Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Tidak Mau Menyala/Mati

cara menghidupkan laptop komputer yang mati asus, acer, axioo, lenovo, hp
Merk laptop beraneka ragam, seperti, Asus, Acer, Axioo, Lenovo, Hp, dll. Namun permasalahan yang terjadi umumnya sama saja, yang berbeda adalah penyebabnya. Cara menghidupkan laptop yang mati secara tiba-tiba sangat tergantung apa penyebabnya

Cara Menghidupkan Laptop atau Komputer Yang Tidak Mau Menyala atau Tiba-tiba MatiLaptop atau komputer desktop saat ini sudah bukan barang mewah lagi. Hampir setiap pekerjaan bisa ditunjang dengan keberadaan laptop atau komputer desktop (PC). Namun adakalanya, laptop atau komputer desktop mengalami masalah. Diantaranya komputer / laptop tidak mau menyala.

Apa yang harus dilakukan ketika komputer desktop atau laptop tidak mau menyala / mati secara tiba-tiba?

Ada banyak penyebab komputer atau laptop tidak mau menyala. Dan seringkali sangat sedikit petunjuk tentang apa yang mungkin menjadi sumber masalah.

Ada berbagai merk laptop, seperti ASUS, ACER, AXIOO, LENOVO, TOSHIBA, SONY, dll. Namun, cara mengatasi laptop tidak mau menyala / mati secara tiba-tiba sama saja. Yang berbeda adalah penyebabnya. IOleh karena itu cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala sangat tergantung apa penyebabnya. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Merk Laptop).

Kondisi laptop tidak mau menyala pada dasarnya ada dua. Pertama, Laptop benar-benar mati total. Laptop atau komputer tidak memiliki tanda-tanda kehidupan, seperti, lampu indikator mati, tidak ada suara kipas, bahkan laptop tetap dingin.

Kedua, laptop memiliki tanda-tanda kehidupan, seperti, lampu indikator menyala, ada suara kipas, suhu hangat, tetapi layar monitor tetap hitam.

Sebelum Anda berfikir untuk membawa ke tukang service atau bahkan untuk membeli yang baru, ada baiknya Anda membaca tips dan trik cara menghidupkan laptop atau komputer yang tidak mau menyala ini. (Baca juga : Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa).

Tips dan trik cara menghidupkan laptop atau komputer yang tidak mau menyala / mati tiba-tiba ini dibagi menjadi beberapa bagian tergantung penyebabnya.

Jika Anda tidak tahu apa penyebab pastinya, silahkan baca artikel ini secara keseluruhan. Namun, jika Anda sudah mengetahui penyebabnya atau gejalanya, silahkan klik pada daftar isi artikel ini.

Daftar berikut adalah cara menghidupkan laptop atau komputer yang tidak mau menyala atau mati secara tiba-tiba :

A. Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Mati Karena Masalah Listrik

Anda sudah menekan tombol power namun laptop/komputer tidak merespons apa-apa? Tidak ada kipas yang menyala atau tidak ada lampu pada laptop atau tablet, atau atau tanda-tanda lainnya.

Masalah daya listrik juga bisa diidentifikasi jika lampu monitor laptop/komputer berwarna kuning.

Jika daya listrik bermasalah maka tentu saja laptop/komputer akan bermasalah pula. Namun, seringkali masalahnya tidak sebesar yang diperkirakan.

Jadi, sebelum memulai proses pemecahan masalah yang terkadang memakan waktu, pastikan Anda telah menghidupkan setiap sakelar daya dan tombol daya.

Jika tombol power telah dinyalakan namun laptop/komputer tidak mau menyala, lakukan hal di bawah :

1. Periksa koneksi kabel daya komputer/laptop : Periksa apakah ada kabel yang kendor atau terputus.

2. Colokkan laptop, atau komputer desktop Secara langsung : lepaskan strip daya, baterai, stavolt, atau perangkat distribusi daya lainnya antara PC dan catu daya di dinding.

Jika laptop/komputer mulai mendapatkan daya setelah melakukan ini, itu berarti bahwa kerusakan mungkin ada pada adaptor AC, baterai atau stavolt.

3. Lakukan “uji stopkontak” : Uji apakah colokkan listrik di dinding/stop kontak Anda bekerja dengan baik. Sebaiknya lakukan pengujian dengan multimeter.

4. JIka Anda menggunakan komputer desktop, pastikan sakelar tegangan catu daya diatur dengan benar.

5. Jika Anda menggunakan laptop, coba lepaskan baterai laptop dan gunakan daya AC saja. Jika Laptop hidup normal, berarti masalahnya adalah baterai. (Baca juga : Cara Meningkatkan masa pakai/umur Baterai Laptop agar tetap Awet).

