Komputer All In One (AIO PC) : Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu komputer all in one? Apa kelebihan dan kekurangan komputer all in one jika dibandingkan dengan laptop dan komputer desktop konvensional?

Personal komputer atau PC yang umum dikenal adalah komputer desktop dan laptop. Namun, sebenarnya ada 1 jenis lagi, yaitu komputer all in one. Sederhananya, komputer all in one seperti perpaduan komputer desktop dan laptop.

Baca juga : Mana lebih baik komputer desktop atau laptop?

Apa itu komputer all in one?

Apple Imac Komputer all in one atau PC AIO

Komputer all in one adalah personal komputer terintegrasi, dengan desain yang ramping dan ringkas, layaknya laptop. Namun, perangkat ini tidak memiliki mobilitas, tetapi hanya “diam’ di satu tempat, juga tidak didukung baterai, layaknya komputer desktop.

Orang awam menyebut komputer all in one dengan nama komputer tanpa cpu, komputer dengan monitor cpu jadi satu, atau komputer cpu dan monitor jadi satu.

Tapi, mana ada sih komputer tanpa cpu? CPU adalah otak sebuah komputer apa pun jenisnya. Mungkin maksudnya, cpu berada di dalam monitor sehingga tidak terlihat mencolok seperti komputer desktop dengan casing yang besar.

Tapi sekarang, komputer all in one sudah semakin populer. Sangat banyak tersedia produk ini di pasaran. Ada Apple Imac PC all in one, PC all in one ASUS, PC all in One Dell, PC all In one Microsoft, PC all in one Lenovo, PC all in HP, PC all in one Acer, dan banyak lainnya.

Harga komputer all in one bervariasi. Selain berbeda untuk tiap-tiap merk, tentu saja perbedaan harga komputer all in one dipengaruhi oleh spesifikasinya.

Misalnya, harga PC all in one Asus core i5 tentu saja lebih mahal dibandingkan harga PC all in one Asus celeron. Begitu juga harga all in one PC Lenovo atau harga PC all in one lainnya sangat tergantung kelas hardware yang dibenamkan di dalamnya.

Apakah Anda ingin memiliki komputer all in one? Sebelum memutuskan membeli ada baiknya Anda membaca artikel ringan dari kami ini. Dalam artikel ini kami akan membahas apa kelebihan dan kekurangan PC all in one jika dibandingkan dengan komputer desktop konvensional atau laptop.

Kelebihan dan kekurangan PC all in one

Komputer all in one adalah jenis komputer yang seluruh komponennya (kecuali keyboard dan mouse) terintegrasi menjadi satu dalam case yang sama dengan monitor.

Kelebihan komputer all in one yang utama adalah menghemat ruang. Sedangkan kekurangan komputer all in one, setidaknya ada dua : jika ada komponen yang rusak, seluruh unit harus dibawa ke tukang servis untuk diperbaiki. Kedua, umumnya tidak ada ruang internal untuk menambahkan drive lain.

Baca Juga :  Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer/Laptop yang Benar

Kelebihan komputer All in One

Di bawah ini kita akan membahas secara rinci apa kelebihan komputer all in one :

1. PC All in one lebih ringan dan mudah dipindahkan

PC desktop konvensional lebih besar dan berat. Bagian-bagiannya juga terpisah satu sama lain, antara casing dan monitor. Maka, komputer desktop umumnya jarang dipindahkan.

Sementara PC all in one bentuknya lebih ramping dan ringkas. Sangat mudah untuk memindahkan ke tempat lain yang Anda rasa lebih pas untuk menempatkannya.

Bahkan, jika PC all in one Anda memiliki fitur layar sentuh/touchscreen, Anda bisa memindahkan perangkat ini tanpa menyertakan keyboard dan mouse.

2. PC All in one hemat tempat

Semakin hari, teknologi komputer semakin canggih yang memungkinkan terciptanya hardware yang kecil tetapi canggih. Hal ini membuat PC all in one bisa didesain dengan bentuk yang semakin ramping dari hari ke hari.

Dengan desain lebih ramping dan ringkas, tentu saja komputer all in one menghabiskan lebih sedikit ruang. Cukup 1 meja sederhana saja. Berbeda dengan komputer desktop yang setidaknya membutuhkan 2 tempat, yaitu tempat untuk monitor dan tempat untuk casing.

Komputer all in one juga tidak terlalu banyak kabel. Hal ini juga membuatnya lebih hemat ruang. Anda tidak perlu memiliki tempat/meja khusus untuk menempatkan PC all in one ini.

