Katamasa

Carbotrap 50 mg & 100 mg Tablet (Acarbose) : Info Lengkap

Carbotrap adalah obat yang mengandung Acarbose. Kegunaan obat Carbotrap adalah sebagai terapi tambahan untuk mengobati Diabetes mellitus (kencing manis) dalam kombinasi dengan diet.

Di Apotik, obat ini tersedia berupa Carbotrap 50 mg tablet dan Carbotrap 100 mg tablet.

Obat Carbotrap Acarbose diproduksi oleh Fahrenheit.

Harga Carbotrap 50 mg Tablet di kisaran Rp. 20.000 per pepel, sedangkan harga Carbotrap 100 mg tablet di kisaran Rp. 30.000 per pepel.

Dalam artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai obat penurun gula darah ini. Carbotrap obat apa, apa manfaatnya, efek sampingnya, dan mengenal merk-merk obat yang mengandung Acarbose lainnya.

Carbotrap Obat Apa?

Carbotrap adalah obat yang mengandung zat aktif Acarbose. Obat ini diproduksi oleh perusahaan farmasi, yaitu Fahrenheit.

Obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter di apotek. Ada 2 jenis, yaitu obat Carbotrap 50 mg tablet dan Carbotrap 100 mg tablet.

Zat aktif

Acarbose adalah obat diabetes yang termasuk golongan inhibitor alpha glukosidase.

Obat ini secara kompetitif dan reversibel menghambat α-amilase pankreas dan batas sikat usus α-glukosidase, sehingga hidrolisis karbohidrat kompleks dan disakarida dan penyerapan glukosa menjadi tertunda.

Produsen

Obat Carbotrap diproduksi oleh Fahrenheit.

Komposisi

Kandungan Obat Carbotrap 50 adalah :

Per tablet :

Kandungan Obat Carbotrap 100 adalah :

Per tablet :

Bentuk Sediaan

Obat kencing manis ini dijual dengan kemasan :

Ringkasan

Berikut tabel yang memuat informasi obat yang mengandung Acarbose secara singkat :

Informasi ObatAcarbose
GolonganDengan resep
Indikasidiabetes mellitus tipe 2
Dosis25 mg 3 x sehari, dapat ditingkatkan menjadi 100 mg 3 x sehari
Aturan Pakaiobat harus diminum pada awal makanan utama
KontraindikasiHipersensitif
Sediaantablet 25 mg
Merk yang tersediaAcrios, Capribose, Carbotrap, Eclid, Glubose, Glucobay

Indikasi dan Kegunaan Carbotrap

Sebelum menggunakan obat ini, harus benar-benar sudah mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko yang mungkin terjadi. Gunakan dosis efektif terendah untuk durasi terpendek yang konsisten dengan tujuan perawatan pasien.

Kegunaan Carbotrap adalah sebagai berikut :

Penggunaan obat sebaiknya disertai dengan program diet dan olahraga yang tepat.

Mengontrol gula darah tinggi membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota badan, dan masalah fungsi seksual.

Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Carbotrap bekerja di usus untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dari makanan. Efek ini membantu mengurangi gula darah naik setelah makan.

Kontraindikasi

Obat kencing manis ini kontraindikasi pada pasien berikut ini :

Efek samping Carbotrap

Selain memberikan efek yang dibutuhkan, sebagian besar obat dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, penggunaan obat tetap harus dilakukan secara hati-hati. Segera dapatkan perawatan medis yang sesuai jika efek samping yang parah terjadi.

Berikut adalah beberapa efek samping Carbotrap yang mungkin bisa terjadi :

Perhatian

Waspadai hal-hal di bawah saat menggunakan obat kencing manis Carbotrap :

Penggunaan Carbotrap Untuk ibu hamil atau ibu menyusui

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas diperlukan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter.

Amankah Carbotrap untuk ibu hamil? FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) menempatkan Acarbose dalam kategori B, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan tidak  menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Data dari Unit Penelitian tentang Penyakit Endokrin, Rumah Sakit Spesialisasi dari Pusat Medis Nasional, Institut Jaminan Sosial Meksiko, Meksiko, D.F. tentang efektivitas acarbose dalam kontrol toleransi glukosa pada kehamilan :

Enam wanita hamil yang mengalami peningkatan kadar glukosa darah saat puasa dan postprandial diobati dengan acarbose.

Obat diberikan tiga kali sehari sebelum makan.

Hasilnya : Pada semua pasien kadar glukosa puasa dan postprandial dinormalisasi; kehamilan berjalan lancar dan bayi baru lahir dianggap normal. Acarbose dikaitkan dengan ketidaknyamanan usus yang bertahan selama seluruh kehamilan.

sumber : efektivitas acarbose pada peningkatan kadar glukosa darah saat hamil

Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke ASI. Konsultasikan dengan dokter sebelum menyusui.

Interaksi Obat

Interaksi dengan obat lain dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping yang serius. Beritahu dokter dan apoteker tentang obat apa saja yang sedang Anda konsumsi. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Berikut interaksi obat yang mungkin terjadi :

Dosis Carbotrap

Dosis harus disesuaikan oleh dokter agar sesuai dengan setiap pasien, karena kemanjuran dan tolerabilitas bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Kecuali ditentukan lain, dosis yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

Dosis dapat ditingkatkan setelah 4-8 minggu, dan jika pasien menunjukkan respon klinis yang tidak memadai dalam perjalanan perawatan selanjutnya.

Penyesuaian Dosis

Aturan Pakai Carbotrap

Artikel Pengetahuan Obat lainnya

Carbotrap Acarbose 50 mg dan 100 mg tablet harus digunakan dengan tepat sesuai yang dianjurkan. Jangan menggunakan obat ini secara tidak wajar. Penggunaan obat yang berlebihan atau tidak sesuai aturan tidak akan meningkatkan khasiatnya namun justru meningkatkan efek sampingnya.

Sharing is caring