10 Kelebihan Kartu Kredit Dibandingkan Transaksi Tunai

Kelebihan Kartu Kredit Dibandingkan Tunai – Banyak pakar keuangan pribadi menyarankan untuk berhati-hati menggunakan kartu kredit – dan dengan alasan yang bagus. Bahkan untuk beberapa kasus, penggunaan kartu kredit tidak disarankan. Meskipun demikian manfaat kartu kredit tidak bisa dinafikan. Semuanya tergantung pada penggunanya masing-masing.

Fungsi kartu kredit sebenarnya adalah sebagai alat transaksi nontunai. Namun berbeda dengan kartu debet, kartu kredit berbasis pinjaman alias utang. Ini berarti, kita bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit sesuai limit kartu yang dimiliki kemudian sesuai waktu yang ditentukan kita akan melunasi tagihan-tagihan tersebut. Artinya, kelebihan kartu kredit dibandingkan tunai adalah kita bisa bertransaksi lebih dahulu dan dibayar kemudian saat jatuh tempo.

Kelebihan kartu kredit dibandingkan transaksi tunai lainnya, misalnya dalam hal pembayaran cicilan. Kartu kredit memiliki opsi membayar tagihan dalam nilai minimal. Saat ini, tagihan minimal yang harus dibayarkan adalah minimal 10% dari total tagihan kartu kredit. Masih banyak lagi kelebihan kartu kredit dibandingkan transaksi tunai seperti dipaparkan di artikel ini.

Kelebihan Kartu Kredit Dibandingkan Transaksi Dengan Uang Tunai

Manfaat kartu kredit sangat banyak bila kita mengetahui cara menggunakannya dengan tepat. Bahkan, banyak kelebihan kartu kredit menjadikannya jauh lebih menguntungkan dibandingkan transaksi uang tunai. Secara umum kartu kredit lebih praktis dan simple dibandingkan transaksi tunai. (baca Juga Berbagai Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Tahu).

Berikut adalah 10 kelebihan kartu kredit dibandingkan transaksi dengan uang tunai :

1. Bonus Pendaftaran

Banyak provider kartu kredit memberikan bonus saat pendaftaran. Bonus bisa berupa uang atau poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah. Sebaliknya, jika Anda menggunakan kartu debit standar (kartu ATM) yang diperoleh dengan memiliki rekening bank tidak memberikan benefit itu. Bahkan yang ada, Anda akan terbebani dengan berbagai uang administrasi.

2. Hadiah dan Poin

Saat bertransaksi menggunakan kartu kredit, Anda biasanya akan memperoleh poin. Semakin banyak nilai transaksi kartu kredit semakin banyak poin yang diperoleh.

Seringkali provider kartu kredit akan menawarkan periode promo tiga bulan khusus di mana transaksi dalam kategori tertentu, seperti restoran atau transportasi, memberikan poin dua atau tiga kali lipat jumlah poin biasa. Ketika Anda mencapai ambang titik tertentu, Anda dapat menukarkan poin Anda dengan hadiah yang bisa ditukarkan di beberapa toko, atau membeli barang-barang langsung dari “katalog hadiah” kartu kredit.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Tahu

3. Cash Back

Cash back kartu kredit pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat oleh Discover, dan gagasannya sederhana : Gunakan kartu dan dapatkan cash back 1% dari saldo terlepas dari apa yang Anda beli atau di mana Anda membelinya.

Saat ini, konsep tersebut telah diterapkan nyaris sebagian besar provider kartu kredit. Beberapa kartu sekarang menawarkan 2%, 3% atau bahkan sebanyak 6% cash back pada pembelian tertentu.

4. Miles Frequent-Flyer

Di mulai pada awal 1980-an, American Airlines diikuti oleh United Airlines dan US Airways, mulai menawarkan kesempatan untuk mendapatkan mil frequent-flyer melalui kartu kredit afiliasi. Sekarang, sepertinya setiap maskapai memiliki setidaknya satu kartu kredit. Pemegang kartu mengumpulkan mil dengan laju satu mil per dolar yang dihabiskan, atau kadang-kadang satu mil per dua dolar yang dihabiskan. Kemudian Anda bisa menukarkannya dengan tiket pesawat.

5. Keamanan

Membayar dengan kartu kredit membuat Anda lebih mudah untuk menghindari kerugian dari penipuan. Berbeda dengan kartu debet, ketika kartu debet Anda digunakan oleh pencuri, uang itu hilang dari rekening Anda secara instan. Diperlukan waktu beberapa saat agar transaksi penipuan dibatalkan dan uang dikembalikan ke rekening Anda setelah bank melakukan penyelidikan. Sebaliknya, ketika kartu kredit Anda digunakan secara curang, pada dasarnya yang digunakan adalah uang Bank – Anda hanya perlu melaporkan kepada provider kartu kredit Anda tentang penipuan dan tidak membayar untuk transaksi yang tidak Anda lakukan ketika perusahaan kartu kredit menyelesaikan masalah tersebut.

6. Menjaga Kejujuran Vendor

Anda berhak untuk melakukan klaim perselisihan transaksi dan menahan pembayaran jika Anda merasa transaksi itu bukan Anda yang melakukannya. Anda memiliki hak untuk menyanggah kesalahan penagihan kartu kredit, secara tertulis, dan menahan pembayaran untuk jumlah yang Anda sengketakan saat penerbit kartu kredit melakukan penyelidikan.