6. Periksa dengan cermat stopkontak daya di laptop atau komputer : Periksa pin / serpihan yang rusak / tertekuk yang mungkin mengganggu komputer/laptop mendapatkan daya dan mengisi baterai.

7. Ganti kabel daya komputer atau adaptor AC laptop : Adaptor AC yang buruk adalah penyebab laptop tidak mau hidup sama sekali.

8. Ganti baterai CMOS : Jika komputer Anda sudah berumur lebih dari beberapa tahun atau telah lama tidak dipakai sebaiknya ganti baterai CMOS. Baterai CMOS yang buruk adalah penyebab yang umum dari komputer yang tidak menerima daya.

9. Pastikan kabel daya terhubung ke motherboard : jika Anda menggunakan desktop periksa apakah kabel power ke motherboard tidak kendor.

10. Uji kabel power : Jika Anda menggunakan PC desktop, coba tes apakah catu daya yang digunakan masih baik atau sudah rusak.

Baca Juga :  11 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Jenis, Fungsi, Contoh)

11. Uji tombol power di bagian depan kasing komputer : Periksa apakah sudah rusak, atau patah.

12. Ganti motherboard : Ini adalah solusi terkahir jika semua tes di atas gagal mengatasi permasalahan.

B. Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Mati Saat Proses Booting

Saat Anda menekan tombol power tiba-tiba komputer/laptop mati saat sedang proses booting. Layar tiba-tiba mati, suara kipas berhenti, semua lampu indikator menghilang.

Di bawah ini adalah cara menghidupkan laptop/komputer yang mati secara tiba-tiba selama proses Startup :

1. Jika Anda mendengar kode bip saat laptop/komputer mati, mungkin Anda akan mengetahui penyebab permasalah yang terjadi. Namun, hanya teknisi profesional yang mengerti hal ini. jika Anda tertarik baca kode bip komputer.

2. Pastikan sakelar tegangan catu daya sudah diatur dengan benar.

3. Pastikan suhu laptop/komputer tidak terlalu panas.

4. Periksa apakah ada korslet di dalam komputer Anda.

5. Periksa Power supply/catu daya Anda. Catu daya cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sangat sering menyebabkan komputer mati dengan sendirinya.

6. Uji tombol power di bagian depan kasing komputer Anda. Jika tombol daya korslet, mungkin itu penyebab komputer Anda mati dengan sendirinya.

7. Lepas dan pasang kembali semua hardware komputer Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa semua hardware terpasang dengan benar. Sekaligus juga dibersihkan dari debu.

8. Pasang hardware esensial saja.

10. Pasang kembali hardware lainnya satu per satu. Dengan begini akan ketahuan hardware apa yang bermasalah.

12. Ganti hardware yang bermasalah dengan hardware yang identik atau setara. Jika penggantian ini membuat laptop/komputer menyala normal, maka bisa dipastikan hardware tersebut adalah pangkal masalahnya.

C. Cara Menghidupkan Laptop/komputer Yang hidup Namun Layar Mati/hitam

Dalam situasi ini, lampu daya akan tetap menyala, kipas di dalam komputer juga menyala, dan lampu indikator juga menyala.

Situasi ini mungkin yang paling umum dalam kasus laptop/komputer yang tidak mau menyala. Sayangnya kasus ini juga salah satu yang paling sulit untuk diatasi.

Berikut adalah Cara memperbaiki komputer yang menyala tetapi monitor mati/hitam :

1. Periksa layar monitor Anda : Jika Anda mempunyai CPU lain, coba pasangkan dengan monitor ini dengan CPU tersebut. Jika hidup, berarti masalah bukan di monitor Anda. Jika mati bisa dipastikan bahwa CPU baik-baik saja, masalah hanya ada di monitor saja.

2. Pastikan PC Anda berada dalam mode full daya. Seringkali komputer/laptop tidak menampilkan apa-apa karena masih berada dalam mode hemat daya/Siaga / sleep atau Hibernasi di Windows.

Anda dapat mematikan komputer sepenuhnya saat berada dalam mode hemat daya dengan menahan tombol daya selama 3 hingga 5 detik. Setelah komputer/laptop benar-benar mati, hidupkan lagi, dan lihat apakah laptop/komputer akan menyala dengan normal.

