Apa Saja Kelengkapan Laptop Baru Beli? Cek Di sini

Kelengkapan Laptop baru – Saat membeli laptop baru, baik membeli di toko laptop offline atau online, sangat disarankan untuk memeriksa apakah semua kelengkapan sudah disertakan didalamnya.

Memeriksa kelengkapan laptop baru secara detail akan menghindarkan Anda mendapatkan laptop yang tidak semestinya. Tentunya Anda tidak mau membeli laptop baru tetapi yang dikasi adalah laptop rekondisi, atau dikasi laptop baru namun tidak disertai kartu garansi.

Baca juga : Lakukan hal ini saat menggunakan laptop baru beli agar awet

Lalu, apa saja kelengkapan laptop baru beli? Setiap merk laptop memberikan kelengkapan yang berbeda-beda. Terutama barang-barang yang termasuk kategori bonus.

Apa pun merk laptop yang akan Anda beli, entah itu merk laptop ASUS, ACER, LENOVO, HP, APPLE, DELL, dll., biasanya sudah mencantumkan apa saja kelengkapan laptop yang diberikan saat membeli produk tersebut. Namun, kelengkapan laptop yang diberikan pada umumnya sama saja.

Baca juga : Merk laptop terbaik dan terpopuler tahun ini

Di artikel ringan ini, kami akan membahas apa saja kelengkapan laptop baru beli yang disertakan oleh produsen. Dengan mengetahui hal ini, setidaknya Anda bisa mengurangi risiko mendapatkan laptop yang bermasalah.

Apa Saja Kelengkapan Laptop Baru Beli?

Cara paling mudah untuk mengetahui apa saja kelengkapan laptop baru beli adalah googling merk laptop yang akan Anda beli.

Selain mendapatkan informasi spesifikasi laptop tersebut, pasti disertakan juga apa saja kelengkapan yang akan diperoleh saat Anda membelinya.

Baca juga : Perbandingan laptop berbagai merk

Baca Juga :  Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Tidak Mau Menyala/Mati

Daftar di bawah adalah kelengkapan yang seharusnya Anda dapatkan saat membeli laptop baru :

1. Laptop

kelengkapan laptop baru beli : laptop itu sendiri

Tentu saja. Masa membeli laptop tapi laptopnya tidak dikasi?

Sudah pasti hal pertama yang harus Anda pastikan ada saat membuka dus adalah laptop baru itu sendiri.

Periksa apakah laptop dalam kondisi baik. Tidak ada goresan atau bekas benturan.

Apakah warnanya sesuai dengan yang Anda minta? Apakah Type laptop sesuai dengan yang Anda pesan? Lakukan pemeriksaan menyeluruh.

Anda pasti sudah tahu, setiap produsen memproduksi laptop dengan berbagai varian dan type. Jangan sampai laptop baru yang Anda dapatkan berbeda dengan apa yang Anda pesan sebelumnya.

Biasanya, selain tertempel di dus, type laptop beserta spesifikasinya ada di bagian bawah laptop.

2. Baterai

kelengkapan laptop baru beli : baterai

Laptop mendapatkan sumber daya dari baterai. Jadi, salah satu kelengkapan laptop baru yang terpenting adalah baterai.

Ada beberapa type laptop yang menggunakan baterai tanam, misalnya laptop ASUS X454Y. Jadi, baterai laptop type ini sudah terintegrasi dengan body laptop.

Untuk laptop yang menggunakan baterai bisa dilepas (removable battery), baterainya akan dikemas terpisah dengan body laptop. Artinya, laptop belum terpasang ke laptop.

Namun, jika Anda membeli di toko laptop offline, baterai biasanya akan dilepas untuk dicoba terlebih dahulu. Jangan salah, meskipun baru, namanya saja barang elektronik, bisa saja baterai ini bermasalah.

Selain itu, toko laptop offline sering memberikan bonus install windows. Untuk install windows dan program lainnya, laptop baru Anda akan dihidupkan – biasanya menggunakan baterainya.