Anda tidak mendapatkan manfaat yang sama saat menggunakan kartu debet Anda. Sebaliknya, uang sudah dipotong dari rekening bank Anda dan dianggap itu adalah kelalaian Anda. Kecuali Anda bisa meminta Bank untuk melakukan sebuah penyelidikan terkait hal itu.

7. Masa Tenggang

Seperti disebutkan di atas, ketika Anda melakukan pembelian menggunakan kartu debet, uang akan langsung dikurangi dari rekening Bank Anda. Sedangkan ketika Anda melakukan pembelian dengan kartu kredit, uang Anda tetap di rekening Anda sampai beberapa minggu kemudian ketika Anda membayar tagihan kartu kredit Anda.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Tahu

Masa tenggang ini memberikan Anda keuntungan. Misalnya adalah nilai waktu uang : Inflasi, betapapun kecilnya, akan terjadi antara saat Anda melakukan pembelian dan tanggal jatuh tempo pembayaran Anda. Menunda pembayaran membuat pembelian Anda jauh lebih murah. Di luar itu, uang Anda akan berada lebih lama di rekening Bank dan mungkin akan menghasilkan bunga.

8. Asuransi

Kebanyakan kartu kredit secara otomatis disertai dengan sejumlah besar perlindungan konsumen yang orang bahkan tidak menyadarinya, seperti asuransi mobil sewa, asuransi perjalanan, dan jaminan produk yang dapat melampaui garansi pabrik.

9. Penerimaan Universal

Pembelian tertentu sulit dilakukan dengan kartu debet. Ketika Anda ingin menyewa mobil atau tinggal di kamar hotel, hampir pasti akan lebih mudah jika Anda memiliki kartu kredit. Perusahaan penyewaan mobil dan hotel ingin pelanggan membayar dengan kartu kredit karena dapat lebih mudah untuk membebankan biaya kepada pelanggan atas kerusakan yang mereka timbulkan ke ruangan hotel atau mobil dengan cara ini.

Juga, ketika Anda bepergian ke luar negeri, pedagang tidak akan selalu menerima kartu debet Anda – bahkan ketika memakai Bank terkemuka sekalipun. Sedangkan kartu kredit, misalnya kartu kredit berlogo visa atau mastercard hampir selalu diterima di mana pun. (Baca juga Apa sih Perbedaan Kartu Kredit VISA dan MasterCard).

10. Membangun Reputasi Kredit

Menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab akan membantu menaikkan reputasi kredit Anda, karena perusahaan kartu kredit akan melaporkan aktivitas pembayaran Anda ke regulator misalnya Bank Indonesia. Dengan data yang baik, Anda bisa menggunakannya untuk membantu kelancaran proses ketika Anda mengajukan kredit pinjaman tertentu ke Bank.

Kapan Seharusnya Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Namun, membayar dengan kartu kredit tidak selalu lebih baik daripada membayar dengan uang tunai atau kartu debet. Hal ini terkait dengan kondisi keuangan dan pola hidup Anda utamanya kebiasaan belanja Anda. Penggunaan kartu kredit mungkin tidak tepat untuk Anda dalam situasi berikut :

  • Hindari penggunaan kartu kredit jika Anda tidak dapat membayar saldo kartu kredit Anda secara penuh dan tepat waktu. Jika ini cenderung terjadi pada Anda, lebih baik tetap menggunakan kartu debit (atau lebih baik lagi uang tunai) untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkontrol.
  • Hindari kartu kredit jika Anda cenderung menghabiskan lebih dari yang Anda mampu. Membayar dengan kartu debet atau uang tunai akan membatasi pengeluaran Anda tetap sesuai dengan penghasilan.
  • Jika kartu kredit Anda memiliki limit yang sangat kecil lebih baik tidak menggunakannya. Karena Anda akan dikenakan biaya jika penggunaan melebihi limit kredit. Biaya ini bisa sangat mahal, dan sering melebihi limit kartu kredit juga dapat mengurangi reputasi kredit Anda.
Baca Juga :  Berbagai Manfaat Kartu Kredit Ini Wajib Anda Tahu

Ingat Ini Saat Menggunakan Kartu Kredit

Manfaat kartu kredit akan maksimal jika digunakan oleh orang yang memiliki disiplin keuangan. Orang yang selalu menyadari kemampuannya untuk membayar tagihan bulanan (sebaiknya penuh) pada tanggal jatuh tempo.

Jika Anda sudah tahu cara menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab, pindahkan sebanyak mungkin transaksi Anda ke kartu kredit, dan jangan menggunakan kartu debet Anda untuk hal lain selain akses ATM.

Banyak kartu kredit memiliki opsi pembayaran minimal. Namun opsi pembayaran minimal dalam kartu kredit ini bisa dibilang seperti pedang bermata dua. Dapat menjadi kelebihan kartu kredit sekaligus kekurangannya.

Bila nasabah tidak berhati-hati, opsi membayar minimal bisa menjadi awal dari masalah utang yang pelik. Sebaliknya, bila cermat memanfaatkan, opsi pembayaran minimal sebenarnya bisa sangat menguntungkan.

Poinnya adalah belanja memakai kartu kredit harus disesuaikan dengan kemampuan, sehingga menghindari timbulnya bunga kartu kredit. Selain itu, nasabah harus selalu disiplin membayar tagihan kartu kredit secara penuh dan tepat waktu. Dengan begini, kelebihan kartu kredit akan banyak membawa manfaat dibandingkan dengan bertransaksi dengan kartu debet atau uang tunai.