11 Cara Mengurangi Radiasi Komputer dan Laptop

Cara Mengurangi Radiasi Komputer dan LaptopKomputer, apa pun jenisnya, baik desktop atau laptop sudah menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan. Namun, layaknya perangkat elektronik lainnya, komputer memancarkan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu radiasi komputer atau laptop, dan bagaimana cara mengurangi radiasi komputer supaya tetap aman saat menggunakannya.

Apa itu radiasi komputer dan laptop?

Sebagian besar dari kita terbiasa dengan kenyamanan kehidupan modern. Tetapi sedikit dari kita yang menyadari kemungkinan adanya risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh gadget yang kita gunakan.

Gadget seperti komputer desktop, laptop, smartphone, dll mengirimkan aliran gelombang energi tak kasat mata yang dikhawatirkan oleh beberapa ahli, berbahaya bagi kesehatan. Gelombang energi ini disebut EMF, medan listrik dan energi, atau radiasi.

Ada dua jenis paparan EMF. Pertama, radiasi tingkat rendah, juga disebut radiasi non-ionisasi, ringan dan dianggap tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Peralatan seperti oven microwave, ponsel, router Wi-Fi, serta saluran listrik dan MRI, mengirimkan radiasi tingkat rendah.

Yang kedua adalah radiasi tingkat tinggi, yang disebut radiasi pengion. Contoh radiasi ini misalnya, sinar ultraviolet dari matahari dan sinar-X dari mesin pencitraan medis.

Radiasi komputer atau laptop termasuk kategori radiasi non-ionisasi / radiasi tingkat rendah. Secara umum, radiasi komputer dianggap tidak berbahaya bagi kesehatan.

Namun, jika intensitas pemakaian gadget sangat tinggi, risiko bahaya akan meningkat.

Menurut beberapa ilmuwan, EMF dapat mempengaruhi fungsi sistem saraf tubuh dan menyebabkan kerusakan sel. Kanker dan pertumbuhan yang tidak biasa mungkin merupakan salah satu gejala paparan EMF yang sangat tinggi. Gejala lain mungkin termasuk : gangguan tidur, termasuk insomnia; sakit kepala; depresi dan gejala depresi; kelelahan; dysesthesia (sensasi menyakitkan, gatal); kurangnya konsentrasi; perubahan memori; pusing; sifat lekas marah; kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan; kegelisahan dan kecemasan; mual; kulit terbakar dan kesemutan; perubahan dalam electroencephalogram (yang mengukur aktivitas listrik di otak).

sumber : Bahaya Paparan EMF untuk kesehatan
gambar cara mengurangi radiasi komputer atau laptop

11 Cara Mengurangi Radiasi Komputer atau Laptop

Tidak perlu terlalu khawatir berlebihan terhadap bahaya radiasi komputer atau laptop. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi intensitas paparannya. Pemakain komputer/laptop yang tepat akan meminimalisir risiko bahaya terhadap kesehatan Anda.

Baca Juga :  12 Hal Yang Harus Dicek Saat Membeli Laptop Baru atau Desktop

Di bawah ini adalah beberapa cara mengurangi radiasi komputer atau laptop yang bisa Anda terapkan :

1. Memasang filter/pelindung layar anti radiasi

Cara mengurangi radiasi komputer yang paling mudah adalah memasang alat untuk mengurangi radiasi monitor. Filter anti radiasi layar komputer bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah.

Selain di toko-toko komputer offline, filter anti radiasi laptop bisa Anda beli di banyak toko online.

2. Gunakan Monitor LCD atau LED

Monitor LCD dan LED memancarkan radiasi jauh lebih rendah dibandingkan monitor tabung. Selain itu, monitor LCD dan LED juga lebh hemat energi.

Jadi, jika saat ini komputer desktop Anda masih menggunakan monitor tabung, sebaiknya segera ganti dengan LCD atau LED.

3. Jaga jarak dari layar monitor

Cara mengurangi radiasi komputer yang mudah lainnya adalah dengan menjaga jarak dari layar komputer atau laptop. Jarak aman adalah sekitar 50-100 cm.

Jarak yang tepat juga baik secara ergonomi. Pastikan Anda tidak terlalu menunduk atau menengadah saat menggunakan komputer.

4. Atur kecerahan cahaya laptop

Cahaya layar laptop yang terlalu terang tidak baik untuk kesehatan. Berbahaya bagi mata sudah pasti. Selain itu, cahaya yang terlalu terang identik dengan paparan radiasi yang lebih besar yang berbahaya bagi kesehatan.

Tapi jangan mengatur cahaya laptop terlalu redup. Cahaya yang redup juga tidak baik bagi kesehatan. Atur sesuai dengan kebutuhan saja.

