Katamasa

Cinolon-N Cream Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Cinolon-N adalah cream topikal anti infeksi yang mengandung Neomycin sulphate dan Fluocinolone acetonide. Kegunaan Cinolon-N adalah untuk mengobati penyakit kulit seperti infeksi dermatitis yang disebabkan oleh bakteri tertentu dan disertai radang.

Cream anti infeksi ini diperoduksi oleh Sanbe Farma. Di apotek, Cream ini tersedia berupa Cinolon-N cream 10 gram. Harga Cinolon-N cream 10 gram di kisaran Rp. 17.500 per tube.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat ini. Cinolon-N obat untuk apa, apa manfaat, efek samping, dan apa saja yang perlu diperhatikan selama menggunakan Cinolon-N.

Cinolon-N Obat Apa?

Cinolon-N adalah cream anti infeksi dengan kandungan zat aktif kombinasi Neomycin (antibiotik) dan fluocinolone acetonide (obat kortikosteroid). Obat ini di produksi oleh perusahaan farmasi, yaitu, Sanbe Farma.

Zat aktif

Fluocinolone acetonide adalah obat golongan kortikosteroid sintetis derivat hidrokortison. Fluocinolone acetonide sering dipakai untuk mengurangi radang dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Fluocinolone adalah kortikosteroid topikal yang memiliki sifat imunosupresan, antiinflamasi, antipruritik dan vasokonstriktif. Fluocinolone menginduksi protein penghambat fosfolipase A2 (lipocortin) dan secara berurutan menghambat pelepasan asam arakidonat, sehingga menekan pembentukan, pelepasan, dan aktivitas mediator kimia inflamasi endogen (misalnya. Histamin, kinin).

Neomycin adalah antibiotik golongan aminoglikosida. Neomycin memiliki aksi sebagai bakterisida terhadap berbagai organisme gram positif dan gram negatif. Neomycin menghambat sintesis protein bakteri dengan mengikat ireversibel ke 30S subunit asam ribonomunik ribosom. Neomycin lebih banyak digunakan dalam sediaan seperti cream atau salep untuk mengobati infeksi pada kulit dan mukosa.

Produsen

Cinolon-N cream diproduksi oleh Sanbe Farma.

Kandungan

Kandungan Cinolon-N adalah :

Per 1 gram :

Bentuk Sediaan

Cinolon-N dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi Cinolon-N cream secara singkat :

Informasi ObatCinolon-N
GolonganG (dengan resep)
KomposisiNeomycin dan fluocinolone acetonide
Indikasianti infeksi yang respon kortikosteroid
KontraindikasiHipersensitif
Dosis2-4 x sehari
Aturan Pakaioleskan tipis
Sediaantube cream 10 gram
ProdusenSanbe Farma

Indikasi dan Kegunaan Cinolon-N

Sebelum menggunakan cream anti infeksi ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Cinolon-N adalah untuk mengobati penyakit kulit seperti infeksi dermatosis yang responsif terhadap kortikosteroid yang disertai infeksi sekunder.

Kontraindikasi

Cream anti infeksi ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek Samping Cinolon-N

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Cinolon-N yang bisa terjadi :

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan cream anti infeksi ini :

Penggunaan Cinolon-N Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) telah memasukan Neomycin kedalam kategori D. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun  studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Antibiotik golongan aminoglikosida, termasuk Neomycin mampu melewati plasenta. Meskipun, cream ini hanya digunakan secara topikal, adanya bukti empiris bahwa Neomycin memiliki efek buruk terhadap janin manusia, harus menjadi peringatan serius bagi pasien yang sedang hamil, atau yang berencana untuk hamil.

Antibiotik-antibiotik golongan aminoglikosida diketahui menyebabkan nefrotoksisitas janin dan ototoksisitas permanen pada anak yang ibunya menggunakannya selama kehamilan. Neomycin diklasifikasikan sebagai obat kategori D risiko kehamilan FDA dan tidak boleh digunakan dalam kehamilan kecuali manfaat potensial membenarkan risiko tambahan pada janin.

sumber : Neomycin and pregnancy

Lalu, Amankah Cinolon-N untuk ibu hamil? Keamanan dan kemanjuran cream ini pada ibu hamil dan atau ibu menyusui belum diketahui. Untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, tidak disarankan untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Cinolon-N

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan :

Aturan Pakai Cinolon-N

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Cinolon-N cream adalah obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan cream anti infeksi ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring