9 Cara Screenshot di PC Windows, Laptop, atau Tablet

cara screenshot di pc, laptop, tablet

Cara screenshot di pc, laptop, atau di tablet sangat mudah. Hanya dengan mengandalkan pintasan keyboard dan aplikasi photo editor hasil screenshot yang bagus sudah bisa dihasilkan

Cara Screenshot – Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar (screenshot), baik itu di komputer desktop (PC), laptop atau tablet. Jika Anda pengguna Windows dan perlu mengambil screenshot dengan cepat, atau ada masalah pada tombol “PrtScn” pada keyboard, atau Anda hanya ingin mengambil screenshot jendela aktif alih-alih seluruh layar, atau mungkin Anda ingin mengambil screenshot dari area tertentu di layar, atau mungkin Anda bermain game di Windows, dan ingin mengabadikan pencapaian Anda dengan screenshot, maka tips dari kami mungkin akan berguna bagi Anda.

Ada banyak aplikasi Windows, berbayar atau gratis, yang bisa digunakan mengambil screenshot. Sebelum Anda menginstal aplikasi tersebut, lebih baik mencoba dulu cara screenshot yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

1. Tombol pintasan keyboard : PrtScn atau CTRL + PrtScn

Cara pertama juga yang paling dikenal dan bisa diterapkan pada semua versi Windows adalah dengan menggunakan tombol di keyboard Anda.

  • Tekan tombol PrtScn (Print Screen) atau tombol CTRL + PrtScn. Windows akan mengambil screenshot seluruh layar dan menyimpannya ke clipboard.
  • Selanjutnya, buka program pengeditan gambar seperti Paint dan “paste” gambar dari clipboard.
  • Anda dapat menyimpannya sebagai file setelah melakukan pengeditan yang diperlukan.

2. Tombol pintasan keyboard : logo Windows + PrtScn

Jika Anda ingin mengambil screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya sebagai file di hard drive, tanpa menggunakan alat lain, begini caranya :

  • Tekan Windows + PrtScn pada keyboard Anda. Maka Windows akan menyimpan hasil screenshot.
  • Untuk menemukannya buka “Folders -> Pictures -> Screenshots.” File ini bernama “Screeenshot (number) .png,” di mana jumlahnya bervariasi berdasarkan berapa banyak screenshot yang Anda ambil.
Baca Juga :  Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

Selain membuat file dengan tangkapan layar, Windows juga menempatkan salinan tangkapan layar di clipboard. Sehingga jika Anda tidak menemukan file yang dimaksud, Anda bisa membuka program pengeditan gambar seperti Paint dan “paste” gambar dari clipboard.

3. Tombol pintasan keyboard : Alt + PrtScn

Anda juga dapat mengambil screenshot dari jendela aktif.

  • Buka tab yang ingin Anda ambil dan tekan “Alt + PrtScn” di keyboard Anda.
  • Tangkapan layar disimpan di clipboard.
  • Buka Paint atau aplikasi pengeditan foto lainnya dan “paste” gambar sehingga Anda dapat mengeditnya dan menyimpannya ke komputer atau perangkat Windows Anda.

Cara screenshot di laptop dengan tombol “Fn”

Tiga metode pertama akan berhasil dengan sangat baik pada komputer desktop (PC) yang menggunakan operating system Windows atau perangkat Windows dengan keyboard standar. Namun, jika Anda memiliki laptop atau perangkat yang memiliki tombol “Fn”, maka dalam 1 tombol terkadang memiliki 2 fungsi.

Misalnya “ins” dan “PrtScn”. Jika ternyata “PrtScn” terletak pada bagian atas tombol maka ketika Anda menekan tombol tersebut, Windows tidak akan mengambil screenshot. Sebagai gantinya, gunakan salah satu dari cara berikut :

  • Fn + PrtScn – membuat screenshot dari seluruh layar dan menyalinnya ke clipboard. Ini setara dengan menekan tombol PrtScn di keyboard standar.
  • Fn + Windows + PrtScn – mengambil screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya sebagai file di hard drive, tanpa menggunakan alat lain. Windows menyimpan hasil screenshot di pustaka Gambar, di folder Screenshots. Ini sama seperti menekan Windows + PrtScn pada keyboard standar.
  • Fn + Alt + PrtScn – mengambil screenshot dari jendela aktif. Ini setara dengan menekan Alt + PrtScn pada keyboard standar.

Jika Anda memiliki keyboard dimana 1 tombol memiliki 2 fungsi tetapi “PrtScn” terletak di bagian bawah, maka tidak perlu menggunakan Fn. Cukup tekan tombol itu maka Windows akan mengambil screenshot.

Pada beberapa keyboard laptop, tombol PrtScn mungkin tidak melakukan dua atau lebih tindakan. Namun, itu tidak akan berfungsi sampai Anda menekan tombol Fn lock. Pada keyboard tersebut, tombol Fn berfungsi sebagai kunci untuk fungsi dan tombol multimedia di bagian atas, termasuk tombol screenshot.

Jika Anda memiliki keyboard seperti itu, tekan tombol Fn untuk membuka kunci baris atas dan kemudian gunakan pintasan yang kami jelaskan di tiga bagian pertama artikel ini.

Baca Juga :  Perbandingan Laptop dengan Komputer, Pilih Mana?

