Inpepsa 100 mL & 200 mL (Sucralfate) Obat Apa? : Info Lengkap

Inpepsa adalah obat yang mengandung Sucralfate. Kegunaan Inpepsa adalah untuk mengobati ulkus duodenum dan ulkus lambung, serta gastritis kronis. Obat ini diproduksi oleh Fahrenheit. Di Apotik, obat ini tersedia berupa Inpepsa Oral suspensi 100 mL dan Inpepsa oral suspensi 200 mL.

Harga Inpepsa 100 mL di kisaran Rp. 43.000 per botol, sedangkan Inpepsa 200 mL di kisaran Rp. 67.000 per botol.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat asam lambung ini. Inpepsa obat untuk apa, apa manfaat, efek samping, dan merk-merk obat yang mengandung Sucralfate lainnya.

Inpepsa Obat Apa?

Inpepsa adalah obat untuk mengatasi penyakit-penyakit terkait hipersekresi asam lambung. Obat ini mengandung zat aktif Sucralfate. Obat ini di produksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Fahrenheit. Ada 2 jenis, yaitu Inpepsa oral suspensi 100 mL dan Inpepsa oral suspensi 200 mL.

Zat aktif

Sucralfate adalah obat yang digunakan dalam pengobatan tukak lambung dan penyakit refluks gastro-esofagus (GERD). Sucralfate adalah senyawa kompleks dari sukrosa sulfat dan aluminium hidroksida. Sucralfate tidak diserap secara signifikan dari saluran pencernaan dan dari disakarida sulfat yang diserap diekskresikan melalui urin. Sucralfate bertindak secara lokal untuk mempercepat penyembuhan tukak lambung dan tukak duodenum.

Obat ini umumnya tersedia berupa Sucralfate tablet 500 mg, dan Sucralfate suspensi 500 mg/5 mL.

Produsen

Inpepsa diproduksi oleh Fahrenheit.

Kandungan

Kandungan Inpepsa adalah :

Per 5 mL suspensi :

  • Sucralfate 500 mg

Bentuk Sediaan

Inpepsa dijual dengan kemasan :

  • Oral suspensi 100 mL dan 200 mL
inpepsa 100 mL dan inpepsa 200 mL

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Sucralfate secara singkat :

Baca Juga :  Braxidin Tablet Obat Apa? : Dosis, Kegunaan, Efek Samping
Informasi ObatSucralfate
GolonganDengan resep
IndikasiTukak lambung, tukak duodenum
Dosislihat bagian dosis
Aturan Pakai1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.
Kontraindikasihipersensitif ; gangguan ginjal serius.
Sediaantablet 500 mg; suspensi 500 mg/5 mL
Merk yang tersediaEpisan, Gitafat, Inpepsa, Kalpepsa, Lanpepsa, Molafate, Mucifat, Mucogard, Musin, Neciblok, Nucral, Pepco, Peptovell, Profat, Propepsa, Salfate, Taxilan, Troflat, Ulcera, Ulcron, Ulcumaag, Ulsafate, Ulsanic, Ulsicral, Ulsidex

Indikasi dan Kegunaan Inpepsa

Sebelum menggunakan obat asam lambung ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Inpepsa adalah untuk mengobati penyakit-penyakit terkait hipersekresi asam lambung, seperti : Tukak duodenum dan tukak lambung aktif, Gastro esophageal reflux disease (GERD), esofagitis, serta gastritis kronis.

Kontraindikasi

Obat asam lambung ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

  • Pasien yang mempunyai riwayat hipersensitif terhadap obat ini.
  • Pasien dengan gangguan ginjal serius.

Efek Samping Inpepsa suspensi

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Obat ini hanya sedikit diserap melalui saluran pencernaan sehingga memiliki efek samping sistemik yang minimal. Meski begitu, pasien harus tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa efek samping Inpepsa suspensi yang bisa terjadi :

  • Efek samping sistem saraf pusat : Sakit kepala, pusing, kantuk, susah tidur, vertigo.
  • Efek samping saluran pencernaan : Sembelit, diare, mual, muntah, perut kembung, gangguan pencernaan, ketidaknyamanan lambung, mulut kering.
  • Efek samping muskuloskeletal : Nyeri punggung.
  • Efek samping dermatologis : Pruritus, ruam kulit.

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat asam lambung ini :

  • Sebelum meminum obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadapnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama : gangguan menelan (misalnya. Intubasi baru atau lama, trakeostomi, disfagia), gangguan ginjal.
  • Pengobatan pada pasien dengan gangguan ginjal harus dilakukan dengan hati-hati.
  • Terapi jangka panjang pada pasien yang menjalani diet fosfat dapat menyebabkan osteomalacia.
  • Jika antasid lain secara bersamaan dibutuhkan, harus ada selang waktu 30 menit antara kedua obat untuk menghindari interaksinya.
  • Penggunaan pada Anak : Keamanan dan keefektifannya pada anak belum diketahui.
Baca Juga :  Dimenhydrinate 50 mg Tablet (Obat Mual dan Muntah) : Info Lengkap

Penggunaan Inpepsa Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Sucralfate dalam kategori B, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan tidak  menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Perhatian harus dilakukan ketika diberikan selama kehamilan atau menyusui, dan hal itu dapat dilakukan hanya dalam kasus darurat.

Sebuah penelitian pada hewan (tikus) memberikan data bahwa penggunaan Sucralfate selama kehamilan meningkatkan potensi alergi makanan pada bayi yang dilahirkan. (sumber : Perawatan anti-maag selama kehamilan menyebabkan alergi makanan).

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

  • Dapat meningkatkan total kandungan mineral Aluminium dalam tubuh jika digunakan dengan obat yang mengandung Al (misalnya, Antasida yang mengandung Al).
  • Dapat mengurangi absorpsi cimetidine, ciprofloxacin, digoxin, ketoconazole, norfloxacin, phenytoin, ranitidine, tetracycline dan theophylline. Jadi, obat-obat ini seharusnya diberikan dengan jarak 2 jam dengan penggunaan sucralfate.
  • Penggunaan bersamaan dengan tetracycline akan menghasilkan pembentukan senyawa kompleks yang sulit diserap.

Dosis Inpepsa Suspensi

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

  • Dewasa : 2 sendok ukur atau 10 mL, 4 x sehari.
  • Dosis maksimum per hari : 8 gram.
  • Terapi jangka pendek dapat dilakukan hingga 8 minggu.
  • Diberikan 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan dan sebelum tidur.
  • Perawatan harus dilanjutkan, kecuali ketika pemeriksaan endoskopi atau sinar-X menunjukkan penyembuhan.
Baca Juga :  Praxion Syrup, Drops, & Forte (Paracetamol Micronized) : Info Lengkap

Aturan pakai Inpepsa

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat asam lambung ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Jika Anda menggunakan bentuk cair dari obat ini, kocok botol dengan lembut sebelum menggunakannya. Hati-hati mengukur dosis menggunakan alat pengukur khusus / sendok. Jangan menggunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat.
  • Obat ini harus diminum saat perut kosong. Minum obat ini 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.
  • Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan menghentikan pengunaan obat sebelum durasi waktu yang disarankan.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Inpepsa suspensi adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat asam lambung ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.