Katamasa

Floxigra 500 mg Tablet & Injeksi (Ciprofloxacin)

Floxigra 500 adalah obat antibiotik yang mengandung Ciprofloxacin HCl. Kegunaan Floxigra Ciprofloxacin HCl adalah untuk mengobati infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah, infeksi saluran kemih (ISK), infeksi saluran cerna, serta infeksi kulit dan jaringan lunak. Antibiotik ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Floxigra Ciprofloxacin HCl diproduksi oleh Graha Farma. Di Apotik, obat ini tersedia berupa Floxigra 500 mg kaplet salut selaput dan Floxigra injeksi. Harga Floxigra 500 mg kaplet di kisaran Rp. 12.000 per pepel.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat antibiotik ini. Floxigra Ciprofloxacin HCl obat apa, apa kegunaan, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Floxigra 500 Obat Apa?

Floxigra 500 adalah obat yang mengandung antibiotik Ciprofloxacin HCl. Floxigra 500 diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Graha Farma. Selain tablet, tersedia juga Floxigra injeksi.

Zat Aktif

Ciprofloxacin adalah anti-infeksi golongan fluoroquinolone generasi ke 2. Antibiotik ini mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif. Umumnya digunakan dalam bentuk garamnya, yaitu Ciprofloxacin HCl.

Mekanisme obat antibiotik ini adalah dengan cara menghambat sintesis DNA pada organisme yang rentan melalui penghambatan DNA gyrase dan topoisomerase IV. DNA gyrase dan topoisomerase IV penting dalam replikasi DNA bakteri.

Produsen

Floxigra Ciprofloxacin HCl diproduksi oleh Graha Farma.

Kandungan

Kandungan Floxigra 500 adalah :

per kaplet :

Kandungan Floxigra injeksi adalah :

per mL :

Bentuk Sediaan

Floxigra ciprofloxacin dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi merk-merk obat yang mengandung Ciprofloxacin secara singkat :

Informasi ObatCiprofloxacin
GolonganDengan resep
IndikasiMengobati infeksi bakteri
Dosislihat bagian dosis
Aturan PakaiDengan atau tanpa makanan; Jangan menggunakan antacid, suplemen zat besi (Fe), atau produk susu.
KontraindikasiHipersensitif; Ibu hamil; Ibu menyusui; Epilepsi; Penderita tendon pecah
Sediaantablet 250 mg, tablet 500 mg, sirup; Infus 200 mg/100 mL; tetes Mata 3 mg/mL
Merk yang tersediaAlcon Cilox, Bactiprox, Baquinor, Baquinor Forte, Bernoflox, Bimaflox 500, Bufacipro, Cetafloxo, Ciflos, Cifloxan, Ciprec 500, Ciprobay, Ciprobiotic, Ciprolex, Cipromax, Ciproxin, Ciproxin 500 Bulk, Ciproxin XR, Civell, Coroflox, Corsacin, Cylowam, Cyrox 500, Duflomex, Etacin, Fimoflox, Floksid, Floxbio 500, Floxifar, Floxigra, Girablok, Glojaya, Hexiquin, Hufaflox, Infuxacin, Interflox, Isotic – Renator, Jayacin, Kifarox, Licoprox, Meflosin, Mensipox, Miraflox, Nilaflox, Novaflox 500, Phaproxin, Poncoflox, Proxcip, Proxitor, Qinox, Quamiprox Forte, Quapro, Quidex, Quincin, Quinobiotic IV, Ramavex, Renator, Rindoflox, Samquinor, Sarf, Scanax, Siflox, Simflox, Spesidal, Starquin, Taprocin, Tequinol, Vidintal, Vioquin, Volinol, Wiaflox, Ximex Cylowam, Zeniflox, Zumaflox

Indikasi dan Kegunaan Floxigra 500

Sebelum menggunakan obat antibiotik ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Berikut adalah beberapa daftar kegunaan Floxigra Ciprofloxacin HCl :

Kontraindikasi

Floxigra Ciprofloxacin HCl kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Floxigra 500

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Floxigra Ciprofloxacin HCl yang mungkin terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat Floxigra Ciprofloxacin HCl :

Penggunaan Floxigra Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Amankah Floxigra Ciprofloxacin HCl untuk ibu hamil? FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Ciprofloxacin dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Menurut website FDA tentang penggunaan Ciprofloxacin untuk ibu hamil atau ibu menyusui : Ciprofloxacin telah disetujui untuk digunakan sebagai profilaksis paska paparan inhalasi antraks. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika serikat (CDC), Ciprofloxacin 500 mg, oral, 2 x sehari selama 60 hari adalah antibiotik pilihan untuk terapi profilaksis awal untuk wanita hamil tanpa gejala yang terpajan Bacillus anthracis. Jika strain B. anthracis spesifik telah terbukti sensitif terhadap penicillin, terapi profilaksis dengan Amoxicillin 500 mg, oral, 3 x sehari selama 60 hari dapat dipertimbangkan. Pedoman CDC untuk pengobatan infeksi antraks pada wanita hamil merekomendasikan ciprofloxacin atau doxycyline dengan satu atau dua antibiotik lain yang ditambahkan untuk inhalasi antraks inhalasi atau sistemik.

Sementara ini, tidak ada penelitian terkontrol penggunaan ciprofloxacin untuk ibu hamil untuk menyimpulkan keamanannya. Tinjauan ahli terhadap data yang dipublikasikan tentang pengalaman penggunaan Ciprofloxacin untuk ibu hamil oleh TERIS (the Teratogen Information System) menyimpulkan bahwa dosis terapi selama kehamilan tidak mungkin menimbulkan teratogenik substansial. Namun, tidak ada data penggunaan pada manusia yang tersedia untuk menilai efek terapi jangka panjang pada ibu hamil seperti yang diusulkan untuk pengobatan paparan antraks.

Amankah Floxigra untuk ibu menyusui? Ciprofloxacin diekskresikan ke dalam ASI tetapi dianggap “biasanya sesuai dengan menyusui” oleh American Academy of Pediatrics.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Floxigra 500

Berikut adalah dosis Floxigra Ciprofloxacin HCl yang lazim digunakan :

Infeksi saluran pernapasan bagian bawah; bagian atas; kulit dan jaringan lunak

Otitis eksternal ganas

Sistitis tanpa komplikasi

Pyelonephritis tanpa komplikasi

Prostatitis

Uretritis gonococcal; Cervicitis

Penyakit radang panggul

Pengobatan dan profilaksis postexposure anthrax

Infeksi tulang dan sendi

Diare

Demam tifoid / tifus

Infeksi intra abdomen

Aturan Minum Floxigra

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Floxigra Ciprofloxacin HCl 500 mg adalah obat yang hanya didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat antibiotik ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring