komputer/laptop tidak bisa mati adalah masalah yang cukup umum. Tetapi meskipun cukup membuat frustrasi, biasanya tidak terlalu sulit untuk diperbaiki.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mematikan komputer/laptop yang tidak bisa dishutdown/mati. Apa pun jenis komputer yang Anda gunakan, desktop, laptop, Notebook, Netbook, PC All In One. Atau Windows apa pun yang Anda gunakan, entah itu Windows 7, 8, atau Windows 10, Tips mengatasi masalah komputer/laptop tidak bisa shutdown ini bisa Anda coba.

Cara Mematikan Komputer/Laptop Tidak Bisa Shutdown di Semua Windows

Namanya juga barang elektronik, komputer/laptop pasti pernah mengalami masalah. Dan, salah satu masalah yang sering terjadi adalah komputer/laptop tidak bisa mati. Bahkan, ketika Anda mencoba mematikan komputer/laptop secara paksa dengan menekan tombol power, tetap saja komputer/laptop tidak mau shutdown, tetapi malah restart.

Banyak orang menduga komputer/laptop tidak bisa dimatikan disebabkan oleh virus. Ya, virus memang bisa menjadi penyebab komputer/laptop yang tidak bisa shutdown. Namun, penyebab yang paling umum justru masalah software. Terkadang juga disebabkan oleh kerusakan hardware.

tetapi, apa pun penyebabnya, masalah komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati bisa diselesaikan dengan mudah.

Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa dicoba untuk mematikan komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati pada komputer/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows versi apa saja.

Note : Langkah-langkah di bawah bukan step by step tips. Anda tidak perlu melakukan semua langkah. Coba 1 cara, kemudian coba matikan komputer/laptop. Jika komputer/laptop tetap saja tidak mau shutdown/mati, silahkan coba cara berikutnya. Hal ini karena penyebab komputer/laptop tidak bisa shutdown sangat beragam dan cara memperbaikinya berbeda.

1. Perbaiki registry

Jika registry pada Windows bermasalah, pasti kinerja sistem operasi akan terganggu. Salah satunya adalah komputer/laptop tidak bisa shutdown. Jadi, langkah pertama yang harus dicoba adalah memperbaiki windows registry.

Untuk memperbaiki registry sangat mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Ikuti saja perintah yang ada di aplikasi dan secara otomatis windows registry kembali normal.

Baca Juga :  11 Cara Mengurangi Radiasi Komputer dan Laptop

2. Hapus file sampah

File-file sampah seperti history browser, sisa-sisa hasil buka program/aplikasi, dan sejenisnya, bisa menimbulkan berbagai masalah pada komputer/laptop Anda.

Selain membuat kapasitas drive menjadi full, adanya file-file sampah juga menimbulkan masalah yang lebih rumit, salah satunya komputer/laptop tidak bisa shutdown.

Untuk membersihkan file-file sampah, gunakan aplikasi seperti CCleaner.

3. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan

Terlalu banyak aplikasi membuat kinerja komputer/laptop menjadi berat. Jangan dikira kalau tidak digunakan aplikasi-aplikasi ini tidak bisa menimbulkan masalah. Karena, meski tidak digunakan, beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang sistem.

Maka, adanya banyak aplikasi patut diduga menjadi sumber masalah yang Anda hadapi, diantaranya komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati.

Oleh karena itu, sebaiknya uninstal saja program-program yang tidak Anda butuhkan. Caranya : Masuk ke Control Panel – Program – Pilih program yang tidak diperlukan, kemudian uninstal.

4. Bersihkan virus

Virus adalah salah satu tersangka penyebab komputer/laptop tidak bisa shutdown. Scan komputer Anda.

5. Matikan komputer/laptop secara paksa

Mematikan laptop secara paksa bisa merusak komputer/laptop Anda. Namun, jika segala cara sudah dicoba tapi tidak berhasil, mau tidak mau harus dilakukan.

Tekan tombol power selama 15 detik. Kalau mati berarti Anda berhasil. Namun jika gagal, langsung cabut baterai laptop Anda. Ini cara paling ampuh, tapi kalau tidak mendesak jangan dilakukan.

6Uninstall driver

Hardware tidak akan bekerja optimal jika driver bermasalah. Mungkin bisa dicoba untuk uninstal driver kemudian lakukan instal ulang.

7. Instal ulang sistem operasi Windows

Sistem operasi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati. Bisa saja ada beberapa file windows yang corrupt.

Untuk mengatasi masalah ini, instal ulang adalah langkah yang paling baik.

