Genoint Gentamicin Sulfate (Salep Kulit) : Informasi Lengkap

Genoint Salep Kulit adalah obat penyakit kulit yang mengandung Gentamicin Sulfate. Kegunaan Genoint Salep Kulit adalah untuk mengobati infeksi topikal baik infeksi kulit primer maupun sekunder yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap antibiotik Gentamycin.

Genoint Salep kulit diproduksi oleh Erela. Di Apotek, salep kulit ini tersedia berupa Genoint Salep Kulit Gentamicin Sulfate 0.3% dalam kemasan tube 15 gram. Harga Genint Salep kulit 0.3% kemasan 15 gram adalah di kisaran Rp. 5.000 per biji.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat penyakit kulit ini. Genoint obat apa, apa manfaat, efek samping, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung Gentamicin lainnya.

Genoint Salep Kulit Obat Apa?

Genoint Salep kulit adalah obat penyakit kulit dengan kandungan zat aktif antibiotik gentamicin sulfate. Genoint Salep Kulit diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Erela (Erlangga Edi Laboratories).

Zat aktif

Gentamicin adalah antibiotik topikal yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit / penyakit dermatologis. Gentamicin termasuk golongan antibiotik aminoglikosida. Antibiotik ini berasal dari micromonospora purpurea, suatu aktinomiset. Gentamicin digunakan terutama untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif.

Mekanisme aksi Gentamicin adalah dengan cara mengganggu sintesis protein bakteri dengan mengikat subunit ribosom 30S dan 50S sehingga menyebabkan kerusakan pada membran sel bakteri.

Produsen

Genoint Salep Kulit diproduksi oleh Erlangga Edi Laboratories (Erela).

Kandungan

Kandungan Genoint Salep Kulit adalah :

Per 1 gram :

  • Gentamicin sulfate setara dengan Gentamicin base 1 mg

Bentuk Sediaan

Genoint Salep Kulit dijual dengan kemasan :

  • Tube 15 gram salep
genoint salep kulit

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat-obat yang mengandung Gentamicin secara singkat :

Baca Juga :  Sistenol Tablet Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping
Informasi ObatGentamicin Salep Kulit
GolonganDengan resep
IndikasiInfeksi kulit primer dan sekunder
Dosis3-4 x sehari pada area kulit yang terkena
Aturan PakaiBersihkan kulit terlebih dahulu sebelum penggunaan salep
Kontraindikasihipersensitif; Lesi jamur atau virus pada kulit; Bayi prematur
SediaanSalep 0.1% dalam tube 5 gram atau 10 gram
Merk yang tersediaBalticin, Bioderm, Dermagen, Dermagen Forte, Garamycin salep, Garapon, Gentamerck, Gentiderm, Genoint, Genalten, Gragenta, Ikagen, Konigen, Licogenta, Nichogencin, Sagestam, Salticin,

Indikasi dan Kegunaan Genoint Salep Kulit

Sebelum menggunakan obat salep kulit ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Salep kulit ini diindikasikan dalam pengobatan infeksi bakteri primer dan sekunder pada kulit. Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Genoint Salep kulit :

A. Infeksi kulit primer

Berikut adalah beberapa infeksi kulit primer yang bisa diobati dengan Genoint Salep kulit :

  • Folikulitis superfisial
  • Furunculosis
  • Impetigo contagiosa
  • Pioderma gangrenosum.

B. Infeksi kulit sekunder

Berikut adalah beberapa infeksi kulit sekunder yang bisa diobati dengan Genoint Salep kulit :

  • Infectious eczematoid dermatitis / dermatitis eksimoid
  • Pustular acne/ jerawat
  • Pustular psoriasis
  • Dermatitis seboroik yang terinfeksi
  • Dermatitis kontak.
  • Kista kulit dan abses kulit lainnya yang didahului oleh insisi dan drainase
  • Paronychia
  • Borok stasis / kulit yang terinfeksi
  • Luka bakar dangkal yang disertai infeksi
  • Infeksi setelah gigitan serangga.

