10 Fungsi Google & Cara Membuat Sebagai Default Search Engine

fungsi google dan membuat google sebagai default search engine
Fungsi google bukan hanya sebagai search engine, tetapi bisa digunakan juga untuk mempermudah kebutuhan sehari-hari. Banyak orang menggunakan Google sebagai default search engine karena banyaknya manfaat yang bisa didapat.

Google, siapa sih yang tidak kenal nama ini? Nyaris seluruh manusia di planet ini pernah menggunakan mesin pencari populer ini. Namun, kebanyakan orang mengetahui fungsi Google sebagai mesin pencari semata. Padahal, kegunaan Google sangat banyak. Produk-produk Google selain search engine juga banyak. Sebut saja, misalnya Google Drive, Gmail, calendar, Google Maps, Chrome, Drive, Translate, dan masih banyak lagi.

Google Search Engine adalah produk Google sebagai mesin pencarian web. Namun, meskipun namanya adalah search engine, fungsi Google Search Engine bukan semata-mata sebagai mesin pencarian saja. Kegunaan lainnya sangat banyak.

Untuk lebih jelasnya, baca secara lengkap artikel kami tentang apa saja fungsi Google selain sebagai search engine dan bagaimana cara mengubah Google sebagai default search engine di berbagai browser dan berbagai perangkat.

Google Search Engine

Search Engine adalah mesin pencarian web di internet. Fungsi search engine adalah memberikan informasi web yang relevan dengan kata kunci yang diketik oleh pembaca. Selain itu, menampilkan gambar, video, berita dan informasi lain yang relevan.

Google search engine bukanlah satu-satunya mesin pencari di internet. Beberapa nama-nama mesin pencari populer selain Google, misalnya Bing, Yahoo Search, Yandex, Aol, Ask, dan masih banyak lagi mesin pencarian selain Google.

Sedemikian banyaknya mesin pencari yang ada, namun tetap saja Google Search Engine adalah mesin pencari web terbesar di dunia, dan juga yang paling populer di dunia.

Banyak orang mengatakan kelebihan mesin pencari google dibandingkan mesin pencari lainnya adalah lebih akurat dan memiliki lebih banyak fitur.

Antarmuka mesin pencari Google bersih dan rapi. Meskipun hasil pencarian juga menampilkan beberapa iklan, Google menandai iklan-iklan ini dengan jelas. Jadi, pengguna akan mengetahui mana hasil pencarian organik mana yang bersponsor.

Selain mencari halaman web yang relevan, Anda juga dapat menggunakannya untuk menerjemahkan halaman web dari dan ke bahasa lain.

Anda juga dapat melihat gambar yang telah di-cache dalam database mesin pencari, jika tersedia. Fitur mesin pencari Google yang tampil di hasil pencarian adalah gambar, maps, berita, video, dan lainnya.

Dengan begitu banyaknya fitur mesin pencari Google, banyak orang menjadikan Google sebagai default search engine. Cara membuat google menjadi default search engine sangat mudah. Anda dapat membacanya di bagian lain artikel ini.

Fungsi Google Search Engine

Apa fungsi Google? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain menemukan halaman web yang relevan, kegunaan Google Search engine masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa fungsi Google Search engine yang bisa Anda manfaatkan :

1. Mengetahui Waktu Saat Ini

Anda dapat memanfaatkan fungsi Google yang satu ini untuk mengetahui waktu saat ini (real time).

Mesin pencari ini akan secara otomatis menampilkan waktu terkini sesuai dengan di kota atau negara mana Anda saat ini. Anda juga bisa memanfaatkan fungsi Google untuk mengetahui waktu di kota-kota lainnya.

Baca Juga :  4 Tips Aman Dari Bahaya Main Laptop Di Kasur

Caranya mudah. Jika Anda ingin mengetahui jam berapa sekarang, di tempat Anda berada saat ini, cukup ketik “waktu” di kolom pencarian.

Jika Anda ingin mengetahui jam berapa saat ini di kota tertentu, cukup ketik “waktu (nama kota)”. Misalnya, Anda ingin mengetahui jam berapa sekarang di kota New York, cukup ketik “waktu New York”. Jika ingin lebih spesifik, ketik “waktu New York saat ini”.

fungsi google search engine untuk mengetahui waktu saat ini

2. Sebagai Kalkulator

Jarang-jarang orang membawa kalkulator kesana-kemari. Padahal, ada kalanya kita membutuhkan kalkulator dalam situasi tertentu. Misalnya, sedang menghitung total belanjaan di pasar.

Namun, kebanyakan orang pasti membawa smartphone. Memang sih, dalam smartphone umumnya sudah ada aplikasi kalkulator yang bisa dimanfaatkan. tetapi, bagaimana jika tidak ada aplikasi kalkulator di smartphone Anda?

