Cendo Xitrol Tetes Mata, Salep Mata, dan Minidose : (Info Lengkap)

Cendo Xitrol adalah obat mata produksi Cendo Pharmaceutical. Kegunaan Cendo Xitrol adalah untuk mengobati penyakit mata karena radang yang disertai infeksi bakteri. Di Apotik, obat mata ini tersedia berupa Cendo Xitrol tetes mata (botol), Cendo Xitrol tetes mata (minidose), dan Cendo Xitrol Salep Mata. Kandungan Cendo Xitrol adalah Dexamethasone Sodium phosphate, dikombinasikan dengan neomycin sulphate dan polymixin B sulphate.

Harga Cendo Xitrol botol 5 mL di kisaran Rp. 30.000- Rp. 40.000 per botol, harga Cendo Xitrol minidose 0.6 mL di kisaran Rp. 30.000 – Rp.40.000 per pack, sedangkan harga Cendo Xitrol Salep Mata 3.5 gram di kisaran Rp. 45.000 -Rp.55.000 per tube.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat mata ini. Cendo Xitrol obat apa, apa manfaat, efek samping, dosis dan mengenal zat aktif yang merupakan kandungan Cendo Xitrol.

Cendo Xitrol Tetes Mata, Salep Mata dan Minidose Obat Apa?

Cendo Xitrol adalah obat mata yang mengandung zat aktif Dexamethasone Sodium phosphate, dikombinasikan dengan neomycin sulphate dan polymixin B sulphate. Kegunaan Cendo Xitrol adalah untuk mengobati obat mata karena peradangan yang disertai infeksi bakteri. Obat mata ini diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu Cendo. Obat mata ini bisa diperoleh hanya dengan resep dokter di apotek.

Zat aktif

Dexamethasone adalah kortikosteroid yang termasuk golongan glukokortikoid sintetis. Obat ini digunakan untuk mengobati alergi, sebagai imunosupresan, anti inflamasi dan anti shock. Sebagai anti inflamasi / anti radang, Dexamethasone menekan migrasi neutrofil, mengurangi produksi prostaglandin (mediator inflamasi), dan menyebabkan dilatasi kapiler. Aktivitas ini mengurangi respon tubuh terhadap radang (inflamasi).

Neomycin adalah antibiotik aminoglikosida. Kegunaan antibiotik Neomycin adalah untuk mengobati infeksi oleh bakteri gram negatif.

Polymixin B adalah antibiotik spektrum luas. Antibiotik ini efektif mengatasi infeksi bakteri gram negatif maupun gram positif.

Produsen

Obat mata ini diproduksi oleh Cendo Pharmaceutical.

Komposisi

Kandungan Cendo Xitrol tetes mata (botol 5 mL dan 15 mL) adalah :

Per mL mengandung :

  • Dexamethasone sodium phosphate 1 mg atau 0.1 %
  • Neomycin sulphate setara neomycin base 3.5 mg
  • Polymixin B sulphate 6.000 IU

Kandungan Cendo Xitrol tetes mata minidose adalah :

Baca Juga :  Demacolin Tablet : Obat Flu (Demam, Hidung Tersumbat, Bersin-bersin)

Per mL mengandung :

  • Dexamethasone 0,1 %
  • Neomycin sulphate 3,5 mg
  • Polymixin B sulphate 6.000 IU

Kandungan Cendo Xitrol salep mata adalah :

Per gram mengandung :

  • Dexamethasone 0,1 %
  • Neomycin sulphate 3,5 mg
  • Polymixin B sulphate 6.000 IU

Bentuk Sediaan

Obat mata ini dijual dengan kemasan :

  • Botol 5 mL dan 15 mL tetes mata
  • Sediaan minidose tetes mata
  • Tube 3.5 gram salep mata
cendo xitrol tetes mata, cendo xitrol salep mata, cendo xitrol minidose

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat Cendo Xitrol tetes mata, Salep mata dan minidose secara singkat :

Informasi ObatCendo Xitrol
Golongandengan resep
KomposisiDexamethasone 0,1 %, Neomycin sulphate 3,5 mg, Polymixin B sulphate 6.000 IU
Indikasisakit mata karena radang dan infeksi bakteri
Kontraindikasihipersensitif
Dosis1-2 tetes setiap 1 jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada waktu malam hari.
Aturan PakaiJangan menyentuh ujung tube/botol dengan tangan atau benda lain
Sediaanbotol 5 mL dan 15 mL; minidose; tube 3.5 gram salep
ProdusenCendo Pharmaceutical

Indikasi dan Kegunaan Cendo Xitrol Tetes mata, salep mata, dan Minidose

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko Cendo Xitrol. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Cendo Xitrol tersedia dalam berbagai sediaan, yaitu botol tetes mata, minidose tetes mata, dan salep mata. Pemilihan bentuk sediaan disesuaikan dengan kebutuhan pengobatan.

Kegunaan Cendo Xitrol tetes mata, salep mata dan minidose adalah :

  • Radang pada mata yang disertai oleh infeksi oleh bakteri yang peka terhadap Neomycin dan Polymixin.
  • Uveitis anterior kronis dan luka pada kornea mata yang disebabkan iritasi bahan kimia, panas, dan benda asing.
  • Radang pada segmen anterior yang disertai infeksi.
  • Blefaritis tidak bernanah, konjungtivits tidak bernanah, skleritis, tukak kornea dan keratitis.

Kontraindikasi

Obat mata ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

  • Hipersensitif pada salah satu komposisi obat mata ini.
  • Penderita glaukoma, epitheial herpes simplex keratitis, sakit mata yang disebabkan oleh virus lainnya, dan sakit mata yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Efek Samping Cendo Xitrol Tetes mata, Salep Mata, dan Minidose

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Cendo Xitrol tetes mata, salep mata, dan minidose yang mungkin terjadi :

  • Sensasi terbakar, rasa gatal, iritasi, dan infeksi sekunder. Efek samping ini terutama terjadi pada pemakaian jangka panjang.
  • Reaksi hipersensitif.

Peringatan

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat sakit mata ini :

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki riwayat hipersensitif terhadapnya. Hentikan pemakaian obat sakit mata ini jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi, misalnya : ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, arthralgia, pucat.
  • Sebelum menggunakan obat sakit mata ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama : glaukoma, epitheial herpes simplex keratitis, sakit mata yang disebabkan oleh virus lainnya, dan sakit mata yang disebabkan oleh infeksi jamur .
  • Waspadai terjadinya katarak subkapsular posterior, glaukoma dengan kemungkinan kerusakan pada saraf optik, dan infeksi okular sekunder oleh jamur atau virus. Hal ini sering terjadi pada penggunaan obat mata yang mengandung kortikosteroid secara jangka panjang.
  • Waspadai terjadinya superinfeksi (pertumbuhan bakteri yang berlebihan). Hal ini terjadi pada penggunaan antibiotik secara tidak benar.
  • Penggunaan obat golongan kortikosteroid pada sakit mata terkadang menyebabkan masking effect, yaitu situasi penderita merasa sudah sembuh padahal infeksi sedang meningkat.
  • Bila obat mata ini digunakan lebih dari 10 hari, lakukan pemeriksaan tekanan okular mata.
Baca Juga :  Diltiazem Hcl Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Penggunaan Cendo Xitrol Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Dexamethasone dan Polymixin dalam kategori C, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Neomycin dalam kategori D, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupunĀ  studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Idealnya, wanita hamil harus menghindari penggunaan obat-obatan, terutama selama 3 bulan pertama.

Penyerapan sistemik obat-obatan mata topikal merupakan fenomena mapan dan dapat berkontribusi terhadap efek sistemik yang tidak diinginkan. Efek ini umumnya diabaikan pada pasien sehat, tetapi harus dipertimbangkan dengan hati-hati pada populasi tertentu seperti pada wanita hamil dan anak-anak.

Ada beberapa cara untuk meminimalkan penyerapan sistemik obat-obatan topikal, tetapi metode ini tidak mencegahnya sepenuhnya. Karena itu, pertimbangan yang cermat harus diambil untuk menghindari efek sistemik yang tidak diinginkan.

Obat-obat kortikosteroid sistemik adalah kontraindikasi relatif pada kehamilan karena teratogenesis dan perannya dalam CSCR; Namun tidak ada efek teratogenik yang diketahui dari steroid topikal.

Antibiotik yang diketahui aman selama kehamilan termasuk erythromycin, ophthalmic tobramycin, ophthalmic gentamicin, polymyxin B, dan antibiotik golongan kuinolon. Antibiotik yang harus dihindari selama kehamilan termasuk chloramphenicol, neomycin, dan tetracycline. (Sumber : Pertimbangan pengobatan mata saat hamil).

Interaksi

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Baca Juga :  Albendazole Obat Apa? Dosis, Kegunaan, Efek Samping

Dosis Cendo Xitrol tetes mata, salep mata, dan Minidose

Berikut adalah dosis yang lazim digunakan untuk setiap sediaan yang tersedia :

A. Dosis Cendo Xitrol tetes mata (botol 5 mL & 15 mL)

Di bawah ini adalah aturan dosis Cendo Xitro tetes mata botol :

  • 1-2 tetes setiap 1 jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada waktu malam hari.
  • Dosis bisa dikurangi saat gejala telah berkurang, yaitu diturunkan menjadi, 1 tetes setap 4 jam.

B. Dosis Cendo Xitrol Minidose

Di bawah ini adalah aturan dosis Cendo Xitrol Minidose :

  • 1-2 tetes setiap 1 jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada waktu malam hari.
  • Dosis bisa dikurangi saat gejala telah berkurang, yaitu diturunkan menjadi, 1 tetes setap 4 jam.

C. Dosis Cendo Xitrol Salep Mata

Di bawah ini adalah aturan dosis Cendo Xitrol Salep Mata :

  • Secukupnya (1 cm) setiap 1 jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada waktu malam hari.
  • Dosis bisa dikurangi saat gejala telah berkurang, yaitu diturunkan menjadi, secukupnya (1 cm) setap 4 jam.

Aturan pakai Cendo Xitrol tetes mata, salep mata, dan minidose

  • Baca Panduan Pengobatan yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat sakit mata ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respons terhadap pengobatan. Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.
  • Cuci tangan Anda sebelum menggunakan obat sakit mata ini.
  • Buka penutup botol/tube/minidose. Jangan menyentuh ujung tube dengan tangan atau benda lain.
  • Condongkan kepala ke belakang dan tarik kelopak bawah mata yang akan diolesi/ditetesi obat hingga membentuk kantung.
  • Teteskan obat/oleskan salep dengan tangan lainnya, sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Setelah pengobatan selesai, kedipkan mata perlahan, kemudian tutup mata selama 2-3 menit.
  • Tutup kembali ujung tube dan cuci tangan hingga bersih.
  • Gunakan obat sakit mata ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan menghentikan pengunaan obat sebelum durasi waktu yang disarankan.
  • Katakan kepada dokter jika kondisi Anda memburuk.

Artikel Pengetahuan Obat lainnya :

Cendo Xitrol tetes mata, Cendo Xitrol salep mata dan Cendo Xitro minidose adalah obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Jangan menggunakan obat sakit mata ini melebihi dosis dan durasi yang telah diresepkan oleh dokter. Penggunaan yang berlebihan tidak akan meningkatkan manfaat obat ini namun justru akan meningkatkan efek sampingnya.