3. Bersihkan CMOS : Menghapus memori BIOS pada motherboard akan mengembalikan pengaturan BIOS ke default pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS bisa menjadi penyebab laptop/komputer tidak dapat menyala secara normal.

4. Lepas dan pasang kembali semua hardware di laptop/komputer : Pastikan semua kabel tersambung dengan benar. Misalnya, jika kartu video onboard telah dinonaktifkan, mencolokkan kabel VGA ke dalamnya tidak akan menghasilkan apa-apa pada monitor bahkan jika komputer dinyalakan. Dalam hal ini, pastikan mencolokkan kabel VGA ke kartu video yang benar.

5. Periksa apakah ada korslet dalam komputer Anda : Ini bukan saja menjadi penyebab komputer/laptop mati dengan sendirinya, tetapi juga dapat membuat komputer/laptop hidup namun layar tetap mati.

6. periksa power supply/catu daya : Hanya karena kipas dan lampu komputer berfungsi tidak berarti catu daya berfungsi dengan benar. Power supply menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sering kali merupakan penyebab komputer tidak mau menyala terus.

D. Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Yang Mati, Macet, atau Reboot Selama POST

POST atau Power On Self Test biasanya terjadi di latar belakang. Jadi, saat kita menghidupkan laptop/komputer, selama proses booting di monitor akan muncul logo (misalnya windows). Setelahnya, jika proses booting sukses, layar akan menampilkan tampilan halaman depan.

Namun adakalanya, layar terus-terusan menampilkan logo, berhenti/macet di sana.

berikut adalah cara memperbaiki masalah booting yang berhenti, macet, atau reboot berulang-ulang selama POST :

1. Biasanya masalah ini disertai dengan pesan error dari BIOS di layar monitor. Error message selama POST biasanya sangat spesifik sehingga cara mengatsinya juga spesifik.

2. Namun, seringkali masalah ini tidak disertai error message. Jika itu terjadi, coba lepaskan koneksi perangkat penyimpanan USB dan lepaskan disk apa pun di drive optik apa pun. Seringkali setting booting dibuat ke USB atau drive optik. Jika laptop/komputer mencoba booting dan di USB/drive tidak ada file windows maka proses akan macet.

Baca Juga :  Perbandingan Laptop dengan Komputer, Pilih Mana?

Jika ini berhasil, pastikan untuk mengubah urutan boot. Setting booting di drive yang ada file windows-nya. Biasanya di drive C.

3. Bersihkan CMOS. Mengosongkan memori BIOS pada motherboard akan mengatur ulang pengaturan BIOS ke default pabrik. BIOS yang salah konfigurasi adalah penyebab umum komputer macet selama POST.

4. Cek Power supply/catu daya.

5. Lepas dan pasang kembali hardware satu per satu. Mulai dengan memasang hardware esensial. Jika dengan ini komputer/laptop menyala normal, berarti masalah ada di hardware yang belum terpasang.

6. Periksa apakah ada korslet.

E. Cara Menghidupkan Laptop/komputer Yang Mengalami BSOD

BSOD atau Blue Screen of Death adalaha ketika kita menyalakan laptop/komputer, saat loading Windows kemudian berhenti dan menampilkan layar biru dengan informasi tertentu.

Adakalanya layar biru muncul lama, namun adakalanya hanya sekejap/berkedip di layar dan komputer tiba-tiba restart secara otomatis tanpa memberi Anda waktu untuk membaca pesan error yang muncul.

Cara Memperbaiki Blue Screen of Death untuk semua versi Windows, termasuk Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP :

1. Langkah terpenting untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death adalah mengingat-ingat apa yang baru saja Anda lakukan sebelum laptop/komputer bermasalah.

Apakah Anda baru saja menginstal program atau hardware abru, memperbarui driver, menginstal pembaruan Windows, dan lain sebagainya. Jika hal-hal di atas Anda lakukan, itu petunjuk bagus bahwa hal tersebut adalah pangkal masalahnya.

Batalkan perubahan yang Anda buat dan hidupkan laptop/komputer sekali lagi untuk mengecek apakah terjadi perbaikan.

  • Gunakan Konfigurasi Terakhir sebelum masalah terjadi untuk membatalkan perubahan terbaru pada driver.
  • Gunakan Pemulihan Sistem untuk membatalkan perubahan sistem terbaru.
  • Kembalikan driver hardware ke versi sebelum pembaruan driver Anda.

2. Periksa apakah ada cukup ruang kosong pada drive yang diinstal Windows (biasanya drive C). Blue Screens of Death dan masalah serius lainnya, seperti data korup, dapat terjadi jika tidak ada cukup ruang kosong di partisi utama Anda yang digunakan untuk sistem operasi Windows.

Microsoft merekomendasikan setidaknya ada 100 MB ruang kosong di drive di mana diinstal windows.

3. Pindai komputer Anda dari virus. Beberapa virus dapat menyebabkan Blue Screen of Death, terutama yang menginfeksi master boot record (MBR) atau sektor boot.

Pastikan software antivirus Anda benar-benar mutakhir dan telah dikonfigurasi untuk memindai MBR dan sektor boot.

4. Terapkan semua paket layanan dan pembaruan Windows yang tersedia.

Microsoft secara teratur merilis pembaruan dan paket layanan untuk sistem operasi mereka yang mungkin berisi perbaikan dari versi sebelumnya.

5. Perbarui driver hardware. Kebanyakan Blue Screens of Death terkait dengan perangkat keras atau driver, sehingga driver yang diperbarui dapat memperbaiki penyebab BSOD.

6. Periksa log Sistem untuk melihat kesalahan atau peringatan yang mungkin memberikan lebih banyak petunjuk tentang penyebab BSOD.

7. Kembalikan pengaturan hardware ke default di Device Manager. Pengaturan perangkat keras non-standar telah diketahui menyebabkan Blue Screen of Death.

8. Kembalikan pengaturan BIOS ke level standarnya. BIOS yang di-overclock atau salah konfigurasi dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk BSOD.

9. Pastikan semua kabel internal, kartu grafis, memori, dan komponen lainnya terpasang dengan benar. Hardware yang tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan Blue Screen of Death.

10. Perbarui BIOS Anda. Dalam beberapa situasi, BIOS yang ketinggalan jaman dapat menyebabkan Blue Screen of Death karena tidak cocok dengan sistem operasi yang digunakan.

11. Copot dan pasang kembali Hardware satu persatu.

F. Cara Mengatasi Loading Windows Berhenti atau ReBoot Tanpa Error Message

Coba langkah-langkah ini ketika komputer Anda menyala, mulai loading Windows, tetapi kemudian macet atau reboot berulang kali tanpa menghasilkan pesan kesalahan apa pun.

Macet atau reboot loop dapat terjadi pada layar splash Windows atau bahkan pada layar hitam, dengan atau tanpa kursor yang berkedip.

Cara memperbaiki loading macet dan reBoot Selama Startup Windows :

1. Matikan komputer dan hidupkan kembali. Banyak hal terjadi di latar belakang saat loading Windows. Kadang-kadang hal-hal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, terutama jika Windows menginstal pembaruan atau ada perubahan besar lainnya pada sistem operasi. Restart mungkin mengembalikan Windows bekerja sebagaimana mestinya.

2. Masuk ke dalam Safe Mode, jangan lakukan apa pun, langsung restart komputer Anda. Seperti penjelasan di atas, terkadang pembaruan tidak berjalan baik. Jika dipaksakan, total restart tidak berfungsi, coba dari Safe Mode.

3. Perbaiki instalasi Windows. Penyebab umum loading Windows macet atau reboot secara otomatis selama proses startup adalah karena satu atau lebih file Windows yang penting rusak atau hilang. Perbaikan Windows akan menggantikan file-file penting ini tanpa menghapus atau mengubah apa pun di komputer Anda.

Baca Juga :  3 Perbedaan Laptop dengan Notebook dan Netbook

Di Windows 10, ini disebut “Reset This PC”. Di Windows 8 disebut “Reset Your PC” atau “Refresh Your PC”. Di Windows 7 dan Vista, ini disebut “Perbaikan Startup”. Windows XP menyebutnya sebagai “Perbaikan Instalasi”.

4. Kembalikan setting Windows menggunakan Konfigurasi Baik Yang Terakhir Diketahui. Jika Anda baru saja membuat perubahan pada komputer Anda yang Anda duga mungkin telah menyebabkan Windows berhenti boot dengan benar, mulai dengan Konfigurasi Baik Yang Terakhir Diketahui.

Mulai Windows dalam Safe Mode dan kemudian gunakan System Restore untuk membatalkan perubahan terbaru. Windows macet atau reboot selama proses startup karena kerusakan driver, file penting, atau bagian dari registri. Pemulihan Sistem akan mengembalikan semua hal itu ke setting terakhir mereka yang dapat menyelesaikan masalah Anda sepenuhnya.