Cukup buka aplikasi mesin pencari Google, ketik “kalkulator” di kolom pencarian, maka Anda akan melihat tampilan kalkulator Google di layar smartphone Anda.

Bahkan, kalkulator yang ditampilkan lebih canggih daripada kalkulator biasa, karena fungsi-fungsi scientific juga tersedia. Misalnya, Anda mau menghitung logaritma, Sin, Cos, Tangen, cukup manfaatkan fungsi Google yang satu ini.

Cara yang lebih mudah untuk memanfaatkan fungsi Google sebagai kalkulator adalah cukup ketik saja perhitungan di kolom pencarian. Misalnya Anda mau menghitung Rp. 5.000 dikalikan 5. Maka, ketik “5000 x 5”, dan di hasil pencarian langsung muncul hasilnya.

fungsi google search engine sebagai kalkulator

3. Konversi Mata Uang

Jika Anda sering bertransaksi menggunakan mata uang asing, bisa memanfaatkan fungsi Google sebagai alat konversi mata uang.

Contoh, Anda ingin mengetahui 1 dollar saat ini berapa Rupiah. Ketik saja “Dollar vs Rupiah”.

Atau, cara yang lebih mudah ketik saja berapa dollar yang igin Anda konversi. Misal, Anda ingin tahu 100 Dollar Amerika Serikat berapa Rupiah, ketik saja “100 dollar vs rupah”. Langsung muncul hasilnya di hasil pencarian.

Cara di atas bisa diterapkan untuk mata uang apa saja. Tidak perlu khawatir, karena konversi ini selalu up to date setiap harinya.

fungsi google search engine untuk konversi mata uang asing

4. Mengetahui Situasi Cuaca

Kalau ingin mengetahui cuaca saat ini di tempat Anda berada, manfaatkan fungsi Google sebagai “peramal cuaca”.

Cukup ketik di kolom pencarian “cuaca”, atau lebih spesifik “cuaca hari ini”, atau “cuaca besok”.

Bukan hanya meramal cuaca di kota Anda berada, mesin pencari ini juga bisa membantu Anda mengetahui ramalan cuaca di kota lainnya. Misal, Anda ingin mengetahui ramalan cuaca esok hari di Jakarta, cukup ketik “cuaca besok di jakarta”.

fungsi google search engine untuk mengetahui perkiraan cuaca

5. Melihat, men-download, atau meng-upload foto kita

Mungkin Anda pernah mengalami foto yang disimpan di laptop atau smartphone hilang karena perangkat Anda rusak. Harusnya saat ini hal itu tidak boleh terjadi lagi.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas penyimpanan cloud yang disediakan oleh berbagai aplikasi. Salah satunya adalah Google Foto.

Anda bisa menyimpan foto-foto Anda di aplikasi ini secara gratis. Anda juga bisa melihat atau mengunduhnya kapan pun Anda mau, dari perangkat lain apa pun.

Untuk memanfaatkan fungsi Google yang satu ini, Anda harus mempunyai aplikasi Google Foto.

Di aplikasi Google Foto Anda bisa menyimpan foto-foto Anda sehingga Anda bisa menghapus foto di smartphone, laptop atau komputer. Dengan cara ini, kapasitas hard disk drive komputer atau laptop Anda, atau kapasitas memori smartphone Anda bisa digunakan untuk keperluan lain.

Bagaimana jika ingin melihat foto-foto tersebut? Cukup buka aplikasi Google Foto.

Bagaimana jika Anda mengganti smartphone lama ke yang baru, dan ternyata smartphone baru tidak berisi aplikasi Google foto ? Bagaimana caranya melihat foto-foto yang tersimpan di sana?

Untuk melihat foto-foto itu, Anda bisa memanfaatkan fungsi Google Search Engine yang satu ini. Buka aplikasi mesin pencari Google, lalu ketik “foto saya”. Anda akan melihat aplikasi Google Foto di tempat teratas hasil pencarian. Klik saja, Anda akan masuk ke aplikasi Google Foto.

fungsi google search engine untuk melihat foto di aplikasi google foto

Jika Anda menggunakan komputer desktop atau laptop, buka chrome, lihat di bagian pojok kanan atas, di samping “My akun”. Klik simbol “Aplikasi Google”, di sana akan terlihat berbagai aplikasi produk Google, termasuk Google Foto.

Baca Juga :  Apa itu Sistem PABX? Apa Saja Tipe Yang Ada? Baca di Sini

6. Mengetahui Waktu Sunrise

Fungsi Google ini sangat menarik. Jika Anda seorang pendaki gunung, dan ingin mengetahui waktu sunrise besok di gunung Semeru, Anda bisa memanfaatkan mesin pencari ini.

Cukup ketik “sunrise gunung semeru besok”, maka hasil pencarian akan menampilkan jam berapa matahari terbit di gunung Semeru esok hari. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur waktu pendakian. Bisa juga mengetikkan tanggal supaya lebih spesifik lagi.

Atau, Anda ingin mengetahui waktu sunset di pantai kuta hari ini? Ketik saja “sunset pantai kuta bali hari ini”. Maka Anda akan melihat hasilnya langsung di genggaman Anda.

fungsi google search engine untuk mengetahui waktu sunset dan sunrise

7. Mencari alamat

Anda bisa melakukan ini lebih mudah dengan Google maps. Namun, jika smartphone Anda tidak memiliki aplikasi ini, manfaatkan saja mesin pencari Google.

Ketik saja nama alamat yang Anda inginkan, maka mesin pencari akan menampilkan sebuah peta yang Anda tuju.

Terkadang, Anda perlu meng-klik tab “Maps” untuk melihat hasil pencarian alamat.

fungsi google search engine untuk mencari alamat

8. Fungsi lainnya

Selain bisa dimanfaatkan seperti yang telah dijelaskan di atas. Anda juga bisa memanfaatkan kegunaan mesin pencari Google untuk membandingkan zat gizi makanan, memasang alarm, mengirim note ke smartphone, atau mengetahui even yang sudah Anda catat di aplikasi Calendar.

Cara Mengubah google menjadi default search engine

Jika Anda menggunakan Chrome sebagai browser, maka secara otomatis default search engine adalah Google. Namun jika Anda menggunakan aplikasi browser lainnya, misal Mozilla Firefox atau Safari terkadang perlu menyesuaikan mesin pencari apa yang dijadikan sebagai default.

Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Chrome

Seperti dijelaskan di atas, jika Anda menggunakan browser Chrome, maka secara default search engine-nya adalah Google. Namun, jika Search engine yang sedang digunakan adalah mesin pencari lain, seperti Bing, Ask, atau lainnya, Anda bisa mengubahnya.

1. Cara Mengubah Google sebagai default search engine di Chrome di perangkat komputer/laptop
  • Buka browser Chrome.
  • Di pojok kanan atas, klik tanda “titik 3” lalu pilih Settings.
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di Chrome di perangkat komputer atau laptop 1
  • Di side bar kiri klik “search Engine“.
  • Lihat “Search engine used in the address bar“. Anda akan memiliki opsi pilihan beberapa search engine yang bisa digunakan. Pilih “Google”.
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di Chrome di perangkat komputer atau laptop 2
2. Cara Mengubah Google sebagai default search engine di Chrome di perangkat android
  • Di Smartphone android Anda, buka browser Chrome.
  • Lihat pojok kanan atas, klik tanda “titik 3”. Pilih “Settings” atau “Setelan“, dalam bahasa Indonesia.
  • Di bawah tab “Basics,” atau “Dasar“, klik atau tap “Search engine” atau mesin pencari dalam bahasa Indonesia.
  • Pilih mesin pencari yang ingin Anda gunakan sebagai default search engine.
3. Cara Mengubah Google sebagai default search engine di Chrome di perangkat Iphone/Ipad
  • Di perangkat iPhone atau iPad Anda, buka Chrome app.
  • Klik “tanda titik 3”, kemudian Tap “Settings“.
  • Tap “Search engine“.
  • Pilih mesin pencari yang ingin Anda gunakan sebagai default search engine.

Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Mozilla Firefox

Jika Anda lebih senang menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser tetapi tetap ingin menggunakan Google sebagai search engine default, caranya sebagai berikut :

  • Buka Browser Mozilla Firefox.
  • Klik tanda “garis 3” di pojok kanan atas.
  • Pilih “Options” pada dropdown menu yang muncul.
  • Setelah Anda meng-klik “Options“, akan terbuka jendela baru.
  • Pada sidebar sebelah kiri, klik “Search” dengan ikon kaca pembesar.
  • Scrol ke bawah, Anda akan melihat “Default Search Engine“.
  • Klik menu drop-down, maka Anda akan melihat beberap pilihan mesin pencari.
  • Pilih Google.
  • Selesai.
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Mozilla Firefox

Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Microsoft Edge

Edge adalah browser web dari Microsoft yang paling baru. Edge adalah reboot penuh dari browser sebelumnya, yaitu Internet Explorer.

Sebagai produk Microsoft, mesin pencari default di browser Microsoft Edge adalah Bing.

