Glycerol (glycerin) : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Glycerol adalah agen dehidrasi osmotik yang memiliki sifat higroskopik dan pelumas yang meningkatkan osmolalitas plasma, menghasilkan pergerakan air dari ruang ekstravaskular ke plasma melalui proses osmosis. Glycerol yang dikenal juga dengan nama glycerin adalah senyawa poliol sederhana. Kegunaan glycerol sangat banyak. Senyawa ini digunakan dalam bidang industri makanan, obat-obatan, kecantikan, termasuk sebagai cairan dalam rokok elektrik.

Glycerol adalah cairan kental, tidak berbau, dan kental yang rasanya manis dan tidak beracun. Senyawa ini memiliki tiga gugus hidroksil yang mempengaruhi tingkat kelarutannya dalam air dan sifat higroskopisnya.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Glycerol obat apa, apa kegunaannya, efek sampingnya, dan formulasi yang tersedia.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Glycerol secara singkat :

Informasi ObatGlycerol
GolonganDengan atau tanpa resep
IndikasiHidrasi dan melembutkan kulit
Konstipasi/sembelit
batuk
DosisLihat bagian DOSIS
Aturan PakaiSesuai anjuran dokter
KontraindikasiHipersensitif
Sediaanimunoterapi alergen, sirup obat batuk, pasta gigi, obat kumur, produk perawatan kulit, krim cukur, produk perawatan rambut, dan sabun.
Merk dagang yang tersediaBiocream

Kegunaan Glycerol

Glycerol digunakan dalam berbagai bidang di antaranya :

A. Industri makanan

Glycerol berfungsi sebagai humektan, pelarut, dan pemanis, dan dapat membantu mengawetkan makanan. Senyawa ini juga digunakan sebagai pengisi dalam makanan rendah lemak (misalnya, cookies), dan sebagai pengental minuman.

Academy of Nutrition and Dietetics mengkategorikan glycerol sebagai karbohidrat. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan bahwa karbohidrat mencakup semua makronutrien kalori, tidak termasuk protein dan lemak.

Glycerol memiliki kepadatan kalori yang mirip dengan gula dapur. Namun senyawa ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan jalur metabolisme yang berbeda di dalam tubuh. Hal ini membuat beberapa orang menggunakannya sebagai pemanis yang kompatibel dengan diet rendah karbohidrat.

Baca Juga :  Allopurinol Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

B. Obat-obatan dan Kecantikan

Kegunaan Glycerol dalam dunia medis, farmasi dan kosmetik, terutama sebagai sarana untuk melembutkan, memberikan lubrikasi, dan sebagai humektan.

Dalam produk-produk obat dan kecantikan, kegunaan Glycerol adalah sebagai imunoterapi alergen, sirup obat batuk, pasta gigi, obat kumur, produk perawatan kulit, krim cukur, produk perawatan rambut, dan sabun.

glycerin soap
glycerin soap

Glycerol adalah komponen sabun glycerin. Sabun jenis ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif, mudah teriritasi. Hal ini karena senyawa ini mencegah kekeringan kulit dengan sifat pelembapnya.

Beberapa orang menggunakan Glycerol sebagai pelembab kulit. Senyawa ini melembabkan kulit dengan memperlambat atau mencegah pengeringan dan penguapan yang berlebihan.

Kegunaan lain Glycerol adalah sebagai obat pencahar. Umumnya berupa sediaan suppositoria atau enema yang digunakan secara rektal (dimasukan ke dalam dubur). Sebagai pencahar, senyawa ini menarik air ke dalam usus, melembutkan tinja dan menghilangkan konstipasi.

Glycerol suppositoria

Dokter mata terkadang menggunakan larutan yang mengandung Glycerin pada mata untuk mengurangi cairan di kornea sebelum pemeriksaan mata. Ketika digunakan secara oral (sering dicampur dengan jus buah untuk mengurangi rasa manisnya), obat ini dapat menyebabkan penurunan tekanan internal yang cepat dan sementara pada mata. Hal ini berguna sebagai perawatan darurat awal saat tekanan mata sangat tinggi.

Sediaan oral Glycerol digunakan untuk menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, membantu tubuh mengganti air yang hilang saat diare dan muntah, dan mengurangi tekanan di dalam mata pada penderita glaukoma.

