Kelebihan Dan Kekurangan 5 Jenis Scanner

Kelebihan Dan Kekurangan 5 Jenis Scanner – Scanner adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memindai dokumen berupa teks, gambar, atau objek tertentu yang dicetak atau tulisan tangan, dan mengonversinya menjadi format file digital. Sebagian besar scanner yang tersedia di pasaran saat ini menggunakan CCD (charge-coupled device) atau CIS (Contact Image Sensor) sebagai sensor gambar.

Terdapat berbagai macam jenis Scanner yang tersedia dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Flatbed Scanner

Epson Perfection V39 Flatbed Scanner

Epson Perfection V39 Flatbed Scanner (sumber : https://www.epson.co.id)

Scanner flatbed sesuai namanya adalah scanner yang berbentuk rata/datar yang terbuat dari bidang kaca seperti tempat tidur, di sini lah tempat objek yang akan dipindai ditempatkan.

Scanner flatbed terbuat dari panel kaca dan optik bergerak CIS atau array CCD. Panel diterangi dengan bantuan cahaya terang yang ditanam di bawahnya. Gambar ― yang akan dipindai ― kemudian ditempatkan pada panel kaca. Sensor dan sumber cahaya bergerak melintasi panel kaca untuk memindai dokumen dan menghasilkan salinan digitalnya.

Jika Anda ingin memindai slide transparan pada Scanner flatbed Anda, Anda akan membutuhkan adaptor transparansi.

Scanner jenis ini sangat sering dipilih karena memiliki ukuran yang kecil serta kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar seperti legal, letter dan juga kertas A3.

Scanner flatbed ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangan scanner flatbed :

Kelebihan Scanner flatbed :

  1. Harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan jenis scanner lain.
  2. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi pada komputer.
  3. Sesuai dengan banyak ukuran kerta standar.
  4. Hemat daya dan juga listrik.
  5. Hasil scan memiliki resolusi yang cukup baik.

Kekurangan Scanner flatbed :

  1. Proses pemindaian hanya dapat di lakukan pada sebuah objek saja.
  2. Tidak efektif bila digunakan untuk memindai banyak objek.

2. Handheld Scanner

Handheld Scanner/Scanner genggam adalah perangkat pemindai manual kecil yang gunakan dengan cara digerakkan pada objek yang perlu dipindai. Dalam scanner flatbed dan scanner Sheetfed, Anda meletakkan dokumen yang akan dipindai di dalam perangkat. Sebaliknya, dalam Handheld Scanner, scanner lah yang digerakkan memindai objek.

Salah satu Scanner genggam yang paling banyak digunakan adalah Scanner barcode, yang biasanya digunakan di swalayana untuk memindai harga barang.

Jenis scanner ini sangat mudah dan sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu juga memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan jenis yang lain.

3. Drum Scanner

Drum Scanner adalah Scanner yang menggunakan tabung photomultiplier (PMT) untuk memindai gambar, bukan perangkat charge-coupled yang biasanya digunakan dalam scanner flatbed. Tabung photomultiplier adalah tabung vakum yang sangat sensitif terhadap cahaya. Dalam Drum Scanner, gambar dipasang pada tabung gelas. Ketika berkas cahaya bergerak melintasi gambar, pantulannya diambil oleh PMT dan diproses. Drum Scanner dikenal karena resolusinya yang tinggi, yang membuatnya cocok untuk pemindaian mendetail. Namun karena harganya yang mahal dan ukurannya yang besar, jenis ini tidak sepopuler Scanner flatbed.

Keunggulan Drum Scanner :

  1. Bisa digunakan untuk memindai dokumen dan juga objek datar maupun kertas yang besar.
  2. Hasil scanner memiliki resolusi tinggi, sangat minim distorsi karena sangat minim getaran.
  3. Sangat cocok untuk memindai dokumen kuno yang sudah rapuh.