Bagaimana cara mengubah default search engine dari Bing ke Google pada browser Microsoft Edge? caranya seperti di bawah :

  • Buka browser Microsoft Edge.
  • Ketik “www.google.com” di kotak penelusuran.
  • Setelah website Google terbuka, klik “tanda titik 3” di pojok kanan atas.
  • Setelah jendela pengaturan terbuka, pilih “settings“.
Baca Juga :  Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows 10 Paling Mudah
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Microsoft Edge 1
  • Di bilah bagian kiri, pilih “Advanced“, Anda akan dibawa ke pengaturan Advance settings.
  • Scroll ke bawah, cari bagian Address Bar Search, kemudian klik “Change Search Provider“.
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Microsoft Edge 2
  • Pilih Google, kemudian klik “Set As Default“.

Microsoft Edge adalah browser baru yang terus dikembangkan oleh Microsoft sebagai pengganti internet explorer. Di versi milik Anda mungkin ada beberapa istilah berbeda, seperti “Change Search Provider” menjadi “Change Search Engine“, dan perbedaan lain.

Namun pada prinsipnya cara mengubah search engine default dari Bing ke Google adalah sama seperti cara di atas.

Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Safari

Safari adalah browser yang banyak diminati, terutama oleh pengguna smartphone android. Namun banyak juga digunakan di komputer desktop atau laptop. Salah satu alasannya adalah Safari lebih ringan dibandingkan Chrome.

1. Cara mengubah Google sebagai default search engine di browser Safari untuk komputer/laptop

Di bawah ini adalah cara mengubah Google sebagai default search engine di Safari untuk komputer desktop.

  • Buka browser Safari dan buka menu Safari di sudut kiri atas.
  • Dari menu drop down, pilih Preferences.
  • Setelah jendela Preferences muncul, Cari tulisan default search engine.
  • Di sebelahnya ada menu drop down. Klik saja, maka akan muncul beberapa pilihan mesin pencari.
  • Pilih mesin pencari yang ingin Anda jadikan sebagai default.
2. Cara mengubah Google sebagai default search engine di browser Safari untuk Iphone
  • Buka Settings di iPhone Anda.
  • Scroll ke bawah sampai ketemu aplikasi Safari, yang disertai tanda panah ke kanan.
  • Scroll sampai ketemu bagian Search pada Safari settings.
  • Di sini Anda akan melihat opsi Search Engine telah terisi dengan default search engine yang gunakan saat ini.
  • Jika Anda ingin menggantinya dengan search engine lain, klik tanda panah, maka Anda akan melihat beberapa pilihan mesin pencari yang bisa digunakan.
  • Pilih Google. Anda aan melihat tanda centang biru sebagai tanda bahwa Anda berhasil mengubah default search engine Anda.
Cara Mengubah Google sebagai default search engine di browser Safari

Produk-produk Google

Dulu, Google identik sebagai mesin pencari. Hari ini, selain sebagai mesin pencari, Google juga mempunyai banyak produk lainnya. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang beberapa produk-produk selain mesin pencari.

1. Google Drive

Fungsi Google drive adalah untuk membuat dan berbagi dokumen, spreadsheet, gambar, dan slide.

2. Google Foto

Fungsi Google Photo adalah sebagai media menyimpan dan berbagi gambar secara online. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghapus foto-foto di perangkat Anda sehingga hemat storage.

3. Google Maps

Seperti namanya, kegunaan Google maps adalah untuk menampilkan peta alamat yang dicari pengguna.

4. Google Play Store

Google Play adalah tempat Anda bisa mendownload aplikasi, buku, game, film dan lain sebagainya.

5. Youtube

Youtube adalah situs berbagi video yang sangat poopuler. Tidak perlu dijelaskan lagi, hampir semua orang tahu apa itu Youtube.

6. Gmail

Gmail adalah aplikasi pengiriman dan penerima email.

7. Translate

Fungsi Google Translate adalah sebagai mesin penterjemah dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Hampir seluruh bahasa di dunia bisa diterjemahkan oleh mesin penterjemah ini. Namun adakalanya, Anda harus “memperhalus” hasil terjemahannya.

8. Calendar

Fungsi Calendar adalah sebagai asisten pribadi Anda dalam memanajemen waktu. Anda bisa membuat jadwal kegiatan di aplikasi ini.

9. Blogger

Anda bisa membuat blog sendiri memanfaatkan layanan CMS gratis ini. Anda tidak perlu menyewa hosting provider untuk mengoperasikan blog yang Anda buat menggunakan Blogger atau Blogspot.

10. Lainnya

Masih banyak produk-produk lain. Misalnya, Webmaster Tools, Google Ads, Google Eart, My Business, Docs, Duo, dan banyak lagi. Masing-masing mempunyai kegunaan berbeda-beda.

Demikian artikel singkat kami tentang apa saja fungsi Google selain sebagai mesin pencari. Semoga bermanfaat bagi pembaca.