8. Ganti hardware

Kerusakan hardware harus dicurigai jika segala cara tidak membuahkan hasil. Namun, mengingat harga hardware yang tidak murah, langkah ini adalah pilihan terakhir.

Cara Mematikan Komputer/Laptop Tidak Bisa Shutdown di Windows 8, 8.1 dan 10

Jika Anda telah mencoba cara mematikan komputer/laptop tidak bisa shutdown di atas, namun gagal, Anda bisa mencoba langkah lanjutan di bawah. Khusus untuk pengguna Windows 8,8.1, dan windows 10.

Pada versi Windows yang lebih baru (8,8.1 dan 10) Microsoft telah memperkenalkan metode baru shutdown, yang disebut Hybrid Shutdown. Fitur ini diaktifkan secara default, dan ini mengurangi waktu shutdown.

Hybrid Shutdown mengurangi waktu shutdown dengan cara hibernasi sesi kernel. Ketika komputer/laptop dinyalakan kembali, sesi kernel dihidupkan dari hibernasi, sehingga mengurangi waktu boot juga.

Tetapi selain meningkatkan kinerja, fitur Hybrid Shutdown juga dapat menyebabkan beberapa masalah. Salah satunya komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati sepenuhnya.

Ketika masalah ini terjadi, banyak komputer/laptop hang/macet saat hendak dishutdown/dimatikan. Ketika ini terjadi, patut dicurigai Hybrid Shutdown yang diaktifkan secara default adalah sumber masalahnya.

Baca Juga :  15 Cara Menggunakan Laptop Baru Beli Agar Awet

Jadi, cara mematikan komputer/laptop yang tidak bisa shutdown adalah dengan menonaktifkan fitur ini. Ketika Anda menonaktifkannya, sesi kernel tidak akan di-hibernasi pada saat proses shutdown, tetapi akan sepenuhnya ditutup.

Melakukan ini mungkin meningkatkan waktu shutdow menjadi lebih lama, tetapi ini lebih baik daripada komputer/laptop tidak bisa shutdown.

Selain menyebabkan komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati, fitur ini juga menyebabkan berbagai masalah lain, seperti :

  • Laptop tidak bisa shutdown/mati, restart, hibernasi, atau terkunci/lock.
  • Laptop tidak bisa shutdown/mati tapi terus menerus restart.
  • Laptop tidak bisa shutdown/mati ketika tutupnya ditutup. Ini adalah masalah kecil dan dapat diperbaiki dengan mengubah power setting.
  • Laptop tidak bisa shutdown/dimatikan dengan tombol power. Masalah ini disebabkan oleh pengaturan di power settings Anda dan dapat dengan mudah diselesaikan.
  • Laptop tidak bisa shutdown/mati disertai layar hitam. Ini bisa menjadi masalah besar, tetapi Anda dapat memperbaikinya menggunakan cara-cara di bawah nanti.
  • Laptop tidak bisa sleep atau shutdown. Masalah ini dapat menyebabkan banyak masalah lanjutan, tetapi bisa diperbaiki dengan mengubah pengaturan di power settings.

Di bawah ini adalah berbagai cara jika komputer/laptop tidak bisa shutdown/mati pada windows 8, 8.1, dan windows 10. Anda bisa mencoba tiap-tiap cara kemudian mencobanya. Jika tetap tidak bisa, silahkan coba cara berikutnya.

Cara 1 – Nonaktifkan Hybrid Shutdown Secara Manual

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menonaktifkan fitur Hybrid Shutdown secara manual :

  • Buka kotak Search, ketik Control Panel dan klik Control Panel dari hasil pencarian. Sekarang pilih Hardware and Sounds selanjutnya Power Options.
  • Klik Choose what the power button do.
  • Klik pada Change settings that are currently unavailable, pada jendela Define power buttons and turn on password protection.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati
  • Dari opsi yang diaktifkan di bawah bagian pengaturan Shutdown, hapus centang pada kotak centang Turn on fast startup (recommended) untuk menonaktifkan Hybrid Shutdown. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan yang dimodifikasi.
  • Tutup jendela Power Options setelah selesai.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 2

Cara 2 – Lakukan Shutdown Penuh

Cara lain untuk mematikan komputer/laptop yang tidak bisa shutdown adalah dengan melakukan shutdown penuh. Caranya ikuti langkah-langkah ini :

  • Klik kanan pada Desktop Anda.
  • Pilih New dan klik pada Shortcut.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 3
  • Ketik : shutdown -F -T ## -C “Pesan Anda di sini” (## dapat berupa angka dari 0 dan 315360000, dan “Pesan Anda di sini” dapat berupa teks apa pun yang Anda inginkan)).
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 4
  • Klik Next.
  • Beri nama Shortcut yang baru saja Anda buat dan klik Finish.