3. PC All in one lebih mudah dan nyaman digunakan

Desain komputer all in one semakin hari semakin mendukung kenyamanan pengguna. Perangkat ini sangat mudah digunakan. Misalnya, Anda cukup menekan 1 tombol power saja, dan PC all in one Anda siap digunakan.

Berbeda dengan komputer desktop konvensional, selain menekan tombol power di casing CPU, Anda juga harus menekan tombol power monitor.

Baca juga : Cara menghidupkan komputer atau laptop dengan benar supaya hemat.

Adanya teknologi layar sentuh pada varian komputer all in one kelas high end membuatnya semakin nyaman digunakan. Fitur layar sentuh/touchscreen sangat bagus untuk membuat karya seni dan desain, terutama jika Anda menggunakan pena khusus touchscreen pada aplikasi seperti Microsoft Surface Studio.

Ada juga aplikasi tertentu di Windows 10 yang berfungsi lebih baik dengan layar sentuh, dan terutama jika menggunakan pena.

Apabila Anda telah terbiasa menggunakan tablet dan sekarang ingin memiliki perangkat yang lebih baik, PC AiO dengan layar sentuh adalah pilihan yang sangat bagus.

4. PC All in one lebih mudah dipasang

Tidak semua orang merasa nyaman menggunakan komputer desktop. Terutama untuk memasangnya di rumah untuk pertama kali. Diperlukan pengetahuan khusus (meski tidak terlalu sulit juga), untuk memasang kabel yang cukup banyak.

Baca juga : Perhatikan hal ini saat menggunakan komputer atau laptop baru beli!

Namun, tidak demikian dengan komputer all in one. Hanya cukup satu kabel terhubung ke outlet listrik di dinding, perangkat sudah siap digunakan.

Kekurangan komputer All in One

Di bawah ini kita akan membahas secara rinci apa kekurangan komputer all in one :

1. PC all in one lebih sulit untuk diutak-atik

Untuk Anda yang terbiasa membongkar pasang komputer desktop untuk meng-upgrade hardware, atau sekedar membersihkannya dari debu, tentu Anda menemukan bahwa mengotak atik komputer desktop sangat mudah. Cukup buka beberapa skrup, maka seluruh bagian-bagian komputer dalam casing akan terlihat jelas.

Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

Baca juga : bagian-bagian komputer yang penting untuk dikenali

Namun tidak demikian dengan komputer all in one. PC AiO didesain kompak. Hardware di dalamnya dirangkai sedemian rupa sehingga lebih sulit dilepaskan, terutama untuk pemula.

Jika perangkat mengalami masalah, bahkan jika masalahnya hanya kecil, yang biasanya bisa Anda perbaiki sendiri, Anda harus membawanya ke toko servis komputer.

2. PC All in one lebih sulit di upgrade

Teknologi semakin berkembang, demikian juga harganya. Ada kalanya ketika Anda membeli komputer, Anda cukup puas membeli yang memiliki spesifikasi standar dengan rencana upgrade di kemudian hari.

Pada komputer desktop konvensional, upgrade salah satu komponen bisa dilakukan dengan mudah. Satu-satunya syarat adalah hardware harus kompatibel dengan komponen yang lain, terutama motherboard.

Namun, untuk upgrade hardware komputer all in one lebih terbatas. Umumnya, hanya bisa upgrade RAM dan Hard disk drive. Sementara CPU dan motherboard sulit dilakukan. Belum lagi untuk memasangnya, perlu keahlian khusus.

3. PC All in one membuat Anda “ketinggalan” teknologi

Karena komputer all in one susah di upgrade, ketika ada perkembangan teknologi terbaru mungkin PC all in one Anda yang saat ini terlihat lebih wah daripada komputer desktop milik teman Anda, akan menjadi terlihat kuno di masa mendatang.

Pada komputer desktop, Anda bisa dengan mudah mengganti monitor. Misalnya, awalnya komputer Anda dilengkapi monitor tabung kemudian di upgrade ke LCD, kemudian ke monitor touchscreen, dst.

Tidak demikian dengan komputer all in one. Jika saat ini PC AIO milik anda non touchscreen, dan Anda ingin beralih ke teknologi monitor touchscreen, maka Anda harus membeli PC all in one touchscreen baru.

4. PC All in one lebih mahal

Jika Anda membeli komputer desktop, Anda bisa membeli setiap komponen dengan merk berbeda. Misal prosesor menggunakan Intel, motherboard menggunakan Asus, Hard disk Drive Seagate, dll. Dengan cara ini, Anda bisa merangkai PC desktop dengan harga yang lebih murah.

Lain halnya dengan komputer all in one. PC AIO adalah perangkat terintegrasi. Semuanya sudah dirakit dari pabrik. Maka, harga PC all in one dibanderol lebih mahal, meskipun spesifikasinya sebanding dengan komputer desktop.

Untungnya, tersedia banyak pilihan. Sehingga Anda bisa leluasa memilih mana yang lebih baik di antara semua produk PC all in one yang ada di pasaran.

Beberapa produsen yang populer, misalnya Apple Imac PC all in one, PC all in one ASUS, PC all in One Dell, PC all In one Microsoft, PC all in one Lenovo, PC all in HP, PC all in one Acer, dan banyak lainnya.

5. PC all in one cepat panas

Untuk penggunaan aplikasi berat, seperti desain grafis, atau main game, komputer all in one lebih cepat panas dibandingkan desktop.

Penyebabnya adalah casing PC all in one sangat ramping dan ringkas sehingga alur udara tidak seleluasa desktop.

Baca Juga :  4 Tips Aman Dari Bahaya Main Laptop Di Kasur

Demikian kelebihan dan kekurangan komputer all in one secara rinci. Jika masih belum sreg, mari kita ulas perbandingan komputer all in one dengan komputer desktop atau dengan laptop satu per satu.

Perbandingan komputer All In One dan komputer Desktop

Secara kasat mata, komputer All in one adalah versi “lebih gaya” dari sistem komputer desktop. Dalam hal fitur dan fungsionalitas, komputer all in one dan komputer desktop tidak jauh beda.

Satu-satunya perbedaan komputer all in one dan komputer desktop adalah jumlah komponen. Seluruh komponen komputer All in one terintegrasi (kecuali keyboard dan mouse), sementara komputer desktop terdiri dari casing komputer plus monitor terpisah.

Komponen terintegrasi ini membuat sistem komputer all in one memiliki profil yang lebih kecil daripada sistem komputer desktop.

Namun, membeli komputer desktop memiliki beberapa kelebihan dibandingkan PC all in one. Karena ukurannya yang kecil dan kebutuhan akan daya yang lebih rendah dan komponen penghasil panas yang lebih sedikit, banyak PC all in one memiliki komponen yang dirancang untuk seluler termasuk prosesor, memori, dan drive. Semua komponen ini membantu menjadikan ukuran PC all in one kecil tetapi di sisi lain menghambat kinerja keseluruhan sistem. Artinya, dengan harga yang sama, Anda memperoleh sistem komuter desktop yang lebih baik daripada komputer all in one.

Kekurangan komputer all in one lainnya adalah sulitnya upgrade. Sementara sebagian besar komputer desktop dapat dengan mudah dibuka untuk menginstal penggantian atau upgrade hardware, komputer all in one cenderung membatasi akses untuk membuka komponen. Namun jangan khawatir, dengan adanya konektor periferal eksternal berkecepatan tinggi seperti USB 3.0 dan Thunderbolt, opsi upgrade hardware internal tidak sepenting sebelumnya, meskipun masih membuat perbedaan besar untuk beberapa komponen seperti prosesor grafis.

Perbandingan komputer All In One dan Laptop

Salah satu kelebihan komputer all in one adalah hemat ruang. Tapi, jika dibandingkan laptop, tentu saja komputer all in one jauh lebih banyak menghabiskan ruang.

Karena banyak PC all in one menggunakan komponen yang sama dengan laptop, tingkat kinerjanya hampir sama antara kedua jenis komputer ini. Satu-satunya kelebihan PC all in one dibandingkan laptop adalah ukuran layar yang lebih besar. Sementara PC all in one umumnya memiliki ukuran layar antara 20 dan 27 inci, laptop umumnya masih terbatas pada layar 17-inci atau lebih kecil.

PC all in one lebih kecil dari desktop, tetapi perangkat ini masih “diam’ di satu tempat, sama seperti desktop. Sedangkan, laptop sangat mobile karena didukung dengan penggunaan baterai. Portabilitas ini membuat laptop jauh lebih fleksibel daripada komputer all in one.

Bagaimana dengan harga? Untuk saat ini harga PC all in one masih relatif lebih mahal dibandingkan laptop. Meskipun dari tahun ke tahun perbedaanya semakin kecil. Jika komputer jenis ini semakin populer di masyarakat, bukan tidak mungkin harganya akan semakin terjangkau, atau bisa lebih murah dari laptop.

Dari artikel ini, Anda sudah mengetahui apa kelebihan dan apa kekurangan komputer all in one, termasuk perbandingannya dengan komputer desktop atau laptop. Semoga bisa menjadi rujukan sebelum membeli.