Artinya, baterai laptop baru yang terkirim ke Anda sudah terbuka bungkusannya. Malah ada yang sudah terpasang di laptop.

Tidak masalah. Yang terpenting, pastikan baterai yang Anda terima adalah benar-benar kelengkapan asli laptop yang baru saja Anda beli itu.

Baca Juga :  Perbandingan Laptop Asus dan Acer (Spek, Desain, Harga Dll)

Periksa di label yang menempel di baterai, apakah sama dengan type laptop baru yang Anda beli.

Baca juga : Cara meningkatkan masa pakai baterai laptop

3. Charger / Kabel Adaptor

kelengkapan laptop baru beli : charger

Charger atau kabel adaptor adalah kelengkapan laptop baru yang harus ada, apa pun merk dan type laptop yang Anda beli.

Charger laptop tiap merk laptop bahkan tiap type laptop dari merk yang sama tidak selalu sama. Jangan sampai Anda memperoleh charger yang tidak sesuai dengan laptop yang baru Anda beli.

Selain harus sama, pastikan juga charger yang Anda terima adalah charger baru.

Seperti dijelaskan di atas, jika membeli laptop di toko laptop offline, laptop akan dihidupkan – untuk install windows atau sekedar dicoba saja.

Artinya, besar kemungkinan charger laptop Anda sudah dibuka dari bungkusnya. Meskipun begitu, tetap periksa apakah charger yang dikirim benar-benar kelengkapan laptop baru Anda. Tidak tertukar dengan charger laptop lain.

4. CD driver

Untuk berfungsi dengan baik, setiap bagian-bagian hardware laptop memerlukan driver. Seluruh driver yang diperlukan akan disatukan dalam file di dalam CD driver.

Baca juga : Apa saja bagian-bagian laptop?

Mengingat pentingnya file-file ini, CD Driver adalah kelengkapan laptop baru beli yang sangat penting.

Meskipun driver-driver ini bisa dengan mudah di-download di website resmi produsen, tetap saja itu membutuhkan usaha lebih. Lagipula, CD Driver sudah menjadi hak jika Anda membeli laptop baru.

Driver-driver ini tidak harus berbentuk CD, bisa juga dalam format media yang lain.

5. Buku panduan laptop

Setiap produsen akan memberikan buku manual penggunaan laptop. Buku panduan ini berguna terutama bagi pengguna yang menggunakan laptop untuk pertama kali.

Baca Juga :  Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

6. Kartu garansi laptop

Selain nama besar merk, bagus tidaknya spesifikasi, dan mahal tidaknya harga yang ditawarkan, palayanan purna jual juga harus menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli laptop baru.

Garansi adalah salah satu pelayanan purna jual yang sangat penting. Pastikan laptop yang baru Anda beli bergaransi resmi dari produsen, bukan garansi toko semata.

Untuk mengecek apakah laptop baru Anda memiliki garansi resmi bisa dicek di website resmi produsen yang bersangkutan. Googling saja untuk mengetahui website resmi masing-masing produsen laptop.

Karena pentingnya garansi, maka kartu garansi adalah salah satu kelengkapan laptop baru yang harus ada.

7. Bonus

Seperti dijelaskan di atas, kelengkapan laptop baru tiap merk laptop pada umumnya sama saja. Yang berbeda adalah bonus yang diberikan.

Kelengkapan laptop baru yang termasuk bonus, misalnya tas laptop. Untuk yang satu ini, sebagian besar produsen sudah melengkapi produknya dengan tas laptop yang menarik.

Untuk kelengkapan laptop yang lain, misalnya mouse, mouse pad, cooling pad, atau screen guard umumnya tidak disertakan. Namun, jika Anda membeli laptop negolah dengan penjualnya, biasanya toko-toko laptop baik offline atau online akan memberikan barang-barang di atas sebagai bonus untuk menarik pembeli.

Jadi kesimpulannya, kelengkapan laptop baru yang umumnya ada adalah laptop itu sendiri, baterai (baik tanam maupun removable), charger, driver, buku panduan, kartu garansi, dan tas laptop.