Kontraindikasi

Genoint salep kulit ini kontraindikasi pada pasien berikut :

  • Hipersensitif.
  • Lesi jamur atau virus pada kulit, misalnya vaccinia, varicella, dll.
  • Bayi prematur atau bayi baru lahir.

Efek Samping Genoint Salep Kulit

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Genoint Salep kulit pada umumnya ditoleransi dengan baik. Sebagian besar efek samping bersifat sementara dan sembuh sendiri setelah penghentian obat. Berikut adalah beberapa efek samping Genoint Salep kulit yang mungkin terjadi :

  • Iritasi ringan (eritema dan pruritus)
  • Kemungkinan terjadi fotosensitisasi
Baca Juga :  Regumen Tablet (Norethisterone 5 mg) : Informasi Lengkap

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat Genoint salep kulit ini :

  • Sebelum menggunakan salep antibiotik ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki riwayat hipersensitif terhadapnya; atau terhadap antibiotik aminoglikosida lain.
  • Sebelum menggunakan salep antibiotik ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda.
  • Jika terjadi pertumbuhan berlebih dari organisme yang tidak peka (termasuk jamur), atau jika mengalami iritasi, sensitisasi atau superinfeksi, hentikan pengobatan dan konsultasikan dengan dokter.
  • Penggunaan jangka panjang harus dihindari untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri.

Penggunaan Genoint Salep Kulit Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Amankah Genoint untuk ibu hamil? FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Gentamicin (pemakaian IM/IV/Parenteral) dalam kategori D, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Antibiotik sudah biasa diresepkan selama kehamilan. Namun, tetap saja obat-obatan selama kehamilan harus dipilih secara hati-hati. Beberapa antibiotik boleh digunakan selama kehamilan, sementara yang lain tidak. Keamanan tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis antibiotik, usia kehamilan saat menggunakan antibiotik, berapa banyak yang Anda gunakan, efek apa yang mungkin terjadi pada kehamilan Anda dan berapa lama Anda mengonsumsi antibiotik.

Pada tahun 2003, Schering, produsen Garamycin Injectable, mengubah monograf produk dalam Kompendium Farmasi dan Spesialisasi dan menyatakan bahwa pemberian gentamicin untuk ibu hamil harus diwaspadai karena kasus “total tuli kongenital bilateral yang ireversibel” pada bayi. Meskipun begitu, baru dua kasus kejadian yang tercatat dalam berbagai literatur. Oleh karena itu, dipertanyakan apakah hasilnya dapat dikaitkan dengan penggunaan obat atau faktor lain. (sumber : Apakah Gentamicin aman untuk janin?).

Baca Juga :  Bromelain Obat Apa? Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Mengingat obat ini digunakan secara topikal di area kulit yang terinfeksi, maka ketersediaan secara sistemik bisa dikatakan relatif kecil. Meskipun begitu, untuk menjamin keamanan ibu dan janin, penggunaan Genoint salep kulit ini untuk ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter.

Obat ini digunakan secara topikal, penyerapan sistemik akan sangat kecil. meskipun demikian, penggunaan untuk ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Dosis Genoint Salep Kulit

Berikut adalah dosis Genoint Salep kulit yang lazim digunakan :

  • Oleskan salep secukupnya 3-4 x sehari.
  • Pada impetigo contagiosa, kerak harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum pemberian salep.

Aturan Pakai Genoint Salep Kulit

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan salep antibiotik ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Antibiotik ini bukan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau jamur.
  • Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan menghentikan penggunaan antibiotik sebelum dosis dan durasi yang dianjurkan dokter selesai. Penghentian pengobatan sebelum waktunya berpotensi menyebabkan resistensi antibiotik.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Genoint Salep kulit adalah obat yang hanya didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat antibiotik ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.