iPhone Cepat Panas : Penyebab, Tips Mencegah, dan Cara Mengatasi

iphone cepat panas
iPhone adalah merk smartphone produksi Apple. iPhone sudah diproduksi beberapa generasi seperi IPhone 5, IPhone 6, IPhone 7, atau IPhone 8. Ada juga IPhone Xr dan IPhone Xs. Ada beberapa keluhan dari pengguna gadget ini diantaranya adalah IPhone cepat panas

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas – Suhu yang terlalu panas dapat membuat sistem iPhone bekerja tidak optimal. Hal ini juga bisa menyebabkan perangkat mengalami kerusakan jangka panjang. Bahkan ada beberapa kasus di mana perangkat ini meledak atau terbakar karena terlalu panas.

Yang terakhir ini (semoga) tidak terjadi pada Anda, tetapi mencegah dan mengatasi masalah iPhone cepat panas akan membantu Anda menghindari hal demikian.

Pada artikel ini kita akan membahas kapan perangkat Anda dikatakan sangat panas, bagaimana mencegahnya, apa penyebab dan yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasi iPhone cepat panas.

Apa pun varian yang Anda miliki, entah itu iPhone 5, iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8, atau varian iPhone Xs dan iPhone Xr, kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Berapa suhu iPhone dikatakan sangat panas?

Perangkat produksi Apple ini dirancang untuk digunakan pada suhu antara 0ºC dan 35ºC. Jika perangkat berada di luar kisaran suhu ini, baik terlalu dingin atau terlalu panas, maka dapat menyebabkan masalah.

Saat iPhone terlalu panas, layar akan menampilkan pesan seperti gambar di atas. Pada kondisi ini banyak fungsi utama perangkat akan dinonaktifkan atau masuk ke mode daya rendah.

Misalkan Anda meletakkannya di bawah sinar matahari dengan layar menghadap ke atas pada hari yang sangat panas, ini bisa menyebabkan perangkat menjadi sangat panas, bahkan untuk dipegang. Bila ini terjadi, Anda tidak akan dapat menggunakan smartphone ini setidaknya selama 15 menit setelah sebelumnya didinginkan terlebih dahulu.

Beruntung hal seperti itu tidak menyebabkan kerusakan permanen, tetapi membiarkan perangkat apa pun yang berisi baterai pada suhu tinggi jelas berisiko. Baterai lithium ion yang digunakan di sebagian besar ponsel cerdas dan elektronik seluler relatif aman, tetapi baterai itu tetap berbahaya bila terkena panas yang ekstrem.

Penyebab iPhone cepat panas

iPhone atau iPad pada dasarnya adalah komputer kecil, tetapi tidak seperti komputer desktop dan laptop yang lebih besar, perangkat ini tidak memiliki kipas di dalamnya untuk menjaga hardware tetap dingin.

Baca Juga :  4 Cara membersihkan Memori Smartphone Android Yang penuh

Seperti halnya sistem komputer lain, iPhone akan menghasilkan panas – terutama saat sistem bekerja terlalu berat. Dua komponen utama yang menghasilkan panas adalah system-on-chip (seperti CPU komputer), dan baterai.

Ada penyebab lain mengapa perangkat iOS menjadi panas. Pada artikel ini kita akan membahas mengapa, apa yang dapat Anda lakukan, dan kapan Anda harus mulai khawatir.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab iPhone cepat panas :

  • Memainkan game 3D yang menuntut sistem bekerja sangat berat.
  • Streaming video berkualitas tinggi untuk waktu yang lama.
  • Menggunakan aplikasi intensif prosesor seperti synthesizer, workstation audio digital, atau editor video.
  • Memanfaatkan GPS dengan terlalu lama, terutama pada perangkat yang sudah lama.
  • Menggunakan iPhone saat nge-charge/pengisian daya.
  • Meletakkannya di bawah paparan sinar matahari yang panas.

Cara mencegah iPhone cepat panas

iPhone adalah perangkat produksi Apple yang canggih. Jika digunakan dalam batas wajar, seharusnya tidak akan menimbulkan masalah.

Oleh karena itu, jika iPhone cepat panas, Anda harus melihat di mana dan bagaimana cara Anda menggunakannya. Mungkin cara Anda menggunakannya lah yang menjadi penyebab iPhone cepat panas.

Tapi, tidak usah khawatir, hal itu bisa dicegah. Di bawah ini adalah tips bagaimana cara mencegah iPhone cepat panas :

  • Jangan pakai casing tambahan. Menggunakan casing tambahan menggnggu sirkulasi udara. Hal ini akan membuat panas dari perangkat terperangkap.
  • Jangan tinggalkan perangkat Anda di mobil yang terparkir di bawah terik matahari.
  • Jangan terlalu lama bermain game. Game, terutama game yang lebih canggih secara grafis, adalah salah satu penyebab iPhone cepat panas.
  • Matikan Layanan GPS jika tidak diperlukan. GPS sering dikatakan sebagai penyebab iPhone cepat panas, sebaiknya Anda mematikan fitur ini jika tidak benar-benar perlu.
  • Tunda menge- charge saat suhu perangkat sedang panas. Pengisian daya bisa menambah suhu lebih tinggi lagi.
  • Ada beberapa produk yang bisa digunakan untuk mendinginkan ponsel panas, seperti Smartphone Cooling Pad atau Phone Cooler.
  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Anda. Aplikasi yang tidak digunakan ternyata tetap berjalan di latar belakang. Hal ini menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, yang pada gilirannya menyebabkannya iPhone cepat panas.
  • Kurangi kecerahan layar Anda. Layar yang terlalu cerah akan memaksa baterai untuk bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas.
Baca Juga :  4 Cara Resize Foto Paling cepat dan Mudah