Glycerol digunakan secara intravena (IV) untuk mengurangi tekanan di dalam otak dalam berbagai kondisi termasuk stroke, meningitis, ensefalitis, sindrom Reye, pseudotumor cerebri, trauma sistem saraf pusat (SSP), dan tumor sistem saraf pusat, dan untuk mengobati pingsan saat berdiri karena aliran darah yang buruk ke otak (sinkop postural).

Baca Juga :  Diltiazem Hcl Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

C. Cairan rokok elektrik

Glycerin, bersama dengan propilena glikol, adalah komponen umum cairan yang digunakan rokok elektrik. Cairan ini dipanaskan dengan alat penyemprot (koil pemanas yang umumnya terbuat dari kawat Kanthal).

D. Bidang lain

Selain dalam bidang-bidang di atas, senyawa ini juga digunakan sebagai :

  • Antibeku untuk aplikasi otomotif.
  • Komponen umum dari pelarut untuk reagen enzimatik yang disimpan pada suhu di bawah 0 ° C.
  • Digunakan sebagai cryoprotectant untuk mengurangi kerusakan organisme laboratorium yang disimpan dalam larutan beku, seperti bakteri, nematoda, dan embrio mamalia oleh kristal es.
  • Untuk menghasilkan nitroglycerin yang biasanya digunakan untuk meredakan angina pektoris.

Efek Samping Glycerol

Secara umum obat ini aman untuk kebanyakan orang dewasa. Namun beberapa efek samping telah dilaporkan, misalnya :

  • Sistem saraf : Kebingungan mental, pusing, sakit kepala (efek samping sediaan oral).
  • Sistem kardiovaskular (CV) : Aritmia kardio, kelebihan beban sirkulasi, gagal jantung.
  • Sistem pencernaan (GI) : Mual, muntah, haus, diare, kram perut, iritasi rektal / tidak nyaman, tenesmus, erosi mukosa dubur.
  • Sistem pernafasan : Edema paru berat.
  • Sistem endokrin : Hiperglikemia, glikosuria, dehidrasi berat.
  • Kulit : Reaksi pada tempat pemberian (misalnya sensasi terbakar, eritema, nyeri, pruritus, ruam, iritasi), eksaserbasi eksim dan kulit kering.
  • Efek samping yang berpotensi fatal : nonketotic hyperosmolar hyperglycaemic coma (efek samping ini sangat jarang).

Perhatian dan Peringatan Khusus

Tidak cukup data tentang penggunaan Glycerol untuk ibu hamil atau ibu menyusui. Jika Anda seorang ibu hamil atau ibu menyusui sebaiknya menghindari penggunaan obat-obat yang mengandung senyawa ini, kecuali atas petunjuk dokter.

Dosis Glycerol adalah sebagai berikut

Dosis jika digunakan sebagai obat dalam berbagai formulasi :

A. Sebagai sediaan obat batuk (penggunaan oral)

  • Dewasa : dalam sediaan 15% v/v syrup : 10 mL 3-4 x sehari.
  • Anak-anak usia >5 tahun sama dengan dosis dewasa.
  • Bayi 3 bulan sampai anak usia <5 tahun : dalam sediaan 15% v/v syrup :  5 ml 3-4 x sehari.
Baca Juga :  Acetylcysteine Obat Apa? Dosis, Efek Samping dll

B. Konstipasi/sembelit

  • Dewasa : dalam sediaan suppositoria : 2-3 g 1 x sehari (sesuai kebutuhan) atau 5-15 mL enema
  • Anak usia ≥6 tahun : 2-2.1 g sehari (sesuai kebutuhan).
  • Anak-anak usia 2-<6 tahun : 1-1.2 g 1 x sehari (sesuai kebutuhan) atau 2-5 mL enema.

C. Sebagai sediaan Topical/Cutaneous untuk hidrasi dan melembutkan kulit

  • Dewasa : dalam sediaan cream 25%, 40% w/w : gunakan secara rutin.
  • Anak : Sama dengan dosis dewasa.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Jangan menggunakan obat Glycerol/glycerin melebihi dosis dan durasi yang direkomendasikan. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.