4 Cara Resize Foto Paling cepat dan Mudah

Cara resize foto – Banyak orang mengeluh susah mengupload foto, baik itu sebagai foto profil atau sekadar sharing foto di Facebook, Instagram atau media sosial lainnya. Hal ini terjadi disebabkan oleh ukuran file foto terlalu besar atau bisa juga karena koneksi internet yang tidak baik. Untuk mengatasinya, ukuran file foto yang akan diunggah harus diperkecil terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara resize foto tanpa mengurangi kualitas foto itu sendiri?

Dalam artikel ini kita akan mempelajari bagaimana cara resize foto lewat HP, di komputer desktop, atau secara online. Aplikasi yang digunakan juga bermacam-macam. Di komputer desktop/laptop, ada cara resize foto di paint atau dengan MS Office. Sedangkan, cara resize foto secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagagi situs yang memberikan service ini secara gratis. Namun, Anda harus berhati-hati. Jangan menggunakan situs-situs resize foto online untuk foto-foto Anda yang penting secara privasi.

Cara Resize Foto dengan MS Office Picture Manager

Semua komputer, baik itu desktop atau pun laptop pasti memiliki aplikasi MS Office. Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi wajib, karena di dalamnya berisi MS Word, Excell dan lain-lain. MS Office juga memiliki fitur penampil foto, yang disebut MS Office Picture Manager. Aplikasi ini, selain digunakan untuk menampilkan foto, juga bisa digunakan sebagai cara resize foto tanpa mengurangi kualitas foto secara signifikan. Jadi, yang berkurang hanya ukurannya saja.

Cara resize foto menggunakan MS Office picture manager :

  • Klik kanan pada foto yang akan diedit
  • Cari “Open With”, lalu pilih “Microsoft Office Picture Manager”
  • Setelah aplikasi terbuka, Klik “Edit Picture”
Baca Juga :  Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu Tiap Merk Smartphone
cara resize foto dengan Microsoft Office picture manager 1
  • Klik “Compress Picture”
cara resize foto dengan Microsoft Office picture manager 2

Terdapat 4 pilihan yang akan muncul, yaitu :

  • Don’t Compress
  • Documents (resolusi 1024 x 768 px)
  • Web pages (resolusi 448 x 336 px)
  • E-mail Messages (resolusi 160 x 160 px)
cara resize foto dengan Microsoft Office picture manager 3
  • Setelah menentukan ukuran foto yang dikehendaki, tekan “OK”.
  • Simpan foto hasil editan ini dengan cara klik “Menu”, kemudian “Save As” untuk menyimpan foto dengan nama file berbeda, supaya file asli tetap bisa dipertahankan.

Cara resize Foto di Paint pada Laptop/PC

Selain menggunakan aplikasi Microsoft office Manager, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Paint, baik untuk memperbesar, memperkecil atau mengedit foto secara keseluruhan.

Berikut adalah cara resize foto di Paint :

  • Klik kanan pada foto yang akan diedit
  • Cari “Open With”, lalu pilih “Paint”
  • Setelah aplikasi terbuka, Klik “Resize” di Toolbar di kiri atas layar komputer Anda
cara resize foto di paint
  • Setelah muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik “fixel”. Di sini, Anda bisa mengatur ukuran foto sesuai kebutuhan Anda.
cara resize foto di paint 2
  • Jika ukuran yang diinginkan sudah sesuai, klik “OK”.
  • Selanjutnya simpan foto editan dengan cara klik menu, “Save As”, kemudian pilih format file sesuai kebutuhan Anda. Misal, jika ingin foto kualitas baik, pilih format PNG atau JPG. Jika ingin kualitas yang lebih rendah bisa pilih format GIF.

Cara Resize Foto lewat HP Android

Saat ini, hampir semua orang memiliki Smartphone. Selain jenis Iphone, sebagian besar menggunakan Smartphone berbasis Android. Smartphone-smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur aplikasi tambahan yang dengan gampang didapatkan di toko aplikasi google playstore.

Untuk keperluan resize foto lewat HP Android, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah PicsArt Photo Studio.