Semoga tips di atas akan membantu Anda untuk mencegah iPhone cepat panas. Jika tidak, ada kemungkinan bahwa ada masalah yang lebih serius, dan sebaiknya Anda membawa perangkat Anda ke Apple service centre.

Cara mengatasi iPhone cepat panas

Kenaikan suhu pada perangkat yang digunakan adalah hal yang normal, tetapi jika iPhone Anda cepat panas atau panas terus-terusan, itu mungkin mengindikasikan adanya masalah dengan iOS atau hardware.

Namun, sebelum berfikir untuk mengganti beberapa hardware atau bahkan mengganti perangkat Anda sepenuhnya, ada baiknya Anda berusaha mencari cara mengatasi iPhone cepat panas.

Sebagian besar masalah iPhone cepat panas disebabkan oleh aplikasi. Jika Anda mengalami perangat yang terlalu panas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Mungkin Anda berpikir bahwa aplikasi yang tidak sedang digunakan tidak akan memakai daya baterai. Padahal sebagian aplikasi tetap berjalan di latar belakang meski sedang tidak digunakan. Hal ini menjadi penyebab baterai iPhone cepat panas.

Anda dapat mengetahui adanya aplikasi aktif di latar belakang. Hal ini bisa dilihat di bilah di bagian atas layar.

  • Bilah hijau adalah panggilan yang masih aktif di latar belakang, termasuk panggilan biasa dan FaceTime.
  • Bilah biru mewakili tethered devices atau navigasi melalui Apple Maps.
  • Bilah merah menunjukkan aplikasi yang masih terbuka di latar belakang, tetap menggunakan baterai, pemrosesan, bahkan mungkin GPS – inilah yang menyebabkan panas tanpa Anda ketahui.

Banyak aplikasi yang tetap aktif di latar belakang. Untuk mematikan aplikasi, ketuk dua kali tombol Home, gulir ke aplikasi yang dimaksud, dan gulir cepat ke atas layar.

Jika cara di atas tidak membantu, Anda bisa mencoba memulihkan iPhone di iTunes.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Javascript Browser Google Chrome, Mozilla & Opera

Caranya, colokkan perangkat Anda ke Mac atau PC Windows yang menjalankan iTunes, pilih Devices dan pilih Backup pada tab Summary untuk membuat backup. Saat selesai, pilih Restore pada tab yang sama untuk menginstal ulang iOS. Anda kemudian dapat memulihkan perangkat Anda menggunakan backup yang Anda buat di iTunes tadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi iPhone cepat panas yang bisa dilakukan dengan mudah.

  • Selalu perbarui aplikasi Anda. Banyak pembaruan aplikasi termasuk perbaikan bug yang dapat meningkatkan efisiensi ponsel Anda, yang berarti perangkat akan menggunakan lebih sedikit energi baterai ponsel Anda.
  • Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Jika ponsel Anda terus-terusan terlalu panas, pertimbangkan untuk mengurangi beban kerjanya.
  • Kipasi ponsel Anda. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi mengipasi ponsel Anda bisa membantu. Sama seperti mengipasi tubuh, semilir angin dapat membantu mendinginkan perangkat Anda saat terlalu panas.
  • Hindari perubahan suhu yang tiba-tiba. Anda mungkin tergoda untuk menempatkan perangkat yang terlalu panas di dalam lemari es atau freezer selama satu atau dua menit, tetapi hal itu tidak dibenarkan. Mengekspos ponsel Anda ke suhu ekstrem berisiko mengumpulkan uap air, yang bisa merusak perangkat Anda.
  • Aktifkan mode Pesawat. Hal ini akan mematikan GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan data Seluler.
  • Matikan perangkat sepenuhnya. Saat perangkat Anda sangat panas, coba matikan dulu. Tunggu hingga dingin lalau hidupkan kembali.
  • Sementara, ubah ponsel ke mode pesawat. Mode pesawat memungkinkan Anda untuk terus menggunakan fungsi-fungsi dasar pada ponsel Anda, tetapi mematikan hal-hal yang tidak penting lainnya yang dapat menghabiskan baterai iPhone.
  • Lepaskan kasing. Melepas casing akan memungkinkan sirkulasi udara. Hal ini memungkinkan ponsel Anda menjadi lebih cepat dingin.

Dengan asumsi Anda sudah mencoba cara mengatasi iPhone cepat panas di atas, dan ternyata tidak menyelesaikan masalah, mungkin sudah saatnya dibawa ke Apple service centre. Jika perangkat Anda masih dalam masa garansi (atau Anda memiliki AppleCare) maka perbaikan apa pun akan gratis.