Dimenhydrinate Obat Apa : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Dimenhydrinate adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Obat ini umumnya tersedia berupa Dimenhydrinate tablet 50 mg. Termasuk obat kelas aminoalkyl eter yang digunakan sebagai antihistamin sistemik.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Dimenhydrinate obat apa, apa manfaatnya, efek sampingnya, formulasi sediaan, dan merk-merk obat yang mengandung Dimenhydrinate.

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Dimenhydrinate secara singkat :

Informasi ObatDimenhydrinate
GolonganDengan resep/tidak
Indikasimencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan; Vertigo
DosisDewasa : 50-100 mg 3-4 x sehari;
Anak-anak : 2-5 tahun 12.5-25 mg setiap 6-8 jam. Maksimal : 75 mg sehari; 6-12 tahun 25-50 mg setiap 6-8 jam. maksimal : 150 mg sehari; ≥12 tahun sama dengan dosis dewasa
Aturan PakaiBisa dengan/tanpa makanan
Kontraindikasihipersensitivitas, anak<2 tahun
Sediaantablet 50 mg
Merk yang tersediaDramamine, Dramasine, Stopmun

Dimenhydrinate Obat Apa?

Dimenhydrinate adalah obat kelas aminoalkyl eter yang digunakan sebagai antihistamin sistemik. Cara kerja dimenhydrinate adalah bersaing dengan histamin untuk berikatan pada situs reseptor-H1, pada sel-sel efektor di saluran pencernaan, pembuluh darah, dan saluran pernapasan. Obat ini memblokir zona pemicu kemoreseptor, mengurangi stimulasi vestibular, dan menekan fungsi labyrintin melalui aktivitas antikolinergik sentralnya.

Kegunaan Dimenhydrinate

Dimenhydrinate adalah antihistamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh motionsickness/mabuk perjalanan (misalnya mabuk laut).

Kontraindikasi

  • Jangan gunakan obat ini pada anak-anak yang usianya lebih muda dari dua tahun kecuali direkomendasikan oleh dokter.
Baca Juga :  Albendazole Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Efek samping Dimenhydrinate

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Dimenhydrinate yang mungkin bisa terjadi :

  • Mengantuk, sembelit, penglihatan kabur, atau mulut /hidung / tenggorokan kering. Jika salah satu dari efek samping ini menetap atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Beritahukan kepada dokter segera jika Anda mengalami efek samping yang serius, misalnya : perubahan mental /suasana hati (seperti gelisah, kebingungan), detak jantung cepat / tidak teratur, gemetar (tremor), kesulitan buang air kecil.
  • Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, misalnya : kejang.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami gejala reaksi alergi yang serius, misalnya : ruam, gatal / bengkak (terutama pada wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernafas.

Perhatian

Sebelum menggunakan Dimenhydrinate, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat ini. Produk ini mungkin mengandung bahan tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain.

Komunikasikan dengan dokter atau apoteker tentang riwayat kesehatan Anda, terutama tentang : masalah pernapasan (seperti asma, emfisema), tekanan tinggi pada mata (glaukoma), masalah jantung, tekanan darah tinggi, penyakit hati, kejang, lambung / masalah usus (seperti ulkus, penyumbatan), tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), kesulitan buang air kecil (misalnya, karena pembesaran prostat).

Obat ini bisa membuat Anda mengantuk, pusing, dan gangguan penglihatan. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi.

Baca Juga :  Acyclovir Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda meminum obat ini.

Anak-anak mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini. Obat ini sering menyebabkan efek kegembiraan pada anak-anak daripada mengantuk.

Pasien lansia mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat Dimenhydrinate, terutama mengantuk, kebingungan, sembelit, atau kesulitan buang air kecil. Mengantuk dan kebingungan dapat meningkatkan risiko jatuh.

Penggunaan Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas diperlukan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini masuk ke ASI dan mungkin menyebabkan efek yang tidak diinginkan pada bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi Obat

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

  • Beberapa produk yang berpotensi berinteraksi dengan obat ini misalnya : sediaan antihistamin untuk digunakan pada kulit (seperti krim diphenhydramine, salep, semprot).
  • Beritahukan kepada dokter atau apoteker jika Anda menggunakan produk lain yang menyebabkan kantuk seperti pereda nyeri opioid atau obat batuk (seperti kodein, hidrokodon), alkohol, obat-obatan untuk gangguan tidur atau kecemasan (seperti alprazolam, lorazepam, zolpidem), relaksan otot (seperti carisoprodol, cyclobenzaprine), atau antihistamin lainnya (seperti cetirizine, diphenhydramine).
  • Periksa label pada semua obat-obatan Anda (seperti obat alergi atau produk obat batuk flu) karena obat-obat ini mungkin mengandung bahan-bahan yang menyebabkan kantuk. Tanyakan apoteker Anda tentang menggunakan produk tersebut dengan aman.
  • Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk tes alergi pada kulit), yang mungkin menyebabkan hasil tes palsu. Beritahukan kepada petugas laboratorium dan dokter bahwa Anda sedang menggunakan obat ini.
Baca Juga :  Alprazolam Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Dosis Dimenhydrinate

Sediaan Oral Untuk mencegah dan mengobati motion sickness, mual muntah dan vertigo yangdisebabkan oleh penyakit Meniere

Dewasa : 50-100 mg 3-4 x sehari. Maksimal : 400 mg sehari. Untuk mencegah mabuk perjalanan, dosis pertama diberikan setidaknya 30 menit sebelum bepergian.

Anak-anak : 2-5 tahun 12.5-25 mg setiap 6-8 jam. Maksimal : 75 mg sehari; 6-12 tahun 25-50 mg setiap 6-8jam. maksimal : 150 mg sehari; ≥12 tahun sama dengan dosis dewasa. Untuk mencegah mabuk perjalanan, dosis pertama diberikan setidaknya 30 menit sebelum bepergian.

Sediaan Parenteral Untuk mencegah dan mengobati motion sickness, mual muntah dan vertigo yangdisebabkan oleh penyakit Meniere

Dewasa : 50-100 mg setiap 4 jam via IM atau IV injection lambat dalam 2 menit.

Anak-anak : 1.25 mg/kg 4 x sehari via IM. Maksimal : 300 mg sehari.

Cara menggunakan Dimenhydrinate

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan Dimenhydrinate. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau minum obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Untuk mencegah mabuk perjalanan, ambil dosis pertama 30 hingga 60 menit sebelum memulai perjalanan.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau jika semakin memburuk.

Nama Dagang Dimenhydrinate

  • Dramamine
  • Dramasine
  • Stopmun

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Gunakan Dimenhydrinate sesuai dengan yang dianjurkan. Jangan menggunakan obat mual dan muntah ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.