Untuk menggunakannya, cukup klik shortcut yang baru dibuat untuk melakukan shutdown penuh.

Cara 3 – Jalankan Windows Update troubleshooter

Masalah pada Windows Update bisa membuat komputer/laptop tidak bisa shutdown. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menjalankan Windows Update Troubleshooter :

  • Buka kotak Search, ketik Control Panel dan klik Control Panel dari hasil pencarian. Anda bisa tekan Windows Key + S untuk membuka search dialog.
  • Saat Control Panel terbuka, pilih Troubleshooter.
Baca Juga :  Apa Saja Kelengkapan Laptop Baru Beli? Cek Di sini

Note : jika pilihan Troubleshooter tidak terlihat ubah tampilan control panel dengan mengubah bagian View By menjadi small atau large icon.

komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 5
  • Setelah jendela troubleshooting terbuka, lihat pada menu di sebelah kiri pilih View All.
  • Pilih Windows Update pada daftar.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 6
  • Ketika jendela Troubleshooter terbuka, klik Advanced. Jika Anda login bukan sebagai administrator maka akan ada pilihan Run As Administrator. Klik Run as administrator.
  • Troubleshooter akan restart. Klik Next untuk memulai pemindaian.

Setelah pemindaian selesai, periksa apakah masalah komputer/laptop tidak bisa shutdown sudah teratasi.

Cara 4 – Atur BIOS ke posisi default

Jika laptop tidak bisa shutdown, masalahnya mungkin ada di pengaturan BIOS. Untuk memperbaiki masalah ini, masuk ke BIOS dan reset pengaturannya ke default. Cara ini relatif sederhana dan Anda dapat melakukannya dengan singkat.

Tentang cara mengakses BIOS dan cara meresetnya ke default, sebaiknya baca manual motherboard Anda.

Cara 5 – Gunakan Audio Card bawaan

Banyak orang menggunakan audio card USB untuk meningkatkan kualitas audio, tetapi kadang-kadang hardware ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 10.

Untuk mengatasi masalah ini, copot audio card dari laptop dan gunakan audio card bawaan. Jika Anda ingin terus menggunakan audio card eksternal, coba perbarui driver-nya dan lihat apakah itu membantu.

Cara 6 – Bersihkan laptop Anda dari debu

Terkadang debu pada laptop dapat menyebabkan masalah panas berlebih dan menyebabkan masalah laptop tidak bisa shutdown.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu memeriksa suhu laptop dan jika suhu di atas nilai normal, segera bersihkan laptop dari debu. Jika Anda tidak tahu cara membersihkan laptop pada bagian dalam laptop, bawa saja ke tukang service laptop.

Cara 7 – Kembalikan Power Options ke default

Terkadang penyebab masalah laptop tidak bisa shutdown adalah pengaturan power options laptop. Untuk mengembalikan power option ke default, ikuti langkah berikut :

  • Buka Control Panel dan pilih Power Options.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 7
  • Klik Change plan settings pada power plan yang saat ini Anda gunakan.
  • Klik Change advanced power settings.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 8
  • Klik Restore plan defaults. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
komputer laptop tidak bisa shutdown atau mati 9

Cara 8 – Lepaskan baterai laptop Anda

Jika laptop tidak bisa shutdown/dimatikan, coba lepas baterai laptop. Setelah melepas dan memasangnya kembali, biasanya masalah teratasi.

Cara 9 – Instal pembaruan terbaru

Jika laptop tidak bisa dishutdown/dimatikan, Anda mungkin dapat mengatasinya dengan menginstal pembaruan terbaru. Windows menginstal pembaruan yang diperlukan secara otomatis, tetapi Anda dapat memeriksa pembaruan secara manual dengan melakukan hal berikut :

  • Tekan Windows Key + i untuk membuka setting.
  • Kemudian, pilih Update & security.
  • Selanjutnya klik tombol Check for updates.

Windows akan memeriksa file pembaruan yang hilang. Jika ada pembaruan, Windows akan mengunduhnya secara otomatis di latar belakang. Setelah pembaruan yang hilang terinstal, periksa apakah masalah masih ada.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mematikan komputer/laptop tidak bisa shutdown/dimatikan. Semoga bisa membantu.