Baca juga : Cara mengatur kecerahan cahaya laptop di windows 7, 8, dan 10

5. Jangan terlalu sering mengaktifkan wifi

Wifi sangat membantu untuk terhubung internet. Masalahnya, Wifi memancarkan radiasi RF, sejenis radiasi EMF yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan wifi. Lebih disarankan menggunakan jaringan internet kabel, yang lebih aman.

Baca Juga :  Tips Membeli Laptop Second/Bekas dan Cara Mengecek yang Benar

6. Jangan main Laptop di atas Pangkuan

Main laptop di atas pangkuan, terutama ketika laptop terhubung ke Wifi, benar-benar buruk bagi kesehatan Anda. Tentu saja, sangat nyaman main laptop di atas kasur, atau di sofa, atau di kursi malas sambil selonjoran. Namun, percayalah risikonya tidak sepadan.

Baca juga : tips aman dari bahaya main laptop di atas kasur

Radiasi laptop bisa mengganggu kesuburan. Baik itu radiasi RF dari wifi atau panas dari baterai laptop sama bahayanya.

Jika Anda tetap ingin menggunakan laptop di pangkuan Anda, setidaknya cobalah untuk meletakkannya di atas bantal atau selimut tebal untuk mengurangi jarak dan paparan panas. Juga, jika mungkin, matikan koneksi nirkabel, karena radiasi RF dari wifi adalah salah satu bahaya terbesar.

7. Gunakan ground

Radiasi medan listrik dapat menyebabkan masalah saat Anda menggunakan laptop. Dengan gejala yang mirip dengan paparan radiasi EMF umum.

Masalah ini paling sering terjadi karena laptop terhubung langsung ke sumber listrik (di-charge), tetapi tidak terhubung ke ground.

Laptop yang terhubung langsung ke sumber listrik, tetapi tidak terhubung ke ground, saat pergelangan tangan Anda berada pada body laptop, Anda dapat menyerap sejumlah besar radiasi medan listrik.

Mungkin Anda pernah merasakan hal-hal seperti gelisah, lelah, tidak nyaman, kesemutan di pergelangan tangan, dan sakit atau nyeri di pergelangan tangan, terutama saat Anda mengetik untuk waktu yang lama.

Beberapa orang berfikir gejala-gejala itu terjadi karena kelelahan semata. Tetapi kemungkinan besar justru terjadi akibat dari radiasi medan listrik pada body laptop.

Solusinya mudah :

  • Hindari main laptop sambil di-charge!
  • Gunakan colokan listrik (steker) tiga cabang. Steker tiga cabang sudah memiliki kabel ground. sayangnya di Indonesia ini tidak umum.
  • Buat kabel ground terhubung ke laptop (Hati-hati jika tidak biasa)
Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

8. Hati-hati dengan Paparan Medan Magnet

Selain berupa radiasi medan listrik, radiasi laptop juga berupa radiasi medan magnet. Jika Anda main laptop di pangkuan, atau main komputer terlalu dekat, Anda harus mewaspadai hal ini. Radiasi jenis ini, bahkan dalam dosis kecil, bisa sangat berbahaya.

Radiasi medan magnet dari laptop berasal dari beberapa hal, paling umum dari transformator pada kabel daya. Biasanya berbentuk kotak kecil di tengah-tengah kabel, atau tabung bundar kecil di tengah kabel.

Jika Anda menggunakan laptop, pertimbangkan untuk menggunakan keyboard dan mouse yang terhubung dengan kabel, untuk memberi Anda jarak dari laptop.

9. Istirahat setiap beberapa saat

Seperti yang dijelaskan di atas, secara umum radiasi komputer tidak berbahaya. Namun, jika intensitasnya tinggi risikonya akan bertambah.

Oleh karena itu, disarankan untuk beristirahat sejenak setaip beberapa waktu. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi intensitas paparan radiasi terhadap tubuh Anda.

10. Hindari Aksesori Nirkabel

Keyboard atau mouse wireless memang menarik. Namun, perangkat-perangkat ini menggunakan gelombang radio yang bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, tetap gunakan keyboard dan mouse kabel adalah cara yang baik untuk mengurangi paparan radiasi komputer.

11. Batasi Penggunaan komputer/laptop

Banyak orang membutuhkan komputer untuk bekerja dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga di media sosial. Namun, terlalu sering berada di depan layar komputer tidak baik untuk kesehatan.

Gunakan komputer/laptop hanya jika diperlukan saja.

Demikian artikel ringan tentang cara mengurangi radiasi komputer atau laptop. Semoga bermanfaat!