Kekurangan Drum Scanner :

  1. Ukurannya sangat besar sehingga tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari.
  2. Harga cukup mahal.

4. Photo Scanner

Seperti namanya, Scanner foto banyak digunakan untuk memindai foto. Scanner jenis ini mampu menghasilkan resolusi tinggi dan kedalaman warna, yang keduanya diperlukan untuk memindai foto berkualitas yinggi.

Jika Anda memerlukan scanner untuk mendigitalisasi negatif film dan slide, maka Scanner foto adalah pilihan terbaik Anda. Meskipun Scanner flatbed juga dapat memindai foto, scanner jenis ini tidak sebagus scanner foto khusus.

5. Film Scanner

Scanner film digunakan untuk memindai negatif film langsung ke komputer. Fotografer memiliki kontrol langsung atas aspek-aspek tertentu, seperti memotong, mengatur rasio gambar asli pada film, dll. Beberapa Scanner film yang tersedia saat ini memiliki perangkat lunak khusus yang memungkinkan untuk meminimalkan goresan dan meningkatkan kualitas warna. Scanner film low-end paling sering digunakan untuk strip film 35 mm, sementara scanner high-end ― dipersenjatai dengan film loader yang dapat diganti ― dapat digunakan untuk strip 35 mm atau 120 mm dan bahkan slide individual.

Scanner jenis ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan jenis lain. Di samping itu, ternyata scanner ini juga hanya dikhususkan hanya untuk melakukan scanning pada negatif film.

6. Portable Scanners

Mempunyai ukuran yang kecil, portable scanners mempunyai kelebihan mudah di bawa kemana mana. beberapa type bahkan mempunyai ukuran sebesar Smartphone, sehingga bisa dikantongi. Scanner jenis ini sangat membantu jika Anda membutuhkan scanner sewaktu-waktu di mana saja. Namun kekurangannya adalah resolusinya sangat terbatas, sehingga tidak cocok untuk tujuan fotografi atau scanning dokumen yang membutuhkan resolusi tinggi.

7. Roller scanner

Roller scanner adalah sebuah alat pemindai yang fungsinya nyaris sama dengan jenis flatbed scanner. Keduanya melakukan pemindaian dokumen maupun gambar secara fisik berbentuk lembaran atau objek yang mudah untuk di pindai.

Perbedaan antara roller scanner dengan scanner flatbed yaitu dari metode yang digunakan. Flatbed scanner menggunakan teknologi CCD (charge-coupled device) yang bergerak memindai dokumen. Sementara itu, roller scanner alat Scanner-nya diam justru dokumen yang akan di scan lah yang digerakkan. Cara kerja Roller scanner mirip seperti printer. Kertas atau dokumen dimasukkan ke mesin scan melewati lubang yang satu, dan kemudian akan keluar dari lubang satunya lagi.

Terdapat 2 jenis Roller scanner yaitu :

  • ADF Scanner (Automatic Document Feeder)

ADF Scanner adalah roller scanner yang digunakan untuk pemindaian dokumen dengan jumlah yang banyak. ADF scanner ini memiliki tempat khusus untuk menyimpan dokumen yang akan di scan. Dokumen ini nantinya akan di scan satu per satu secara bergantian.

  • Scanner Sheet feed

Seperti namanya, cara penggunaan jenis Scanner ini, dokumen dimasukkan ke dalam slot horizontal atau vertikal yang disediakan di dalamnya. Komponen yang menonjol dari Scanner sheetfed termasuk pengumpan-sheet, modul pemindai, dan lembar kalibrasi. Kalu pada scanner flatbed sensor dan sumber cahaya bergerak melintasi kaca panel, pada Scanner sheetfed, sensor dan sumber cahaya diam. Sebaliknya, dokumen lah yang bergerak melalui Scanner.

Kelebihan scanner Sheetfed :

  1. Ideal untuk memindai dokumen satu halaman.

Kekurangan scanner Sheetfed :

  1. Tidak dapat memindai objek tebal, seperti buku.