Berikut adalah cara resize foto lewat HP Android menggunakan aplikasi PicsArt Photo Studio :

  • Download aplikasi PicsArt Photo Studio di Google Play Store
  • Install aplikasi editor foto ini sampai seluruh proses selesai.
  • Buka aplikasi.
  • Pada layar utama, pilih tombol +. Letaknya di tengah-tengah pada menu bagian bawah.
  • Pilih opsi Edit untuk membuka menu editor gambar.
  • Sebelum Anda masuk ke menu pengeditan gambar, terlebih dahulu harus memilih foto yang ingin diedit.
  • Setelah foto/gambar yang akan diedit telah dipilih, tekan opsi Tools dan pilih Resize.
  • Di sini Anda bisa mengatur lebar/Width atau tinggi/Height foto sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah selesai, klik RESIZE.
  • Selanjutnya klik tombol anak panah pada bagian pojok kanan atas.
  • Pilih Save pada menu Share
  • Terakhir, pilih opsi Save untuk menyimpan foto hasil pengeditan ke memori Smartphone Android Anda.
Baca Juga :  Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

Sebenarnya, sebagian besar smartphone telah dilengkapi aplikasi pengedit foto bawaan. Namun, kadang fitur-fiturnya tidak begitu lengkap. Oleh karena itu, jika menginginkan aplikasi pihak ke 3, Anda bisa mencoba PicsArt Photo Studio.

Cara Resize Foto Online

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi, baik itu di Smartphone Android atau Komputer desktop dan laptop, memperbesar atau memperkecil foto bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan situs-situs yang memberikan service ini secara gratis. Hanya saja, Anda membutuhkan koneksi internet untuk keperluan ini.

Berikut adalah beberapa situs yang memberikan service cara resize foto online :

www.imageoptimizer.net. Selain memberikan service pengeditan foto secara online, tersedia juga pilihan download untuk Anda install di PC. Di situs ini, Anda bisa meng- compress foto secara proporsional sesuai kebutuhan. Misal, file foto dengan resolusi  3088 x 2056 px (2,819  MB) dapat dikompress menjadi 1024 x 681 (549 KB). Dari segi kualitas, tidak terlalu buruk meskipun ukuran file turun secara signifikan.

www.jpeg-optimizer.com . Di situs ini tersedia level compress foto dari 0 – 99 dan atau menurut ukuran lebarnya saja. Anda bisa memilih level compress sesuai kebutuhan dengan memperhatikan kualitas foto setelah proses compress selesai. Semakin kecil ukuran file, tentu saja kualitas foto semakin rendah.

www.compressnow.com, di situs ini, kita bisa memilih ukuran file foto sesuai kebutuhan. Misal, Anda menginginkan ukuran foto sebesar 300 kb. Maka, seumpama ukuran foto asli dengan resolusi 3088 x 2056 px  (2,819  MB) dapat di compress sampai 52% untuk menghasilkan resolusi yang sama (3088 x 2056 px), tetapi ukuran file menjadi hanya 289 KB. Dengan cara ini, kualitas foto memang menurun, namun tidak terlalu nampak berbeda.

Baca Juga :  Daftar Merk Smartphone Terbaik Dan Terpopuler di Dunia

www.jpegreducer.com, di situs ini, kita hanya perlu mengupload foto yang akan dikompres. Situs akan secara otomatis menghasilkan gambar/foto hasil compress dengan berbagai ukuran resolusi, dan dengan berbagai level kompres dapat menghasilkan berbagai ukuran file, tetapi mempertahankan resolusi foto/gambar aslinya. Misal, gambar asli dengan resolusi 2560 x 1758 px (1,39 MB)  dapat dicompress dengan level 50% menjadi seukuran 244.18 kb, tetapi resolusi tetap sama, yaitu, 2560 x 1758 px. Kualitas foto memang menurun, tetapi tidak kasat mata.

Demikian artikel tips dan trik cara resize foto dengan berbagai cara. Baik secara offline menggunakan aplikasi Paint atau MS Office, menggunakan aplikasi android, atau menggunakan jasa situs-situs yang memberikan service meng-compress foto secara gratis.