Cara Menghidupkan Komputer atau Laptop Dengan benar, Supaya Awet

Cara Menghidupkan Komputer atau laptop Dengan BenarKomputer desktop (PC) dan laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang berbagai keperluan. Tentu saja bagi yang sudah memilikinya akan sangat mudah untuk menghidupkan komputer atau laptop miliknya sendiri. Namun, ada kalanya kita harus menggunakan komputer atau laptop milik orang lain yang belum pernah kita pakai sebelumnya. Sehingga, kita kesulitan untuk menghidupkan komputer dan laptop itu dengan benar.

Dalam artikel ini, kami akan memberi petunjuk umum tentang bagaimana cara menghidupkan komputer atau laptop dengan benar. Merk laptop apa pun yang Anda punya (entah Asus, Acer, Axioo, Hp, Toshiba, Dell, Lenovo, dll), prinsipnya sama saja.

Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar

Cara Menghidupkan Komputer atau Laptop Dengan benar, Supaya Awet 1

Di bawah ini adalah step-step menghidupkan komputer desktop (PC) dengan benar :

1. Pastikan komputer sudah terhubung ke sumber daya listrik

Komputer desktop tidak akan bisa hidup jika Anda tidak menghubungkannya dengan sumber daya listrik. Jadi pastikan komputer sudah terhubung dengan sumber daya listrik yang tersedia.

2. Tekan tombol power di bagian depan atau atas casing komputer.

Tombol power hampir semua merk PC simbolnya sama saja, yaitu, seperti gambar di atas.

Letak tombol power biasanya di tengah-tengah atau sudut kanan atas casing komputer. Namun ada beberapa merk komputer yang menempatkan tombol power di sudut kanan belakang komputer, seperti Mac Mini.

3. Tunggu proses booting sistem

Setelah tombol power ditekan, komputer akan hidup secara otomatis. Anda hanya tinggal duduk diam menunggu saja. Biasanya Anda akan mendengar suara kipas dan melihat lampu-lamu indikator menyala.

Semakin tinggi spesifikasi komputer atau semakin sedikit aplikasi yang diinstal maka proses booting akan semakin cepat. Tidak ada cara lain selain menunggu proses booting selesai dengan sabar.

Baca Juga :  Mengenal Bagian-bagian Komputer/Laptop dan Fungsinya

Proses booting sistem akan ditandai dengan munculnya icon sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya windows, disertai dengan lambang loading. (Baca : Penyebab komputer gagal booting).

4. Tunggu proses startup sistem

Setelah loading selesai maka wallpaper akan muncul di layar monitor. Pertama-tama sistem akan menjalankan proses startup. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan di startup maka proses ini akan semakin lama. Untuk mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di startup, buka run, kemudian ketik msconfig, selanjutnya atur startup.

5. Sistem siap

Jika proses startup selesai, Anda sudah bisa menggunakan komputer. Selesainya proses start up ditandai dengan tidak adanya gambar loading berputar-putar di dekat kursor.

Catatan :

Jika Anda sudah menekan tombol power, namun komputer tidak menyala sebagaimana mestinya, komputer Anda mungkin bermasalah. Baca artikel cara menghidupkan komputer yang tidak mau hidup atau mati secara tiba-tiba.

Selain menekan tombol power, Anda juga harus menyalakan layar monitor komputer Anda. Jika komputer Anda adalah komputer All-in-One (AIO), Anda hanya perlu menekan tombol power saja, yang letaknya di bagian kanan monitor (bisa di bawah bisa di belakang).

Cara Menghidupkan Laptop atau Notebook Dengan Benar

cara menghidupkan komputer dengan benar supaya awet 2

Di bawah ini adalah step-step cara menghidupkan laptop dengan benar :

1. Pastikan baterai laptop terisi/terhubung ke sumber daya listrik

Laptop dapat hidup dengan menggunakan daya baterai. Namun, jika baterai lemah Anda harus segera menghubungkannya ke sumber daya listrik untuk mencegah laptop mati selama proses booting.

Pengisi daya laptop biasanya terletak di sisi kiri atau kanan laptop. Tinggal hubungkan ke sumber daya listrik menggunakan kabel adaptor yang tersedia.

2. Tekan tombol power laptop Anda.

letak tombol power biasanya di bagian atas keyboard, bisa di sebelah kiri, tengah, atau kanan. Simbol tombol power laptop secara umum sama dengan gambar di atas.

Baca Juga :  Pengertian & Perbedaan Sleep, Hibernate, Shutdown dan Restart

Pada beberapa merk laptop, tombol power bisa diletakkan di bagian kanan engsel layar monitor.

Jika tombol power sudah ditekan, tetapi laptop tidak menyala, laptop mungkin mengalami masalah. Baca artikel cara menghidupkan laptop yang tidak mau hidup atau mati secara tiba-tiba.

3. Tunggu proses booting sistem

Setelah tombol power ditekan, laptop akan hidup secara otomatis. Anda hanya tinggal duduk diam menunggu saja. Biasanya Anda melihat lampu-lamu indikator menyala.

Semakin tinggi spesifikasi laptop atau semakin sedikit aplikasi yang diinstal maka proses booting akan semakin cepat. Tidak ada cara lain selain menunggu proses booting selesai dengan sabar.

Proses booting sistem akan ditandai dengan munculnya icon sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya Windows, disertai dengan lambang loading. (Baca : Penyebab komputer gagal booting).

4. Tunggu proses startup sistem

Setelah loading selesai maka wallpaper akan muncul di layar laptop. Pertama-tama sistem akan menjalankan proses startup. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan di startup maka proses ini akan semakin lama. Untuk mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di startup, buka run, kemudian ketik msconfig, selanjutnya atur startup.

Demikian artikel singkat tentang bagaimana cara menghidupkan komputer dan laptop dengan benar. Cepat atau lambatnya proses menghidupkan komputer dan laptop tergantung dari spesifikasinya. Jadi, Anda hrus sabar. Jika ingin cepat, upgrade hardware komputer/laptop Anda. (Baca : Tips membeli laptop untuk mahasiswa.)