Cara screenshot tablet Surface Pro dari Microsoft dengan Windows 10

Jika Anda memiliki tablet Surface Pro dari Microsoft dengan Windows 10, Anda perlu menggunakan pintasan keyboard yang berbeda, karena tidak ada kunci PrtScn di Type Cover. Sebaliknya, Microsoft menawarkan cara pintas khusus Surface-perangkat berikut untuk Windows 10:

  • Fn + Spasi – cara pintas ini menyimpan gambar layar Anda saat ini ke clipboard, sehingga Anda dapat menempelkannya ke aplikasi apa pun. Ini setara dengan menekan tombol PrtScn standar.
  • Fn + Alt + Spacebar – pintasan ini menyimpan tangkapan layar dari jendela aktif, ke clipboard sehingga Anda dapat menempelkannya ke aplikasi apa pun. Ini setara dengan menekan pintas keyboard Alt + PrtScn.

4. Tombol pintasan keyboard : Windows + Shift + S (hanya Windows 10)

Jika Anda menggunakan Windows 10,

  • Tekan Windows + Shift + S. Setelah itu layar akan meredup, dan kursor ditampilkan, yang dapat Anda gunakan untuk menentukan area di layar yang ingin Anda masukan ke dalam screenshot.
  • Tekan tombol mouse kiri-klik, tentukan area gambar yang ingin Anda ambil dan lepaskan tombol mouse.
  • Jika Anda memiliki layar sentuh, gambar area yang ingin Anda ambil dengan jari (atau pena) di layar.
  • Tangkapan layar disimpan ke papan klip. Buka Paint atau aplikasi pengeditan foto lainnya dan paste hasil tangkapan layarnya sehingga Anda dapat mengedit dan menyimpannya.

Fitur ini awalnya merupakan bagian dari OneNote tetapi telah ditambahkan ke Windows 10. Fitur ini sangat bagus dan bermanfaat.

5. Gunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi desktop yang bagus untuk mengambil screenshot. Ini dapat membuat semua jenis screenshot, dan Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan beberapa pengeditan ringan. Cari kata-kata “snipping tool” di kotak pencarian Start Menu (jika Anda menggunakan Windows 10 atau Windows 7) atau di layar Start (jika Anda menggunakan Windows 8.1) dan klik atau ketuk pada hasil pencarian yang sesuai.

6. Gunakan aplikasi Snip & Sketch (hanya Windows 10)

Ketika adanya update Oktober 2018, Windows 10 membawa aplikasi baru yang dimaksudkan untuk menggantikan Snipping Tool. Untuk saat ini, kedua aplikasi tersedia di Windows 10. Snip & Sketch menambahkan fitur baru dan, seperti namanya, mereka fokus untuk memodifikasi (membuat sketsa) screenshot setelah Anda mengambilnya. Snip & Sketch memiliki lebih dari satu metode untuk menangkap tangkapan layar.

Baca Juga :  10 Penyebab Gagal Booting Pada Laptop dan Komputer Desktop

Yang pertama adalah menekan tombol New di Snip & Sketch app atau pintasan keyboard CTRL + N. Snip & Sketch menawarkan tiga opsi untuk mengambil tangkapan layar : rectangular, free-form, dan fullscreen.

Setelah screenshot diambil, Snip & Sketch membuka jendela pengeditan yang siap untuk memproses hasil screenshot lebih jauh.

7. Cara screenshot di tablet Surface atau tablet Windows lainnya

Jika Anda memiliki tablet Windows, seperti Microsoft Surface, HP ENVY, atau Tablet Lenovo 10, dan Anda menggunakannya tanpa keyboard yang melekat padanya, maka kunci PrtScn tidak tersedia. Solusi terbaik adalah menggunakan tombol lain yang tersedia di tablet Anda. Pada sebagian besar (jika tidak semua) tablet Windows, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh dengan menekan logo Windows dan tombol Volume Turun pada saat yang bersamaan.

Setelah menekan kedua tombol itu, layar akan menjadi lebih gelap. Ini menandakan bahwa screenshot dibuat. Anda bisa mencari hasil scrennshot di galery Gambar Anda, di folder Screenshots. Harap dicatat bahwa Snip & Sketch memiliki antarmuka pengguna yang baik untuk layar sentuh, dan ini adalah opsi yang baik untuk tablet Windows 10.

8. Tombol pintasan keyboard : logo Windows + Alt + PrtScn

Pada Windows 10, Microsoft telah memperkenalkan Game Bar yang dapat digunakan saat bermain game. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan Game Bar ini adalah mengambil screenshot dari jendela permainan yang aktif.

  • Saat bermain game, tekan tombol Windows + Alt + PrtScn, dan tangkapan layar secara otomatis dibuat dan disimpan di komputer atau perangkat Windows 10 Anda.
  • Anda juga dapat membuka Game Bar dengan menekan Windows + G, lalu klik atau ketuk tombol “Game capturing” .

hasil screenshot disimpan di pustaka Video Anda, di folder Captures. Nama filenya mencakup nama game yang Anda mainkan serta tanggal dan waktu ketika screenshot dibuat.

9. Cara screenshot dengan Share charm (hanya Windows 8.1)

Windows 8.1 telah meningkatkan konsep Charms dari Windows 8, dan mereka juga dapat digunakan untuk mengambil dan berbagi screenshot.

Cara Screenshot mana yang paling Anda sukai?

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk mengambil screenshot di Windows. Kecuali Anda memiliki kebutuhan yang rumit, Anda dapat menggunakan tombol dan fitur bawaan, tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga untuk kebutuhan ini. Anda mendapatkan hasil yang sama, dan dengan cara yang mudah.