Bergantung pada penyebab Windows macet, Anda bahkan mungkin tidak dapat masuk ke Safe Mode. Untungnya, Anda juga dapat melakukan Pemulihan Sistem dari Opsi Startup Lanjut di Windows 10 atau Windows 8, atau Opsi Pemulihan Sistem di Windows 7 atau Windows Vista, serta dari DVD Pengaturan Windows Anda.

5. Pindai komputer dari virus dari Safe Mode. Virus atau jenis malware lain mungkin telah menyebabkan masalah yang cukup serius pada bagian Windows yang menyebabkannya berhenti loading dengan benar.

Jika Anda tidak dapat masuk ke Safe Mode, lakukan pemidaian menggunakan pemindai malware yang dapat di-boot.

6. Bersihkan CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard akan mengembalikan pengaturan BIOS ke default pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS bisa menjadi penyebab Windows macet saat startup.

7. Ganti baterai CMOS jika komputer Anda lebih dari tiga tahun atau jika sudah mati untuk waktu yang lama.

8. Copot dan pasang kembali hardware satu persatu. Hal ini bisa memberi petunjuk hardware mana yang bermasalah.

G. Cara Mengatasi Windows Berulang Kali Kembali ke Pengaturan Startup atau ABO

Gunakan panduan ini jika layar Startup Settings (Windows 8) atau Advanced Boot Options (Windows 7 / Vista / XP) tidak muncul.

Cara Memperbaiki Komputer yang Selalu Berhenti di Pengaturan Startup atau Advance Boot Options (ABO) :

1. Cobalah untuk mencoba booting Windows di setiap metode startup yang tersedia. Setiap metode startup yang tersedia dari menu Startup Settings atau Advanced Boot Options membantu menghindari satu atau lebih masalah spesifik yang dapat menyebabkan Windows berhenti loading, caranya :

  • Mulai Windows dalam Safe Mode
  • Mulai Windows dengan Konfigurasi Baik Yang Terakhir Diketahui
  • Mulai Windows dalam Mode Resolusi / Video Resolusi Rendah

2. Perbaiki instalasi Windows. Penyebab paling umum Windows terus kembali ke menu Startup Settings atau Advanced Boot Options adalah karena satu atau lebih file Windows penting rusak atau hilang. Perbaikan Windows menggantikan file-file penting ini tanpa menghapus atau mengubah apa pun di komputer.

3. Lakukan Pemulihan Sistem dari Advanced Startup Options atau Opsi Pemulihan Sistem, tergantung pada versi Windows Anda, untuk membatalkan perubahan terbaru.

Windows dapat kembali ke menu Startup Settings atau Advanced Boot Options karena kerusakan pada driver, file penting, atau bagian dari registri. Pemulihan Sistem akan mengembalikan semua hal itu ke keadaan di mana komputer Anda berfungsi dengan baik.

4. Bersihkan CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard akan mengembalikan pengaturan BIOS ke default pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS dapat menjadi penyebab Windows bahkan tidak akan memulai dalam Safe Mode.

5. Ganti baterai CMOS jika komputer Anda lebih dari tiga tahun atau jika sudah mati untuk waktu yang lama.

H. Cara Menghidupkan Laptop/Komputer Gagal Booting Yang Disertai Error Message

Jika komputer Anda menyala tetapi kemudian berhenti atau macet di suatu titik, menunjukkan error message (error message beraneka ragam), maka tips di bawah bisa membantu.

Satu-satunya pengecualian untuk menggunakan panduan pemecahan masalah ini jika muncul error message adalah jika kesalahannya adalah Blue Screen of Death.

1. Baca error message dengan jelas

Di bawah adalah beberapa error message yang umum :

  • Bootmgr hilang. Tekan Ctrl Alt Del untuk memulai kembali
  • Hal.dll hilang atau rusak. Harap instal ulang salinan file di atas
  • NTLDR hilang. Tekan tombol apa saja untuk memulai kembali

Error message tidak selalu persis seperti di atas. Sebagai contoh, masalah hal.dll muncul dalam berbagai bentuk tetapi akan selalu disertai hal.dll.

2. Cari Lifewire atau telusuri daftar Pesan Kesalahan Windows. Anda bisa Googling untuk hal ini.

Error message selama startup adalah indikasi masalah tertentu, jadi penting untuk memecahkan masalah khusus yang ditunjukkan pesan kesalahan dan jangan buang waktu untuk menguji perangkat keras yang tidak terkait atau mengganti file yang tidak terkait.

Demikian artikel tentang cara menghidupkan laptop/komputer yang tidak mau menyala atau mati secara tiba-tiba dengan berbagai penyebab. Semoga bisa membantu.